www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Peluang Emas Profesi Agen Asuransi

Esensinya, krisis global diproyeksikan akan memunculkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 23.927 pekerja dan 19.000 orang lainnya dirumahkan. Faktanya, gelombang PHK memang sudah terjadi sejak November 2008 lalu. Berita tersebut juga mengisahkan fenomena PHK yang terus berlangsung beserta dampaknya. Ulasan dilengkapi dengan kondisi kurang baik yang dialami oleh beberapa pekerja pasca-PHK.

Mereka merasakan buruknya kondisi keuangan untuk melangsungkan kehidupan selanjutnya.Salah satunya ialah PHK yang dialami seorang ayah beranak satu yang sebelumnya bekerja di perbankan selama 12 tahun.Dia harus menerima kenyataan pahit manakala perusahaan mengirimkan e-mail tentang PHK terhadap dirinya. Seorang ayah yang memiliki anak balita pun bernasib sama.Dia terkena PHK karena perusahaan distribusi barang elektronik tempatnya bekerja bangkrut.

Akibatnya, kondisi keuangan keluarganya morat-marit, dan dia terpaksa mencari nafkah dengan berprofesi sebagai sopir taksi. Gelombang PHK yang terus berlangsung memaksa para pekerja yang mengalaminya harus banting setir untuk merintis pekerjaan baru. Faktanya, untuk mendapatkan pekerjaan yang baru, bukanlah hal yang mudah.Kondisi usia yang tidak lagi muda menjadi salah satu kendala. Selain itu, tidak semua orang mempunyai nyali untuk mencoba peruntungan dengan membuka usaha di tengah krisis seperti saat ini.

Ulasan tentang PHK dan dampaknya menginspirasi saya untuk menyampaikan kepada Anda tentang peluang emas bekerja pada industri asuransi jiwa nasional. Di tengah krisis ekonomi saat ini, industri asuransi jiwa justru membuka peluang kerja bagi para tenaga kerja yang mengalami PHK maupun angkatan kerja baru. Industri asuransi jiwa membutuhkan tenaga kerja dari berbagai disiplin ilmu untuk kemudian diperlengkapi menjadi agen-agen asuransi jiwa yang profesional.

Saat ini profesi agen asuransi banyak dibutuhkan untuk mengakomodasi potensi pasar yang masih terbuka luas di negeri ini. Seiring berjalannya waktu, profesi agen asuransi jiwa mengalami metamorfosa yang kondusif. Kalau sebelumnya profesi agen berhubungan dengan penjualan produk asuransi secara tradisional, saat ini terjadi peralihan yakni agen asuransi menjadi sebuah profesi yang memiliki standar kompetensi serta mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari dunia usaha,masyarakat, dan pemerintah.

Kalaupun gelombang PHK terus berlangsung, ada peluang emas bagi Anda! Agen asuransi jiwa merupakan profesi yang berperan mulia bagi masyarakat dan menjanjikan masa depan cerah bagi Anda.

Mengenal Profesi Agen

Sebagian besar di antara kita berhubungan dengan perusahaan asuransi jiwa untuk pertama kalinya melalui jasa agen asuransi. Para agen menolong individu, keluarga, perusahaan, dan lembaga untuk merencanakan dan akhirnya memilih polis asuransi sesuai kebutuhan.

Bagi seorang calon pemegang polis, agen asuransi akan mendampingi proses pengenalan dan pemilihan polis guna melindungi kehidupan pribadinya, keluarganya, kesehatannya, dan kesejahteraannya di hari tua. Seorang agen asuransi jiwa umumnya terampil dan cakap dalam menjual berbagai produk asuransi, misalnya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi pendidikan, dan asuransi unit-link. Agen asuransi jiwa akan membantu masyarakat dalam memilih polis asuransi jiwa yang cocok dengan kebutuhan masing-masing.

Dalam hal pertanggungan, ahli waris akan mendapatkan sejumlah uang sebagai manfaat asuransi apabila tertanggung meninggal dunia, atau manakala suatu hal yang disepakati tercapai atau terjadi. Misalnya, sebuah keluarga membutuhkan sejumlah dana untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak. Dalam hal ini, polis asuransi jiwa akan dirancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sebuah polis asuransi bisa dirancang untuk menyediakan dana guna menutupi biaya perawatan kesehatan yang dibutuhkan akibat berbagai penyakit kritis.

Polis asuransi pun bisa dirancang untuk mengakomodasi sejumlah dana sebagai pengganti penghasilan bila terjadi gangguan kesehatan yang serius atau terjadi kecelakaan pada diri tertanggung. Ketika Anda ingin menerjuni profesi agen asuransi jiwa, itu berarti Anda siap bergabung dengan 263.452 orang agen lainnya. Jumlah tersebut akan terus meningkat dari waktu ke waktu.Saat ini sektor asuransi jiwa mempekerjakan tidak kurang dari 3.681 agen baru setiap bulan.

Secara esensial, para agen asuransi jiwa adalah patriot industri asuransi jiwa yang berada di garda depan untuk menyosialisasikan pentingnya asuransi jiwa bagi kesejahteraan masyarakat dan keluarga. Pada akhir 2008, seluruh agen asuransi jiwa di Tanah Air berhasil membukukan premi asuransi tidak kurang dari Rp30,2 triliun.Akumulasi premi tersebut dibayarkan oleh para pemegang polis untuk mendapatkan kesejahteraan keluarga di masa mendatang.

Melalui jasa para agen,perusahaan asuransi jiwa di seluruh Indonesia telah membayarkan manfaat tunai akibat terjadinya peristiwa meninggal dunia pada diri tertanggung tidak kurang dari Rp1,8 triliun di sepanjang 2008.Pada periode yang sama,perusahaan membayar manfaat akhir masa kontrak (maturity) kepada para nasabah sebesar Rp5,5 triliun. Jadi, profesi agen adalah profesi yang mulia! Para agen bekerja siang dan malam demi kesejahteraan masyarakat sebagai pemegang polis.

Setelah Anda membaca artikel ini, bisa jadi agen asuransi merupakan profesi yang cocok bagi Anda.Pada edisi selanjutnya, saya akan membahas berbagai hal tentang profesi keagenan dan perkembangannya di Indonesia dan negara-negara lain.Selain itu,saya akan menguraikan tentang masa depan yang dijanjikan serta kualifikasi dan pelatihan yang tersedia bagi para agen asuransi jiwa. (*)

EDDY KA BERUTU
Praktisi Asuransi dan Ketua Departemen Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan AAJI



Sumber : www.Okezone.com

2 Tanggapan to “Peluang Emas Profesi Agen Asuransi”

  1. Nur Fatimah said

    saya berminat jadi agen apakah di daerah bone masih menerima agen asuransi
    klau masih terima apa persyaratannya, dan di mana kantor asuransinya
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s