www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

RAJA BONE 33

La Pabbenteng Petta Lawa (1946–1951)

Silsilah

La Pabbenteng adalah anak dari Baso Pagilingi Abdul Hamid, Petta Ponggawa Bone yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda di Bulu Awo perbatasan Siwa dengan Tanah Toraja dengan isterinya We Cenra Arung Cinnong. Sedangkan Baso Pagilingi Ponggawa Bone adalah anak dari La Pawawoi Karaeng Sigeri MatinroE ri Jakarta, Arumpone ke 31.

Masa Pemerintahan

La Pabbenteng Petta Lawa Arung Macege menjadi Mangkau’ di Bone yang diangkat oleh NICA (Nederland Indiche Civil Administration), suatu organisasi baru yang dibentuk oleh Belanda dan sekutunya yang bertujuan untuk berkuasa kembali di Indonesia. Padahal Bangsa Indonesia telah memperoklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Sukarno-Hatta.

Setelah La Mappanyukki berhenti menjadi mangkau’ di Bone, maka tidak ada lagi putra mahkota yang dapat menggantikannya kecuali La Pabbenteng Petta Lawa Arung Macege. Oleh karena itu, NICA mengangkatnya menjadi Arumpone atas persetujuan anggota Ade’ Pitu-E Bone menggantikan La Mappanyukki Datu Malolo ri Suppa.

Sebelum diangkat menjadi Mangkau di Bone, La Pabbenteng memang selalu dekat dengan NICA dan selalu bersama-sama apabila NICA bepergian. Oleh karena itu dia diberi pangkat kemiliteran yaitu Kapten Tituler. Setelah diangkat menjadi Mangkau’ Bone, pangkatnya dinaikkan menjadi Kolonel Tituler.

Pada waktu La Mappanyukki akan diangkat menjadi Mangkau’ di Bone, salah seorang anggota Hadat Tujuh Bone yang menolaknya adalah La Pabbenteng Arung Macege. Karena menurutnya dia lebih berhak untuk menduduki akkarungengE ri Bone sebab dialah yang paling dekat dengan La Pawawoi Karaeng Sigeri MatinroE ri Jakarta. Akan tetapi sebelum Perang Dunia II La Pabbenteng memperbuat kesalahan di Bone yaitu membunuh sepupunya yang bernama Daeng Patobo. Oleh karena itu, Gubernur Belanda bersama Hadat Tujuh Bone memutuskan untuk mengasingkan La Pabbenteng. Setelah datang Jepang, barulah La Pabbenteng kembali dari pengasingannya.

Ketika ia diasingkan, kedudukannya sebagai Arung Macege digantikan oleh La Pangerang Daeng Rani anak La Mappanyukki Datu Malolo ri Suppa Arumpone ke 32. Kedudukan itu berakhir setelah diasingkan oleh NICA ke Tanah Toraja bersama ayahnya La Mappanyukki karena pernyataannya yang tetap berdiri dibelakang Republik Indonesia yang diproklamirkan oleh Sukarno Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pada saat La Pabbenteng menjadi Arumpone ia melengkapi perangkat pemerintahannya dengan mengangkat To Marilaleng La Maddussila Daeng Paraga menjadi MakkedangE Tanah. Selanjutnya La Sulo Lipu Sulewatang Lamuru diangkat menjadi To Marilaleng menggantikan La Maddussila Daeng Paraga.

La Pabbenteng kawin di Sidenreng dengan We Dala Uleng Petta Baranti, anak dari We Bunga dengan suaminya yang bernama La Pajung Tellu Latte Sidenreng. Cucu langsung Addatuang Sidenreng dari ibunya dan cucu langsung Arung Rappeng Addatuang Sawitto dari ayahnya.

Arumpone La Pabbenteng kemudian diperintahkan oleh NICA untuk mempersatukan arung-arung (raja-raja) di Celebes Selatan untuk membentuk organisasi yang bernama Hadat Tinggi. Organisasi ini diketuai sendiri oleh Arumpone La Pabbenteng dan wakilnya adalah La Ijo Daeng Mattawang Karaeng Lalolang. Hadat Tinggi itulah yang ditempati oleh Gubernur NICA untuk melaksanakan pemerintahannya di Celebes Selatan.

Pada masa pemerintahan La Pabbenteng di Bone, NICA mengadakan Komperensi Malino yang diprakarsai oleh Lt.G.Dj.Dr.H.J.van Mook, sekaligus sebagai pimpinan. Komperensi itu dihadiri oleh wakil-wakil dari Celebes, Sunda Kecil dan Maluku yang bertujuan membentuk suatu negara dalam negara Republik Indonesia yaitu Negara Indonesia Timur (NIT).

Pada tanggal 12 November 1948, Gubernur NICA di Ujungpandang menyerahkan kepada Arumpone La Pabbenteng untuk menjadi Ketua Hadat Tinggi dan memasukkan sebagai satu bahagian dari Negara Indonesia Timur. Namun bentukan NICA itu tidak berumur panjang, sebab pada tanggal 27 Desember 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan Republik Indonesia kepada Bangsa Indonesia. Selanjutnya terbentuklah Republik Indonesia Serikat dan bubar pulalah Hadat Tinggi bentukan NICA.

Dalam tahun 1950 La Pabbenteng mengundurkan diri sebagai Arumpone, dia berangkat ke Jawa bersama isterinya. Begitu pula anggota Hadat Bone, semua meninggalkan kedudukannya sebagai anggota Hadat Bone.

<<<…Raja Sebelumnya

Sumber: Manurung’E

75 Tanggapan ke “RAJA BONE 33”

  1. sofwan fauzi said

    buyut saya bernama kambo, menurut info katanya masih keturunan raja/bangsawan bugis sinjai, mohon bagi yg mempunyai info sislsilah keturunannya bisa hubungi email saya sofwanfauzi@gmail.com,..terimakasih wassalam

  2. Vansky said

    assalamualaikum wr.wb saat ini saya sedang menyusun silsilah garis keturunan LA PABBENTENG PETTA LAWA, setelah semua rampung saya akan realese di website ini. tks

  3. Nasrullah said

    Saya menantu dari (Andi Pangeran Petta Rani, anak dari peta puli)

  4. ANDI SAMSU said

    Ass… saya anak dari Andi Abdul wahid(alm) . saya haya ingin mencari tau , nama bapanya ayah saya ANDI MULLAR PETTA TIRO . saya hayanya ingin mencari keluarga dari ayah saya . makasih

  5. ariman said

    Assalammualaikum, Bapa saya asli orang bugis bone dan saat kecil, beliau bercerita tentang orang tua beliau, saat itu beliau tidak menyebutkan nama nya sampai akhirnya saya meminta terus dan tersebutlah Petta Lawa, kepada siapa bisa tau silsilah orang tua dari petta lawa karena beliau bilang dulu saat kecil di kesultanan bone, dan memang wajah bapak saya mirip dengan wajah petta lawa. kalau ada bisa hub saya di aryman_a@yahoo.com.

  6. nama saya ANDI SAMSU nama ayah saya Hj. ANDI ABDUL WAHID dan keturunan saya ANDI MULLAR PETTA TIRO , saya ingin ke bone , tapi kira” masih ada kah keturunan dari ayah saya disana?

  7. Suryadi said

    Anak cucu dari Raja Bone yang terakhir siapa aja dan dimana?

  8. Isma said

    Alm. Kakek saya Andi Baso Hamid. tapi ada nama lainnya juga AB Hamid Daeng Loko. saya mau mencari tau silsilah keluarga alm kakek saya dan mau mengenal. karena kakek saya tidak pernah memberi tahu kami tentang keluyarga dan alamat keluarga di UPG sana.

    Selama ini kakek saya tinggal di Bekasi (pondok Ungu),dan dimakamkan juga di Perwira Bekasi. Jika ada yang merasa kenal dengan nama alm kakek saya silahkan bisa menguhubungi Email saya.

    Semoga saya bisa menyatkan tali sliahturahmi keluarga yang jauh terpisah.

    Salam.

  9. […] 33. Andi Pabbenteng Petta Lawa 1946-1951 (5 Thn) […]

  10. Dr. Hamlan Andi Baso Malla, M.Ag. said

    Kami adalah putra dari Andi Baso Malla Petta Welle keturunan keluarga Bone yang tinggal di Kasimbar, kabupaten Parigi Moutong, dan di Palu, Sulawesi Tengah, kakek kami bernama Andi Malla Petta Bella Arung Manajeng penyusun Lontarak “TOLOQ RUMPAKNA BONE”. Lontarak tersebut mengandung nilai peristiwa sejarah Bone tahun 1905 M, dan mengandung nilai budaya Bugis sebagai pewarisan perjuangan dan kebudayaan bangsa. Lontarak “TOLOQ RUMPAKNA BONE” telah ditransliterasi, diterjamahkan dalam Bahasa Indonesia melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 1991 M. Andi Malla Petta Bella Arung Manajeng menyusun lontarak “TOLOQNA ARUNG LABUAJA”.tahun 1920 M, Lontarak tersebut mengandung nilai historis tentang perjuangan raja-raja Bone dalam melawan Belanda. Saat ini lontarak TOLOQNA ARUNG LABUAJA telah diteliti dan ditransliterasi oleh Roger Tol berkebangsaan Belanda tahun 1990 M dengan judul “EEN HAAN IN OORLOG TOLOQNA ARUNG LABUAJA EEN TWINTIGSTE EEUWS BUGINEES HELDENDICHT VAN HAND VAN I MALLAQ DAENG MABELA ARUNG MANAJENG”.Tahun 1925/1926, Andi Malla Petta Bela Arung Manajeng ke daerah Wani, Donggala tahun dan selanjutnya ke Laemanta, Kasimbar, Parigi Moutong tahun 1926/1927 M. menikah dengan putri Bugis Wajo bernama Andi Batari Hi Jame di Laemanta, Kasimbar, dikarunia seorang putra bernama Andi Baso
    Malla Petta Welle. Tahun 1927 M kakek kami Andi Malla Petta Bela Arung Manajeng kembali ke Bone dan menikah di Bone dikarunia anak bernama Andi Muhammad Yusuf, Andi Hamidah Petta Manisi dan Andi Anna Petta Tajang. Saat ini keluarga kami ada yang tinggal di Bone, di Makassar, di Surabaya, di Jakarta, di Palu, di Parigi Moutong Sulawesi Tengah, di Kalimantan, di Kendari dan di Sulawesi Barat. Sebagian keluarga sudah saling mengenal dan selalu bersilaturrahmi, namun keluarga dari Petta Sonna (Ibu dari Andi Baso Amir), Andi Baso Amir (Mantan Bupati Bone tahun 1969) dan putra dari Andi Baso Amir belum pernah bertemu, Andi Analta Baso Amir, Andi Miller Baso Amir dan keluarga lainnya. Semoga Allah Swt memberi umur panjang dan sehat selalu, bisa bertemu, saling mengenal dan silaturrahmi. Amiin.

  11. Kami
    adalah putra dari Andi Baso Malla Petta Welle keturunan keluarga Bone
    yang tinggal di Kasimbar, kabupaten Parigi Moutong, dan di Palu,
    Sulawesi Tengah, kakek kami bernama Andi Malla Petta Bella Arung
    Manajeng penyusun Lontarak “TOLOQ RUMPAKNA BONE”. Lontarak tersebut
    mengandung nilai peristiwa sejarah Bone tahun 1905 M, dan
    mengandung nilai budaya Bugis sebagai pewarisan perjuangan
    dan kebudayaan bangsa. Lontarak “TOLOQ RUMPAKNA BONE” telah
    ditransliterasi, diterjamahkan dalam Bahasa Indonesia melalui Departemen
    Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan pada
    tahun 1991 M. Andi Malla Petta Bella Arung Manajeng
    menyusun lontarak “TOLOQNA ARUNG LABUAJA”.tahun 1920 M, Lontarak
    tersebut mengandung nilai historis tentang perjuangan raja-raja Bone
    dalam melawan Belanda. Saat ini lontarak TOLOQNA ARUNG LABUAJA telah
    diteliti dan
    ditransliterasi oleh Roger Tol berkebangsaan Belanda tahun 1990 M dengan
    judul “EEN HAAN IN OORLOG TOLOQNA ARUNG LABUAJA EEN TWINTIGSTE EEUWS
    BUGINEES HELDENDICHT VAN HAND VAN I MALLAQ DAENG MABELA ARUNG MANAJENG”.
    Tahun 1925/1926, Andi Malla Petta Bela Arung Manajeng ke daerah Wani,
    Donggala tahun
    dan selanjutnya ke Laemanta, Kasimbar, Parigi Moutong tahun
    1926/1927 M. menikah dengan putri Bugis Wajo bernama Andi Batari Hi Jame
    di Laemanta, Kasimbar, dikarunia seorang putra bernama Andi Baso
    Malla Petta Welle. Tahun 1927 M kakek kami Andi Malla Petta Bela Arung
    Manajeng
    kembali ke Bone dan menikah di Bone dikarunia anak bernama
    Andi Muhammad Yusuf, Andi Hamidah Petta Manisi dan Andi Anna Petta
    Tajang. Saat ini keluarga kami ada yang tinggal di Bone, di Makassar, di
    Surabaya, di Jakarta, di Palu, di Parigi Moutong Sulawesi Tengah, di
    Kalimantan, di Kendari dan di Sulawesi Barat. Sebagian keluarga sudah
    saling mengenal dan selalu bersilaturrahmi, namun keluarga dari Petta
    Sonna (Ibu dari Andi Baso Amir), Andi Baso Amir (Mantan Bupati Bone
    tahun 1969) dan putra dari Andi Baso Amir belum pernah bertemu, Andi
    Analta Baso Amir, Andi Miller Baso Amir dan keluarga lainnya. Semoga
    Allah Swt memberi umur panjang dan sehat selalu, bisa bertemu, saling
    mengenal dan silaturrahmi. Amiin.

  12. Dr. Hamlan Andi Baso Malla, M.Ag. said

    ok

  13. Dr. Hamlan Andi Baso Malla, M.Ag. said

    Kami adalah putra dari Andi Baso Malla Petta Welle keturuan keluarga Bone yang tinggal di Kasimbar, kabupaten Parigi Moutong, dan di Palu, Sulawesi Tengah, Kakek kami bernama Andi Malla Petta Bella Arung Manajeng penyusun Lontarak “TOLOQ RUMPAKNA BONE”. Lontarak tersebut mengandung nilai peristiwa sejarah Bone tahun 1905 M, dan mengandung nilai budaya Bugis sebagai pewarisan nilai perjuangan dan kebudayaan bangsa. Lontarak “TOLOQ RUMPAKNA BONE” telah ditransliterasi, diterjamahkan dalam Bahasa Indonesia melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 1991 M. Andi Malla Petta Bella Arung Manajeng menyusun lontarak “TOLOQNA ARUNG LABUAJA”.tahun 1920 M, Lontarak tersebut mengandung nilai historis tentang perjuangan raja-raja Bone dalam melawan Belanda. Saat ini lontarak tersebut telah diteliti dan ditransliterasi oleh Roger Tol berkebangsaan Belanda tahun 1990 M dengan judul “EEN HAAN IN OORLOG TOLOQNA ARUNG LABUAJA EEN TWINTIGSTE EEUWS BUGINEES HELDENDICHT VAN HAND VAN I MALLAQ DAENG MABELA ARUNG MANAJENG”. Andi Malla Petta Bela Arung Manajeng ke daerah Wani, Donggala tahun 1925/1926 dan selanjutnya ke Laemanta, Kasimbar, Parigi Moutong tahun 1926/1927 M. menikah dengan putri Bugis Wajo bernama Andi Batari Hi Jame di Laemanta, Kasimbar dan dikarunia seorang putra bernama Andi Baso Malla Petta Welle, Kakek kami Andi Malla Petta Bela Arung Manajeng kembali ke Bone tahun 1927 dan menikah di Bone dikarunia anak bernama Andi Muhammad Yusuf, Andi Hamidah Petta Manisi dan Andi Anna Petta Tajang. Saat ini keluarga cucu dari Andi Malla Petta Bela Arung Manajeng, ada yang tinggal di Bone, di Makassar, di Jakarta, di Surabaya, di Kalimantan, di Kendari, di Parigi Moutong, sebagian keluarga sudah saling kenal, selalu bersilaturrahmi, namun keluarga lainnya belum saling kenal dan belum pernah bertemu dengan kami, yaitu putra dari Andi Baso Amir (Mantan Bupati Bone tahun 1969) yang tinggal di Jakarta, Andi Analta Baso Amir, Andi Miller Baso Amir, dan lainya, Semoga Allah Swt memberi kesehatan dan umur panjang untuk saling kenal dan bersilaturrahmi.

  14. Menurut cerita orang tua saya.buyut saya berasal dari bone namanya.makarate petta giling..dgn bersaudara 2 perempuan yg namanya adenang dgn masenang.
    Konon cerita buyut saya lari dari sulawesi selatan dgn keponakanya..bernama maniro dgn membawa kuda putih hanya membawa 1 buah petih tembaga berisikan buku2 yg bertulisan lontar..dan kain merah panjang dgn bajuh perang bersama kriss..menurut ceritanya kriss ini kalau ketika di cabut dari sarungnya harus menghadap ke atas atau ke bawa.

  15. Andi Zafadilah Mohsya said

    Petta sau siapa…. La tenrisau maksud ta???

  16. andi rusli said

    Buyut saya namanya petta sau,kake saya namanya petta tapu,bapa saya andi maffiase petta lawa.saya lahir dibalikpapan.bapa saya dikirim dikalimantan menunaikan tugas perang,saya tidak pernah kebone.kira” adakah keluarga saya disana???

  17. andi rusli said

    Buyut saya juga namanya petta sau punya anak petta tapu itu kake saya.bapa saya andi maffiase petta lawa.saya lahir balikpapan bapa saya kekalimantan karena jdi pejuang kemerdekaan.adakah yg dibone kenal sama keluarga saya

  18. andi muhammad siji amal petta bale said

    adakah orang bugis utamanya para ANDI mempunyai kartu silsilah keluarga mulai dari jaman raja bone ke 13 ?

  19. koko said

    mohon maaf sebelumnya, saya hanya ingin mengetahui tentang sejarah atau asal usul fam “limpo” di sulawesi selatan, hal ini dikarenakan istri saya adalah anak dari Andi Martin Ismail Limpo yang ada di perantauan dan saat ini sudah meninggal dunia,terakhir berdomisili di jakarta (meninggal dunia sekitar tahun 1997).Bagi yang mengetahui sejarah fam limpo mohon menghubungi email saya harbasu@gmail.com.Terimakasih atas informasinya

  20. andi anita said

    assalamu alaikum…..
    sy anak dari ALM ANDI YUNUS,,, sy ingin tau keluarga ayah sy,,, thn 2002 adik sy pernah kebone bertemu sama keluarga ayah sy tp karna pindah rumah semua alamat hilang…..
    sy anak ALM. ANDI YUNUS dari sulawesi tengah, sy mt tlg infonya jika ada yg kenal keluarga ayah sy,…. terimakasih
    no tlp sy 085320158136.

  21. Rahmaniar said

    jika sekarang ada yang menganggap dan mengangkat dirinya sebagai mangkau na bone masih sah kah i2?

  22. Andi sabaruddin said

    saya keturunan dari petta puji (andi kursia)..ayah saya petta puji ank laki2 pling kecil dr 8 saudara.
    saya tinggal di sumatra ..ayah saya petta puji tdk pernh pulang k kmpung halamn setelah merantau k sumtra dan mnikah dgn ibu saya.
    kini saya mncari saudara yg bergaris keturunan dgn ayah saya petta puji.yg thu tlg ksi info dan blas pesan saya ya….

  23. […] 33. Andi Pabbenteng Petta Lawa 1946-1951 (5 Thn) […]

  24. Syahril said

    Siapa yg mengal nama dato sandrohasang anak nya nama nya dato pele

  25. MANUSIA BIASA said

    apa sih gunanya andi, petta, karaeng, pangerang, berdarah biru, bangsawang….kan di sisi ALLAH S.W.T semua manusia itu sama….?
    makasi….cuma itu pertanyaang saya….!
    DAMAI…………

    • Dika said

      Minset orang sekarang berbeda dengan mindset orang dulu, karna dulu raja itu dianggap titisan ilahi 6

    • Dika said

      Saya kenal anaknya A Baso Toba dari Istri A besse Paisah sepupu 1 kalinya sendiri bernama Andi Baso Padris sekarang dia ada di Makassar tinggal bersama saya sebagai sepupu 1 kalinya..

  26. Firmansyah said

    Asslamu Alaikum….
    Nama saya Firmansyah Putra dari Andi Aryani Nurdin Baso. Setelah membaca artikel di Atas, kalau yang di maksudkan La Pabbenteng adalah anak dari Baso Pagilingi Abdul Hamid yang bernama lengkap Andi Nurdin Baso, menurut ibu saya yang merupakan anak Tunggal dari istri resmi mengatakan beberapa artikel yang anda tulis sedikit berbeda. ada beberapa bagian penjelasan yang keliru menurut ibu saya. Sebagai informasi tambahan, Kakek saya memiliki 1 istri dan 3 selir yang masing2 hanya memiliki 1 putri. Samua saudari ibu saya (anak dari selir kakek saya) berinisial NUR… nama asli ibu saya NURHAERI namun dalam akte kelahiran ibu saya diberi nama ANDI ARYANI NURDIN BASO.
    Maaf kalau saya memberi sedikit kritik. Mohon maaf juga kalau ternyata yang anda maksud berbeda dengan yang saya maksud.
    Saya mungkin tidak terlalu paham tentang silsilah kerajaan bone namun ibu saya yang merupakan putri ANDI NURDIN BASO masih hidup. Semua saudara saya tidak ada yang menggunakan gelar ANDI karena itu pesan dari kakek saya (ANDI NURDIN BASO).
    Kontak saya di :
    1. immank169@gmail.com
    2. immankid@yahoo.com
    3. immank@maregacom.com

  27. saya jg kturunan raja bone,, dari ayah saya, tp ibu saya orang kudus,
    saya sudah lama di tinggal ayah saya yang bernama choirul utsman,
    saya ingin sekali bertemu kluarga saya, sperti: kakek utsmanise, nenek maparimeng, paman idrus dll, saya mnta tlong klo ada informasi tntang mereka tlong hub. 087831233792. terima kasih

  28. halo pha kabar

  29. […] 33. Andi Pabbenteng Petta Lawa 1946-1951 (5 Thn) […]

  30. Romi Bakri said

    Ada jg anakx La Pabbenteng Petta Lawa diSegeri Kab.Pangkep ” Namax Andi Maruddani Petta Giling, diantara anakx Petta gililing disgri yaitu” Andi Mattotorang, Andi Mappeasse dn Andi Mappaseling

  31. manto said

    tabe loka makkutana niga missengi iyaseng paddusa mado riolo nasen tauwe ?

  32. Andi Alwan said

    sy juga kturunan dari bone, yg sy ingin pertanyakn kenapa di antara nama-nama yg anda sebut banyak kesamaan dengan nama-nama keluarga sy apakah mungkin keluarga anda ada kaitannya dengan keluarga saya,,?? apabila ada yg mau menjawab Hub. 081245628617 terimakasih,,,,,,,,,,,

  33. ichal said

    nama saya abdlwahab dgmallimpo dgmattawamg selanjtx aku tdk tau lagi krn aku lahir di ambon sampai skrng ortu saya asli bone desa palakka\carawali saya mencari keluarga saya soal turunan raja saya gak persoalkan hub no ini 082198871780

  34. ichal said

    namaku

  35. sy jg mncari kluarga sy dibone,yaitu keturunanx opu dgn mamala yg mnikah dgn anakx petta ITAA’ LAHIRLAH Andi Tondong petta mangngu,Andi rawe,,Petta lolo,Andi takim,Andi besse,Andi mokko,Andi tabba,,ANDI TONDONG PETTA MANGNGU puxa anak namax PASELE DGN MANERRU,,ANDI WELANG,ANDI PESSA,PETTA NURUNG,,ANDI MALLA OPU DGN PARANI..apabila ada tolong hub sy di 0852 16 777777 atau 0853 99 090909

    • syamsuriyani said

      Assalamu Alaikum wr.wb.Maaf ,tabe iye saya juga mencari keluarga yang ada diBone,atau dimnpun dia berada yaitu keturunan dari Petta unreng yang beristri dengan Petta Sabbe .Petta Unreng dgn Petta Sabbe melahirkan Anak namanya Basong Petta Tompo Nah Basong Petta Tompo ada anaknya Namanya Karaeng Rajawang itulah nenek saya.Tolong barang siapa atau keluarga yg ada hubungan yg saya maksud hubungi nmr 081 355 401 199

  36. Assalamualaikum w.t.w..

    Saya Yasin Yansur Bin Side, Saya Tertarik Dengan Blog ini.. Dan Terharu Dengan Isi Kandunganya… Saya Juga Berdarah BUGIS ASLI BONE.. Saya Di Lahirkan Di Tawau Sabah. Sekiranya Blog ini Dapat Membantu… Saya Juga tidak terkecuali ingin mencari Darah daging keturunan saya.. Ceritanya Begini Menurut Cerita ibu saya dan kakak kepada ibu saya.. Moyang saya dua Beradik iaitu, LEWA dan BATARI adalah Sebilangan Orang Yang di buang Dari SULAWESI KE JOHOR. Sekiranya ada maklumat tentang moyang saya ini.. sila maklumkan kepada saya.. sekian..

    BUGIS TAWAU

  37. labetta said

    bugis bone,saya nak cri tho ogi kat tawauu

  38. Andi Mas said

    Salam Andi Pabenteng Petta Lawa
    Saya juga terkait dengan keluarga yang telah terter diatas. saya lahir di Tanah jawa jadi keluarga Pabenteng banyak yang tidak kutau.
    Nama orang Tua. Andi Iskandar Zulkarnaen mempunyai 8 bersaudara kandung (Andi Nininong jalan makmur Alm. Andi Syamsul Bahri diluwuk banggai Alm. Andi Bahri di Jalan Pahlawan sengkang. Andi Ratu Alam Alm di BTN Pabri sengkang. Andi Tenri Waru Makssar,Andi Musdalifah dan Andi Sukma BTN Tae Sengkang. nama nenek saya H. Andi A.Karim Petta Lawa nama bapaknya neneku Andi Palaloi Petta Tiro. yang saya tanyakan masih adakah lontra silsila keluarga yg saya maksut mohon dijawab. karena saya kepingin bersilaturrahmi kesemua keluarga saya.085256359222

  39. andi normiah petta kanang binti andi abbas petta lawa said

    bagi yg sesiapa tahu yg mempunyai hubungan kekeluargaan sila hubungi saya ke no fon 0146566640 @ 0146566695 saya mengalu-alukan keluarga saya…

  40. ANDI ARDI PETTA TAPPA said

    assalamualaikum..

    sy dari tawau,sabah,malaysia..saya ada pertanyaan..saya mau tau..gelaran andi dan petta ini digunakan oleh golongan apa dlam bugis bone..maklumla..saya anak muda..cuma maw tau sejarah keturunan saya saja..maw kepastian. hrap d balas ya,,sekian

    • arbain a. mappi abang, se. said

      Kisah bapak sy yang ada di Kab. bulungan…kata andi adalh pngilan penhormatan buat bngsawan bone yg blom beklurga, sdangkan petta adalh pnggilang khormatan bnsawan yg sudah bklurga krna tdk sopan memanggil langsung namanya…mungkin sgitu klo ada yg mo nambah krna sy jg lahir di perantauan,,, kalimantan Timur….

  41. andi amal hayat makmur said

    Sy ingin tau keturunan selajutnya dari la pabenteng. Mohon infonya…

  42. safry said

    saLam…
    sy jga turut terpanggil untuk menyusuli susur galur leluhur saya…
    moyang saya adalah bangsawan bone,menurut arwah datuk sya..nama samaran moyang saya “tukang pasil” karena dia merantau ke filipina sebelum bertemu jodoh dgn moyang perempuan saya iaiti inda mahani..ap yg pasti moyang sya ad nama ni..ADIPATI ANUM.d malaysia dia mnggunakan nama samaran sbagai tukang pasil hinggalah beliau mninggal..pada sesapa yg mngenali nama ini arap d maklum..sekian..

  43. daengsitturu said

    Salam..

    Saya juga mencari saudara-mara seketurunan.., kalau ada di sini.

  44. Daeng said

    Salam..

    Macam mana mau dapat senarai ahli-ahli Adat 7 (ade 7), yang terakhir sebelum pembubaran organisasi pemerintahan tersebut.Adakah siapa-siapa dalam keluarga ini yang simpan gambar-gambar mereka.

  45. puang mawille said

    terus raja raja selanjutnya sejarahnya bagai mana????????????????
    dengar2 raja bone sekarang masi ada, katanya raja bone sekarang adalah petta tompo, benar ngga thu???????????????????
    tolong infonya……..
    bay tarakan kal-tim keturunan dari raja awo

  46. zainuddin said

    saya keurunan dari petta gading di pattiro nama ayah saya petta sau atau daeng pasau H. mangkona
    saya sekarang tingal di palembang adakah keturunan dari puang gading jika mengetahui tolong kirim email ke smkn3_plg@yahoo.co.id

  47. asse said

    tabe..
    saya anak bone tinggal di kaltim mau minta informasi dari turunan leluhur saya baik dari kakek maupun dari pihak nenek saya karena beliau asal dari bone.
    dari kakek : namanya puang sale, puang sale punya anak namanya puang umar dan puang umar punya namanya puang djawa puang djawa punya anak itu adalah orang tua saya (kake saya dulu pemuka agama islam alwatiah)
    sedangkan istri dari nenek saya namanya puang pessa dari(Cendrana bone) puang pessa punya bapak namanya puang tiro sedangkan puang tiro punya bapak namanya puang lewa..
    mohon dijelaskan lontaranya agar kami dari keturunan bisa memahami leluhur kami.
    wassalam

  48. saya rasa bersyukur kerna menumukan keturunan ayah saya ayah saya bernama andi abbas petalawa selama ini saya tidak perna bertemu dengan keluarga ayah mahupun seorang saya berharap bagi sesiapa yang mengenali ayah saya atau pun sesiapa saja hubungi saya ke email jasmia_87@yahoo.com la pabbentang memang mirip sekali dengan syah saya!

    • Andi Arafah said

      innalillahi wainnalillahi rajiun Kmrn tgl 5 maret 2011 pkl 14.00 wita telah berpulang k rahmatullah andi tanjeng petta sanre cucu langsung pabbenteng petta lawa anak dari andi baso page petta tombong yg tinggal d lingkungan salaonro, kel. ujung, kec. lilirilau, kab. soppeng,,,,

      • Dya Mia said

        innalillahilahirajiun . . sy jg berduka cita di atas berita itu . . moga roh nya d cucuri rahmat amin…. oya kamu tau nga andi norhaida petta tungka binti andi abbas petta lawa? kalau kamu tau hubungi saya ke 0146566640 @ 0146566695 …

  49. mohamad asmuni said

    tolong dong dijawab… siapa saja keturunan dari pebbenteng … karena bpk saya Andi Djaelani (alm) pernah cerita adalah keturunan dari Pettalawa

    • juliana bt nganro said

      hye asmuni…sy juliana dr malaysia…bapak sy dr keturunan bugis bone, bapak sy juga ade kaitan dgn andi pebbenteng….bpak sy merantau ke riau dan kmudian menetap di johor malaysia….di bone bpak sy digelar Daeng malongi cucu dr andi malonjok pettah rumpak…klu kamu rase ade kaitan sama sy mnta diblas email nya ya…..

      • Andi Alwan said

        bapak sy juga keturunan bugis bone, yg sy ingin pertanyakan kok bisa ya nama bapak kamu sama dengan nama bapak sy apkah mungkin antara bapak kamu ada kaitannya dengan bapak sy,,,,,,,?

    • arianto said

      ass.saudara asmuni kami adlah cucu langsng andi pabebteng petta lawa,ibu saya andi bau tenri manereng saudara kandung dri bau pessor,anak bau pessor anugrah,eva tenri awaru.maaf sepupu dan saudara yg tdk sempat kami sebutkan.semoga jawaban ini menjadi hubungan tali silatuhrahmi.wslm

      • elimsaharastrajingga said

        Saudara Arianto…

        memang benar… apa yg dikemukakan.
        mungkin saudara Arianto dpt membantu saudara2 yg ingin tau soal keturunan Puatta Petta Lawa ( Andi Pabenteng ).

        ttg anak keturunan Pt. Lawa ; Bau Pessor… beliau masih berada di Kabupaten Bone, juga anak beliau Anugrah… berdomisili di Makassar.

        anak Pt. Lawa; Baso Toba… telah meninggal dunia ditahun 2011, keturunannya jg msh berdomisili di Kabupaten Bone.

  50. Astrajingga said

    Beliau memiliki keturunan yg sampai sekarang msih berdomisili di Bone, antara lain:
    Bau Pessor, Baso Toba, Baso Laode. Rumah Kediaman Beliau ( Andi Pabenteng Pt. Lawa) masih berdiri dgn kokoh di jalan makmur.

    • saya juga keturunan nya nama ayah saya ialah andi abbas petta lawa, saya ingin berjumpa dengan mereka bagai mana untuk bertemu dengan mereka? ada alamat atau no. telepon mereka yang boleh menghubungkan saya dengan mereka?

  51. Ryudin said

    Tabe…
    Lalu ada nggak keturunan dari Pabbenteng, kalau ada siapa saja mereka?

    • Astrajingga said

      Keturunan beliau masih ada, dan sebagian besar masih b’mukim d wilayag kab. Bone.
      diantaranya BAU PESSOR, BASO TOBA, BASO LAODE

      • saudara astrajingga ayah saya keturunan beliau dan saya ingin bertemu dengan mereka bagai mana ka caranya? sebab saya tidak perna bertemu dengan mereka sebab saya berada di malaysia sabah. nama ayah saya ialah andi abbas petta lawa, menurut ayah saya saya mempunyai seorang kakak d bone namanya andi norhaida petta tungka dan suaminya andi yusup petta jallo. nama penuh saya ialah andi normiah petta kanang.

      • maaf sy jg ada ketrunan bone,,sy lg cari ktrunanx andi tondong petta mangngu dan andi rawe..ketaxa semua kturunanx tinggal dibone,mereka asalx bapakx dr luwu namax opu dgn mamala..
        ,spatau ada tolong hub;0852 16 777777

      • nanimuhaini said

        Assalamualaikum..saya jg keturunan bugis bone.mengikut cerita bapa sy andi baso toba bersepupu dgn atok sy.nama atok sy andi aras abdullah petta serang.nama bapa sy andi pihe.sy ingin mencari semua keluarga andi baso toba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s