www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

BUGIS

Posted by Rustan pada Mei 18, 2009



SUKU BUGIS adalah suku yang tergolong ke dalam suku Melayu muda. Masuk ke SULAWESI SELATAN setelah gelombang migrasi pertama dari daratan ASIA tepatnya Yunan. Kata ‘Bugis’ berasal dari kata To Ugi, yang berarti orang Bugis. “ugi” merujuk pada raja pertama kerajaan Cina (bukan negara Tiongkok, tapi yang terdapat di jazirah Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Wajo yaitu LA SATUMPUGI Ketika rakyat La Sattumpugi menamakan dirinya, maka mereka merujuk pada raja mereka. Mereka menjuluki dirinya sebagai To Ugi atau orang-orang/pengikut dari La Sattumpugi. La Sattumpugi adalah ayah dari We Cudai dan bersaudara dengan Batara Lattu, ayahanda dari Sawerigading. Sawerigading sendiri adalah suami dari We Cudai dan melahirkan beberapa anak termasuk La Galigo yang membuat karya sastra terbesar didunia dengan jumlah kurang lebih 9000 halaman folio.
SUKU BUGIS adalah suku terbesar ketiga di Indonesia setelah suku Jawa dan Sunda. Berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat dan menyebar pula di propinsi-propinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah,Pulau Kalimantan, Irian, Jawa Bali dan Kepulauan Riau, dan sampai ke Negara Singapore, Malaysia, Berunai Darussalam dan sampai ke Afrika Selatan.

33 Tanggapan to “BUGIS”

  1. Mohammad fauzy said

    Saya berketurunan BUSMAN Bugis mandar mama asal pinrang (Bugis) bapak asal rappogading (mandar).. Hehehehe yang aku tahu keturunan ku semua perantau termasuk aku sekali dan jika di panjang kan umur dan mempunyai anak.. Aku ingin juga ank ku jadi perantau .. Agar dunia semua tahu keturunan Bugis sangat besar dan di kenali ramai.. Bukan ogi kalau takut injak negeri nya orang.. Hidup bangsA ku hidup leluhur keturunan ku.. Aku bangga jadi anak Bugis

  2. Putra Fajar said

    dari sekian info yang menarik ini, ternyata anda menyalin ya.
    seharusnya anda mencantumkan sumbernya.

  3. adi said

    Dari suku apapun kita adalah bersaudara

  4. qhaisya said

    sya ingin tahu keturunan sebelah suami sya yg kata nye dari keturunan daeng chelak kerabat diraja johor sebelah temengong di muar yg pasti bapa mertua sya Raja Ali Bin Raja Ghani.tp tak pasti dari sebelah mana…
    boleh bantu sya

  5. Fitra said

    Sy jg punya kakek buyut yg meninggal di sulawesi.namanya muhammad sulung.dia adalah 4 bersaudara.(cerita menurut kakek).sampai hari ini sy tidak tau kebenaran nya karna sy tdk punya detail info.tq

  6. dhany said

    assqum.
    iyya tau ugi bone,.
    idi silessurengku ugi’e, narekko massuki ri’kampponna tauwe, aj tallupai tanah ogi’ta
    narekko ri’kamponnakie tauwe, aja melo ripakesiri tauwe, taro ko ada, taro tokko ada.

  7. tam said

    hidup bugis sedunia..demi banggsa dan agamaku

  8. rijal said

    saya rijal yg dilahirkan thn 91 Di KALTIM yg bru” ingin thu asal usul saya ?? bpk ibu saya lahir di mamuju kakek aq dua-dua-duanya adalah sepupu dan dy keturunan bugis di mamuju, yang kakeknya adalh orang bugis yg datang ke mamuju…..yang saya tanyakn apa benar dari bugis luwuk ada anggota keluarganya yang pergi/hilang dan dicari” . tapi cerita ini uda lama lw iya aq salah satu keturunaannya,,perna orang bugis datang cari keluarganya yang hilang dimamuju tapi saat nyame sana uda meninggal ?? dan dia bilang ini benar saudaranya kakek ku yang dicari” oya saya agk lupa krna cerita nie ud lama aq dengr jd aga lupa saudara kakeknya/sepupu kakeknya ,,yang aku tahu orang bugis itu dari luwuk..
    saya hanya dapat cerita singkat dari orang” tua ?? yang bikin saya tambah susah karna ga terlalu mengerti bahasa daerahnya yang digunakan bapak dan ibu saya,,,

  9. rhifal aristian said

    da g yg bs critakan sejarah KAHAR MUZAKKAR pda saat dtemukan d hutan…?
    tlng doong ceritain,sapa tw da yg pernh denger….
    THANK’S sblumx….

  10. Zeck M said

    saya dari keturunan bugis yg datang ke selangor masa dulu-dulu… saya dari keturunan Nakhoda Daeng Soh. sekarang keturunannye ramai di perkampungan bugis di kuala selangor. bantu cariikan…

  11. nizar ahmd said

    saya bugis bone takkalasi…keturunan bone,wajo,dan sigeri.

  12. muhammad ridha said

    orang bugis Tanete Barru, turunan Bone dan Soppeng

  13. NOOR AZMAN said

    MAU BERTANYA…..APAKAH ADA BUGIS YG BERNAMA DAENG SULONG/SULUNG , JIKA ADA INFO SILA EMEL SAYA DI

    azman@spr.gov.my . SEKIAN TERIMA KASIH…

  14. assalamualaikum..mau tanya …pembagian warisan dalam suku bugis bisa saya dapatkan dimana?

  15. Penjejak said

    Salam..

    Hye..saya berasal dari johor…saya ingin mencari keturunan mak saya…moyang saya berasal dari Kota Makassar, Daing Patingek..mak tak pernah jumpa moyang kami sebab beliau duduk di Indonesia…then mak sy berasal dari keturunan Bugis Bone..mak saya berasak dari kg Melayu Majidee JB..so disini sya ingin emngambil kesempatan jika terdapat mana2 pihak yang tahu saya bersasal dari salur galur mana…segala kemungkinan yang ada kerana saya tidak tahu nakbermula dr mana…sekian.

  16. JAY said

    ass. wr. wb.
    setelah sekian tahun bermukim di Kalimantan barulah saya tahu bahwa dari garis ayah saya kami orang bugis, cm karena keterbatasan bukti karena kakek-nenek kami telah meninggal maka kesulitan mencari aal usul kami lagi dari bugis mana.
    kata ayah saya dulu masih ada lontara dan sebuah piring yang dipegang oleh kakek saya namun ketika Jepang masuk ke Kaltim tahun 1942 barang-barang itu diambil, yang tinggal dari nenek moyang saya dari pihak kakek saya sebuah keris sapukala dan sebuah tombak serta dari pihak nenek saya sebuah keris (yg mrk sebut selle/tappi).hulu gading dan berluk yang sampai saat ini masih tersimpan.
    yang masih smpt saya catat nama-nama yang disebut-sebut ketika masih kecil adalah :
    1. dari pihak kakek : La Basso-La Selleng-Lapanyompa (Mappanyompa)
    2. dari pihak nenek : Daeng Matteru, Daeng Habbe (Abdul Wahab)
    dan dari komunitas masyarakat setempat dimana nenek moyang kami tinggal memang dikatakan bahwa kami memang orang bugis yang tinggal disana (Kampung Salimbatu-Kab Bulungan-Kaltim) sebagai pedagang emas dan juga sebagai Imam/Kadi/guru ngaji, hidup dan berasimilasi dengan warga setempat sampai denga saat ini.
    sebagai keturunan daarah bugis maka harus lah tetap kita menghormati darah keturunan dari nenek moyang kita.
    Muhammad Zainuddin di Kota Tarakan Kalimantan Timur.

    • Inayah said

      cerita saya hampir mirip dgn sdr jay.. saya jg keturunan raja bugis, tp sampai skr saya sulit tahu ttg sejarah raja2 bugis yg ada, ayah saya merupakan cucu raja bugis yg b’nama “chuzaimah”,namun saya ragu apakah itu benar adanya atau tidak..karena ayah saya telah meninggal dunia thn 1999 silam,sedangkan ibu (keturunan suku sunda)saya, tidak tahu persis kami keturunan bugis mana.. kami sekeluarga (anak2) tidak pernah ke kampung halaman sejak kecil.
      dimana ya bisa dapat silsilah keturunan raja2 bugis..🙂 terima kasih.

  17. ichank said

    “kalo anda bisa”, tolong muat juga artikel tentang proses perpindahan tempat dalam epos La Galigo. Karena saya kira semuax pasti ingin tahu bagaimana asal dan usul nenek moyang kita. karena dari beberapa artikel saudara yang sudah saya baca, saya tidak bisa menemukan artikel yang mengemukakan bahwa nenek moyang orang bugis Bone,Makassar dan sekitarnya adalah berasal dari Luwu. Dan saya kira anda mungkin sedikit membuat kekeliruan dengan mengenyampingkan kerajaan Luwu dalam artikel anda.

    • Greendy said

      Saya setuju itu boss, krn Konon katax sy jg keturunan dri Kerajaan luwu dan ada sebuah keris ( Tappi ) dari Peninggalan Orgtua yg masih sy pegang katanya dari Kerajaan Luwu, umurx kira2 Kurang Lebih 500 tahunan menurut Org2 Pintar yg perna Melihatx, sekarang tinggal di Jakarta, dan Ingin sekali mengenal lebih jauh cerita2 ttg kerajaan Luwu ( Payungnge Riluwu ).
      Thank’s dari Greendy

      • rijal said

        saya rijal yg dilahirkan thn 91 Di KALTIM yg bru” ingin thu asal usul saya ?? bpk ibu saya lahir di mamuju kakek aq dua-dua-duanya adalah sepupu dan dy keturunan bugis di mamuju, yang kakeknya adalh orang bugis yg datang ke mamuju…..yang saya tanyakn apa benar dari bugis luwuk ada anggota keluarganya yang pergi/hilang dan dicari” . tapi cerita ini uda lama lw iya aq salah satu keturunaannya,,perna orang bugis datang cari keluarganya yang hilang dimamuju tapi saat nyame sana uda meninggal ?? dan dia bilang ini benar saudaranya kakek ku yang dicari” oya saya agk lupa krna cerita nie ud lama aq dengr jd aga lupa saudara kakeknya/sepupu kakeknya ,,yang aku tahu orang bugis itu dari luwuk..
        saya hanya dapat cerita singkat dari orang” tua ?? yang bikin saya tambah susah karna ga terlalu mengerti bahasa daerahnya yang digunakan baapak dan ibu saya,,,

  18. darmawangsyah said

    aqu asli bugis sengkang aqu mau pulang tetapi jauh skrg tinggal inggris

  19. riny said

    sy bugis soppeng….

  20. arm said

    salam,
    saya sedang mencari datuk(KAKEK) dan saudara mara arwah ayah saya. Datuk saya ADALAH SEORANG TENTERA LAUT INDONESIA yang bernama TAHIR,nenek saya bernama daeng midung, dan abang kepada ayah saya bernama Muctar, semua nya berkuturunan bugis mandar. Cerita nya begini pada dulu kala ayah saya hilang waktu umurnya 3-5 tahun semasa datuk saya berlabuh di perairan surabaya dan setelah 20 tahun ayah saya berjumpa semula datuk saya di JAWA dan ayah saya terus pulang ke rumah ayah angkatnya di Bawean..setelah 5 hari berjumpa dengan datuk saya,..Ayah saya merantau di Malaysia bersama ibu saya…pada tahun 1979. setelah berada di Malaysia tiada khabar mengenai datuk saya disana… saya ingin berjumpa dengan mereka ingin memberi tahun yang ayah say asudah meninggal dunia pada 2005.

  21. DIL said

    q bugis bone barru…

  22. saya keturunan bugis bira.. sya pengen pulang mau kenal sama saudara ayahku tapi ayahku udah lama tidak pulang ke kmpg nenek sma kakek sya tidak pernah kenal dan tidak pernah jumpa..

  23. La madukelleng said

    coba saudara jelaskan penamaan Bugis yg merujuk pada kata Mbugi (menyembah sang pencipta).. kalau memang penamaan bugis berasal dari kata to ugi (orang2 la sattumpugi), bagaimana bisa Luwuk juga disebut bugis?? sedangkan berdasarkan sureq La galigo, era La sattumpugi sama dgn era sawerigading (ksatria bugis Luwuk), La sattumpugi adalah ayah dari We cudai, istri sawerigading, sawerigading sendiri disebut sebagai Moyang bangsa Bugis (luwuk, makassar, bone, wajo, toraja, gorontalo dll)

  24. jika saudara@saudari hubungi saya langsung ke e-mail

    • Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
      Maaf. kalau boleh tahu anda keturunan raja bone yg keberapa? Insya Allah saya akan mencarikan info mengenai keluarga anda.Saya jg salah satu keturunan Darah bone asli Facebook :Sampul SULSEL

  25. assalamualaikum saya merupakan keturunan bugis bone menurut arwah ayah saya kami berketurunan raja bone tetapi saya tidak pasti sebab saya tidak perna mengunjungi keluarga ayah saya, ayah saya perna memberi tahu saya mempunyai seorang kakak di indonesia kalau tak silap saya namanya andi norhaida binti andi abbas saya igin sekali bertemu dengan keluarga ayah saya,

    • sangPurnama said

      assalamualaikum , saya juga merupakan keturunan bugis bone , kayu ara dari , menurut ayah lagi … datuk saya bernama salleh@fetta paseng ,serta oyang pula bernama fetta lifu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s