www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Coto Makassar

A. Selayang  PandangCoto Makassar

Masakan khas daerah berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar yang terdiri dari usus, hati, otak, daging sapi atau kuda, dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Pada umumnya Coto Makassar disajikan/dimakan bersama ketupat.

B. Keistimewaan

Enak tidaknya masakan Coto Makassar ditentukan oleh kualitas masakan kuahnya. Masakan ini akan terasa  lebih gurih dan nikmat jika dimasak dalam panci tanah liat atau disebut dengan korong butta atau uring butta dengan rampah patang pulo (40 macam rempah). Kesemua bumbu dan rempah tersebut tidak saja berfungsi sebagai penyedap, tetapi juga sebagai penyeimbang dan penawar zat-zat yang kurang baik yang terdapat dalam bahan yang dipergunakan seperti hati, babat, jantung dan limpah, yang sarat dengan cholesterol, sehingga makanan ini menjadi sehat untuk disantap.

C. Lokasi  dan Akses

Hidangan Coto Makassar ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Kota Makassar, mulai  dari warung pinggir jalan hingga di restoran, dengan harga berkisar antara Rp. 3.500,- hingga Rp. 7.000,- per-porsi. Di Kota Makassar, ada beberapa lokasi  pedagang Coto Makassar yang cukup terkenal, seperti di Jl. Gagak, di  Panakukang, dan di Jl. AP. Pettarani. Warung-warung tersebut buka sejak pagi hari hingga tengah malam.

D. Resep Cotot Makassar

Coto Makassar (porsi 6 orang)
Bahan:
500 gram daging sapi, sandung lamur
500 gram babat, rebus matang
300 gram hati sapi, rebus matang
200 gram jantung sapi, rebus matang
5 batang serai memarkan
4 sm lengkuas memarkan
2 cm jahe memarkan
5 lembar daun salam
250 gram kacang tanah, goreng haluskan
2,5 liter air cuci beras/tajin
1 sdm bumbu kaldu bubuk rasa sapi
6 sdm minyak sayur

Haluskan :
10 siung bawang putih
8 butir kemiri sangrai
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt jintan sangrai
1 sdt garam dan 1 sdt merica butiran
Pelengkap : bawang goreng, irisan daun bawang dan irisan seledri, sambal taoco
Haluskan : 10 bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 cabai keriting rebus sebentar, 100 gram taoco, tumis dengan 6 sdm minyak sayur hingga matang, haluskan tambahkan garam dan gula merah.

E. Cara Membuat
1.Rebus daging sapi, babat, hati dan jantung, beri serai, lengkuas, jahe dan salam setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu. Jerohan sapi matang, potong dadu. Sisihkan.
2.Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan kedalam kaldu, tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.
3.Penyajian, siapkan mangkuk, isi dengan daging dan jerohan beri kuahnya, taburi bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri sajikan dengan buras dan sambal taoco.

Kembali…>>>

Satu Tanggapan to “Coto Makassar”

  1. megawati said

    senangnya bisa dpt resep makana khas kampung halaman,sdh belasan tahun dirantau blm prnh plg kampung.Kali ini ngikutin resepnya jadi terbayar sdh rasa kangen.meskipun warung coto disi banyak tp ngga kalah klo tahu buat sendiri. tp bumbu yg di memarkan itu ga aku ikut klo aku di parut lebih maknyos rasanya. thanks ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s