www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

NAMA-NAMA BUGIS

Ambo Bengnga Membuat orang terkagum-kagum
Ambo Enre Hidupnya selalu meningkat
Ambo Jeru’
Ambo Lalo Hidupnya selalu mudah, semua rintanga dapat dilalui dengan mudah
Ambo Tuo Panjang umur
Ambo Uleng Bercahaya bagai Bulan
Ambo Upe Dilingkupi keberuntungan
Ambo Were Yang memiliki Karomah
Ambo Unru Yang Handal
Ambo Tang Memiliki pendirian teguh
Ambo Gau
Ambo Wellang Memberi Pencerahan
Ambo Gatta
Ambo Lau
Ambo Cenning Yang manis (dalam hati), selalu dirindukan
Daeng Malomo
Daramang
Indo Keteng
Indo Laba
Indo Takko
Indo Tang
Kambang
Karateng
Kasii
Kasumang
La Tinro
La Tunrung
La Oddang 1.
Latippa
Maddaremmeng
Makkatengnga
Mappanyokki
Marauleng
Nyili
Nyompa
Oddang
Paduleng
Pallawarukka
Pannamo
Riyatte
Rawallangi
Piampo
Sanabe
Saribanong
Tenri Liweng
Sengngen
Sumpala
Tabbulu
Tappa
Tenri Abeng
Tenri Ajeng
Tenri Akko
Tenri Akku
Tenri Ampa
Tenri Atu
Tenri Awaru
Tenri Balebo
Tenri Bali
Tenri Bengnga
Tenri Dala
Tenri Dio
Tenri Eja
Tenri Elle
Tenri Esa
Tenri Gappa
Tenri Gau
Tenri Jaja
Tenri Lengka
Tenri Ola
Tenri Oja
Tenri Pada
Tenri Pakku
Tenri Palalo
Tenri Paweli
Tenri Rawe
Tenri Sai
Tenri Sa’na
Tenri Sangkala
Tenri Sanna
Tenri Sapada
Tenri Sau
Tenri Sessu
Tenri Siu
Tenri Sompa
Tenri Sukki
Tenri Sumpala
Tenri Uji
Tenri Ukke
Tenri Uleng
Tenri Uraga
Tenri Wali
Tenri Waru
Tenri Yasim Limpo
Tenri Yatte
Unde
Yasim Limpo Enong

73 Tanggapan ke “NAMA-NAMA BUGIS”

  1. Herfyn Prajitno Kertoasmoro said

    kakek&nenek buyut saya pendatang dari sulsel pd jaman kolonial ke sumenep dg naik perahunya sendiri sekitar th.1880an namanya Haji Abdul Azis (kami tdk tau nama asli bugisnya) di sumenep mempunyai 4 anak salah satunya kakek saya anak no.3 & kakek saya tersebut namanya sudah pake nama islami SHRUKH yg artinya lelaki yg memiliki kaitan kerajaan (lelaki dr klrg bangsawan) jabatan kakek sharukh wkt jaman belanda sebagai mantri & begelar Kiai Kertoasmoro, kakek sharukh kertoasmoro kawin dg wanita sumenep & salah satu anaknya adalah bapak saya (pendidikan bapak saya hanya sampai HIS) krn selain kakek kertoasmoro meninggal muda wkt bpk saya msh usia 11 th jg krn di sumenep tidak ada MULO maklum kota kecil kalau maulanjut MULO hrs ke surabaya
    di sini saya kesulitan menelusuri leluhur saya sbg org bugis, cuma ada sedikit cerita dari yh tua bhw kakek buyut buhis msh jg ada turunan somba
    btw mgkn krn bapak saya pendidikan & gaulnya di sekitar rumah tinggalnya anak2 belanda & bapak saya mahir bahasa belanda, bapak memberi nama saya HERFYN yg artinya dln bahaaa jerman adalah prajurit
    btw saya yg buta soal bugis lahir & sampai tua di JATIM, krn merasa ada turunan bugis, saya ingin banget nama saya ada ciri khas bugis & saya ngarang sendiri dg nama Lafyno Gissmen yg artinya menurut saya laki2 prajurit keturunan campuran BugisSumenep
    Salah enggak ya saya buat begitu??? hehe… mohon komentarnya untuk anda yg ahli budaya bugis, terimakasih tabe…

  2. Tenri oddang said

    Ambo upe saribanong namanya moyang ku kalo nama gaulnya armando alfonso

  3. Mohammad Hj Hassan said

    Nama moyang perenpuan saya Lebar berasal dari Pekan Pahang.
    Adalah nama Lebar dari keturunan Melayu Bugis.

  4. Mohammad Hj Hassan said

    Moyang saya perempuan namanya Lebar berasal dari pekan Pahang. Ada kah Lebar itu nama perempuan keturunan Bugis.

  5. Apa kabar ? Daeng ? Puang ? (Entah apa seharusnya, mohon pencerahan)
    Saya lahir di Sumedang – Jawa Barat, atas tanah kelahiran itu sy mengaku sebagai orang Sunda.
    Ayah sy pernah cerita bahwa dia adalh keturunan Eyang Bugis, neneknya bernama Laidut, adik neneknya bernama Laesi (perempuan) dan adiknya lagi bernama Jahani (laki-laki)
    Ayah sy sudah almarhum, jadi tidak bisa lagi berkomunikasi mengorek sejarah silsilah.
    Mohon pencerahan barangkali memang ada korelasinya tentang nama dalam silsilah tersebut? Wassalam.

  6. sanrego said

    Apa arti makkulau, mattulagga, panessai, lasinrang, lagaligo, mappanyukki, maddukkalleng

  7. sanrego said

    Apa arti makkulau, mattulagga, panessai, lasinrang, lagaligo, mappanyukki, maddukkalleng

  8. Apa arti andi tenri melani putri

  9. Bagus juga nama nama bugis, jadi ingat orang tua dan kampung halaman…

  10. Mahfuz bin Kamaruddin said

    Nama kenalan saya Mahdalena br Hutapea. Bangsa apakah dia?

  11. gio said

    klo udin pelor iya boscu apa artina.

  12. Nama kakek buyut saya puang panussu . Saya keturunan dari keluarga puang . Saya mau bertanya puang panussu itu artinya apa dalam bahasa to ogi.
    Yang bisa menjawab tolong jawab

  13. marian said

    aq anak dr istri k 3 dr andi ……
    aq tdk bgga coz yg pake nm andi itu bpkq bkn aq ,lgian jg aq dia n kluarganya tdk mengakui kberadaaq n mamaq jd what the hell with name “andi” ……

  14. la suffu said

    Saya pernah melihat tulisan dibatu nisan namanya PUANG BACCO LALLO..
    apa arti dari tiga kata namanya.
    Kata BACCO itu, apakah dalam ejaan bugis dibaca basso’, atau tetap dengan sebutan bacco’..
    Tolong penjelasannya dan informasinya saudara !

  15. Sesuai dg silsila yg sy miliki, sy termasuk keturunan mangkau’e . Terhitung dari Kapitan Bone + Icinta (puang cinta)-
    Lamattoana + Raja Hamida –
    Raja Daud + Puang Bali –
    Lingga
    Puanna Ibali
    Lananring
    Lapadada
    Ambo Anto ( pernah jadi Arung Enrekang walaupun sebentar, keterangan org tua kami ).
    Ust.Al-Humaidi bin Nanring bin Ambo Anto. (Om Saya).

    #Saya Andi Muhamad Ichrom dan saya besar di Jakarta dan tidak mengerti Bahasa Bugis, dan jika memang ada Saudara yang berasal dari Kerajaan Watampone (Bone). Tolong invite Pin Saya 2839E0A4. Salam Sejahtera Untuk Kita Semua 🙂

  16. Saya juga ada pakcik(adik beradik bapa saya), bila bertemu gelaran puang digunakan .seperti puang putondra,puang pugani,Puang pulandrang…CTH sapaan…acho mana puangmu?

  17. Nama bapa saya puang pulawa, bugis endrekan…saya pula Darman…saya lahir di Malaysia.bagaimanakah statusnya?

    • Lfyno gissmen said

      Saran saya untuk tidak menghilangkan khas asal daerah leluhur anda, turunkan saja gelaran nama itu pada anak2 anda, sebab biasanya orang kalu sudah jauh merantau jarang sulit dilacak silsilahnya karena tak mau lagi pakai gelaran daerah asalnya
      btw tapi biasanya kalau sudah tak asli / kedua otang tuanya sudah bukan puang ada gelaran khusus & mjngkin kalau di bugis bila cuma sekedar ada keturunan namanya cuma pakai TENRI (tanpa gelaran lagi di depan nama) ckntoh; Dedy Tenri Tatta

  18. Renata said

    Apa arti dari nama Andi Melly Tenri Ola???

  19. Arif said

    Nama moyangku daeng selili siapa nama betulnya? Bisa dijelaskan

  20. Arif said

    Nama moyangku daeng selili siapa nama betulnya?

  21. ambo sau said

    Nma kake sya palindrung….
    Nma bpak nya kakek sya pettasau
    Nma babak nya bapak kake sya…. pettasakka…

    Ad yg bsa artiin…..thankzz

  22. yadi alamsyah said

    Sy asli lahir dibandung..cm menurut silsilah turunan..Nama kakek buyut sy DAENG PERMANIK..sy ingin tahu didaerah mana asal leluhur sy?

  23. Nama orang tgua saya Andi Ranung , itu artinya apa bagi orang ujung pandang .? terima kasih.

  24. Andi Matta said

    Mengapa orang memakai andi dan sebagian orang berpendapat bahwa andi adalah keturunan bangsawan dan mengapa pula dikatakan gelar bangsawan, dan keluarga terpandang. Mengapa puang seakan-akan di posisikan di belakang sedangkan panggilan tertinggi dalam kerabat bugis adalah puang, Puang maraja puang yang berkuasa, dalam urutan turunan andi adalah turunan ke-7 sedangkan puang adalah turunan teratas. Jadi bukan berarti hanya andi saja yang di katakan bangsawan puang adalah orang bangsawan tertinggi.

    • Lintar_mks said

      Setuju. Puang tetap yg tertinggi, tdk sederajat dgn andi, petta, bau’ dan sbgainya, namun itu semua tetap masuk dalam gelar bangsawan bugis.

    • Andi tenry said

      Saya orang bone tulen dan saya bergelar andi, saya juga dibesarkan dengan keluarga yang adatnya masih kental, menurut saya yang bergelar andi yang dipanggil puang kalo dia sudah memiliki keponakan, ataukah ada orang yang jauh lebih mudah dari kita, karena saya punya keponakan dan saya masih sma dan saya dipanggil puang sama keponakan saya, ataukah jika yang bergelar andi sudah berumur diatas 30an itu dipanggil puang, itu hanya menurut saya yah, maaf kalo salah.

  25. aisyah said

    Nenekku juga daeng tapi dia ndak tahu nama daeng nya apa. Susah sda dia mo ingat ingat. Atokku pun ber daeng tp ndksmpat tanya.. ibu ku pun daeng tapi namanya bah ndak di tahu

  26. zulkaffah said

    apa Arti Dari Nama2 ini
    Nenek ; Dg. Makanang
    Kakek ; Dg. Mallongi
    Bapak ; Dg. Makkita
    Ibu ; Dg. Matterang

  27. Hey there! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to look it
    over. I’m definitely enjoying the information. I’m book-marking
    and will be tweeting this to my followers!
    Exceptional blog and terrific design and style.

    • Arhie said

      Penamaan seseorang menggunakan kata Andi, Baso, Besse, Tenri khususx masy bugis sangatlah berarti, jangan sampai penggunaan nama tersebut berdampak psikologis bagi anak yg menggunakanx… karena bisa jadi bahan olok – olokan bagi anak tersebut serta keluarganya jika tidak berhak menggunakanx… tabe

  28. Wonderful blog! I found it while browsing
    on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Thank you

  29. I do agree with all of the concepts you’ve presented to your post. They’re very convincing and will definitely work.
    Nonetheless, the posts are too short for starters.
    May just you please prolong them a little from next
    time? Thanks for the post.

  30. noviyadi said

    apakah “piet” itu ada artinya/ itu hanya merupakan sebutan untuk seseorang ? atau kata “piet” itu berasal dari daerah mana di sulawesi ?
    terimakasih…

  31. camu said

    kalo inis firdaus slame artinya apaan ya?

  32. rustam said

    nama kakek saya peta japin apa arti nya klu blh tw tentang keturunan nya nama ayah saya andi abdul rahim tp keduanya sudah wafat semasa saya kecil jd saya tdk tau tentang keturunan bugis saya, dulu kakek saya pernah diminta pulang ke sulawesi karena dia anak sematawayang entah untuk apa tp nenek saya cemburu di larang nya lah kakek saya pergi ke sulawesi, saya tinggal di palembang dengan ibu saya orang palembang asli, saya bingung saya keturunan bugis bone tp tak tau tentang bugis bone…

    • Arlia Muthia Pallawa said

      Mungkin yang benar nama kakek anda Petta Japping?
      saya juga kurang tau artinya, tapi klo untuk Petta itu gelar kebangsawanan di daerah Bone.

      Saya Bugis Bone, asli. dan masih tinggal di Bone.^^

  33. saya ingin cari kel besar monte daerah bugis. karna kel saya peong bin monte

  34. harun zain said

    Saya berasal dari kota maros dan istri saya org palembang kami rencana akan memberi nama putri kami yg pertama ” Azzahra Tenri Ukke Zain ” tapi saya tdk tau arti daripada Tenri Ukke mohon petunjuknya

  35. pribadi said

    kalau pemimpin bahasa ogie nya apa ya?..untuk anak ku insya ALLAH,rencananya mo pake kata “arung”, tapi takut jadi bahaan olok2 temannya nanti dikemudian hari diplesetin jadi “karung” lah dan sebagainya.

    • Petta Buffon said

      “Arung” berarti Raja. Kata Arung setelah nama seseorang diikuti dengan nama wilayah atau tanah kekuasaan yang bersangkutan . Contoh: “Andi Abdul Fattah Petta Nabba’ Arung Cellu”. (Cellu adalah nama wilayah di kerajaan Bone tempat beliau berkuasa/memerintah).

  36. renata said

    Kalo namanya andis apakah itu semakna andi?jwb ya perlu..thaks hehe

  37. Cleo said

    wah…………… q bru tw ternyata nm2 ada artinya gitu………….

    hohohohoho.. aplagi yag Tenri2 itu,, q px bxk sepupu namaX Tenri

    dan semuanya dah diartikan diatas….

    keren……………………….

  38. Shahrudin Othman said

    Bacok..basok..ada kah juga nama bugis…?

    • Rustan said

      Betul Baco, itu nama panggilan untuk anak laki-laki, Becce untuk anak perempuan, Tapi biasanya nama itu melekat pada Anak pertama, anak bungsu atau anak tunggal.

    • Petta Buffon said

      Ada perbedaan antara pemberian nama Baco dgn Baso atau Becce’ dengan Besse. Baco/Becce adalah nama umum yang diberikan kepada anak laki2/perempuan bugis dan kadang hanya merupakan nama kecil atau nama panggilan (La Baco/ I Becce’). Sedangkan Baso’/Besse’ adalah gelar yg diberikan bagi bangsawan laki2 bugis bone yang menandakan bahwa yang bersangkutan merupakan putra mahkota yang layak menjadi arumpone (raja bone). Yang menggunakan gelar Baso’/Besse’ merupakan bangsawan dengan kasta tertinggi di tanah Bone.

  39. Irfan makka said

    Nama isakka dan latahang belum masuk

  40. Andi Tenri Elle Hapsari said

    barusan nanya bokap, tyt beliau tau beberapa arti yang ada dinama2 diatas kalau ada yg penasaran ^ _ ~

    jadi menurut penjelasan beliau adalah sebagai berikut:

    “Ambo” = itu merupakan nama umum yang berarti laki-laki/pria
    “Indo” = merupakan nama umun yang berarti wanita/perempuan atau juga berarti ibu.

    kemudian baru diberikan tambahan nama untuk menambah arti / doa yang diharapkan sang orang tua buat sang anak dalam nama mereka…

    Gatta = berombak
    Malomo = mudah ( biasanya orang tua bermaksud memberi nama ini agar si anak selalu dimudahkan hidupnya, rejekinya dll)
    Keteng = (baca: kéteng) ternag bulan / bulan purnama
    Uleng = Bulan
    Takko = Tidak diduga / tidak terduga / tidak disangka
    Tang = Kokoh / teguh
    Kasii = dikasihani / dikasihi / disayangi (biasanya ortu berharap anaknya menjadi org yg mudah/selalu dikasiihi sesama)
    Tinro = yang mendorong dari belakang / motivator atau bisa juga berarti “tidur” bila dijadikan kata kerja
    Tunrung = tandang / kelompok keluarga besar
    Bombang = ombak laut
    Makatenga = yang berada ditengah-tengah
    Marauleng = Nuansa terang bulan / nuansa cahaya bulan
    Nyompa = Sadar / tobat
    Pallawarukka = yang menghalangi keributan / yang membendung terjadinya kekerasan dll
    Rawallangi = Dibawah langit

    “Tenri” = merupakan nama putri bangsawan, namun juga bisa berarti “tidak”

    jadi tidak semua yang bernama tenri itu mempunyai arti yang bisa diartikan sebagai “tidak…”

    Akko = dicampur (jadi kalau Tenri Akko = tidak dicampur atau maksud org tua adalah anaknya itu murni)
    Akku = kepunyaanku (jadi Tenri Akku = bukan kepunyaanku/ bukan milikku —> sebagai penyerahan diri sang orangtua yang mengakui bahwa anak merupakan titipan ilahi ^ _ ~ )
    Ampa = terlihat (jadi Tenri Ampa bukan berarti tidak terlihat, namun lebih berarti sebagai “putri bangsawan yang terlihat” atau istilahnya kayak selebritis gitu, banyak dilihat org / terpandang)
    Atu = Tinggi / Tunggal (jadi Tenri Atu bukan berarti tidak tinggi, namun lebih berarti “Putri Bangsawan yang Tinggi/Tunggal”)
    Bali = Lawan (jadi Tenri Bali bisa mengandung arti atau maksud dari orang tua sebagai anak yang tidak memiliki musuh sama sekali atau dengan kata lain sebagai anak yang disukai semua orang ^ _ ~)
    Benga = Heran (jadi Tenri Benga dimaksudkan orangtua sebagai “putri bangsawan yang dikagumi sampai terheran2”)
    Eja = (baca: éja) Warna Merah
    Esa = (baca: ésa) Ada (keberadaan) —> jadi Tenri Esa disini biasanya orang tua bermaksud sebagai “Putri Bangsawan yang Ada atau Berada”
    Gau = Bekerja / Orang yang giat bekerja (Jadi Tenri Gau = Putri Bangsawan Yang Giat Bekerja)
    Ola = Jalan (jadi Tenri Ola disini berarti Putri Bangsawan yang memberi jalan atau bisa juga berarti yang selalu maju)
    Pada = Sama / serupa (jadi Tenri Pada biasanya berarti Tidak Sama atau Unik = Putri bangsawan yang Unik)
    Palalo = Yang Menyuruh lewat (biasanya orang tua mengartikan sebagai “Putri Bangsawan yang memberikan arah / penuntun yang baik)
    Sai = merupakan nama penyakit (Jadi orang tua berharap anaknya merupaka “putri Bangsawan yang Tidak sakit / tidak mudah sakit)
    Sa’na = Sanna = terduga (jadi Tenri Sa’na / Tenri Sanna merupakan “Putri Bangsawan yang tidak terduga” biasanya untuk anak yg tidak disangka dapat oleh orang tua)
    Sompa = Pemberian / Diberikan (jadi Tenri Sompa bagi orang tua berarti sebagai Putri pemberian ilahi)

    berhubung bokap g juga dah lama tinggal di jawa, jadi cuman bisa mbantu segini doank 😛
    so CMIIW yah ^ _ ~

    semoga bermanfaat

    • Hasby said

      Pacar sy namax Indo Takko,, brrti artix prmpuan yg tdk d duga donk , .

    • PUTRA LUWU said

      TENRIAJENG ARTINYA APA KARNA NAMA KAKEK SAYA TENRIAJENG TOLONG INFOX TERIMA KASIH

      • aidil said

        tenri;tidak ajeng;sepele artinya tidak disepelekan

      • mohsuaib1@gmail.com said

        Nenek saya namanya Tenri Atu.. Mgkin kita keluarga.. Nenek saya asli dri luwu

      • Lafyno gissmen said

        Iya itu betul…. & dlm sejarahnya yg bergelar andi bukan cuma turunan raja, tp yg lulus sekolah belanda jg digelari andi, jadi menurut anda tepat sekali kalau puamg lbh tinggi drpd andi & yg bergelar andi blm tentu turunan raja lagipula itu kan diatur belanda & bsru terjadi sekitar th1930 jd tdk dijin keabsahannya, yg mengklaim andi itu tinggi pasti krn mereka pake gelar andi
        Biasa kan.. kalo namanya pake produk eropa lbh bangga walau KW hehehe…

    • Arlia Muthia Pallawa said

      Hebat,,,saya bisa duga, bapak anda orang Arung Matasa’ di Bugis soalnya bisa tau arti dan tafsiran nama2 itu.

      Selleng pole tana ogi untuk silessureng ri tana jawa, ^_*

  41. Andi Tenri Elle Hapsari said

    masukan ^ _ ~

    – tenri – artinya tidak
    – elle – artinya diantarai / menyamai

    jadi kalau namanya – Tenri Elle – artiya tidak diantarai / tidak ada yang menyamakan ^ _ ~

    itu kata bokap g yang org bugis hehehe secara nama gue itu :p

  42. arman said

    Nama bapak saya Salewangeng,,, artinya apa ya…???

  43. Harun Effendy said

    Nama-nama bugis , sesuai dengan budaya Bugis-Makassar

  44. tikussaljul said

    “andi” itu gelar bagi anak keturunan puang / raja
    “daeng” itu gelar orang makassar untuk puang/raja

  45. alifpan said

    .. ada nama alifpan ga orang bugis????

  46. Rumah said

    namanya pada aneh-aneh tapi bagus,,
    Benar-benar Indonesia kaya akan Budaya Lokalnya 🙂

  47. abby abd kadir said

    datuk aku DIMAN ..kg Tedong Darat,merlimau..

  48. wah nama-nama bugis, saya baru tau.. 🙂

  49. alam said

    dan daeng juga maksudnya apa?

    • Andi Tenri Elle Hapsari said

      kalau di bugis ada 3 macam stata sosial…

      #1 Andi = merupakan gelar bangsawan

      #2 Daeng = gelar penghormatan

      #3 dan orang biasa

      namun penggunaan “daeng” juga biasa dipakai sebagai panggilan kepada orang yang lebih tua atau kakak, sama seperti kalau di jawa memanggil org lain dengan “mba” atau “mas” sebagai bentuk sopan santun menghargai orang lain tanpa mengetahui nama orang tersebut.

      • Aca said

        gelar penghormatan = daeng bagi bugis berru (barru) dan pangkaje’ne (pangkep) sama dengan gelar andi.mungkin yang dimaksud itu adalah stata sosial : Raja ( gelar andi…), meredeka (kalangan yang mampu,cendekia, pemangku…) a’ta ( hamba). Kata andi, yang sering kali dalam keluarga terhormat dan terpandang kata andi= andikku=anrie (adik :indonesia…sementara kata daeng = kale (kakak : indonesia)….W
        allahualam.

      • Elo Atrie said

        yang mana seh yang disebut bangsawan,…..? setau saya org pendahulu kita yang konon kabarnya bangswan tapi tdk menggunakan kata2 andi, pada umumnya menggunakan kata “La” seperti La tenri bali, La tenri Lait Tosengngeng, La Kone dll, jadi bagi sy kata “andi” bukan gelar bangsawan.

  50. alam said

    bagaimana dengan nama andi maksudnya apa?

  51. erika said

    Nama kakek saya Ambo lome/palome. Nama nenek saya Indo Bombang apa artinya?

  52. baburinix! said

    semoga bermanfaat

    http://downloads.ziddu.com/downloadfile/14854262/sekalimelakukanlebihbaikdariseribukalimembaca.rar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s