www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

KAPAL BUGIS

Posted by Rustan pada Mei 18, 2009


miniatur kpl bugis Najib Tun RazakKonflik antara kerajaan BUGIS dan MAKASSAR pada abad 16-19, menyebabkan ketegangan di daerah SULAWESI

SELATAN. Hal ini menyebabkan banyaknya orang Bugis bermigrasi terutama di daerah pesisir. Komunitas Bugis hampir selalu dapat ditemui didaerah pesisir di Nusantara bahkan sampai ke negara tetangga. Budaya perantau yang dimiliki orang Bugis didorong oleh keinginan akan kemerdekaan, Konsep “SIRI” adalah konsep Kaum Bugis yang berarti Malu Menjaga Marwa, Kebahagiaan dalam tradisi Bugis hanya dapat diraih melalui kebebasan dalam berkarir dengan semboyang Mali Siparappe Rebba Sipatokkong Malilu Sipakainge”Kepiawaian suku Bugis-Makasar dalam mengarungi Samudra cukup dikenal luas dengan nama KAPAL PINISI, Satu bukti Di Cape Town Afrika Selatan terdapat sebuah suburb atau setingkat Kecamatan, yang bernama Maccassar, sebagai simbol penduduk setempat mengingat tanah asal nenek moyang mereka.

12 Tanggapan to “KAPAL BUGIS”

  1. yusri manai said

    saudaraku putra(i) bugis makassar, salah satu kehancuran kita semua mulai dari zaman penjajahan karena kita tdk bisa menahan diri menilai menilai saudara kita yg lain lebih rendah dibanding kita, yuk kita bangun kebaikan diri, kebaikan keluarga, kebaikan dan keyakinan kita ke SANG Pencipta kita, dengan saling ikhlas, saling cinta, saling mengingatkan kebaikan itu sendiri dengan cara-cara yang baik dan santun tentunya.

    ini cukup kita yg tau ya saudaraku, ‘Sangat Rahasia, dikalangan barat untuk diinformasikan ke putra bugis makassar, “Siapapun bisa memimpin nusantara (indonesia) ini, asal bukan dari org timur (bugis makassar) yg punya akhlak mulia dan hanya punya satu keyakinan, kecintaan, pengharapan ke Allah SWT,”

    karena jika orang pilihan pemimpin menjelang akhir zaman itu telah lahir dan besar, maka akan sangat takutlah para penganut/penyembah setan itu, mereka sangat khawatir jika sang pemimpin yg dijanjikan tersebut telah memimpin pasukan kebenaran dan kemuliaan akan membawa kebaikan bagi tanah sulawesi, nusantara, dan semesta alam dan akan bergabung dalam barisan Sang Imam Mahdi.

    sekali lagi saudaraku mari kita saling mengingatkan yang baik ya saudaraku, saling doakan, saling berlomba dalam kebaikan untuk satu tujuan yakni kebaikan diri dan semesta alam.

    InshaAllah, akan ada satu masa, entah kita semua yg hidup sampai sekarang atau masa kelak anak cucu kita, bahwasanya kita(rakyat) akan melantik/mendaulat sang pemimpin tersebut yg sangat rendah hati dan pilihan dari sang Pencipta,
    Amin YRA.

    Wassalam, saudara(i) ku
    Dari sang faqir seorang putra sul-sel yg mengembara puluhan tahun di luar kampung halaman yang terus mendoakan saudara sekalian dari nun jauh.

    Bumi Allah, 05 April 2014.

    yusri manai.

  2. I Daengta Maloasa Karaeng Manjakkalak said

    phinis itu perahunya orang makassar konjo.
    anda harus tahu bahwa makassar terbagi menjadi empat proto, yakni
    1. Lakiung(pangkep, maros, kota makassar, dan Gowa)
    2. Turatea(jeneponto dan sebagian takalar)
    3. Konjo meliputi bantaeng, bulukumba/kajang, dan sinjai selatan)
    4. Selayara(selayar)

    jadi bukan bugis, tapi makassar. beda makassar dgn bugis…..
    bugis cenderung suka mencaplok selama ini sy liat… anunya orang di bilang punyanya,,,,

    smoga brmanfaat

  3. Daeng Mottawi said

    iyek turunan tau luwuk mutoh lok na joka ko kotu aga weddi

  4. salim syatha said

    Assalmu alaikum.wt.wb.sy jg keturunan bugis datok sy dri kairo mesir nenek turunan Lapatau,sy besar di papua new guinea di mana itu bone sebenarx….?

  5. To' Luwu said

    semua yang cinta bugis – makassar yang bangga ber Lagaligo dan ber Sawerigading…marilah kita berbangga hati menjadi bugis-makassar, namun saya mengajak kita semua suku bangsa serumpun untuk jalan-jalan atau mainlah ke Tana Luwu sebagai asal muasal peradaban bugis makassar…

  6. bujas_009 said

    izin mas, boleh gak saya copy paste salah satu artikernya mas,

  7. Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s