www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Bantimurung

A. Selayang  PandangBantimurung

Air Terjun Bantimurung merupakan obyek  wisata alam di Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Air terjun ini memiliki lebar 20 meter dan tinggi 15 meter. Airnya  yang jernih dan sejuk meluncur dari atas gunung batu dengan deras sepanjang  tahun. Di bawah curahan air terjun terdapat sebuah tempat pemandian dari  landasan batu kapur yang keras dan tertutup lapisan mineral akibat aliran air  selama ratusan tahun. Kedalaman air di pemandian ini antara mata kaki hingga ke  pinggang.

Di sebelah kiri air terjun terdapat tangga  beton setinggi 10 meter yang merupakan jalan menuju dua gua yang ada di sekitar  air terjun, yaitu Gua Mimpi dan Gua Batu.

B. Keistimewaan

Selain memiliki air terjun yang mempesona, kawasan wisata Air Terjun Bantimurung juga menjadi habitat berbagai spesies  kupu-kupu yang langka, sehingga penjajah Belanda pernah menjuluki tempat ini  sebagai “Kingdom of Butterfly”. Bahkan, seorang naturalis asal Inggris, Alfred Rassel Wallase, pernah tinggal  di kawasan ini selama kurang lebih satu tahun (1856-1857) untuk meneliti 150  spesies kupu-kupu yang tergolong langka itu. Hingga saat ini, para pengunjung masih dapat menyaksikan indahnya warna-warni kupu-kupu dengan berbagai spesies  yang berterbangan ke sana – ke mari di antara bunga-bunga dan semak-belukar yang memenuhi gunung batu Bantimurung.

C. Lokasi

Air Terjun Bantimurung berada di wilayah Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

D. Akses

Obyek wisata Air Terjun Bantimurung terletak sekitar 20 km dari Bandara Hasanuddin, 15 km dari kota Maros, dan 50 km dari Kota Makassar. Obyek wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan mobil pribadi dari Kota Makassar sekitar 1 jam. Jika pengunjung berangkat dari Bandara Hasanuddin, perjalanan dapat ditempuh dengan mobil pete-pete (mikrolet) atau bus wisata sekitar 30 menit.

8 Tanggapan to “Bantimurung”

  1. reski berkata

    tolong donkz gambar kota bantimurung ditampilkan!!!!!

  2. dewi ayu berkata

    kereeeennn sangaTtt …..

    tp itu gk beRbahaYa ya aRusnya ..
    Kog bnyak orang pada mandi d bawahnya situu ..

    Tp bener2 kereNnn BGT …

  3. rista berkata

    @reski,,,bantimurung itu bukan kota tapi sebuah kecamatan yang ada di kabupaten maros, sulsel…mau tahu tentang batimurung (taman nasiona bantimurung bulusaraung) bisa liat di blog saya http://info-tnbabul.blogspot.com/

    @dewi ayu,,,untuk saat saat tertentu aman. hanya saat hujan deras cukup berbahaya (namun akan diberitahukan oleh petugas setempat bila tidak aman…
    berbahay saat debit air tinggi : biasanya ditandai dengan hujan selama 2 – beberapa hari..tapi saat musim kemarau aman dan banyak kupu – kupuu

  4. [...] SUMBER SUMBER [...]

  5. angghie berkata

    tambahin objek yg lebih menarik donk di bantimurung,supaya orang2 pada gak bosen

  6. Sri Nurwansya berkata

    struktur pengelolaannya tempat wisata bantimurung gmn yah?

  7. rista berkata

    struktur pengelolaan… kebetulan pengelolaannya kolaborasi antara dinas pariwisata maros dengan balai taman nasional bantimurung bulusaraung. kalau mau tau bentuk kolaborasi dan mengapanya bisa via japri atau langsung datang saja ke kantor balai taman nasional bantimurung bulusaraung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 78 pengikut lainnya.