www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Raja Bugis Malaysia

Dari sembilan raja yang memerintah di Malaysia, ternyata pada umumnya merupakan keturunan Raja Bugis dari Sultan Mizan Zainal AbidinKerajaaan Luwu, Sulawesi Selatan.

Hal itu terungkap pada Seminar Penelusuran Kerabat Raja Bugis, Sulsel dengan raja-raja Johor-Riau-Selangor, Malaysia, di Makassar, Rabu.

“Berdasarkan hasil penelusuran silsilah keturunan dan tinjauan arkeologi diketahui, 14 provinsi di Malaysia, sembilan diantaranya diperintah oleh raja yang bergelar datuk (dato`) atau sultan, sedang empat provinsi lainnya diperintah gubernur yang bukan raja,” kata Prof Emeritus Dato` Dr Moh Yusoff bin Haji Hasyim, President Kolej Teknologi Islam Antarbangsa Melaka.

Menurut dia, dari segi silsilah, kesembilan raja yang memiliki hak otoritas dalam mengatur pemerintahannya itu, berasal dari komunitas Melayu-Bugis, Melayu-Johor dan Melayu-Minangkabau.

Sebagai contoh, lanjutnya, pemangku Kerajaan Selangor saat ini adalah turunan dari Kerjaan Luwu, Sulsel.

Merujuk Lontar versi Luwu` di museum Batara Guru di Palopo dan kitab Negarakerjagama, menyebutkan tradisi `raja-raja Luwu` ada sejak abad ke-9 masehi dan seluruh masa pemerintahan kerajaan Luwu terdapat 38 raja.

Raja yang ke-26 dan ke-28 adalah Wetenrileleang berputrakan La Maddusila Karaeng Tanete, yang kemudian berputrikan Opu Wetenriborong Daeng Rilekke` yang kemudian bersuamikan Opu Daeng Kemboja.

“Dari hasil perkawinannya itu lahir lima orang putra, masing-masing Opu Daeng Parani, Opu Daeng Marewah, Opu Daeng Cella`, Opu Daeng Manambong dan Opu Daeng Kamase,” paparnya sembari menambahkan, putra-putra inilah yang kemudian merantau ke Selangor dan menjadi cikal bakal keturunan raja-raja di Malaysia hingga saat ini.

Lebih jauh dijelaskan, dengan penelusuran sejarah dan silsilah keluarga itu, diharapkan dapat lebih mendekatakan hubungan antara kedua rumpun Melayu yakni Melayu Selangor dan Bugis.

Menurut Moh Jusoff, dari segi kedekatan emosional, silsilah dan genesitas komunitas di Malaysia dan Indonesia tidak bisa dipisahkan. Hanya saja, belum bisa merambah ke persoalan politik karena ranah politik Malaysia berbeda dengan politik Indonesia termasuk mengenai tata pemerintahan dan kemasyarakatannya.

Sementara itu, Andi Ima Kesuma,M.Hum, pakar kebudayaan dari Universitas Hasanuddin (Unhas) yang juga Kepala Museum Kota Makassar mengatakan, kekerabatan keturunan raja-raja di Malaysia dan raja-raja Bugis di Sulsel tertuang dalam Sure` Lagaligo maupun dalam literatur klasik lainnya.

“Hanya saja, gelaran yang dipakai di tanah Bugis tidak lagi digunakan di lokasi perantauan (Malaysia) karena sudah berasimilasi dengan situasi dan kondisi di lokasi yang baru,” katanya.
Gelar Opu dang Karaeng yang lazim digunakan bagi keturunan raja rai Luwu dan Makassar tidak lagi dipakai di Malaysia melainkan sudah bergelar tengku, sultan atau dato`

Sumber : Antara

21 Tanggapan to “Raja Bugis Malaysia”

  1. Mohon penerangannya

  2. saya keturunan dari “BANTUK SARIRA dan SAMPA’ MANURUNG,, SAMPA MANURUNG ADALAH ISTRI dari BANTUK SARIRA,,, beliau adalah kake dan nenek ayahanda mama saya,,, mohon penerangan dan penjelasannya,, BANTUK SARIRA dan SAMPA’ MANURUNG keturunan dari siapa,,, terimakasih,,

  3. Nyimak aj,,, seru bgt,,,

  4. kuaz said

    saya salah seorang keturunan raja bugis disebelah keluarga ayah.. sesiapa yang boleh membantu saya cari asal keturunan keluarga saya?

  5. hmm becekau jugak bugis same bugis,,,melayu pulak becekau samo minang..hmm ni la h penyakit kito..awak semua ni saling ado kaitan

  6. wawan said

    aiiiii assapedaa bammi lokka bulue… kasi’na

  7. Daeng Md Norhadi Bin Daeng Md Rafik said

    Salam……
    Saya merupakan waris kepada daeng pochik yang mana merupakan anak keturunan daeng haji ahmad bin daeng mangrapik di singapura..
    kepada sesiapa yang mengetahui salasilah keluarga saya boleh kah membantu saya dalam mencari identiti sebenar keluarga saya…..

  8. isa said

    Untuk saudaraku Andi Mappabangka…
    Berdirinya kerajaan Gowa itu didirikan oleh Raja-Raja dari kerajaan Luwu Purba yg hijrah ke makassar,
    To Manurungge Ri Ussu’ (Raja Luwu I)
    To Manurungnge Batara Guru (Raja Luwu II)
    To Manurungnge Batara Lattu’ (Raja Luwu III)
    dan Seterusnya…
    Raja Luwu inilah beserta turunannya yg mendirikan kerajaan Gowa yg hijrah ke Malaysia & mempin 9 pemerintahan kerajaan yg ada di Malaysia, Tabe’…

  9. daeng patokkong said

    betulandi mappabangka, objektif itu perlu… salam kenal daeng

  10. udin malay al bugisi said

    to fatmawati,, melayu-bugis memeliki keterkaitan yg erat,malah pra islam lagi.ini terbukti masih banyak perkataan yg sama datu-dato-datok.encik-ince awalnya berasal dari kata cik..kecil..makcik(mak kecil.pakcik..pak kecik/kecil) namun terjadi pengumuman kata.utk di riau ada kekhasan tersendiri.klu org siak umumnya org manggil kawan dg cik(ncik,kecik), rokan(ongah..anak yg tengah), kampar dg kata yong=long=lung=sulung dan ocu=usu=bungsu.kalau utk kata puang berasal dr kata puan utk perempuan dan tuan utk laki-laki.kata puan berasal dr kata mpu..mpuan tmpt kita mengadu..perahu pinisi juga berasal ada.hubunganya dg lancang kuning.payung kuning kerna kuning lambang para raja.

  11. udin malay al bugisi said

    betol melayu-bugis tk bisa di pisahkan, saye juga berasal dari kesultanan siak, kami memliki darah bugis, melayu minangkabau, dan johor serta trengganu.ibu saye sebut tanah yang jadi stadium bukit jalil tempat pertandingan badminton itu adalah atok saye yg punye(paman kakek saye/ bergelar pawang jalil, berasal dr siak, beliau merupakan merupakan panglima perang, bisa memanggil buaya dan kebal senjata) makanya di gelar satdiun bukit jalil.kebun atok saye ade juga di trengganu. dan kami jg kalo di pagaruyung keluarga tangannya akan di cium,,,

  12. andi mappabangka said

    tolong penulis konsisten sedikit, jangan cuma bugis saja diangkat, sedangkan asal yang sebenarnya dari suku makassar, sepengetahuan kami adalah turunan dari raja gowa bukan dari raja luwu.

    • isale said

      Untuk Andi Mappabangka…
      1. Apakah DATU MALANGKE bersuamikan PAYUNG LUWU yg tertulis di Kitab Silsilah kerajaan Melayu (Mempawah Kalimantan Barat, Riau Sumatera dan Johor Malaysia)Sebagai cikal bakal lahirnya 5 Turunan “OPU DAENG” itu adalah merupakan Silsilah dari Kerajaan Gowa Makassar…???
      2. Apakah Gelar “OPU DAENG” yg tertulis di dlm Kitab Kerajaan Melayu tersebut adalah gelar untuk bangsawan GOWA Makassar…???
      3. Jika itu anda bisa buktikan berdasarkan catatan Silsilah Kerajaan GOWA MAKASSAR, Maka mesti di akui kalau dari 9 Raja yg ada di Malaysia keturunan dari Kerajaan GOWA MAKASSAR

    • Marta Lah said

      untuk andi mappabangka……….dri jaman batupun orng tau bahwa parani bersaudara itu dri LUWU >>jdi ngacaklah bung andi…pa’yabo2 ji i2

  13. subhan tosangkawana said

    memang tidak dapat disangkali hubungan kekerabatan antara bugis luwu dengan negeri-negeri melayu,… bahkan jauh sebelum masa dimana begitu banyak orang bugis luwu yang meninggalkan negerinya (massompe) pasca perjanjian Bongayya., hubungan antara Bugis Luwu dan Melayu sudah terjalin, buktinya dalam kitab Lagaligo (kitab tertua mengenai orang-orang bugis luwu) diceritakan tentang asal muasal dan permupakatan untuk membentuk Negeri Luwu…, diceritakan bahwa negeri Luwu disepakati untuk dibentuk, dan masing-masing negeri besar baik yang ada di langit maupun yang di bawah bumi, negeri yang ada di barat (mungkin sriwijaya / senrijaya/serijaya)maupun yang ada di timur (mungkin buton/butun/muna) untuk mengirimkan keturunan terbaiknya untuk bersama-sama membangun negeri Luwu, sehingga negeri baru itu (luwu) menjadi negeri milik bersama dan kebesaran bersama,

  14. agank said

    bugis dulu lain skrg. dulu bugis sang penakluk sekelas china, india, bahkan eropa. skrg bugis belum tentu sekelas jawa ato sumatera. kenapa ya?

    • subhan tosangkawana said

      iye… ada benarnya, kebugisan kini perlahan luntur, tidak berarti kita tidak boleh bangga dengan kebugisan kita, namun kebanggaan itu hendaknya menjadi motivasi untuk membangun kejayaan yang pernah diraih oleh leluhur bugis.. (bugis berasal dari kata ugi atao to ugi artinya keluarga Ugi,.. terangkat dari nama Lasattumpugi… nama salah seorang kerabat Datu Luwu Batara Lattu,yang gemar bertualang)

    • aris said

      iyach……

      Klw q lht2 zhic,mgkn krn prsatuanx g sprti dl lgi

  15. Haikal said

    Bugis
    Memeang Oke Dengan Budaya Siri Dapat Menaklukkan Dunia AMIN….

    Salam Damai Putra Bugis

    • fatmawati saloko said

      istilah dalam bahasa malasyia kata-kata Puan bagi orang terhormat berasal dari kata Puang bagi orang terhormat di daerah Bugis????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s