www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Sungai Sa’dan

A. Selayang PandangArum Jeram

Apakah anda penggemar olahraga rafting atau arung jeram? Anda tidak perlu khawatir mencari tempat untuk melakukan olahraga ekstrim ini. Sungai Sa‘dan (Saddang) merupakan tempat yang sangat tepat. Sungai yang melintasi Tana Toraja ini  memiliki panjang sekitar 182 km dan lebar rata-rata 80 meter, serta memiliki  anak sungai sebanyak 294.

Pengarungan sungai ini ditempuh selama 2 hari penuh dengan menginap di tengah perjalanan, yakni beristirahat di sebuah rumah panggung yang biasa disebut lantang, yang  terletak di pinggir sungai.

B. Keistimewaan

Di sepanjang Sungai Sa‘dan terdapat beberapa jeram dengan tingkat kesulitan yang berbeda, seperti jeram Puru‘ dengan katagori tingkat kesulitan III; jeram  Pembuangan Seba dengan kategori tingkat kesulitan IV, yaitu permukaan air di  pinggir sungai yang lebar dan tiba-tiba menyempit dengan cepat; jeram Fitri  dengan kategori tingkat kesulitan V, yaitu berupa patahan dan arus sungai yang menabrak batu besar yang dapat menyebabkan perahu menempel di batu dan terjebak di antaranya. Dengan rintangan arus sungai yang sangat menantang tersebut, adrenalin  penggemar arung jeram akan terpuaskan dengan mengarungi Sungai Sa‘dan.

Selain itu, topografi daerah ini juga sangat menarik, sehingga sang Petualang dapat menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk di sepanjang perjalanan, menyaksikan flora yang  beraneka ragam dan aneka fauna yang berkeliaran di tepi sungai mencari makan, serta menyaksikan keindahan gunung-gunung yang ada di sekitar sungai yang dilapisi oleh padang rumput sabana.

C. Lokasi

Titik awal pengarungan Sungai Sa‘dan dimulai dari jembatan gantung di Desa Buah kayu Kabupaten Tana Toraja dan berakhir di jembatan Pappi Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

E. Akses

Dari Kota Makassar ke Tana Toraja, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan jalur darat dan udara. Jalur darat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum selama kurang labih 8 jam, sedangkan jalur udara dapat ditempuh dengan penerbangan perintis selama 2 jam.

Sesampainya di Tana Toraja, pengunjung  dapat langsung menuju ke kota kecamatan, Rantepao. Dari kota ini menuju Desa Buah Kayu (tempat start pengarungan), perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil Jip selama kurang lebih 3,5 jam.

F. Akomodasi dan Fasilitas

Bagi pengunjung yang belum berpengalaman, di lokasi tersedia river guide (pemandu sungai) yang profesional dengan biaya sebesar Rp. 1.250.000,-/orang  untuk orang lokal dan US$ 250/orang untuk orang asing.

(Samsuni/wm)

2 Tanggapan to “Sungai Sa’dan”

  1. febe said

    lgsg aja ke makassar mas..bsa cek di hotel hotel spt pantai gapura,mgh atau lgsg ke toraja dsana ada tourist information di kota rantepao. Or u may call to hotel misiliana 0423 21212.tq

  2. andis said

    kemana harus menghubungi operator atau eo buat pengarungan di sini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s