www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Malino

A. Selayang PandangPinus Malino

Malino merupakan kawasan wisata yang memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Di kawasan yang berada di ketinggian 1.500 meter di atas  permukaan laut ini terdapat Hutan Wisata Malino atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus yang terdiri dari deretan pohon pinus yang tumbuh sumbur, kokoh dan rindang. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat perkebunan markisa yang  menghasilkan minuman khas Kota Malino, yaitu jus markisa. Dengan nuansa  pegunungan yang indah, hamparan pohon pinus yang rindang, deretan pohon markisa, serta udara yang sejuk dan segar, menjadikan kawasan ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama pada  hari-hari libur.

B. Keistimewaan

Pengunjung dapat menyaksikan pesona alam yang sangat memukau, yaitu hamparan hutan pinus yang tumbuh subur, hijau dan rindang. Selain hamparan hutan pinus,  di kawasan ini juga terdapat tumbuhan peninggalan Belanda yang terbilang  langka, yaitu tumbuhan edelweis dan pohon turi yang bunganya berwarna orange, serta jenis bunga masamba yang dapat berubah warnanya tiap bulan dari  hijau, kuning hingga menjadi putih. Di puncak pegunungan Malino juga terhampar luas kebun sayur-mayur yang hijau.

Jika pengunjung ingin mencari suasana yang berbeda, di sekitar kawasan wisata Hutan Malino ini terdapat beberapa tempat wisata yang tidak kalah menariknya, yaitu Air Terjun Takapala yang terletak di Bulutana, Air Terjun Lembanna yang  berada kira-kira 8 km dari Kota Malino, Pemandian Lembah Biru, Perkebunan Teh  milik Nittoh dari Jepang di daerah Pattapan, Tanaman Hortikultura di daerah Karenpia, dan kekayaan flora dan fauna yang beraneka ragam.

C. Lokasi

Kawasan wisata Hutan Malino berada di sebelah selatan Kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Tingimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia.

D. Akses

Kawasan wisata Malino terletak sekitar 70 km dari Kota Sungguminasa (Gowa) atau  90 km dari Kota Makassar.  Dari Kota Sungguminasa, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan  pribadi maupun angkutan umum dalam waktu sekitar 2-3 jam.

E. Harga Tiket Masuk

(dalam proses pengumpulan data)

F. Akomodasi dan Fasilitas

Bagi pengunjung yang ingin lebih lama menikmati keindahan alam Malino tidak perlu merasa khawatir, karena di kawasan ini tersedia hotel dan vila untuk menginap. Di  lokasi wisata air terjun, tersedia penginapan dengan tarif Rp. 50.000,- per malam. Tersedia pula kuda sewaan untuk mencapai air terjun Takapala yang berada  sekitar 4 km di sebelah timur kota  Malino.

9 Tanggapan to “Malino”

  1. tommy wijaya said

    lindungi alam….
    lestarikan alam…
    lindungi budaya cagar alam..
    lindungi kebaradaban daerah..

  2. tolong kebun tehx dirawat,biarpun tak beroprasi lagi..
    air terjun takapala & ketemu jdh jg di rawat
    trms..

  3. babaL said

    kalo penginapan bagusnya dimana? tarif per malam berapa?
    rencana mo weeken di sana nech
    thanks

  4. linda suriyana said

    ada datanya nda tentang luasan hutan pinus di malino????ku butuh u penelitian ku,,timakasih sebelumnya….

  5. Edi Sila said

    Malino?!? Oke banget. By Edy

  6. engge said

    sy blm pernah ke malino,tp ada rencana tahun baru disana.sy skrg di p batam.adakah teman2 yg bs memberikan info ttg hotel yg cukup memadai?????trims

  7. putrAtjeh said

    Malino sangat indah tapi gua gak tahan dinginnnya…dingin banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s