www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Kambira

A. Selayang PandangKambira

Kuburan bayi (disebut ‘passiliran‘) di Kambira adalah obyek yang menarik untuk dikunjungi. Di sini, bayi yang meninggal sebelum giginya tumbuh dikuburkan di dalam sebuah lubang yang dibuat di pohon Tarra‘. Bayi yang belum tumbuh gigi ini dianggap masih suci. Pohon Tarra‘ dipilih sebagai tempat menguburkan bayi, karena pohon ini memiliki banyak getah, yang dianggap sebagai pengganti air susu ibu. Dengan menguburkan bayi di pohon Tarra‘, orang Toraja menganggap bayi ini seperti dikembalikan ke rahim ibunya. Mereka berharap, pengembalian bayi ini ke rahim ibunya akan menyelamatkan bayi-bayi yang lahir kemudian.

Pohon Tarra‘ ini memiliki diameter cukup besar, sekitar 80 – 100 cm. Lubang yang dibuat pada pohon untuk menguburkan bayi selanjutnya ditutup dengan ijuk dari pohon enau. Pemakaman seperti ini dilakukan oleh orang Toraja pengikut Aluk Todolo (kepercayaan kepada leluhur). Upacara penguburan dilaksanakan secara sederhana. Bayi yang dikuburkan tidak dibungkus kain, sehingga benar-benar seperti bayi yang masih berada di rahim ibunya.

B. Keistimewaan

Kuburan bayi di Kambira ini memiliki keistimewaan, karena merupakan cara penguburan yang sangat khas. Pohon Tarra‘ yang dipakai untuk mengubur bayi sudah berumur sangat tua.

C. Lokasi

Kuburan bayi ini terdapat di desa Kambira, tidak jauh dari kota Makale.

D. Akses

Untuk mencapai Kambira bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, dengan bemo dari Makale ataupun dari Rantepao, Ibukota Kabupaten Tana Toraja.

E. Harga Tiket

Untuk pemeliharaan lokasi ini, diminta sumbangan sebesar Rp. 5.000,- per pengunjung yang dikelola oleh penduduk setempat.

F. Akomodasi dan Fasilitas

Ada beberapa kios kecil di sekitar lokasi yang menjual berbagai suvenir khas Toraja.

(Tuti Nonka/wm)
__________

3 Tanggapan to “Kambira”

  1. […] tidak dibungkus kain, sehingga benar-benar seperti bayi yang masih berada di rahim ibunya.” (https://portalbugis.wordpress.com/travel/sejarah/kambira/) WP_SLIDESHOW_IMAGES = { load: […]

  2. lanjar said

    kapan-kapan kita bisa terbang kesana, Toraja nanti aku datang…

  3. ato said

    very good news bro..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s