www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Kete Kesu

A. Selayang Pandangkete kessu

Kete‘ Kesu adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Toraja. Kete‘ Kesu berarti ‘pusat kegiatan‘. Sebutan itu sesuai dengan apa yang bisa ditemui di sana, yaitu adanya perkampungan, tempat kerajinan ukiran, dan kuburan. Pusat kegiatan adalah deretan rumah adat yang disebut ‘tongkonan‘, berasal dari kata ‘tongkon‘ yang berarti ‘duduk bersama-sama‘. Deretan tongkonan ini (sebagian masih dihuni), berhadapan dengan deretan lumbung padi yang disebut ‘alang‘.

Di Kete‘ Kesu juga terdapat pengukir-pengukir yang handal membuat ukiran untuk rumah adat, hiasan dinding, souvenir, dan tau-tau (patung untuk menghormati orang meninggal yang dikuburkan). Di Kete‘ Kesu juga terdapat dua jenis kuburan, yaitu kuburan di bukit batu dan kuburan yang berupa bangunan. Kuburan di bukit batu ini sudah sangat tua. Tumpukan ‘erong‘ (peti mati) sudah banyak yang lapuk, dan tulang-tulang berserakan di alam terbuka.

B. Keistimewaan

Keistimewaan Kete‘ Kesu adalah bangunannya yang benar-benar masih asli, ditandai dengan atapnya yang terbuat dari anyaman daun. Pada bangunan-bangunan tradisional yang baru, banyak digunakan atap seng sebagai pengganti anyaman daun. Di Kete‘ Kesu juga terdapat semua unsur penting dalam budaya masyarakat Toraja, yaitu tongkonan (rumah), alang (lumbung padi), kuburan, dan tempat pembuatan kerajinan ukiran.

C. Lokasi

Kete‘ Kesu terletak di sebelah selatan kota Rantepao, Ibukota Kabupaten Tana Toraja.

D. Akses

Untuk mencapai Kete‘ Kesu bisa dipakai kendaraan pribadi atau angkutan bemo dari Bolu Market. Jarak tempuh dari Rantepao sekitar 20 menit.

E. Harga Tiket.

Harga tiket di lokasi Kete‘ Kesu Rp. 5.000 per orang. Namun demikian, jika kita masuk ke tongkonan yang masih dihuni, memotret dan melakukan wawancara dengan penghuninya, ada kalanya perlu memberikan sekedar uang (Rp. 5.000 – Rp. 10.000).

F. Akomodasi dan Fasilitas.

Di Kete‘ Kesu terdapat banyak kios yang menjual berbagai souvenir kerajinan Toraja.

(Tuti Nonka/wm/01/07-08)
__________

Link Terkait…>>>

Web Resmi: Kab Tana Toraja

Satu Tanggapan to “Kete Kesu”

  1. sherlomes said

    thanks infonya mas boz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s