www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Web Search Engine

Web Search Engine

Search Engine saat ini lebih dikategorikan sebagai  mesin pencari di internet, walaupun sebenarnya untuk mencari file dikomputer atau mencari dokumen di word processing juga merupakan search engine.

Seperti yang telah kita ketahui, untuk mencari berjuta-juta data / informasi yang terdapat dibelantara dunia maya yang sangat luas, dibutuhkan suatu mesin pencari yang disebut Search Engine dan mungkin sudah tidak asing lagi dengan situs-situs yang bernama Google, Yahoo, MSN, Altavista dan masih banyak lagi lainnya.

Tetapi apakah kita memanfaatkan seluruh fitur-fitur yang terdapat pada search engine tersebut ?
Mungkin masih banyak dari kita sebagai pemula yang belum mengetahui cara kerja penggunaan search engine, sehingga dalam melakukan pencarian menghabiskan waktu dalam pencarian dan berulang-ulang.

Saat ini berbagai mesin pencari (search engine) semakin cerdas dan dengan semakin bertambahnya informasi didalam internet, proses pencarian haruslah juga dioptimalkan.

Beberapa cara agar pencarian dapat optimal.

Gunakan Beberapa Search Engine

Hasil pencarian dari masing-masing search engine tidaklah sama, hal ini dikarenakan search engine memiliki metode yang berbeda dalam mengklasifikasikan data yang dicari. Jika gagal dengan satu mesin pencarian, gunakan mesin pencari yang lain. adi jangan mengandalkan hanya satu mesin pencara.

Pahami Fasilitas Search Engine

Kebiasaan dari kita selalu enggan membaca fasilitas help dari suatu produk, padahal memiliki pengetahuan tentang produk tersebut sangatlah penting. Dalam hal search engine dapat kita ketahui tentang fasilitas-fasilitas yang disediakan, karena masing-masing search engine memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah Advance Search yang menawarkan berbagai kemudahan dalam proses pencarian.

Gunakan Metode Boolean

Fungsi operator Booelan biasanya digunakan oleh kalangan programer komputer untuk membuat script logika pemrograman agar lebih cepat dan effisien. Kita dapat meniru penggunaan tersebut untuk boosting pencarian di internet tanpa harus menjadi programer.

Beberapa fungsi operator Booelan yang dapat dimanfaatkan saat menggunakan search engine :

< > AND < > untuk mencari dua subjek tertentu dan hasilnya ditampilkan secara bersama (misalnya Mobil AND Asuransi)
< > OR < > untuk mencari dua subjek tertentu dan hasilnya salah satu atau keduanya (misal Honda OR Toyota)
< > NOT < > untuk mencari subjek tertentu dimana yang terakhir tidak ingin ditampilkan (misal Obat NOT Jamu)
dan masih banyak lagi seperti menggunakan tanda kurung [ ( ) ], titik koma [ ; ], atau tanda petik [ ” ” ] untuk dikombinasikan bersama-sama.

Manfaatkan Fasilitas Advance Search

Dengan Advance Search terdapat berbagai macam menu pencarian yang dapat dipilih, mulai format output yang diharapkan, jumlah situs yang akan ditampilkan dalam satu halaman.

Beberapa search engine menawarkan fasilitas stemmingatau wild card dalam fasilitas advance search-nya, yaitu sebuah fasilitas yang memungkinkan penguraian padanan kata sekaligus turunan kata yang paling dimungkinkan.

Beberapa Search Engine

Tulisan Yang Berhubungan :

  • Search Engine Khusus Pencari File Di Rapidshare
  • Melihat Search engine Bekerja
  • Cuil : Search Engine Baru Penantang Google

Sumber: Media Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s