www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Sosial Network

Social Network

Seperti yang telah saya tulis pada tulisan Internet Untuk Pemula dan  Social Networking Sites (Situs Jejaring Sosial) , situs social network merupakan suatu layanan internet/aplikasi yang menandai perkembangan era Web 2, yaitu suatu era dimana perkembangan era Web yang mengkombinasikan kekuatan internet dan partisipasi sebagai kekuatan utama.

Perkembangan yang cukup pesat dari era web 2 saat ini tampak jelas sangat didominasi oleh situs jejaring sosial (social networking), bahkan terus bermunculan situs-situs ini dengan berbagai ragam fitur yang ditawarkan yang tentunya pada akhirnya semua dilakukan untuk kenyamanan user.

Di Indonesia, pada awalnya situs jejaring sosial yang paling popular adalah Friendster dimana dapat dikatakan semua pengguna kalangan muda memiliki account Friendster. Friendster memang memiliki user terbesar di Asia dan pengguna Friendster Indonesia merupakan urutan kedua dalam daftar 14 negara yang paling banyak menjadi member Friendster.

Ditahun 2009, dominasi Friendster Indonesia tampaknya mulai tersaingi oleh Facebook Indonesia dan dengan banyaknya persaingan untuk situs social network ini, beberapa situs jejaring sosial baru mulai menggeser dominasi situs-suts social network lama yang telah ada dengan berbagai fitur yang lebih baik dan bagus.

Berdasarkan catatan versi toptenreview , pada tahun 2009 terdapat 10 situs social network yang akan bersaing.
Penilaian ranking dilakukan dengan melakukan rating pada fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing situs social network tersebut seperti : Demographics, Profile, Security, Networking Features, Search dan Technical Help/Support.  (klik disini untuk melihat table review)

Adapun situs-situs yang termasuk dalam toptenreview 2009 adalah sebagai berikut berdasarkan ranking teratas.

Top 10 Social Networking 2009

MySpace

Websites MySpace ini merupakan situs social network yang terbesar sat ini, bahkan telah mampu mengalahkan dominasi Friendster yang sebelumnya menguasai situs pertemanan di dunia. MySpace hadir dengan berbagai fitur yang sangat komplit dan memiliki hampir semua fitur yang ada disetiap social network. Dari hasil rating MySpace hanya memiliki kekurangan dalam hal tidak terdapatnya fitur iklan gratis seperti yang ada pada hi5, Orkut dan Yahoo! 360. MySpace dilengkapi dengan fitur mulai dari blog hingga user dapat memajang klip video atau musik.
MySpace mulai dirilis sejak tahun 2003, yang pada mulanya hanya digunakan dikalangan karyawan eUniverse dan dimulai dengan membuat kontes untuk melihat siapa yang dapat memperoleh member paling banyak dan akhirnya salah satu dari anggotanya mengusulkan agar mengkomersilkan fitur-fitur Myspace.

Facebook

Situs social networking yang mulai dirilis 2004 oleh Mark Zuckerberg, awalnya hanya digunakan dikalangan pertemanannya saja dan kemudian baru dibuka untuk umum sejak tahun 2006. Hingga saat ini Facebook memiliki jumlah pengguna 140 juta diseluruh dunia. Di Indonesia Facebook tampaknya juga mulai menggeliat dan telah membuat beberapa pengguna Friendster beralih. Overall rating, Facebook menyamai kedudukan MySpace, hanya kelemahan dari Facebook dibandingkan social nerwork yang lain dalam fitur profile dimana tidak tersedianya profile editor, custom skin, customize, personalisasi URL, blog/journal dan masih kurang lengkapnyanya nerworking features dibandingkan MySpace. Tampilan Facebook relatif sederhana sehingga memudahkan penggunaannya dan saat ini Facebook telah menyediakan fitur bahasa Indonesia.

Bebo

beboSitus social network Bebo mungkin jarang didengar di Indonesia, namun situs ini berdasarkan toptenriview menduduki peringkat ketiga terbaik. Bebo sat ini dimiliki oleh AOL juga menawarkan fitur yang tidak kalah dibandingkan MySpace. Bahkan dibandingkan dengan Facebook, Bebo memiliki fitur yang lebih lengkap. Integrasi dengan percakapan instan messaging membuat komunikasi dengan Bebo lebih hidup, selain itu juga dapat meng-upload video. Mungkin dikarenakan kekurangan dalam daya tampung dan tidak multi bahasa yang membuat Bebo berada dalam urutan ketiga. Space yang disediakan untuk menampung foto-foto hanya sebesar 2Mb.

Friendster

Walaupun sangat populer dikalangan remaja Indonesia, ternyata hanya menduduki peringkat 4 dari versi toptenreview. Fitur profile yang dimiliki oleh Friendster sama dengan yang ditawarkan MySpace, namun sangat lemah dalam Networking Features. Situs friendster ini sangat cocok digunakan sebagai tempat mengekspresikan diri (narsis ni yeee). Friedster juga memiliki fasilitas blog dan fitur video yang digabungkan dengan explorer. Kelebihan yang paling menonjol adalah kemudahan dalam melakukan modifikasi halaman profile dan selain itu tersedia fitur bahasa Indonesia.

Hi5

hi5Hi5 juga merupakan situs social network yang cukup besar dengan member sebanyak 50 juta anggota. Fitur Profile yang ditawarkan relatif hampir sama dengan Friendster, bahkan lebih baikdari Facebook dan Bebo, juga kemudahan saat menambah daftar teman tanpa mengharuskan mengetahui alamat email terlebih dahulu, kemampuan mendeteksi member yang sedang online. Kelemahan situs ini dibandingkan dengan MySpace dan Facebook dalam hal Networking Features dan space yang ditawarkan hanya 2Mb.

Orkut

Situs social network yang berada pada urutan keenam ini cukup populer di Brazil dan India dan masih merupakan situs pertemanan ujicoba buatan Google. Untuk dapat menjadi member pada social network Orkut, member harus memiliki account pada GMail. Mengenai fitur yang ditawarkan memang masih jauh dibanding dengan MySpace, Facebook atau Friendster, namun memiliki kelebihan dalam pemberian space yang cukup besar yaitu 10Mb.

PerfSpot

Situs social network Perfspot ini memang sangat asing di Indonesia. Seperti juga situs social network lainnya, Perfspot menawarkan fitur yang hampir sama dengan lainnya seperti update profile, video, foto musik. User juga dapat membuka penyimpan internet. Sebagian besar member PerfSpot saat ini berupa member muda yang memiliki rata-rata usia 13 tahun, dan memiliki nuansa pendidikan. PerfSpot memiliki filter dalam sistem pencariannya, karena account yang membernya masih berusia dibawah 18 tahun tidak akan ditampilkan.

Yahoo! 360

Yahoo! 360 merupakan social network milik Yahoo! dan telah lama dirilis yaitu bersamaan dengan Yahoo! Messenger (YM). Seperti juga Orkut dengan GMail, Yahoo! 360 juga mensyaratkan memiliki account pada Yahoo! Mail.
Fitur yang ditawarkan hampir sama dengan kebanyakan fitur yang terdapat pada social network lainnya.

Zorpia

Situs Zorpia sebenarnya memiliki fitur yang cukup lengkap seperti yang ada pada Friendster dan Facebook, namun mungkin tidak tersedianya fitur multilingual. Kelebihan lainnya dari situs Zopia adalah menawarkan space sebesar 16Mb, berarti penyedia situs social network yang memberikan space paling besar pada 10 situs social network paling populer. Dengan space sebesar 16Mb, member dapat lebih leluasa melakukan upload foto, musik dan video.

Netlog

netlogNetlog adalah situs social network pada urutan terakhir dalam toptenreview, dan sangat populer di Eropa dengan jumlah member mencapai 35 juta anggota. Fitur yang disediakan rata-rata hampir sama dengan yang lain. Space yang ditawarkan hanya sebesar 3Mb.

Tulisan Yang Berhubungan :

  • Facebook : Mencoba Berbagai aplikasi Facebook
  • Facebook Menjadi Trend Social Networking 2009
  • Facebook : Setting Awal Facebook
  • Social Networking Sites
  • Friendster : Cara Memasang Lagu Pada Halaman Profile
  • Friendster Indonesia
  • Internet Untuk Pemula

2 Tanggapan to “Sosial Network”

  1. […] Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet). www.meme.yahoo.com Sumber : https://portalbugis.wordpress.com/download/free-situs-gratis/sosial-network/ […]

  2. rapiudin said

    bagai mana caranya saya ingin menjadikan mp 3 sebagai mesin uang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s