www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Aplikasi Chatting

Instant Messenger – Aplikasi Chatting

Memahami Instant Messenger : Fungsi, Tujuan Penggunaan dan Perkembangan Instant Messenger

Mungkin setiap orang mengakui bahwa email merupakan bentuk komunikasi yang cepat, namun kadang-kadang email masih belum cukup, dimana kita tidak mengetahui apakah orang yang dikirimi email sedang online atau tidak pada saat yang bersamaan. dan juga untuk membalas atau meneruskan email kepada orang lain diperlukan beberapa langkah yang dinilai kurang effisien.

Untuk itu pilihan lain yang sangat  populer saat ini sebagai      alternatif       untuk    berkomunikasi   lebih  cepat yaitu Instant Messenger (IM) atau biasa disebut dengan Aktivitas Chatting

Dengan Instant Messenger :

  • Kita dapat memasukkan daftar teman-teman atau orang-orang yang sering berinteraksi dalam daftar kontak.
  • Pesan dapat dikirim setiap saat kepada siapapun yang masuk daftar kontak, baik mereka sedang online maupun offline.
  • Apabila dalam keadaan online, penerima dapat langsung membaca dan membalas pesan kita.

Sebagian besar sofware Instant Messenger (IM) terdiri dari dua komponen :

  • Software Server
  • Software Client

Sebagian program Instant Messenger ini dapat dilakukan melalui Web Browser (Web Based), tetapi banyak juga yang membutuhkan instalasi terlebih dahulu software client IM kedalam komputer.

Beberapa aplikasi messenger yang cukup populer adalah : MSN Messenger, AIM, Yahoo Messenger (YM), GTalk dll masih banyak (mungkin mencapai ratusan) aplikasi client messenger yang dapat digunakan untuk ber chatting ria, bahkan dapat digunakan dengan multi account seperti juga aplikasi email client.

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah sekali, kita hanya perlu men- download aplikasi tersebut dan setelah menginstal, masukkan alamat teman-teman (berupa alamat email sebagai identitas didunia maya) yang akan kita ajak berkomunikasi.

Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah, biasanya beberapa aplikasi client messenger yang populer, hanya mengijinkan penggunaan komunikasi dengan menggunakan identitas atau email dari mereka sendiri seperti misalnya untuk menggunakan Yahoo Messenger, pengguna harus memiliki ID Yahoo, begitu pula GTalk harus memiliki ID Google (GMail)

Meskipun memiliki keunggulan lebih cepat dan sebagai alternatif dalam berkomunikasi, namun IM memiliki kelemahan yaitu tidak tersimpannya data di server, dan hanya menyimpan data teks saja dalam log komputer lokal.
Sehingga untuk pengiriman data-data, seperti misalnya dokumen, gambar, musik dll, pengiriman melalui IM ini rentan mengalami kegagalan. Gangguan koneksi akan semakin besar apabila berinteraksi data dengan banyak pengguna lainnya secara simultan atau lalu lintas data dalam keadaan sibuk. Dengan kata lain memang sebaiknya Instan Messenger ini hanya  digunakan sebagai alternatif komunikasi cepat dan apabila ingin mengirimkan data penting sebaiknya menggunakan email. (Agar dapat berbagi file besar dengan Yahoo Messenger, baca disini

Perkembangan Instant Messenger : Mobile Chatting
Sejak hadirnya teknologi akses internet di ponsel (GPRS, EDGE, 3G), Chatting yang biasanya hanya dilakukan di komputer, saat ini penggunaannya lebih populer dengan menggunakan ponsel (HP).
Peningkatan penggunaan handphone (ponsel) sebagai alat komunikasi chatting yang semakin berkembang, membuat semakin banyak pula aplikasi messenger yang dibuat, bahkan aplikasi tersebut saat ini dikhususkan untuk penggunaan pada handphone dan saat ini pada beberapa pengguna tidak hanya menggunakan satu client messenger saja, bahkan meng-instal sampai lima client sekaligus agar dapat berkomunikasi dengan komunitasnya.

Beberapa aplikasi Chatting yang dikhususkan untuk penggunaan di ponsel (HP) seperti :
AgileMessenger, e-buddy , bing, mig33, morange, sHMessenger , Slick , YehBa , Nimbuzz , Talkonaut ,Y!M Tiny , Fring, IM+ dan mungkin masih banyak lagi yang tidak saya ketahui.

Penggunaan aplikasi sangat mudah, dapat melakukan download dari komputer lalu menginstal ke ponsel, atau dapat juga melakukan download langsung dari ponsel.

Selamat Ber-Chatting Ria

Sumber: Media Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s