www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Pengertian Asuransi

Asuransi adalah sebuah sistem untuk merendahkan kehilangan finansial dengan menyalurkan risiko kehilangan dari seseorang atau badan ke lainnya..

Asuransi dalam Undang-Undang No.2 Th 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Badan yang menyalurkan risiko disebut “tertanggung”, dan badan yang menerima resiko disebut “penanggung”. Perjanjian antara kedua badan ini disebut kebijakan: ini adalah sebuah kontrak legal yang menjelaskan setiap istilah dan kondisi yang dilindungi. Biaya yang dibayar oleh “tetanggung” kepada “penanggung” untuk risiko yang ditanggung disebut “premi”. Ini biasanya ditentukan oleh “penanggung” untuk dana yang bisa diklaim di masa depan, biaya administratif, dan keuntungan.

sumber:Wikipedia

10 Tanggapan to “Pengertian Asuransi”

  1. Tragedi demi tragedi seharusnya cukup mengingatkan kepada kita bahwa berasuransi itu sangat penting.Kejadian yang paling baru adalah kejadian kecelakaan yang menimpa pesawat airasia.Kejadian ini mengingatkan banyak orang bahwa asuransi melakukan perannya dengan baik ketika musibah tak terduga itu datang.Asuransi menjamin para ahli waris yang ditinggalkan untuk mendapatkan pertanggungan biaya hidup dan kebutuhan lainnya.Lantas bagaimana jadinya jika seluruh korban pesawat naas tersebut tidak diasuransikan.Ibaratnya,sudah jatuh tertimpa tangga pula.

  2. Setiap tahapan kehidupan dari mulai lahir hingga senja bahkan meninggal dunia semua itu tidak ada kepastian hingga kita sendiri yang mengantisipasinya.Asuransi hadir untuk mengcover semua ketidakpastian itu demi kualitas hidup yang lebih baik lagi.Inilah Fungsi Asuransi
    Yang sesungguhnya.Salam,terimakasih admin atas penjabarannya.

  3. thanks gan…infonya menarik….
    http://mtaufik-pru.blogspot.com/

  4. AlinRhizuma said

    Mksh infox jd lbh ngrti ttg asuransi

  5. artikel yang menarik bgt, jadi tahu semua tentang pengertian asuransi

  6. Asuransi said

    artikel yang menarik,,jd memberikan kesadaran ke publik sebenarnya asuransi itu sangatlah penting

  7. asuransi itu bisa melindungi aset kita disaat kita menderita penyakit kritis. Jadi asuransi itu penting!! beli produk asuransi disaat kita belum butuh karena disaat kita butuh asuransi yang tidak butuh kita!!! terimah kasih

  8. fals said

    makasih gan infonya asuransi…

  9. Terima kasih banyak untuk artikelnya. Sekedar info sekarang sudah ada yang dinamakan asuransi kartu kredit.

  10. Miftahussalam said

    Apa keuntungan dan kerugian bagi tertanggung?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s