www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

IMPIAN menjadi KENYATAAN melalui bisnis asuransi

Benar, ini bukan cuma mimpi untuk bisa mempunyai rumah mewah seharga miliaran rupiah, atau menyekolahkan anak ke luar negeri. Itu semua bisa terwujud hanya dengan menjadi seorang agen asuransi, sebuah posisi yang masih dipandang sebelah mata hingga kini.

Di samping niat baik untuk menolong orang yang kesusahan, berbagai bonus dan komisi yang menjanjikan dari menjadi seorang agen asuransi itu sempat melambungkan impian Mamiek, sebut saja demikian namanya.

Dibandingkan penghasilannya ketika masih menjadi salah satu staf di sebuah perusahaan media cetak yang baru di Jakarta, tentunya mimpi menjadi ‘jutawan’ mendadak ini sangatlah menggiurkan.

Meskipun tidak mempunyai gaji, dia tergiur oleh jam kerja yang fleksibel dan pastinya pendapatan yang tak terbatas! Mungkinkah demikian? Menurut Mamiek yang menjadi Unit Manager asuransi Prudential sejak dua tahun lalu, pendapatan komisi bisa mencapai 30% dari total premi yang dibayarkan nasabah selama dua tahun, lalu selama tiga tahun akan mendapat komisi 5%.

Ini masih belum ditambah bonus tahunan sebesar 12%! Wow! Sebagai seorang Unit Manager, dia pun masih bisa menerima komisi tapi sifatnya off-raging.

Jadi tidak heran jika ada seorang agen yang bisa mencapai penghasilan Rp100 juta per bulan dan itu bisa dicapai dalam lima tahun. “Pendapatan ini pun masih bisa terus naik. Bahkan ada agen yang bisa mencatat rekor pendapatan Rp2 miliar per bulan,” tutur Mamiek.

Tentunya bagi Mamiek, masalah pendapatan yang tak terbatas ini merupakan salah satu faktor penyemangat di samping dia juga merasakan bonus yang sifatnya non-materi, seperti penghargaan yang tiada henti bagi prestasi yang dicapai baik dari perusahaan di Indonesia maupun dari pusatnya di luar negeri.

Berbeda tiap produk Hal serupa juga bakal dialami seorang agen asuransi Manulife. Komisi dan bonus bertaburan sehingga membangkitkan semangat sang agen untuk meraih pendapatan yang lebih dan lebih lagi. Meskipun di perusahaan asuransi ini, komisi yang diterima berbeda-beda untuk tiap produknya. Secara rata-rata, untuk agen yang produktif alias rajin menjual produk asuransinya, bisa mendapat komisi Rp2 juta sedangkan untuk agen top bisa mendapat komisi di atas Rp20 juta.

Di Manulife, kompensasi penjualan yang bakal diterima sang agen berupa komisi dan bonus uang bila sang agen mampu menembus target rata-rata yang ditetapkan perusahaan. Selain itu ia juga bisa menikmati komisi dari hasil penjualannya pada tahun-tahun berikutnya.

Bonus lain yang bakal diterima bagi agen Manulife juga termasuk perlindungan kesehatan setelah bergabung selama dua bulan. Masa tua pun terjamin dengan nilai pensiun ratusan juta rupiah karena selama bekerja perusahaan ikut mensubsidi 5% di samping iuran dari karyawan itu sendiri sebesar 5%.

“Kalau ditanya pekerjaan apa yang pendapatannya tetap bertahan di saat krisis, ya asuransi,” ujar seorang agen.

Masalahnya, pekerjaan yang satu ini kadung diberi persepsi negatif sehingga ‘wibawa’nya kian luntur. Padahal, dari sisi besaran komisi sangat menjanjikan dan apa yang didapat beserta fasilitas yang diberikan bisa melebihi penghasilan seorang manajer.

“Penghasilan setingkat manajer bisa, tergantung usaha dan kerja kerasnya, komisi itu kan naik terus,” kata Venny Veronika, agen yang kini menjadi Senior Agency Manger PT Prudential Life Assurance.

Komisi agen asuransi sebenarnya bergantung pada berapa keras usaha mereka untuk merangkul banyak klien dalam mengambil premi asuransi. Pola payment seperti ini, komisi plus bonus-bonus lainnya, berbeda sekali dengan patokan gaji pokok yang biasa diterima pegawai kantoran.

Oleh sebab itu, seorang agen harus dibekali amunisi berisi kesabaran, semangat kerja keras, loyalitas, jujur, dan pantang menyerah agar mampu memberikan pemahaman-bukan hanya informasi-yang baik kepada klien mengenai asuransi.

Bila berhasil, komisi dan sederet ‘penghargaan’ lainnya sudah menanti untuk dinikmati. Kalau bonus uang mungkin sudah tidak asing seorang agen bisa jalan-jalan ke luar negeri, atau keliling dunia.

Bonus lainnya bisa saja dapat tiket spa atau sekedar tiket menonton Java Jazz Festival seperti yang dialami Luilie Retno Sawitri dari PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri. Itu soal bonus, bagaimana dengan isi dompetnya? Akan tetapi sepertinya sulit mengintip isi dompet agen asuransi karena asuransi memiliki beberapa produk yang berbedabeda komisi dan bonusnya.

Lena S Lukman, agen asuransi yang sedari 1990 bergabung dengan PT Asuranji Jiwa Manulife Indonesia menuturkan penghasilan agen memang tergantung produk apa, mau unit-link, atau produk lainnya.

Ini juga yang menyebabkan persentase komisi unit-link setiap satu premi yang tembus berbedabeda karena ada yang 10%-20%.

“Tidak bisa digeneralisasi sih, masalahnya tergantung produk,” tandas Lena yang kini didapuk menjadi Agency Director Centre Territory-nya Manulife.

Bila ‘dipaksa’ mengaku, Lena mengatakan pendapatan agen bisa mencapai tertinggi Rp100 juta satu bulan bukan per bulan. Dahsyat memang, duit segitu bukan angka tetap tetapi bisa berubah karena angka terendah Rp2 juta.

Bahkan, mantan karyawan PT AIG Life ini mengenang ada agen asuransi Manulife yang mampu mencatatkan komisi plus ecek-ecek hingga Rp400 juta dalam 8 bulan berkerja dan dia pun terhitung masih belia.

Ada juga yang bilang komisi dan embel-embel lainnya yang diterima agen asuransi setiap bulan umumnya antara Rp5 juta-Rp6 juta. Itu baru pemula dan jumlah tersebut masih bisa bertambah karena itu hanya tahun pertama, bisa dibayangkan jika agen tersebut sudah senior berapa isi dompetnya apalagi isi ‘celengannya’.

Venny menambahkan penghasilan agen asuransi atau marketer insurance ternyata besarannya tidak lebih jelek dari seorang karyawan tingkat manager. Penghasilan yang diperoleh pada tahun pertama itu setara dengan penghasilan karyawan tingkat staf yang sudah bekerja selama 5 tahun-6 tahun.

“Orang tidak mengerti betapa bisnis asuransi banyak membantu khalayak, mereka masih mengkonotasikan agen asuransi itu tidak baik,” sesalnya.

Tingkat agen asuransi pada umumnya dimulai dengan menjadi agen pemula atau Finansial Advisor, kemudian beranjak menjadi Associate Unit Manager, lalu Unit Manager, setelah itu menjadi Senior Unit Manager dan Agency Manager, hingga akhirnya didapuk menjadi Senior Agency Manager. Naik pangkat itu pun selaras dengan meningkatnya komisi yang diterima.

“Kalau naik jabatan misalnya dari agen pemula menjadi Unit Manager tentu aja dapat tambahan dan sudah otomatis, cuma besarannya relatif dan tergantung perusahaan, tidak ada yang baku di asuransi,” terang Venny.

Biasanya pergantian tersebut terjadi setahun sekali. Seseorang bisa dipanggil leader setelah yang bersangkutan sampai pada Unit Manager. Peningkatan itu artinya seorang agen mampu mengembangkan dirinya sekaligus membantu melebarkan sayap perusahaan. Perusahaan kian terbang tinggi, komisi pun terus melesat.

Jadi, berani mencoba???

Sumber: prudentialjakarta.multiply.com

58 Tanggapan to “IMPIAN menjadi KENYATAAN melalui bisnis asuransi”

  1. ahmad rosyadi said

    mas saya agen baru , saya sangat susah sekali untuk mencari nasabah .. mohon di bantu dengan tips nya . terimakasih

  2. arnold said

    kk mau tx gimana cara krj
    seorang meneger unit bisnis di prudential

  3. Sekadar sharing pengalaman sy sbg agen asuransi di Allianz Star Network: http://myallisya.com/2013/02/15/pengalaman-menjadi-agen-allianz-tahun-pertama-1/, semoga bermanfaat.

  4. Jika ada yang berminat menjadi agen prudential, bisa registrasi disini => http://asuransiprudential.co

    Terimakasih.

  5. Refaldi said

    Sangat menggiurkan ..
    Saya akan daftr jdi agen ansuransi panin , ikut kk ipra yg udh senior .
    ,, slam sukses

    saya dri kuningan jwb

  6. Tertarik,.
    Bagaimana cara memulainya? Thanks,.

  7. Natanael said

    yang ingin gabung sebagai agen prudential, group prudreaming Surabaya silahkan hubungi 08113436830 pin bb : 7AC6C47F

  8. Aditio said

    untuk wilayah sumut , bagi siapa yang minat jadi agen Asuransi PRudential sya bisa bantu,,, dan saya akan dukung anda dengan memberikan tips-tips sukses menjadi agen asuransi, saya yakin kita semua punya kesempatan untuk sukses di bisnis ini…
    hubungi saya di 082163162525
    email : rosyadinasution@gmail.com

  9. muh romy said

    Bagi rekan2 di jakarta, di medan sumatra utara, yg ingin menjadi agen asuransi dengan unlimited income (tanpa batas penghasilan) bisa email ke : Muhammadrumia@yahoo.com

  10. muh romy said

    Bagi rekan2 di jakarta, di medan sumatra utara, yg ingin menjadi agen asuransi dengan unlimited income (tanpa batas penghasilan) bisa email ke : Muhammadrumia@yahoo.com

  11. Bagi anda yang di seluruh Indonesia baik yang sudah berpengalaman / praktisi asuransi ataupun pemula di asuransi.

    Saya team GALAXY bersama ASURANSI GENERALI http://www.generali.co.id/id

    Membuka peluang untuk anda semua dalam profesi yang luar biasa ini, sebagai PROFESSIONAL PERENCANA KEUANGAN masyrakat Indonesia di mana pun berada/

    ANDA… ADALAH YANG LUAR BIASA BERSAMA SAYA DAN GENERALI

    info :

    http://solusikeuanganandadankeluarga.blogspot.com/2014/01/peluang-dan-passive-income-dalam-bisnis.

  12. Bagi anda yang di seluruh Indonesia baik yang sudah berpengalaman / praktisi asuransi ataupun pemula di asuransi.

    Saya team GALAXY bersama ASURANSI GENERALI http://www.generali.co.id/id

    Membuka peluang untuk anda semua dalam profesi yang luar biasa ini, sebagai PROFESSIONAL PERENCANA KEUANGAN masyrakat Indonesia di mana pun berada/

    ANDA… ADALAH YANG LUAR BIASA BERSAMA SAYA DAN GENERALI

    info :

    http://solusikeuanganandadankeluarga.blogspot.com/2014/01/peluang-dan-passive-income-dalam-bisnis.html

  13. koleksi: http://www.elifers.com ASURANSI ONLINE KESEHATAN TERMUDAH TERMURAH.
    Mau asuransinya apa bisnisnya silakan!

  14. yessica said

    pt acelife assurance yg berdiri th 1729 dari swiss dg program2 unggulan dg card Atm Full Payment(aneka obat,operasi besar -kecil,dokter. umum/special ) dibayar sesuai tagihan..dg investasi yg lumayan buat nsb.siap membantu masy.indonesia
    bagi teman2 yg siap menjadi agent kami: akan mendapatkan komisi dan bonus 124%
    luar biasa.
    syarat: komitment,fokus,ikut sistem .pasti berhasil.
    hub.SAm.wahyu djatmiko 08159640160
    via email. yessiace14@yahoo.co.id

  15. yudi said

    Saya seorang pemula, Tertarik sekali dg uraian diatas tetapi itu semua harus dibayar dengan kerja keras dan pengorbanan sukses deh, boleh donk berbagi tips agar bisa closing maksimal, … Thaks ya …

  16. yuliana said

    Peluang emas dan bisnis dahsyat di Manulife financial Indonesia. yuuk kita kejar impian kita bersama demi keluarga dan masa depan. contact saya di jo3liana@gmail.com

  17. Henny said

    Mari kejar impian dengan menjadi agen di Manulife Financial. Yang di Kediri dan sekitarnya bisa kontak via email : henny_wahyu@yahoo.com

  18. Joni said

    Kirimkan email kosong atau sms ke joni_liu@yahoo.com atau sms : 08561139889 nanti saya jelaskan detailnya. untuk menjadi agen Prudential.

  19. yullinda said

    Yuk gabung sbg agen di Manulife Financial. Yg di surabaya bisa kontak via email yulinda_limanto@yahoo.com Tku

  20. ibnu mashudin said

    yang mau jadi agent prudential, bisa hub 085 781 222 659 kusus daerah jabodetabek….

  21. hugo said

    Ya gue jadi agen asuransi juga di axa asuransi terbesar dunia

  22. himawan said

    bagus banget dan memang betul saya baru merasakan tp masih kacil karena blm fokus. bagaimana caranya membuka prolog untuk dokter, pejabat dsb orang-orang yang sepertinya pinter itu. kadang susah mau mulai pembicaraan

  23. andi said

    saya mau jadi agen prudential bagaimana caranya?
    gamaski@yahoo.co.id

  24. Teddy said

    Bagi teman teman yg mau gabung silahkan kirim CV ke teddy_mmc0899@yahoo.co.id

  25. nendi said

    bisnis yg menggiurkan, teman aku jg sudah mengajak, gimana cara nya bergabung buat pemula, tolong info aku ya,ditunggu.

  26. muksalmina said

    saya baru pertama gabung gimana cara@ kita bicara supaya nasabah cepet percaya……..
    mohon tips nya……….

  27. cahyo said

    saya baru saja mw gabung ke manulife financial, kasih sarannya dulu muhnurcahyoutomo@gmail.com

  28. denny said

    berapa persenkah yg akan di dapat oleh agen dari setiap premi yg di bayarkan nasabah ? mks

  29. asyril said

    Bagi rekan2 yg ingin menjadi agen asuransi dg. unlimited income bs email ke thepositiver@gmail.com

  30. anggraini kamarrud said

    saya jg agen asuransi di prudential tp masih baru….bagi tipsnya pak,..
    sblmnya makasi pak…

  31. Aditya Sanjaya said

    ASN adalah tempat belajar untuk menjadi seorang agen asuransi profesional.
    (ASN= Allianz Star Network).
    bukan cuma product knowladge yg harus dikuasai seorang agen, tapi cara menjualnya.
    no clossing no money.

  32. nurulla said

    AKU JUGA BARU PERTAMA…………..GIMANA YA MENJALANKAN NYA DAN MENCARI NASABAH

  33. ARSANI said

    apa yg harus ulun lakukan untuk bisa gabung di asuransi yg anda promosikan ini…

  34. sy pernah jd agen asuransi tp msh blm bs dpt income spt yg sy bayangkan,bgmn caranya or tips spy dpt unlimitid income?bskah pk cara online?

  35. bagi tipsnya juga ya Pak..salam sukses !

  36. Narwan said

    Bagaimana caranya?

  37. farish said

    saya sangat setuju dengan posting diatas karena apa ? gaji agen asuransi pada umumnya adalah unlimited yaitu tidak terbatas. besaran gaji yang kita dapat adalah sebanding dengan tingkat kinerja kita, artinya banyak bekerja ( nasabah) berarti banyak komisi. tapi membuat diri semangat juga ga gampang….., tolong kasih tip buat penyemangat diri ya di farishvanjava@yahoo.co.id

  38. rika murtika said

    saya sudah medaftarkan anak saya di asuransi prudential dan saya ngambil asuransi pendidikan…dan ini adalah bulan kedua saya menabung..
    setelah saya melihat dan mendengar testimonial saya tertarik menjadi agen asuransi tapi karena saya seorang ibu rumah tangga jd saya ingin sekali menjadi agen asuransi online..apakah bisa..?
    bagaimana caranya..?
    terima kasih.
    saya tunggu balasannya di rika_murtika@yahoo.com

    • Teddy said

      Jika Anda ingin berhasil rubah pola hidup kita,bekerja dgn ikhlas,tekun dan sabar..nanti Tujanpasti akan kasih…atau bs hubungi saya di 081389625571 jika anda yg tertarik jadi agen denganpenghasilan tanpa batas

  39. kuncoro said

    iya betul, kalo baca masalah komisinya….jadi ngiler…cuman gimana cara memulainya?

  40. Agus Brata said

    bagus banget postingannya. tapi saya sejujurnya masih kurang mengerti dan tahu seperti apa sih job desk dari agen asuransi ini? dan bagaimana untuk memulai karir ini? thanks sebelumnya. dan minta juga tips nya ya ke agusbrata@gmail.com

  41. fafanih said

    ya itu bener banget unlimited profit agen asuransi mmg menggiurkan, saya juga agen asuransi tp msh baru, masalahnya saya msh kesulitan menggaet klien terutama pertama kali untuk bicara susah banget gmn dong tipsnya, ta tunggu ya di anis_salimawati@yahoo.co.id. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s