www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

SILSILA SEWERIGADING

Mungkin klo kita mau bercerita mengenai La Galigo, Budaya Bugis tidak akan pernah ada ujungnya. La galigo sendiri memang Epos terpanjang di Dunia dan Epos La galigo ini melebihi kepanjangan epos mahabarata (budaya india).

Berikut ini adalah silsilah Sewerigading dalam epos Budaya Bugis La Galigo

https://i2.wp.com/klikmade.googlepages.com/SilsilaLaGaligoedit.jpg

https://i0.wp.com/klikmade.googlepages.com/ket.JPG

17 Tanggapan to “SILSILA SEWERIGADING”

  1. Fikal said

    Tau lotang Θά̲ŋ Sawerigadin Tidak ªϑá HubunganNya. Tau Lotang Tidak perna Menunggu Sawerigading.
    Maaf.

  2. yunus said

    kasi pusing2 semuaki ini, silsilahx rumit semuah..
    Magana masussa maneng aseenna tau riolo’e, setiap daerah lain semuah ceritax pdhl 1 pokok bahasan ji, mkin orang2 dulu memberikan komitmen yang berbedah2 sehingga anak sekarang yang dibuat pusing.
    Perna juga sy dengar tentang srewegading dr amparita yang menumbuhkan keyakinan ttg (tau lotang) dlm argumen mereka tak akan perna tunduk & yakin terhadap tuhan jika sarewigading belum pulang

  3. salmananaba said

    pencinta sejara mari kita mencari kbnaran masing-masing tampa menyalahkan orang lain……….

  4. Anonim said

    Benar, Saya setuju dengan Jalil…..

    Saya juga bingung dengan “BELIAU-BELIAU” yang bersikeras kukuh sama pendapatnya saja.

    Semakin kita berpikiran luas, kita jadi tambah info & kita jadi dilatih untuk mencari tahu kebenaran yang sebenarnya, dengan hasil penelitiannya sendiri.
    Tidak berdasarkan peneliatian atau temuan dari orang lain.

    Open minded yaa teman-teman!!!!

  5. jalil said

    semua pencinta sejarah bugis seharusnya menjadikan ini sebagai ajang mencari kebenaran sejarah, bukan lagi waktunya menganggap diri paling benar, jadi menurut saya sangat positif jika kita mengkaji sejarah nenek moyang kita dan pendapat kita uji sesuai dengan fakta sejarah yg ada,

  6. jalil said

    informasi tentang wali pitue yang biasa sy dengar menurut org bukan wali pitue tapi warani pitue, makanya informasita ini baru bagi saya

    • andi baso majjarampa said

      sebelumnya sy mohon maaf, tolong sejara rureq (lontara i la galigo) jgn d kaitkan dgn wali pitue, coz sejara puakku uparibotoe alebberina i la galiga jauh dari saman wali pitue. Bahkan menurut sy samanx sblm ada hindu,budha,kristen dan islam.

  7. Fakhrul said

    Wali Pitue di Sulawesi Selatan simpang siur kebenarannya, namun tak bisa disalahkan, tergantung imformasi yg diperoleh, Wali Pitue di Sulawesi Selatan menurut yang saya dapatkan dari sumber yang saya percaya antara lain :
    1) Syekh AL.MURKIN dari Mekkah
    2) Syekh AL-JABARANI dari China
    3) Syekh MUSTAFA AL FARADA dari Melayu (Thailand)
    4) Syekh SOMPE A.SELLE dari Soppeng (Sulawesi)
    5) Syekh YUSUF AL MAKASSARI dari Makassar (Sulawesi)
    6) Syekh IMAM NIPANIPA dari Bone (Sulawesi)
    7)Syekh MAKKADAMPUANG dari Kajang Bulukumba (Sulawesi)
    Bagi yg pingin mendalami tentang tersebut diatas hubungi PSP.AL JABARANI (Fahmi Suparman) Jl.St.Hasanuddin Rappang – Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan
    Bagi yg pingin mendalami sejarah Bugis Makassar (Sejarah Kerajaan Bone, Makassar, Luwu) dan Sastra Bugis Kontak ( http://www.rappang.com )

  8. Alwhi Ayus said

    asik

  9. iskandar said

    ada yg kurangnie sebarangan saja org yg wat nie,arunggalung mana???? maw menulis tapi tak taw,baik jangan buat,kalau tak taw,perosak saja..

  10. Imam Fals said

    Betu-Betu-Betul ada kesalahan dan kurang lengkap…PERNYAK MEMBACA….Oke CHOY..

    • jalil said

      secara detil sy tidak mengetahui silsilah yg lengkap, tp sy mengetahui bahwa ada saman sebelum sawerigading, yakni ketika ada anak raja kawin bersaudara sehingga terjadi musibah jaman ini setelah sy telusuri menurut saya jaman kerajaan di Bambapuang d enrekang, dan karena itu sawerigading dilarang kawin dgn saudaranya dalam sure galigo, setelah era itu berakhir, kemudian muncullah era sawerigading, setelah itu barulah era manunge luwu, bone, gowa, dst ke era kemerdekaan. wallahu a’lam,

  11. Abdi Syaifullah said

    Menikah dengan We’ Tenri Abeng adalah Remmang ri Langi. Bukan Batara Guru. Dan tolong ditambahkan didalam silsilah: Bapak dari Puatta Patotoe’ adalah La Teppulangi dan We’ Sengngeng Linge sebagai ibu. Dua terakhir yang disebutkan adalah perwujudan dari Dewa Matahari & Dewi Bulan, yang berasal dari tiupan roh pencipta alam semesta “Dewata SisiniE”. Wallahu a’alam bisshowab.

  12. alamnirvana said

    Ada silsilah raja sidenreng ga? siapa anak raja sidenreng yang kawin sama sultan sumbawa? kalau mau tambahin silsilah raja2 taruh disini dan dikoreksi :
    http://en.rodovid.org/wk/Person:305363

    • jalil said

      akarunge sidenreng awalnya bergelar addawwang sidenreng, kemudian menjadi addetuang sidenreng, lima raja pertama sidenreng bergelar addawwang, merupakan keturunan dari manurunge bacukiki dan manurunge suppa, sehingga raja pertama sidenreng bersaudara dengan raja pertama suppa, dan pertama sawitto kemanakan dari raja pertama sidenreng, wallahu a’lam

  13. Gerhanuddin said

    Kemana anak I La Galigo Dan apa benar Bataraguru menikah dengan WE Tenriabeng ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s