www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Konsep Kosmogoni Orang Bugis

Pada postingan kemarin mengenai Budaya Bugis dalam La Galigo : Alur Teks Dalam Epik La Galigo terdapat 3 tempat yang menjadi cerita utama pada epos la galigo ini. Ketiga tempat tersebut mencakup :
1.Boting Langiq (Perkawinan Di langit yang Dilakukan Oleh We Tenriabeng)
2.Ale Kawaq (Di bumi. Keadaan-keadaan yang terjadi Dibumi)
3.Buri Liu (Peretiwi/Dunia Bawah Tanah/Laut)
Ternyata tempat tersebut bukan hanya sekedar menjadi dekor termpat berlangsungnya para tokoh didalam epos la galigo. Tetapi tempat-tempat tersebut juga mempunyai fungsi-fungsi indeksikal bagi aktifitas kehidupan manusia bugis

Dunia Makro-Mikrokosmos Orang Bugis

Dari bagan diatas terlihat bagaimana posisi ketiga dunia makro-mikrokosmos diatas tertata dalam bentuk bersusun tiga. Itu berarti eksistensi keberadaan mikrokosmos berada ditengah-tengah yang diatur dan di Kontrol oleh dunia atas dan dunia bawah. Agar dunia atas dan dunia bawah dapat memberikan kemakmuran bagi dunia tengah, maka manusia yang menghuni dunia tersebut harus tunduk dan patuh terhadap tatanan yang ada dalam dunia makrokosmos.
Dari sinilah berpangkal pandangan makro-mikrokosmos orang bugis yang memandang dunia ini menjadi 3 lapiran. Konsep tersebut berada dalam kesatuan kosmos yang stukturan dan fungsional.

Konsep Sulapaq Eppaq Wola Suji Orang Bugis

Pandangan kosmogoni orang bugis ini dengan apa yang disebut konsep Sulapaq Eppaq Wola Suji (Segi Empat Belah Ketupat). Konsep Sulapaq Eppaq adalah filsafat tertinggi orang bugis yang menjadi seluruh wujud kebudayaan dan sosialnya.
Wujud Konsep Sulapaq Eppaq juga dapat dilihat dalam bentuk manusia

Sumber: Ahmad Maulana

11 Tanggapan to “Konsep Kosmogoni Orang Bugis”

  1. Putra Fajar said

    Tapi ini adalah adat istiadat, dan adat seperti ini muncul mungkin saja sebelum agama masuk, dan bukankah tak elok juga mengabaikan adat istiadat, karena adat adalah identitas. anda justru mengkesampingkan inti dari bhinneka tunggal ika..

  2. buat sy sesuatu yg susah untuk di buktikan secar akal dan nyata jgn terlalu di publikasikan,bila terus ada hal demikian akan membuat orang orang tertawa geli.sdh di ketahui bahwa langit itu ada tujuh lapis dan bumi tujuh patala……,dan dunia punya empat unsur.terdiri dari tanah,air,api dan angin (udara ),dan semasta sekalian alam itu terdiri dari dunia,berseta isinya,dan pelanet2 termasuk matahari dan bulan.semua bekerja sesuai yg di takdirkan allah.dan yg menghuni di dalamnya dari golongan jin dan manusia hidup dgn alam masing2,manusia alam nyata,jin alam halus ( gaib ).jd jngn lg mempercayai cerita yg di mn islam belum ada,krn semua itu harus kt abaikan.agar tdk menjadi kekeupuran,dan sirik…….

  3. ack said

    ni artikel sama dengan artikel yang telah di buat sama oreang lain alias ( nyontek ) sorry

  4. Sam said

    Membaca The Bugis hasil wacana kajian Dr Christian Pelras masih tidak mencukupi buat saya

  5. Tulisan ini sangat luar biasa, sayangya belum tuntas…Mohon izin pula, bila ada yang menarik hati, saya akan mengcopynya dan pasti saya akan tayangkan sumbernya. Thanks

  6. Assalamu Alaikum
    MUngkin ada Etika MengCopy tulisan pada Dunia Maya yakni melink Sumber dari tulisan2 yang telah di copy

    Wassalam

  7. kamil said

    ad gk literatur konsep kosmologi makassar…yg berdasrkan makam2 yang ada d gowa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s