www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Buri Liu

Seperti halnya di botting langit Pada Postingan Sebelumnya, di buri liu atau dunia kehidupan di bawah air juga terdapat kehidupan yang dinamis. Disana pula bertahta para dewa sama dengan di kerajaan botting langit. Pada dasarnya yang menjadi pasangan dari dewa-dewa botting langit selalu berasal dari kerajaan buri liu. Misalnya Patotoe istrinya dari buri liu demikian pula dengan batara guru dan batara luttu.
Di buri liu juga terdapat penghuni seperti halnya di botting langit. Penghuni dari buri liu ini biasa di sebut punae wae (yang berkuasa di air) apa bila sang punae wae ini naik kedunia atau kedarat dia akan menggunakan larukkodo atau sejenis pakaian yang berupa buaya. Jadi masyaraat bugis ini punya kepercayaan bahwa jikalau buaya yang berjari-jari 5 maka itu adalah keturunan buri liu sedangkan buaya biasa berjari-jari 4.
Hal ini diceritakan pada peristiwa kakek settia bonga yakni I La Bulisa dan kakek Sawerigading pada saat I La Bulisa menyembunyikan Larekkodo kakek sawerigading dan I La Bulisa di janjikan kedudukan apa bila mengembalikan larekoddo nenek sawerigading di tanah jawa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s