www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Makam Sultan Hasanuddin

A. Selayang PandangMakam S.Hasnuddin

Sultan  Hasanuddin adalah Raja Gowa ke-16 yang sangat terkenal dengan keberaniannya melawan kolonial Belanda di Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, ia dijuluki oleh  penjajah Belanda sebagai Haanstjes van Het Oosten atau Ayam Jago dari Benua Timur. Ia lahir pada tahun 1629 dan diangkat menjadi Raja Gowa pada tahun 1652 ketika ia berusia 23 tahun. Ia menjadi Raja Gowa selama 17 tahun hingga tahun  1669. Pada usia 41 tahun, tepatnya tanggal 12 Mei 1670, Sultan Hasanuddin wafat. Ia dimakamkan di komplek pemakaman raja-raja Gowa. Di atas makamnya, tertera  nama Mallombasi Daeng Mattawang Karaeng Bontomangape Mohammad Bakir Tumenanga  Ribulla Pangkawi yang merupakan nama gelar Sultan Hasanuddin. Di sebelah kiri  depan komplek pemakaman terdapat sebuah batu “Tomanurung” atau disebut juga “Batu Pallantikan” sebagai tempat pelantikan raja-raja Gowa. Tidak jauh dari  makam, terdapat sebuah masjid kuno yang dibangun pada tahun 1603.

B. Keistimewaan

Di makam Sultan Hasanuddin terdapat informasi tentang sejarah hidup Sultan Hasanuddin,  seperti tanggal dan tahun kelahiran, nama gelar, masa jabatan, serta wafatnya di lokasi yang sama. Pengunjung dapat pula melihat 6 makam Raja Gowa terkenal lainnya, seperti Sultan Alauddin (raja yang giat menyebarkan agama Islam di Kerajaan  Gowa) dan makam Raja Tallo.

C. Lokasi

Makam Sultan Hasanuddin terletak di komplek pemakaman di Jalan Palantika, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

D. Akses

Komplek pemakaman Sultan Hasanuddin berada tidak jauh dari Sungguminasa, sekitar 8 km  dari Kota Makassar. Untuk mencapai komplek pemakaman ini, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

E. Harga Tiket Masuk

(dalam  proses pengumpulan data)

F. Akomodasi

Di komplek pemakaman tersedia pelayanan jasa guide yang akan menjelaskan kepada para pengunjung tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan makam Sultan  Hasanuddin.

(Samsuni

22 Tanggapan to “Makam Sultan Hasanuddin”

  1. Pramita Ajah ;) said

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Salam Kenal, Bang Rustam, namaku Pramita. Kakek buyutku aslinya dari Bugis.
    aku sendiri sekarang tinggal dijogja.
    Bang, awal kali aku ngeliat blog ini, aku apreciate banget…ihiiiiiii…bagus banget..hehehe..Panduan travelnya itu lho mak nyusss, tenan…
    dan setelah baca about me Daeng Rustan, aku semakin kagum..wuiiihhh meskipun ndak kuliah kok bisa ya, nulis sebagus itu..
    Ajarin dong Bang?
    Aku juga pengeeennn buanget bisa nulis kayak itu..apalagi aku juga sering traveling..
    Email-email yaa…

    makaciihhh…

  2. panglima said

    bang biar saya luruskan ceritanya,saya asli gowa dan sekolah di washington d.c.usa
    makam asli sultan hasanuddin,tidak seorangpun yang tahu,tanda mata yang berharga yang di simpan beliau hanya sebilah keris(BADIK)& 2 pucuk surat ditulis dalam tulisan LONTARA,beliau telah kerjasama dengan IMAM BONJOL,GAJAH MADA,dan beberapa kerajaan di jawa,yg sempat saya baca yaitu surat yg 1,isinya SAYA AKAN DATANG DALAM YAKTU DEKAT TOLONG JANGAN DI SEMBUNYI,surat ini untuk raja buton,di waktu pengejaran raja bone menuju buton,dan beliau berna kerjasama kepada thailand
    dan belia pernah ber perang di jawa dan beliau diberi julukan entah apanama julukan itu tapi artinya,raja yang tidak pernah diam,karnah beliau selalu memimpin sendiri pasukanya,dan perluh di garis bawahi,bahwa belia mengutuk (menyumpahi) raja bone karna telah membocorkan jalur perdagangan kepada belanda dan raja bone meminta perlindungan dengan raja buton dan raja buton mengabulkan permintaan tersebut dengan syarat raja bone harus mengirimkan rempa2h ke buton selama 3 bulan,raja bone di sembunyi diantara dua gunung di samping kraton buton.sekali lagi saya katakan,makam beliau tidak ada,saksi kunci atas meninggalnya beliau itu di tulis diatas kain kafan dengan tulisan lontara,disitu di katakan sultan hasanuddin meninggal dalam keadaan sujud dan berkata BUGIS & MAKASSAR adalah saudara RAJA BONE & AKU ADALAH MUSUH,dan di situ juga di tulis beliau di selimuti sekelompok kunang-kunang makin lama makin berkurang dan akhirnya hilang di telan bumi,dan yang menyaksikan kejadian tersebut semua penghuni benteng sumbopu.
    buku tersebut ada pada saya tersimpan rapi di perpus pribadi.dan juga buku dalam versi angris yang ber edar di USA dengan judul,LEGEND OF THE KING GOWA,buku tersebut di artikan dan ti tambahkan dalam sebuah film SPARTAN,karna sejarah asli SPARTAN tidak seprti dalambuku uatau kitap orang yunani kuno,dalam filimnya raja spartan memimpin sendiri pasukanya,sementara dalam kitap yunani dia hanya memerintah.makasi atas waktunya untuk baca

    • bahrul said

      kepada saudara Panglima, saya amat tertarik dgn penjelasan anda.. saya amat berminat akan cerita yg anda sampaikan… Saya ingin tahu adakah anda dekat dgn ‘Taumanurong Somba Gowa’ kerana hanya orang yg dekat tahu akan cerita sebenarnya hanya buku Lontara boleh bongkarkan cerita ni… sila hubungi saya di email saya bahrul_addie@Yahoo.com

      • mohammad said

        Sy lahir dan dibsrkan di maluku utara,bpk sy org gowa ibu sy org bone..dr crita panglima sy pengin tahu lagi cerita tentang the king of makassar..sultan hasannudin.

      • Ada sedikit catatan yang saya ingin koreksi dari pendapat panglima,
        1. Tulisan yang mengatakan bahwa sultan hasanuddin bekerjasama dengan GAJAHMADA. Kalau melihat sejarahnya, apa mungkin Sultan Hasanuddin berada dalam 1 masa dengan gajahmada..? agaknya ini perlu kita telusuri. karena tllatah majapahit berkuasa hanya sampai tahun 1518 M kemudian beralih ke kekuasan demak (abad 15), pajang dan mataram islam (tahun 1575). literature sejarah dari negarakertagama dan pararaton mengisahkan bahwa Gajah mada meninggal saat pemerintahan Hayam Wuruk (1350 – 1389) abad 13. Jadi kalau literature saudara mengatakan sultan hasanuddin bekerjasama dengan gajah mada mungkin itu terlalu riskan. sedangkan sultan hasanuddin lahir tahun 1629 M dan naik tahta tahun 1652.

        2. Mungkin kalau sultan hasanuddin bekerjasama dengan kerajaan mataram islam itu baru benar. karena masa pemerintahan sultan hasanuddin bersamaan dengan masa pemerintahan sultan Agung yang merupakan raja ke 3 dari mataram islam. Dan dalam babat jawa ada kisah yang mengatakan bahwa seorang bangsawan bugis bernama karaeng galesong pernah menghebohkan tanah jawa karena bekerjasama dengan trunojaya saat menyerang keraton mataram di kertasura.

        Maaf jika saya memberikan data yang tidak akurat, tetapi hal ini telah saya cek di beberapa tulisan seperti susunan raja keraton surakarta dan masa berkuasanya majapahit.

      • sebenarnya gowa dan bugis adalah satu kerajaan yang besar yg di kepalai raja gowa sbg kerajaan utama di sulawesi selatan. I KARAENG MALOMBASSI DAENG MATTAWANG DAN ARUNG PALAKKA (RAJA BONE) bukanlah MUSUH. mereka adalah sekutu yg berhasil menaklukkan beberapa wilayah di jawa hingga australi. adapun dikatakan mereka musuh adalah di karenakan akal bulus penjajah pada saat itu yg tidak pernah bisa membuka jalur perdagangan ke sulawesi selatan. tidak pernah ada yang mengatakan bahwa beliau” saling bertikai, karena arung palakka adalah org kepercayaan kerajaa gowa (masih kerabat kerabat kerajaaan gowa) yg dipercayakan memimpin kerajaan bone pada saat itu yg sedang mengalami bencana. saya ingin membeberkan beberapa rahasia yg belum diketahui bnyk orang. arung palakka saat itu merupakan raja sekaligus panglima pasukan to barania yg diutus untuk menaklukkan kerajaan padjajaran, jawa barat, namun karena akal bulus dari penjajah pada saat itu yg merusak pandangan sejarah kita akan nama besar beliau” agar kita anak cucunya gampang di pecah belah. mereka memainkan history war agar kita mudah percaya apa yang mereka katakan.

        i katte saribattang ngaseng, teaki passiri-siri ki si kampong ta’ ni saba katte ngaseng saribattang. teaki panraki arenna karaenga ni saba’ manna nyawana na sare ngaseng ki sanggeng na kulle tallasa baji ri linoa. sipakatauki, sipakalebbi ki. siri’ na pacce. bajikang mate na tena siri’ta.

    • Raniansyah said

      bisa nggak saya meminta kata-kata yang pernah dilontarkan Sultan Hasanuddin dalam melawan penjajah, bagi yang tahu tlong bantu saya…..

  3. a.bombang said

    beliau telah kerjasama dengan IMAM BONJOL,GAJAH MADA…., apakah mereka berada pada periode yang sama..????

    • hayamudin said

      ngarang kali ,yg pernah sy bc sejararahnya st hasanudin memperbudak bansa bugis selama 17 thn hingga arung palakka (rj bone/bugis)menakluk kan benteng somba opu & memaksa st hasanudin u/ menanda tangani bahwa kerajaan bone bukan lagi kekuasaan nya dan bansa bugis merdeka dr penindasan st hasanudin, arung palakka di bantu oleh belanda karena merasa berhutang budi kpd A palakka yg tlh membantunya mengalahkan musuh musuh voc pd saat itu termasuk gerakan padri di padang ( imam bonjol) . sy rasa st hasanudin melakukan pelanggaran ham berat dan arung palakka sbg rj bugis pantas klu melawan apapun . maaaf itu yg sy tahu

  4. anggiseptri said

    ku berdo’a tukny

  5. lai said

    Sepertinya perlu ditelusuri juga, Gajah Mada ini sebenarnya berasal dari mana ? Maksutnya lahir dimana ?

  6. cristina menanga said

    jadi sebenarnya makam sultan hasanuddin terdapat di mana?

  7. cristina menanga said

    saya mengharapkan kisah-kisah perjuangan para pahlwan dari sulawesi selatan,diperbanyak lewat buku cerita dan dibagikan gratis kepada,murid SD,agar murid SD tertarik memmbacanya jika ada tugas dari sekolah mengenai sejarah perlawanan dari Mkassarmelawan penjajah.Dengan adanya pembagian buku gratis ke sekolah-sekolah sangat membantu guru dalam mengajar.
    Juga pada tempat objek wisata,tempat-tempat bersejarah harus disiapkan foto-foto dari setiap sejarah/pahlawan dan susunan gubernur pertama sampai sekarang.,agar apabila kami dari sekolah berkunjung ke tempat bersejarah tersebut,ada oleh-oleh kami bawa pulang sebagai sebagai bahan pelajaran kami dan bagian bukti tugas kami atas laporan kunjungan kami.Karena kalau hanya membaca dan menulis apa yang diamati di sana tidak cukup waktunya.

  8. rakko said

    yang manayya benar ini ?
    jangan mi bikin bikin cerita , ataukah sempat semuanya copy paste ji kata kata
    jangan mi ada yang sotta’ sotta, ka semua itu kau baca di buku sejarah
    buku sejarah itu , tidak terlalu benar .., hanya perkiraan ji
    yang mau tau cerita aslinya ,
    nanti tanyami karaengnga klu wafat mki
    ..!..

  9. […] sumber : portalbugis.wordpress.com img img […]

  10. aco sultan said

    Saya orang sulsel yg senang akan pelajaran sejarah dan sangat tertarik dengan sejarah karaengta sultan hasanuddin tentang wafatnya beliau – beliau. jadi tolong penjelasan yg akurat agar tdk terjadi kesimpang siuran.

  11. daeng koro... said

    Sejarah adalah pembelajaran buat kita yg masih hidup, petik saja hikmahx tdk usah diperdebatkan mana yg salah dan mana yg benar.

  12. Di angkat raja pada usia yang sangat relatip muda ini menginspirasi kita bahwa SULTAN HASANUDDIN. Pemberani dan bertahan selama 17 thn. Menandakan raja yang sangat bijaksana

  13. hayamudin said

    st hasanuddin & arung palakka the bigest king of celebes mappakoro kapang bicara ugina ,salam dr malaySIA tabeeeeee

  14. membaca sejarah para raja2 adalah memper dalam danemperkuat kepercayaan diri terhadap nilai2 moral dan wawasan kebangsaan atau wawasan nusantara yang wajib dilestarikan sebagai pewaris penerus cita2 luhur bangsa indonesia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 84 pengikut lainnya.