www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Kerajinan Sutera

A. Selayang  Pandang

Wajo adalah salah  satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terkenal sebagai daerah penghasil kain  sutra Bugis yang cukup potensial. Di daerah ini terdapat sekitar 4.982 orang  perajin gedokan dengan jumlah produksi sekitar 99.640 sarung per tahun  dan  perajin Alat Tenun Bukan Mesin  (ATBM) berjumlah 227 orang dengan produksi sekitar 1.589.000 meter kain sutra  pertahun. Khusus untuk pemintal benang sutra sebanyak 91 orang, sedangkan 301  kepala keluarga bergerak dibidang penanaman murbei dan pemeliharaan ulat sutra  dengan produksi 4.250 kilogram benang per tahun.

Para perajin  sutra di daerah ini membutuhkan bahan baku  benang sutra sekitar 200 ton atau sekitar 200.000 kilogram per tahun. Oleh  karena bahan baku dari Wajo tidak mencukupi,  maka para perajin membeli bahan dari kabupaten tetangga seperti, Soppeng, Sidrap, Enrekang, dan bahkan diimpor dari Cina dan Thailand. Ada tiga bentuk dan corak kain sutra yang  diproduksi, yaitu: kain setengah jadi (seperti sarung, baju, dan selendang); kain berbentuk gulungan yang dapat dibeli permeter sesuai dengan kebutuhan; dan  pakaian siap pakai (seperti: baju, jas, kerudung, kipas, dompet, dan tempat  peralatan rias wajah).

Kain-kain sutra tersebut tidak hanya  dipasarkan di Sengkang dan Makassar, tetapi juga ke beberapa kota  di Pulau Jawa, seperti Cirebon, Pekalongan, Solo  dan Yogyakarta. Bahkan telah menjadi produk  ekspor dan menjadi incaran banyak desainer terkenal. Harganya pun bervariasi,  yakni ditentukan oleh motif dan kualitas kain. Untuk bahan sutra dengan motif  paye untuk ukuran satu setel pakaian wanita harganya berkisar antara Rp.  600.000,00 – Rp. 700.000,00, sedangkan untuk motif yang bergaris harganya  berkisar antara Rp. 450.000,00 – Rp. 500.000,00 per setel. Jika kain sutra itu tanpa motif apa pun alias polos, harganya berkisar antara Rp. 300.000,00 – Rp. 350.000,00 per setel.

B. Keistimewaan

Sentra kerajinan sutra di Wajo menyediakan berbagai macam motif kain sutra dan  berkualitas tinggi. Motif kain sutra produksi daerah  ini ada dua macam, yaitu motif tradisional dan non-tradisional. Motif  tradisional atau yang lebih dikenal dengan motif Bugis ini terdiri dari motif sobbi,  balorinni, baliare, cobo, serta motif yang menyerupai ukiran-ukiran Toraja. Sedangkan motif non-tradisional, ada yang berbentuk batik, bergaris-garis  dan payet.

Untuk memperoleh kain  sutra yang berkualitas tinggi, benang lokal dan impor tersebut dipadukan menjadi satu dan diolah dalam beberapa tahap. Pertama, kedua macam  benang tersebut dimasak dengan sabun dan soda sekitar 1 jam dalam suhu 90  derajat. Tahap selanjutnya, kain tersebut dijemur selama 3 jam dengan suhu 50  derajat. Setelah itu, benang tersebut siap dipasang di mesin tenun dan diolah  menjadi kain. Satu kilogram benang lusi dapat menghasilkan sekitar 40 meter kain, dan satu kilogram pakan dapat menghasilkan 12 meter kain. Uniknya, semua proses penenun dilakukan di kolong-kolong rumah mereka.

C. Lokasi

Sentra produksi kain sutra di Kabupaten Wajo tersebar di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Tempe, Tana Sitolo, Sabbang Paru, Pamana, dan Saijoangin.

D. Akses

Kabupaten Wajo terletak  sekitar 242 kilometer di sebelah timur laut Kota Makassar. Perjalanan dari Kota  Makassar menuju ke lokasi dapat ditempuh selama kurang lebih 5 – 6 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum antar kota.

E. Harga  Tiket Masuk

Pengunjung yang  tidak dikenai biaya masuk.

F. AKomodasi  dan Fasilitas

Di Kota Sengkang,  banyak tersedia penginapan berupa wisma dan hotel.

(Samsuni/wm/18/02-08)

Link Yang Terkait…>>>

web resmi: Kab Wajo

5 Tanggapan to “Kerajinan Sutera”

  1. andi kiki said

    sangat membantu untuk tugas akhir saya tentang kain sutra bugis..makasih…

  2. riny said

    sangat membantu untuk usaha sutra d negeri org….

  3. Syamsuddin said

    Segera dibutuhkan 1 orang praktisi pengrajin industri tenun kain sutera pendidikan D3/S1/S2 untuk membawakan materi perbaikan teknik produksi kain sutera dalam rangka peningkatan kualitas produksi. Moho bantuan untuk mencarikan orang yang tepat. Dr. Syam konsultan hp 085 299 169 018

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 83 pengikut lainnya.