www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Petta Lasinrang

PETTA LOLO LASINRANG

 

Sekitar tahun 1856, keluarga raja dan pembesar kerajaan Sawitto, diliputi suasana bahagia atas lahirnya putra La Tamma yaitu La Sinrang. Kemudian dikenal dengan nama Petta Lolo La Sinrang. Putra La Tamma Addatuang Sawitto ini, dilahirkan di Dolangeng sebuah kota kecil yang terletak kira-kira 17 km sebelah selatan kota Pinrang. Karena ibunya bernama I Raima (Keturunan rakyat biasa) berasal dari Dolangeng. Sejak lahirnya La Sinrang memang memiliki keistimewaan dimana dadanya ditumbuhi buluh dengan arah berlawanan yaitu arah keatas ke atas (bulu sussang).

Dalam perjalanan hidupnya, La Sinrang banyak mendapat bimbingan dan pendidikan daripamannya (saudara I Raima), yaitu orang yang mempunyai pengaruh dan disegani serta dikenal sebagai ahli piker kerajaan. Sehingga, La Sinrang menjadi seorang pemuda yang cukup berwibawa dan jujur. Hal ini merupakan suatu cirri bahwa putra Addatuang sawitto ini, adalah seorang calon pemimpin yang baik.

Diwaktu kecil La Sinrang gemar permaianan rakyat seperti dalam bahasa bugis mallogo, maggasing, massaung dan lain-lain. Namun, kegemaran utamanya yang berlanjut sampai usia menanjak dewasa yaitu “ Massaung “. Menyabung ayam. Dari kegemaran ini, La Sinrang selalu menggunakan “ Manu “ bakka “ (ayam yang bulunya berwarna putih berbintik-bintik merah padabagian dada melingkar kebelakang), ayam jenis ini jarang dimiliki orang

Kegemaran menyabung ayam dengan “ manu bakka “ tersiar keluar daerah, sehingga La Sinrang dikenal dengan julukan “ Bakka Lolona Sawitto “ juga dapat diartikan “ Pemuda berani dari Sawitto . Julukan ini semakin popular disaat La Sinrang mengadakan perlawanan terhadap belanda.

Juga kegemaran La Sinrang di usia remaja/dewasa adalah permainan “Pajjoge” yaitu tari-tarian dari asal Bone, sehingga ketika Pajjoge dari Pammana (Wajo) mengadakan pertunjukan di Sawitto maka La Sinrang semakin tertarik dengan Permian tersebut.

La sinrang ke Pammana, dimana setelah tinggal di Pammana dia memperlihatkan gerak-gerik yang menarik perhatian orang banyak, utamanya Datu Pammana sendiri. Datu Pammana La Gabambong ( La Tanrisampe) juga merangkap Pilla Wajo tertarik untuk menanyakan asal-usul keturunannya.

La Sinrang pun dididik dan diterima Datu Pammana menjadi pemberani, terutama dalam hal menghadapi peperangan. Setelah itu, La Sinrang kembali ke daerah asalnya yaitu Sawitto, saat itu La Sinrang mempunyai dua orang putra yakni La Koro dan La Mappanganro darihasil perkawinan dengan Indo Jamarro dan Indo Intang.

Tiba di Sawitto diajaknya kerajaan Suppa, Alitta, binanga Karaeng, Ruba’E, Madallo, Cempa, JampuE, dll kerajaan kecil disekitar Sawitto untuk berperang, dan apabila kerajaan tersebut tidak bersedia, berarti bahwa kerajaan itu berada dibawah kekuasaan Sawitto. Dengan demikian, dalam waktu singkat terkenallah La Sinrang keseluruh pelosok, baik keberanian, kewibaan, maupun kepemimpinannya

La Sinrang selama berada di Sawitto semakin nakal, akhirnya diasingkan ke Bone, baru setahun di Bone, terpaksa menyingkir ke Wajo karena membunuh salah seorang pegawai istana di Bone yaitu Pakkalawing Epu’na Arungpone.

Selama di Wajo ia mendapat didikan dari La Jalanti Putra Arung Matawo Wajo yaitu La Koro Arung Padali yang bergelar Batara Wajo. La Janlanti diangkat menjadi komandan Pasukan Wajo di Tempe dengan pangkat Jenderal.

Setelah serangan Belanda terhadap kerajaan sawitto semakin hebat, maka La Sinrang dipanggil pulang oleh ayahnya, dan diangkat menjadi panglima perang. Dalam kepemimpinannya sebagai panglima perang kerjaan Sawitto, senjata yang dipergunakan adalah tombak dan keris. Tombak bentuknya besar menyerupai dayung diberi nama “ La Salaga ‘ sedang kerisnya diberi nama “ JalloE”

95 Tanggapan to “Petta Lasinrang”

  1. putri said

    mgkinkah sy salah satu keturunannya???!!!xixixi

  2. lubis said

    yaku to penrang

  3. Andi Syaifullah said

    Beliau adalah pahlawan dalam arti yang sesungguhnya. Pantas kiranya menyandang predikat “Pahlawan Nasional”. Beliau hampir dipastikan se-angkatan dengan buyut saya “La Pakerrangi Petta Pabbicara Sidenreng”, yang juga anti belanda. Orang Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja patut berbangga akan keberadaan “Petta Lolo”. Salam…

  4. illang said

    iya tau penrang….. wijanna arung salo’…

  5. Andi summang said

    Qw slalau berharp jiwa qw bisa sprti jiwanya…

  6. saya memakai nama ini karna saya masih keturunan beliau….

    • musjayadi said

      lasinrang mempuyai sahabat yang tak kalah hebatnya yang bernama LA’Mannaga yang berasal dari anggeraja yang selalau disang oleh pattalasinrang yang berjuluk anak laki-lakinya Angeraja yang mempunyai keturunan bernama Satu yang menjadi militer di bawah komando Andi Sose.

    • musjayadi said

      lasinrang mempuyai sahabat yang tak kalah hebatnya yang bernama LA’Mannaga yang berasal dari anggeraja yang selalau disaung oleh pattalasinrang yang berjuluk anak laki-lakinya Angeraja yang mempunyai keturunan bernama Satu yang menjadi militer di bawah komando Andi Sose.

  7. rusli.rauf.(colli)pinrang said

    sy bangga menjadi orang pinrang di mana pinrang mempunyai putra yg bernama LA SINRANG yg gagah berani,arif,jujur,bijaksana,dan islamiah..kita semua berharap sebagai tho penrang mappunnai sipa pada walitta petta la sinrang,,semoga al marhum di terimah disisi ALLAH SWT amin ya rabbal alamin….

  8. amir mahmud said

    semoga semangat dan jiwa pemberani dari “Petta Lasinrang” bisa selalu hidup dalam jiwa setiap anak Sawitto

  9. andi tenri said

    assalamu alaikum wr wb.
    saya adalah salah satu keturunan terus dari salah satu dlm gbr wali pitu seperti saudara dansaudari sedia maklum,cuma yang membedakan adalah saya lahir dan dibesarkan di sabah/malaysia.dan amat kurang pengetahuan ttg asal usul keturunan..adapun moyang saya yg saya maksudkan adalah PETTABARANG,saya difahamkan oleh ayah saya yg saya adalah generasi ke-5 dari beliau.walaupun kami di bekalkan LONTARA,namun masih amat sedikit cerita yg saya tahu.jika sekiranya ada yg lebih kenal/tahu lebih dekat dgn keturunan saya,bahkan kalau boleh pihak editor/creator web.mencari tahu ttg BELIAU.
    sebelumnya saya ucapkan ribuan terima kasih.

    ANDI TENRI
    +6014-555 8565

    • Dirga said

      Assalamu Alaikum Saudari Andi Tenri dan salam kenal dari saya Dirga to Berru. Saya ingin tahu siapa anak dari Petta Barang yang menjadi garis keturunan saudari. Penting bagi saya untuk tahu karena di tempat saya ada juga orang yang mengaku keturunan Petta Barang. Kalau bisa saya minta tolong dicarikan informasi dalam Lontara yang anda miliki mengenai keturunan Petta Barang yang lahir di Tanah Barru. Trima ksh sebelumnya. Salam dari kami di Barru.

      • Ammank said

        Ass..Maaf sebelumx z cuma mau sampaikan kepada swdara2 soal nenek moyang kalian bahwa jangan terlalu membanggakan diri bahwa z adalah keturunan dari ini,jujur z katakan apakah kalian sudah pernah ketemu sama beliau dan berkata kau cucuku dan z yakin kalian belum pernah.Tapi yang z sangat syukuri z sudah pernah bahkan sering ketemu yang bernama Petta Lasinrang begitupun dengan Wali tujuh yang lainx lebihx lagi mereka memberiku berupa barang pusaka yang tak ternilai hargax…siapapun swdara bila ingin meliat barang peninggalan nenek moyang kita gak ada salahx menghubungi z,By Ammank nmr hp 085255449111.Wss

    • sahar said

      hidup lansinrang…..

      • iqbal aja' said

        yang sya tau’ wali pitu hnyalah 1 orang’ stiap dia muncul di suatu tempat’ dia hnya akan merubah wajahnya’ wjah aslinya adalah’ pattalasinrang yng pegang tombak n dia memang jahat kwad’ berhatti2lah jka mengungkit soal dia’ karna dia akan dtang dn memenggal kepala kalian’
        dia pegang tombak. bdan nya bsar’ tinggi dn berbulu.

    • andi mustafa said

      aq jga kturunan petta barang , aq rue th rie pamanq low buyutq yg aq thu petta bolong aje na petta mannu trus petta tingara, beliau raja d ana banua. andi tenri bsa tax buyutx spa ja nmax, trus pettax andi tenri asalx rie daerah mn…..

  10. Andi Kallao lao ( keturunan petta lasinrang)
    tabe daeng… aku putra cempa dusun akkajang , numpang ni amure
    asal usul tak ingat lagi, yang kutahu ada pesan dari tomotoa ogi keturunan Andi selle.
    amure lagu ogi di upload na … tabe madeceng ki mure

  11. imam fadli said

    iya tau alitta wijanna calabei tungke’na alitta

  12. saharuddin said

    q orang pinrang asliiiiiiiiii pakabar sodara lasinrang( bumi sawitto)…………….pinrang taro ada taro gau……………atong pekkabata pinrang….

  13. ahmad said

    dega jagooooooooo

  14. D' Maritengah said

    Alhamdulillah, kita semua terlahir dari keturunan sebagai orang Bugis, dan saya bangga hal itu. Cuma sekarang, banyak kita lihat diantara kita yang ada, kalau ada orang hebat atau terhormat selalu kita mengatakan “saya anunya” sebegitu gampangkah kita mengaku-ngaku ???.
    Jalanilah hidup ini, orang akan menilai bahwa engkau adalah orang salah satu dari keturunan mereka yang hebat itu.

    Salama tafada salama

  15. taslim said

    iya kapang pa to penrangga na to bonetoa…

    • (Andi Sakka Summang Petta Lolo Lasinrang) :
      ingat Sappo !!!
      kalau memang keturunan Petta Lasinrang pasti dia tau asal usul keturunannya.
      Saya dilahirkan dipinrang dari keturunan LA KORO yang salah satu Putra dari Petta Lasinrang , sekarang saya memimpin sebagai Direktur Utama PT. LASINRANG yang berkedudukan di SAMARINDA- KALIMANTAN TIMUR

      • ishak lasinrang said

        puang … saya cucunya puang andang di kanipang ..anaknya nanni kemanakan dari puang suri .

  16. iqbal said

    petta lasinrang ini juga sama dengan nenek buyutku yg bernama andi makkasau petta caambang yg anti dengan belanda,saking anti nya nya petta ku ini meninggal dunia akibat tdk mau mengikuti perintah belanda yg pertamanya kedua tangan nya di tebas,tp petta ku masih melawan sampai kedua kaki nya ditebas,tp masih melawa juga dengan mangatahi para zionos belanda dengan perkataan yg membuat belandamarah dan yg terakhir ditebas lah kepala nya,sehingga kalo saya mau ke pangkep tepat nya di pa’bundukang panjang makamnya 1,5 meter itupun hanya badan tampa kaki,tangan dan kepala,bisa di bayangin tinggi nya gimana?

  17. wahai sasudaraku Mari Kita Perjuangkan Nama KAI Lasinrang yang memang betul- betul keturunannya, sedangkan yang bukan keturunannya memperjangkan nama Kai Lasinrang apalagi kalau maemang ASLI keturunannya. thanks..
    AS WR WT !!

  18. (Andi Sakka Summang Petta Lolo Lasinrang) :
    ingat Sappo !!!
    kalau memang keturunan Petta Lasinrang pasti dia tau asal usul keturunannya.
    Saya dilahirkan dipinrang dari keturunan LA KORO yang salah satu Putra dari Petta Lasinrang , sekarang saya memimpin sebagai Direktur Utama PT. LASINRANG yang berkedudukan di SAMARINDA- KALIMANTAN TIMUR

    • sahar said

      kalau qmu betul2 salah satu keturunang andi tolong lach bangkitkan kerajaan salassa’E sawitto, tunjukkan lach bahwa sawitto itu apa…………….?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  19. saya salut sekali bisa menpelajari sejarah kampung saya sendiri apalagi sawitto…saya bangga menjadi orang pinrang,,,moga_moga persatuan pinrang ada di mana_mana…………..

  20. Andi hidayat said

    Assalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Selleng silao fappakalebbi lao ri fada idi’ maneng sempogi ku..
    Makessing ladde’ nitu narekko fada tasengngi aleta nafuwija seddi-e arung. nasaba’ iya yaseng KETURUNAN BANGSAWAN tania maladde’ asengnge mappaddufa sangadinna ampe kedo malebbita mancaji To mattiroangngi deceng mallebbangnge ri wanua ta mitu maladde’ irita. Tania aseng, tania abangkakeng, tania tanre ati farellu fada imanaa, nasaba’ iya mattungka Arungnge iyanaritu SIFA’ ENGKAE MAPPEDECENG…..

  21. pauseri said

    nice info for all..buat andi tenri, tolong email ke saya andip007@yahoo.com, saya ingin berbagi cerita ttg petta barang.

  22. iya to tau jampue……….

    salah satu keturunan puang……….

  23. jae tarakan said

    jgn qt trlalu smbong krn orng bugis skrang tidak ada prsatuan,,,,,,,,kmi d tarakan brperang d cna cmn diam” saja

  24. Ambo Sakka said

    Saya juga buyutnya Kiyai Haji Petta Lasinrang, keturunannya waktu L Sinrang di asingkan di Negeri Belanda. Jangki terlalu buanyak bicara Boss singkamma jika . . . .

  25. Andi amirudding said

    Silussureng ogiku
    tdk bole di ucap kata asenna fueng..
    Petta lolo puana neneku..
    Petta lolo mampirika esso wenni

  26. harun said

    ass..
    saya sungguh bangga menjadi keturunan orang Bugis. alhamdulillah, saya termasuk juga cicit dari PETTA BAKKAE – Wattansoppeng. dan juga cucu dari SANAWI – Makale. karena saya campur darah Bugis dan Jogjakarta. sekarang berdomisili di Jogjakarta. saya anggap semua di sini saudara saya. kita orang bersaudara sampai mati. 1 darah, 1 hati dan 1 semangat !! saya cinta Sulawesi Selatan..!!

  27. Alfi Sidqi said

    Assalamu alaikum,

    Mohon maaf saudara2 Bugis dan Makassar sebelumnya, tanpa bermaksud takabur tetapi sebelumnya agar diketahui , saya bukan orang sulawesi tetapi saya pernah bertemu beliau ditahun 1987 – 1989, nama sebenarnya beliau adalah PENDEKAR PINRANG MASAKILANG KARAENG BOGO, semoga info ini berarti, saya tidak tau sejarahnya lengkap tetapi itulah yang dikatakan beliau dan memang beliau adalah seorang Wali Yullah. dari cerita sejarah diatas saya rasa itu sepertinya sama dengan apa yang beliau ceritakan.

    Wassalam,
    Alfi Sidqi
    nov873 at gmail.com

    • sepertinya ini pernyataan yang perlu dikaji ulang,Mas! dalam sejarah yang kami baca, Lasinrang wafat di tahun 1938. Apakah mungkin Kang Mas bertemu dengan beliau antara tahun 1987-1989?

      • Alfi Sidqi said

        Asslamu alaikum,

        Mungkin Daeng bisa tanyakan kepada orang2 tua di kampung yg mengerti tentang perihal para wali, atau tanyakan kepada guru2 Tarigat Khalwatiah atau yg lainnya itu akan membantu daeng dalam memahami pernyataan saya diatas. Satu hal yang saya dengar dari Tuantasalamaka (Syeh Yusuf) saat pertama kali bertemu beliau :
        “Kabarkan kepada manusia, kami wali-wali Allah tidak mati kami hidup disisi Allah”

        Semoga bermanfaat.

        Wassalam,
        Alfi Sidqi

  28. Alfi Sidqi said

    Asslamu alaikum,

    Satu hal yang saya dengar dari Tuantasalamaka (Syeh Yusuf)
    “Kabarkan kepada manusia, kami wali-wali Allah tidak mati kami hidup disisi Allah”

    Semoga bermanfaat.

    Wassalam,
    Alfi Sidqi

  29. rudi said

    MAAF, KALAU SAYA FIKIR,
    TIDAK PERLU MENJADI KETURUNAN TOKOH TOKOH BESAR, APALAGI KALAU MENGAKU NGAKUJI,…
    YANG PALING PENTING, SEPERTI APA DIRI KITA SEKARANG, PERCUMA JADI KETURUNAN ARUNG KALAU JIWA KITA KERDIL….
    CUKUPLAH HAL2 SEPERTI INI JADI KEARIFAN LOKAL YANG HARUS KITA LESTARIKAN SEBAGAI PUTRA DAERAH, BUKAN HAL UNTUK DI SOMBONG2KAN..
    TAHUKAH ANDA, MEMBANGGA BANGGAKAN GARIS KETURUNAN ITU SIFAT YAHUDI,…
    JADILAH PRIBADI YANG BESAR SEKARANG DAN BERDIRILAH DIATAS KAKI ANDA SENDIRI…
    MAKASIH

    • ardiyansyah putra lome said

      betul kata Rudi..
      gelar sebagai ANDI’ / PUANG hanya untuk membesar-besarkan nama atau meninggikan derajat, menurut saya itu adalh suatu kesombongan… apalah arti sebuah nama, tapi yg penting adalah kualitas yg tercermin dari diri manusianya..

  30. Zaky said

    Setujuka’ Rudi. Ane hanya orang biasa. Keturunan orang biasa asal Batu Lappa. Al hamdulillah orang tua yg hanya tamat SR dah jadi Pengusaha Pertambakan Udang yg Sukses dan ane sendiri dah jadi Pegawai di Kalimantan Yg Lulus PNS dengan murni tanpa KKN seperti yg banyak terjadi di kampung ane di Pinrang SulSel.

  31. Ana' ogi ri kamponnaa tauwwe said

    Hai saudara2ku baik yg punya pertalian kluarga dgn para waliyullah maupun yg tidak….aku menghargai pendpt kalian dan bangga akn rs cinta kalian,bila aku bs bertemu kalian satu hal yg ingn sy tnyakan>>sberapa besarkah cinta kalian kapada ALLAH swt & kekasihnya ”Muhammad saw”?

  32. muh. shoahir rustan said

    bangga ladde’na mancaji tau ogi. nasaba’ engka salah seddina tau paling brpengaruh lao ri kabupatetta iye (pinrang)…” to pada marillau doanni aja na maeloki bawang mancaji ana’ kturunang arung, bara kuammengngi naterimai appalanna panritata” ri puang Allah ta’ala. amiiin..”

    Salam ..'”

  33. chuttangk said

    RUSTAM ALWI KALIABO

    Barra na Barra…”

  34. Ardiyansyah putra lome said

    skarang ini, banyak yang mengaku keturunan bangsawan yang menggunakan gelarnya (ANDI/PUANG) hanya untuk membesar-besarkan namanya atau meninggikan derajatnya… saya pikir itu adalah suatu kesombongan.. APALAH ARTI SEBUAH NAMA, TAPI YANG PENTING ADALAH KUALITAS YANG TERCERMIN DARI TINGKAH LAKU MANUSIANYA..
    MAAF JIKA KATA-KATA SAYA TIDAK SOPAN ATAU MENYINGGUNG PERASAAN.

  35. ishak lasinrang said

    ass kum , maaf kalau mengganggu …
    mauka tanya ki semua …. kalau keturunanyaki minta tolongka karna saya cari keluara dari mama saya saudara puang nene lasinrang namanya andi pawakkang , ananya namanya puang andang nakanya sumarni ananya ishal lasinrang ( saya punya nama ishak lasinrang ) mauka minta tolong kalau keturunanya ki hubungi ka di twiter ishak lasinrang atau hp .08575691229 . maaf di karna saya cariki keluargaku trm kasih. atau facebook ishak lasinrang

  36. maurorivo said

    ada yang tau siapa kakek dan nenek La sinrang, bapak dan ibu La temma

    • Andi Syaifullah said

      Sebenarnya saya menunggu ada di antara keturunannya yang bisa menjawab pertanyaan yang sangat baik ini. Tapi biarlah untuk kali ini saya yang menjawabnya:

      La Tamma Addatuang Sawitto adalah putera dari La Pallawagau Addatuang Sawitto (bapak) dan I Passulle Addatuang Sawitto (ibu). La Tamma bersaudara kandung dengan I Baeda Addatuang Sawitto (istri La Sadapotto Addatuang Sidenreng) dan La Bode Arung Alitta.

      Sebagai informasi, kami masih menyimpan silsilah La Tamma secara vertikal sebanyak 9 susunan keatas. Ini berdasarkan Lontara Petta Sanrang (Lontara Panguriseng Abbatirenna Anak Arungnge Ri Aja’tappareng). Tapi untuk suatu alasan kami belum membaginya ke publik.

  37. Rafhy jhyy said

    Menarik !!

  38. ABDHY said

    SAYA ADALAH GENERASI PETTA LASINRANG YG KE 9

  39. rian said

    sya kira saya ktrurunan patta lasinrang ternyata bukan msalahnya saya putih sedangkan lasinrang hitam…

  40. iqbal aja' said

    i love petta lasinrang’ krna aq adalah keturunanya’ rumah q di pandre bessi’e aq ampona ambo labbase’ commoe.bettae.

    • RAKYAT JELATA said

      IQBAL AJA’… TABE’ DI..
      KAU MENGAKU KETURUNAN PETTA LASINRANG, ENTAH ITU BANAR ATAU TIDAK… ASAL KAU TAU NAH, GARIS KETURUNAN DARI ORANG YG BERPENGARUH BUKANLAH UNTUK DIPAMERKAN, DIPUBLIKASIKAN, ATAUPUN DISOMBONGKAN..
      SEBELUM ANDA MENGAKU KETURUNAN BANGSAWAN, APAKAH SIFAT ANDA TELAH MENCERMINKAN SIFAT SEORANG KETURUNAN BANGSAWAN.??
      APA GUNANYA MENJADI KETURUNGN BANGSAWAN JIKA TIDAK BERETIKA LAYAKNYA SEORANG BANGSAWAN..
      KETURUNAN BANGSAWAN ITU BUKANLAH SEKEDAR GELAR.. TAPI, MEMILIKI TANGGUNG JAWAB YG BESAR..

  41. immikusayang said

    Addetuang’ta La Cibu punya anak perempuan bernama I Passulle’ diperistri oleh Datu Pallawagau (datu pattojo/ skrg msk wilyah administrasi kab.soppeng). dari perkawinan Datu Pallawagau dgn I Passulle’ lahirlah La Tamma dan Arung Kawarrang (Arung di Kawarreng, skrg msk wil administrasi kab soppeng) dari ibu yg berbeda.La Tamma punya anak bernama La Sinrang dari istri I riama org Dolangeng dan Arung Kawarreng punya anak bernama Petta Hondeng.

    Makam (jara’) Addetuangta’ Lacibu: di Corawali kec sawitto.
    Makam (jara’) Datu Pallawagau : di Jampue kec Lanrisang.
    Makam Addetuangta’ La Tamma: di Corawali kec. sawitto
    Makam Arung Kawarreng: di Pekuburan Paladangnge
    Makam Addetuangta’ I Passulle di Corawali kec sawitto
    Makam (jara’) La Sinrang: di Pekuburan La Sinrang kec. sawitto.
    Makam (jara’) Petta Hondeng : di Pekuburan Kanarie

    Catatan.
    Kisah di atas hanya menceritakan perjalanan La Sinrang sbg Pejuang melawan Belanda. Tidak menceritakan La Sinrang sebagai seorang Wali. Kisah La Sinrang sbg seorang Wali perlu digali dan diangkat sebab, selama ini masyarakat hanya mengenal beliau sbg Pejuang. hal itu merupakan cara utk melestarikan jejak wali di tanah bugis. trm ksh

  42. DI JUAL RUMAH DI PINRANG SUL-SEL SEHARGA 850 JUTA,BISA DITAWAR

    – BERADA DI PUSAT KOTA,SEBELAH SELATAN APOTEK SEHAT PINRANG
    – JALAN SULTAN HASANUDDIN 130 PINRANG
    – PANJANG 10 MTR,LEBAR 4 MTR
    – JIKA BERMINAT HUBUNGI LANGSUNG WAHIDIN=081343592123/0421924586
    – TIDAK MENERIMA PERANTARA/MAKELAR
    http://ayoberbisnissekarang.weebly.com/jual-rumah.html

  43. Ammank said

    Iye makkekkewe ipette meni yaseng ogi nasaba iyepa wita namenrre allonna yako igollai mappada mato yaseng puang,iye riolo neneta Wali pitue iyami na iyaseng puang nasaba sipanna malebbi na iyatona makanja ampena sibawa aterrukenna mewai anu meloe mappija…Iye wita makkekkewe dui’na meni yaseng puang.Makkekkewe lino manengmi bawang nallupaini aera’na.

  44. Yang Merasa Keturunan Petta Barang Apabila anda mau mencari silsilah Nenek Moyang kalian, Bisa datang Ke Kabupaten Soppeng Kecamatan Lilirilau Desa Abbanuange karena masih ada Cucunya yg sangat Jelas di ketahui orang banyak….

  45. hamba Allah said

    banggalah menjadi diri sendiri dengan kemampuan yg anda miliki apalah gunax membanggakan keturunan kalau anda tdk sehebat mereka janganlah menjadi benalu pada pohon yg besar tapi buktikan bahwa anda juga bisa menoreh tinta emas dlm sejarah hidup anda…!

  46. hamba Allah said

    jangan bangga dengan keturunan karena pada dasarx semua manusia itu sama berasal dari satu keturunan yaitu Adam dan Hawa dan pada hakikatx manusia cuma makhluk yg lemah asal muasal penciptaanx dr tanah liat dan tdk mempunyai daya dan upaya kekuatan kecuali karena pertolongan ALLAH, dan leluhur yg anda bangga2kan itu juga cuma manusia yang akan mempertanggung jawabkan smua amal perbuatanya di hadapan ALLAH AZZA WA JALLA karena derajat itu ditentukan oleh tingkat ketakwaan kt di hadapan ALLAH bkn oleh keturunan pangkat dan kekayaan !!!!

  47. BOB 007 said

    Taro ada’ taro Gau’ !!!ewako bakka lolona sawaittooo.

  48. renzPKBS said

    takkan pinrang hilang di dunia…

  49. syaifuddin said

    masya Allah,, luar biasa.

  50. Mantapp

  51. Namaku A.Sitti Nappase…
    Aku berasal dari keturunan baringeng dan mempunyai tetesan darah dari Petta Lolo Lasinrang,karena dari ayahku A.Baso Marwang yang di besarkan di pinrang

  52. galir said

    sya anaknya H.tahir
    bukan jaka keturunan arung
    ap wisseng mua aleku kasi;

    pa’balu bhang bngunan mii iya tomatoakku

  53. cikal said

    Petta Lasinrang, banyak kisah darinya yg patut kita teladani dan lestarikanlah budaya yg telah beliu tanamkan

  54. Zul A.Radji said

    Assalamualaikum.. Tabe’ saya mau tanya, Lasinrang ada nama/gelaran lain bagi Lasinrang selain nama2 yang ada d atas?? melo bawank’ma misseng

  55. asskum sodra2q sekalian, maaf lw ada ksalah dlm kata2q ini, bpkq org pinrang dan ma2 org bone, dri kecil kami d,ajarjan tentang smua lontara bugis, kta bpk dri keturunanx petta lolo, dri ma2 kturunanx arung palaka, skitar 2 thun yg lalu aq belajar ma,rifat. . Alhamdulillah bxk hidayah dan berkah dri allah swt yg aq dpat, dri kecil aq pengen jalan2 k,tanah bugis, tp blom ksampaian. Skitar 5 bln yg lalu nth itu mimpi tw tdk, aq dlm sbuah rmh lama, dan brtmu 2 org, yg wajahx penuh cahaya, nmx petta lasinrang dan arung palaka, mrka mengajarkan tntg tauhid, bgtu nikmat rahmat allah swt, air mtaq tdk brhnti megalir sehingga aq sadar, sdh 3hri aq tidur, subhanallah.

  56. Jefray Sjanjojo. Makassar said

    TerimaKasih atas infonya

  57. kayanya masih kurang detail sejaranya, tolong dong di perjelas lagi, kapan dan dimana wafatnya petta lolo la sinrang ?

  58. mariki jalan2 di blogku silassureng http://lasinrangnada.blogspot.com/ tabeee diii.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.