www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Budaya Islam : Wali Pitue

Yang mungkin teman-teman sering mendengar Wali Songo. dan mungkin juga wali songo ini sudah tidak asing lagi ditelinga umat Islam yang berada di indonesia. yah siapa sangka di daerah Selawasi selatan khususnya di bugis kami juga mengenal dan Mempercayai Wali Yang berasal dari Timur yakni Wali Pitue atau Wali Tujuh.

Wali Pitue From Sulawesi

tapi hingga saat ini saya menilai dari sudut pandang saya pribadi bahwa banyaknya orang-orang atau masyarakat sekitar yang menyalah gunakan arti ini. yah seperti Menyembah Mereka untuk mendapatkan sesuatu dan tidak menyembah sang Pencipta. Saya merasakannya di Daerah Polmas Desa Lapeo. lebih tepatnya Rumah Imam Lapeo yang merupakan salah satu dari wali pitue ini. dengan sesajen, sokko (Ketan yang sudah di makassar), Buras Dan sebagainya meminta kepanjangan umur, meminta dilimpahkan rejeki dan ini membuat perbuatan-perbuatan tersebut dengan akal jernih saya pribadi. walaupun mereka hanya dijadikan perantara toh secara logika sama aja mereka menyembah mereka.
Yah Itulah keaneka ragaman kepercayaan manusia.

95 Tanggapan to “Budaya Islam : Wali Pitue”

  1. kenapa begitu harusx kita menyembah allah swt bukan kita menyembah sesama kita manusia

    • iank said

      betul….??yang sebenarx bagi sy pribadi ,,foto atau gambar2 wali atau nabi dan pengikutx itu cukup untuk kita hargai saja dan kita hormati g usah kita terlalu membesar besarkanx,yang seharusx haxlah {ALLAH}yang maha besar siapa tau akan mengakibatkan muhsyhrikh….i yach G?

      • yusof said

        salam kamu kenal ker allah kalau tak dari mereka yg arifbillah…ingaT kita mengenal allah dan rassul dari merekahlah..jng jadi anak cucu yg lupa daratan

      • akbar adha said

        muhammad ridwan : iyalahh….qta hrus mnyembah Allah SWT….
        krna dyalah pmilik tunggal bumi dan langit ini,beserta isi2.x… krna ha.x dyalah yg mampu mngubah sgala ssuatu yg tak mngkin mnjadi mngkin,dan karna ha.x dyalah yg mmpu mnguba gunung mnjadi lautan….qta ha.xlah manusia biasa yg tak pu.x kmampuan tuk itu,dan tak pntas untuk d’sembah.

      • Babash said

        Alhamdu lillah berarti kita ada perhatian, cuma kurang tepat mencurahkannnya. Sesuatu yg menghalangi kita untuk menyembah Allah berarti itu bisa dikatakan setan atau sebangsanya dan sesuatu yg membuat kita menunda atau melalaikan perintah Allah berarti sudah termasuk menomer duakan Allah (syirik). Maka berhati-hatilah jangan sampai kita terjebak ! Banyak berhala berhala sesaat atau bahkan kita adakan dirumah kita contohnya acara tv (sepeak bola / sinetron) menunda sholat krn takut tertinggal acara, artinya besar takutnya tertinggal acara drpada ditinggal Allah. Astagfirullah.
        Semoga Allah mengampuni kita. Amin.

      • Fakhrul said

        Maaf rekayasa foto2 jaman dulu dipublikasikan sebagai wali, yang benar hanyalah foto Syekh Yusuf Al Makassari
        Wali Pitue di Sulawesi Selatan simpang siur kebenarannya, namun tak bisa disalahkan, tergantung imformasi yg diperoleh, Wali Pitue di Sulawesi Selatan menurut yang saya dapatkan dari sumber yang saya percaya antara lain :
        1) Syekh AL.MURKIN dari Mekkah
        2) Syekh AL-JABARANI dari China
        3) Syekh MUSTAFA AL FARADA dari Melayu (Thailand)
        4) Syekh SOMPE A.SELLE dari Soppeng (Sulawesi)
        5) Syekh YUSUF AL MAKASSARI dari Makassar (Sulawesi)
        6) Syekh IMAM NIPANIPA dari Bone (Sulawesi)
        7)Syekh MAKKADAMPUANG dari Kajang Bulukumba (Sulawesi)
        Bagi yg pingin mendalami tentang tersebut diatas hubungi PSP.AL JABARANI (Fahmi Suparman) Jl.St.Hasanuddin Rappang – Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan
        Bagi yg pingin mendalami sejarah Bugis Makassar (Sejarah Kerajaan Bone, Makassar, Luwu) dan Sastra Bugis Kontak ( http://www.rappang.com )

    • yusof said

      tak tahu jangan cakap…bukan sembah mereka tapi ada rahsia dari mereka ilmu yg kita tak ketahui…untuk mengenal allah dan rasaulnya ade dua macam cara..pertama tarikat sufiah yg mana salah silah sampai kepada rassulluah dan yg kedua melalui petalian darah…kerana keduaduanya salahsilah ini sampai kepada allah dan rassulnya….kerana mereka yg berdarah rajah salahsilahnya sampai kepada rassulluah..lelaki_misteri79@yahoo.com.my

    • yusof said

      asalammualaikom riduan…kalau saudara kata begitu saudara kenal ker sang pencipta…kalau belom terjun dalam ilmu tarikat sufiah jangan cakap…kalau tak mengenali asal usul keturunanmu jangan timbulkan persoalan

      • sudarmono said

        Assalamu ‘alaikum,
        Yusof, Apakah anda mengenal Allah?, apakah anda Hamba Allah? jika membaca komentar anda, sepertinya anda tidak mengenal Allah, dari tulisan Allah saja anda menggunakan huruf kecil, orang yang ber ilmu itu pastilah arif, bijak, rendah hati dan tidak ujub, anda menyebut nyebut tarikat sufiyah tapi gaya anda bertanya bukan ciri-ciri orang sufi

        wassalam

    • adhy said

      bukan di sembah itu ..
      tapi dia cuma di percayai ilmunya dan dia juga adalah hamba hamba allah yang tidak di makan besi alias kebal

    • Janganlah takabur suadaraku..tanpa ulama”besar seperti beliau manalah mungkin ilmu agama yang anda miliki sekarang ini sampai ke saudara,tanpa nabi dan waliyullah seperti beliau kita ini apa saudaraku..alangkah indahnya ucapan terima kasih di sampaikan kebeliau dari pada menganggap kecil perjuangan agamanya..

    • ipunk putra Gowa said

      Bukan kita menyembah saudara..tapi kita sebagai cucu2nya/keturunannya asli Gowa,patut untuk mengenang & wajib berziarah di makamnya..karena beliaulah yang dekat sama Gusti Allah Swt..

  2. SUNAN BAYU said

    Wali Pitue di Sulu dikenali sebagai Wali Pitu (wali tujuh)

  3. anak bugis sabah said

    wali adalah contoh bukan untuk di sembah….inilah akibatnya ajaran islam tidak di pelajari sepenuhnya…..saya lihat banyak orang menyimpan gambar wali pitue walau bukan asli….sebagai azimat….

    sungguh aneh bukan?? tapi itulah hakikatnya…..

    • yusof said

      kalau tak kerana ilmiahnya….tak ader darah bugis menjadi ulamak tahu tak…bukan simpa gambar utk azimat…tapi utk dikenanag budi mereka kepada anak cucunya…jasanya kepada kita cukup besaryg kita nak pegang tauhid mereka…jng sebarangan cakap kalau tak tahu lebih baik berdiam diri

    • Damak Anugaera Tuhan said

      Buruk Sangka Amat Dibenci Oleh ALLAH SWT…Menyimpan Gambar Parah Wali Hukumnya HARUS..Manusia Hidup Tanpa Lantaran MUSTAHIL..Mempercahayai Sesuatu Boleh Mendatangkan Hasil Yang Dikehendaki Dengan Izin ALLAH SWT.Hukumnya WJIB..

      • ipunk putra Gowa said

        Betul itu saudara,gambar para Wali seharusnya memang kita pajang.untuk mengenang beliau.supaya kita sadar betapa berartinya perjuangan beliau.

    • rusa said

      anak bugi sabah_ bugis bodoh ko nie… bagus ko p mampus

      • mi chi said

        payaw brkata bugis bkan bodoh yg bodoh orng yg br’buat bodoh….. wali pitue bkan untk d smbah tpi untk di hargai krna mareka ada nnek moyank kmi.. k’turunan arus d hrgai… biar mati ank jngan mati adat..

    • Apakah anda orang bugis..? saya yang orang jawa saja menghormati dan mengagumi ketokohan wali dari daerah anda karena sesama muslim,bagaiman diri anda yang begitu mudah merendahkan perjuangan beliau dalam mengembangkan ajaran islam di daerah anda,orang di luar sul-sel begitu mengagumi ketokohanya..

  4. Pralingko said

    Gambar para Wali yg kita nampak sekarang ni adalah sebagai motivasi untuk bertakwa kepada Allah s.w.t kerana mereka dekat dengan Allah , kejadian ajaib atau pun Karamah yg blaku ke atas para Wali ni bukan yg diingi mereka,maka mereka akan takut kalau2 mereka timbul rasa bangga diri atau ujub. Allah buka kan alam malukut ataupun alam ghaib ni untuk perlihat kekuasaan Allah yg memerintah seru sekalian Alam , kita ambil kisah2 para Nabi Muhammad s.a.w , sahabat2 Nabi , tabiin , dan yg lain2 sbgai teladan dalam hidup kita. Kembali kepada Allah adalah tujuan utama kita..

  5. Didin said

    wali 7 itu juga manusia biasa seperti kita, yang membedakannya adalah, mereka diberi hidayah dan kekuatan dari Allah SWT untuk membela negeri ini dan menyebarkan agama islam. yag saya ketahui, ketujuh wali itu menjaga pulau sulawesi khususnya di suku bugis.

  6. iank said

    {1} klo bagi sy tergantung dr keyakinan,kt pun bs seperti mereka tergantung dr diri kt sendiri,perbaxk lah shalat,zhikir dan shalat thajud////trus…….patettongi adammu na ampe2mu padannu rufa tau insyah allah,,,,,,JLN MENUJU {AKHIRAT],,,,,,,yakin saja,,insyah allah km jg akan bertemu dg hal2 yg gaib tapi tergantung dr ke iklasan ketekungan dan keyakinanmu… {2} {kesabaran dan keikhlasan} sabar terhadap segala cobaan carax? sebesar apapun cobaan itu? falisui gatti d fuange?cara mengucapkanx{de isseku de ulleu idimi fuang iklas k tarimai paccobata,sanre k lao d idi} {kesyukuran} sukur atas sgala pemberian tuhan baxk maupun sedikit,dan perbaxklah bersedekah tp dg ikhlas karnah shalat adalah rumah kt d akhirat dan amal sedekalah isix {3} 3 yg g bs d minta sm ALLAH akan ada? {1} REJEKI {2} JODOH {3} AJAL…. jd jgn lah meminta yg macam2?cukuplah dg berdoa…..carax yg allah kuat kanlah imanQ dan bimbinglah aku kejalangmu. wahssalam…

    • yusof said

      asalam iman dulu islam dahulu?ilmu dahulu alam dahulu?adakah solat dan zikir tadi hadi betol mengadap sang pencipta?atau melencong ketempat lain darinya?yg kita inginkan adalah ilmiah dari mereka..mereka orng yg paling hampir pada allah dan rassulnya….jadi kita memerlukan pimpinan tauhid mereka

  7. D' Maritengah said

    Apakah anda yakin, bahwa cara andalah yang sudah benar …. ?
    Contoh : Saya melamar suatu pekerjaan, Tapi untuk menemui pimpinan Perusahaan (yang berhak menerima para pelamar kerja susah untuk di temui dan lagi pula tidak begitu kenal dengannya) Lantas saya minta tolong kepada seseorang yang kenal baik dan akrab dengan pimpinan Perusahaan tadi. Apakah saya termasuk orang yang menduakan pimpinan Persuahaan tersebut.

    Biarkanlah mereka dengan cara mereka sendiri, karena kebenaran hanya dari Nya Jua.

    • yunus said

      subhanallah MHA SUCI ENGKAU YAALLAH..

    • Babash said

      Itu benar klu itu urusan dunia, karena sipemimpin punya keterbatasan, ketakutan bahkan kesombongan dll namanya juga orang. Allah Maha segalanya : Kurang lbh artinya : Mintalah maka akan KU beri ! (Maaf klu kurang tepat). Yg menghalangi kita adalah dosa dan kesombangan plus kurang percaya, kurang yakin atau yach. Masa anda kurang kenal dgn Allah padahal Allah sudah menegaskan melalui Nabi Muhammad : Kalau ummat bertanya ttg Saya “Allah” katakan bahwa Saya lebih dekat drpd antara mata putih dan mata hitammu atau lebih dekat drpd urat lehermu, tapi bukan kamu. Maka kenalilah dirimu maka engkau kenal akan Tuhanmu,tapi bukan kamu !!!

      • dhena said

        betuuul,kenapa harus pakai perantara,…kenapa bukan kita sendiri yg meminta petunjuk atau pertolongannya,….kenalilah dirimu sblum engkau mengenal tuhanmu…klo tdk tau…tuntutlah ilmu…bukankah rasulullah bersabda:tuntutlah ilmu mulai dari ayunan sampai keliang lahad.

      • putra said

        klw gk salah islam mengajari untuk berterimakasih.. jadi gk salah klw org2 di atas di kenang juga.

  8. athoel said

    pekerjaan terbesar manusia adalah mengajak sesama manusia untuk beribadah kepada ALLAH, begitupun para wli wali pitu, mengajarkan untuk tetap ingat kepada ALLAH. SWT

  9. ana ogi said

    semua tergantung kepercayaan msing masing orang toh urusan masing masing ke pada allah.

  10. Ione said

    msing2 kmbali pda dri sndri..brow

  11. putra bone sabah said

    assalamualaikum semua saya pernah sekali balik pgi sul-sel ada saudara mara mengajak saya melawat muzeum imam lapawawoi dan pgi kerumah adat bone yakni bola soba. saya barsyukur menjadi darah keturunan bugis sebab bangsa bugis tdk kurang sejarahnya seperti bangsa bangsa lain.

  12. Yaya said

    menanggapi kata ‘masyarakat menyembah’ (kepada wali) memang ada, tapi yg sy lihat di Lapeo, “Anak2 Imam Lapeo” berusaha membacakan doa
    (tuk memohonkan hajat sang peziarah kepada ALLAH SWT) bukan dgn niat menyembah Imam Lapeo…
    jadi masalah bersama u/ meluruskan niat mereka…
    thx

    • Inchy said

      saya sangat setuju dgn statemen anda…intix smua dikembalikan pada niat individunya masing2…Jgnlah kita lgsng mengambil kesimpulan dari apa yg kita lihat dgn mata kepala.

    • weitssss,, terlalu cepat kalian menghakimi tariqat mereka,sampai berani menyalahkan kalau mereka massompa walli,memahami islam jangan sepotong-sepotong saudara. islam mengajarkan tawassulan. bukan untuk menyembah wali,, ente ketemu bupati aja kadang2 pake mediator, apa memang kualitas penyembahanmu kepada allah sudah menjadi jaminan untuk dikabulkan semua hajat kalian??

  13. Inchy said

    sbnrx bxk yg salah faham akan hal tersebut. Istilah “penyembahan” atau pemeberian “sesajen” smux mempunyai arti tersendiri…Semua itu merupakan adat yg turun-temurun dari zaman nabi terdahulu. Spti hal “sokko 4 rupa”, itu mrupakn simbol dari 4 unsur yg ada dalm tubuh kita, yakni : tanah, api, angin, air..Dan sy jg menekankan klo smua itu mempunyai maksud dan tujuan untuk mengharap ridho Yang Maha Kuasa…Adat tdk bisa dipisahkan dari agama..karna adat dan agama selalu beriringan…Orng bugis mengatkan..” yero ade’e sitettongeng agama’e “

    • putra said

      tergantung org yg meyakini,, tetapi klw tidak mengerti apa maksud nya dari sesajen itu lebih baik tida.. karna bisa saja keyakinan nya melenceng.

  14. Arshad said

    Tidak perlulah diagung-agungkan, cukuplah sekadar mengetahui cerita yang ada. Gambar tu, kitapun tidak tahu asli sebegitu atau sekadar imaginasi, bagi pendapat saya gambarpun janganlah diagungkan. Kesempurnaan agama islam sudah terbukti janganlan ditokok tambah dengan kepercayaan dan amalan khurafat. Wallahu a’lam

  15. andi ferry said

    ​​‎​​‎​​‎​السَّلاَمُعَلَيْكُمْوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَات

    Alhamdulillah ya اَللّهُ atas nikmat MU yang Engkau berikan kpd Umatmu, wali pitue adalah cermin tuk anak cucu kita menentukan petunjuk ke jalan yang baek dan benar..
    Sabar, ikhlas dan jujur dalam kehidupan Insya اَللّهُ masih dalam lindungan ALLAH SWT…
    Lebih baek kita membacakan surah Al Fatihah, surah Al Ikhlas dan Salawat Nabi Muhammad SAW kepada para penyiar Agama Islam terdahulu karena beliau lah kita bisa belajar Agama ISLAM..

    ​​وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

  16. wali tujuh di turunkan sebagai petunjuk umatnya…..bilau mengajarkan ilmu yang harus di pahami….jika mau tau allah maka belajarlah dari ke 4 sahabat ku ujar rasulullah….itu dianya syariat tarekat hakekat dan makrifat…..baru lah kita bertasawuf… bertasawuf tidak mengerjakan sholat / bersyariat itu tidak dibenarkan…itulah ajaran tajul khalwatiyah wa samanniah syekh yusuf gowa….

  17. Kaum SUFI ''bakka lolona sawitto'' said

    Apa anda yakin mereka mminta bkn kpd Allah..???mereka ttp mminta kpd Allah hx sj adat dsn msh sngt kental jd klw tdk mngrti adat dsn pst akn branggpn yg aneh2.Wali 7 jg tlah mwariskn ilmu yg d’rahasiakn yg sngat patut untk d’syukuri dan d’bungkus dgn ilmu tasawuf,wlw pun jarang yg tau.
    KENALI DIRI ANDA….!!!pecahkan d’kalimat La Ilaha Ilallah

  18. Andi amirudding said

    Ingat Allah SWT
    Ingat Rasulullah Muhammad SAW
    Ingat para wali Allah SWT

  19. alec said

    saya asal sulawesi barat/sul-bar.memeng benar kata pepatah.tak kenal maka tak sayang…!
    begitu juga dengan pendapat saudara.mereka yg datang bawa sokkol atau buras dll.bukan berniat tuk dijadikan sesajen.tp memang itu sudah adat mereka.tidak bawa pun tak mengapa.cuma..kalau tidak bawa.rasanya tidak menhormati adat mereka.

    memang sebagian besar mereka yg datang.punya niat minta rezki atau keselamatan dll.tapi bukan berarti meminta sama ‘nong guru’sebutan imam lapeo.cuma saja masarakat disana’org mandar’tidak mau merasa pintar kalau memang belum pintar!.jadi mereka datang keorang yg lebih pintar.

    sama hal dengan sholat!.kenapa kita harus berpedoman kearah kiblat?.bukan kah niat kita menghadap ALLAH?.jadi berarti ALLAH cuma ada dibarat/kiblat?.

    • ijazji said

      syarat diterima ibadah cm 2 : ikhlas karena Allah dan mencontoh rasulullah.
      Rasulullah mencontohkan kita sholat menghadap kiblat,,maka ikutilah..
      Semuanya harus berpedoman pada Al qur’an dan Al hadist

      • abi said

        kenal ama yg membri printah dan jg kenal ama yg menyampaikn printah tu syarat muthlak di trimanya amal ibadahnya seseorang apa gunanya kita sholat kita mengerjakan amal ibadah yg lain tanpa mengenal yg membri perintah dan jg yg menyampaikn tanpa mengenal ke 2 tersbt mka di ktakan tdk sah apa2 yg di lkukan

  20. saharuddin said

    Saya pernah tau bahwa hamba Allah yg sudah meninggal mendapat tempat yang mulia disisi Allah, kalau dia yg bermohon kepada Allah besar kemungkinan doa terkabul, hanya Allah yg tahu

  21. membawa sokko dll itu semua sudah menyimpang dari agama islam….hati-hatilah dengan bahaya Syirik…mereka adalah wali Allah..maka sepantaslah kita menghormati dan menghargai jasa-jasa beliau karna asbab dari merekalah kita orang sulawesi menjadi islam..tetapi janganlah kita pernah menganggap ada sesembahan selain Allah.

  22. salam. saya ada dgr dari cerita org2 tua d tempat saya d semporna sabah. wali 7 dipanggil salip pitue oleh org di kawasan pantai barat sabah. dan da 2 makam salip ini satu di kunak, satu lagi di umanggas salah satu pulau di semporna…. mana keturunan wali 7 ni… betul kah ? wslm

  23. mau tahu juga antara wali 7 ( salip 7 ) ni, makam salip mana di kunak dan semporna tu…waullahualam..

  24. rustam said

    saudara sekalian ,semuanya itu tergantug pada niat seseorang,mau syirik jadilah syirik,mau adat jadilah adat,tapi tampa ulama tentu kita akan sesat karna tak ada yng membimbing kita,mengajar kita,karana kita bukan di zaman nabi yng bisa langsung di tanyakan kpda nabi kita ok,bugis dari labuan malaysia

  25. Muh. Reizan said

    Dimana aku bisa dapatka sejarah atau riwayat 7 Wali SulSel, Indonesia yang lengkap???

  26. sebagai orang bugis, makassar, kita harus banggadan yakin . dengan adanya wali pitue apa salahnya kalau kita mengikuti sifatnya yang suri teladan, membantu sesama, tergantung orang yang menilai kuta musrik atau tdk, sebab tak ada orang sekarang apabila orang yang tetua kita tdk ada..

  27. Fakhrul said

    Wali Pitue di Sulawesi Selatan simpang siur kebenarannya, namun tak bisa disalahkan, tergantung imformasi yg diperoleh, Wali Pitue di Sulawesi Selatan menurut yang saya dapatkan dari sumber yang saya percaya antara lain :
    1) Syekh AL.MURKIN dari Mekkah
    2) Syekh AL-JABARANI dari China
    3) Syekh MUSTAFA AL FARADA dari Melayu (Thailand)
    4) Syekh SOMPE A.SELLE dari Soppeng (Sulawesi)
    5) Syekh YUSUF AL MAKASSARI dari Makassar (Sulawesi)
    6) Syekh IMAM NIPANIPA dari Bone (Sulawesi)
    7)Syekh MAKKADAMPUANG dari Kajang Bulukumba (Sulawesi)
    Bagi yg pingin mendalami tentang tersebut diatas hubungi PSP.AL JABARANI (Fahmi Suparman) Jl.St.Hasanuddin Rappang – Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan
    Bagi yg pingin mendalami sejarah Bugis Makassar (Sejarah Kerajaan Bone, Makassar, Luwu) dan Sastra Bugis Kontak ( http://www.rappang.com )

    • hasan said

      itu dari sudut pandang saudara ,,tapi sepengethuan saya wali 7 di sul-sel yang tercantum di dalam photo tersebut diatas,,karena memang dialah peyebar agama islam disulawesi selatan dulu,,begitu saudara..

    • kalibarru said

      bagi ahli laduny dia melihat memang ketujuh photo itu di atas tanpa simpang siur dengan mata hati bukan berwujud photo …..

  28. adryan said

    mf ya seblumx,jngmaki terlalu di puji itu wali yag pling pantas untk di puji adalah allah..sampe2 kita semua bsa jadi musrik.

    • Fakhrul said

      Memuji Allah, pasti juga memuji kekuasaannya, para wali adalah semua petunjuk Allah, namun aku mau mengungkapkan apa yg aku tau, Para wali di Sulawesi itu bukannya org Sulawesi saja, tapi ada dari Mekkah, Thailand, China

  29. Bha-Bha TheVipers said

    Bkannya gtuu…. Cman beliau adalah salah satu penunjang bagi umat islam di bugis… Kerana kelebihannya yg sering menunjukkan mukjizat… Makanya di rumahnya selalu di bawakan sesajian…

  30. antho said

    Ass .. Tabe di’ .. Tapa da’ engka tu yisseng ceritana walli pitue,,

    Cman qt tdak tau.. Mna yg btul n mna yg tdak..
    Sya kturunan dri beliau, tpi taddampengengnga ajjana taisseng’I keturunan pole tega’ ..
    Krn sya sendiri alhamdulillah’ sdah ktemu langsung sma beliau”.. Mereka ada 11 di sul_sel, tpi allahuallam’ walli”, cman allah yg tau, tpi klu setau sya 11 walli.. Sya tdk smbong, tpi beliau bsa merubh dri’a n bsa ke mna sj dia mau.. Tabee’ di’ nma” walli pitue diatas bkan aslinya..!! Cman itu nma yg tersebar di masyarakat..!! Syeck yusuf,petta lasinrang,arung palakka,kh’harun,datu sangkala,petta barang,imam lapeo. Itu nma panggilan.. Tpi bkan nma aslinya..!! Tabe di’ klu ada yg tdak stuju, krn sya sndiri yg ketemu langsung sma beliau”.. Tabee.wassalm

    • putra said

      bisa jelaskan kenapaanda yakin mereka wali?

    • asasalamu alaikum , daeng anto, saya sependapat dengan pernyataanta bahwa “beliau bisa merubah dirix n bisa ke mn saja dia mau”. Mauka minta penjelasanta, apakah berarti bahwa secra hakkiki walli petue cuman satu orang saja, dari adikta rudy di soppeng, wassalam

  31. antho said

    Tabe ..

    Qt tdak menyembah beliau ..
    Tpi qt mnyembh sma allah’ .. Ada yg mengatakan qt menduakan allah'(astagfirullah).. Qt minta sma beliau biar qt di do’akan.. Blum tntu, mereka” yg tdak percya’ do’a di kbulkan sma allah.. Beliau” msh ada..!! Sy sendiri wijanna karaeng, alhamdulillah sdah ktemu .. !! Tabee ..

    • ichal said

      tabe sy tdk tau sy mau panggil ap kt antho ju”r sy mau knl sm kt klu bs.ichal

    • pendita_d7 said

      Syukurla. Ada suda pengalamanmu bertemu?…. Tp adalah lebih baik anda lebih mendalami alam ghaib, utusan Allah, para wali Allah sbb wujud jg wali syaitan yg boleh menyerupai sesiapa sj kecuali Rasulullah. Sy bcrita melalui pengalaman.. Tabee…

  32. hasan said

    dipolmas tepatnya desa lapeo,,orang disekitar sana bukan menyembah,,jangan salah artikan in,,orang” datang kesana untuk bersiarah ke makam imam lapeo,,karna imam lapeo orang yang bersih semasa hidupnya ,,warga mandar khususnya selalu minta bantuan kepada beliau
    untuk mendoakn nya meminta kepada allah,,kerna beliau orang yang bersih dan doanya makbul,jadi jangn salh anggapn ,,masalh in,,sampai sekarang tak dinapikan ,,klw masyarakt di mandar selalu kesana untuk minta berkah kepada keturunan beliau ,,sekaligus bersiarah kemakam imam lapeo..masalah sesaji itu hanya adat ,,ditanah mandar kalw mambaca do’a mesti harus ada itu,,jangnkan ditanh mandar dimekah pun begitu,,cuman disana berbentuk macam lilin tapi baunya kemenyan,,dimandar ada khusus daun untuk dibakr dan tdk mengeluarkan uang,,jad klw orang luar yang melihat itu ,,sangkanya syrik ,,pdahal tidak..itu hanya adat,,adat mandar tdk akan lekang oleh waktu..jadi mayarakt diluar sana dipahami in,,masyarakt mandar hanya ingin mengambil berkah,,mau kemakam rasul,panggilan belum ad,,jadi yang dekat ”ajalah,,hehehe
    assalamu alaikum wr wb.

  33. Mohammad said

    Assalamualaikum.wr.wb

    Allah Swt.,menciptakan Muhammad (Nabi) sebagai Rahmatanlilalamin dan menurunkan Alqur’an sebagai panduan umat islam…..
    Kemudian Allah Swt. Mengangkat darjat manusia dikalangan kita menjadi Wali…..kerana Taqwa,iman, dan ilmu beliau, Untuk
    membetulkan, Menyelamatkan manusia dari kehancuran Akhlak dan Akhidah (sesat)….

    Semua ini dari Allah Swt, Kerana hanya Allah Sahaja Yang mengetahui Apa yang kita tidak ketahui……

    Mahu belajar ilmu Agama??? rujuk kepada Uztat-kepada Guru-kepada Ulama-kepada Keyai dan kepada Wali Allah Swt……Insyaallah akan bertemu dengan Allah Swt di hari Kemudian…….

    Wabillahitaufik Walhidayah as.wr.wb.

  34. Rudi said

    Ayat ALLAH bukan cuma yg ada di Al Qur”an 30 Juz itu, melainkan seluruh alam semesta adalah ayat-ayat ALLAH. Dasar Iman manusia bukan dilandasi oleh pikiran dan logika sebab, itu sangat terbatas dan selalu berupaya merasionalkan sesuatu. Jika ke-IMANAN_ selalu dirasionalkan maka, sesungguhnya itu bukan Iman melainkan akal-akal pikiran manusia. sebagai contoh tertinggi: Tuhan Maha kaya, tetapi sebelum Tuhan menciptakan segala sesuatu, ala semesta, manusia malaikat dan jin berarti Tuhan pernah tidak memiliki apa-apa, pernah sendiri dan sebagainya. Nah inilah buah pikiran kita. TUhan menciptakan Sorga dan Neraka (akhirat) tempat kekal abadi. apakah itu berarti, bila sdh di akhirat Tuhan berhenti menciptakan?… itulah pikiran kita, mmg dikonstruk oleh Tuhan mengetahui samapi disitu saja.

    Terkait dengan Walli Pitue.

    Ada yg mengatakan, ke makam beliau adalah musyrik. itu sangat tergantug niat orang yg datang. ke maka beliau membacakan Al Fatihah lalu memohon berkah ALLA SWT wata’ala di depan makam beliau bukanlah musyrik. Tapi yg mengatakan demikan juga tdk perlu disalahkan sebab, pengetahuannya ttg Tuhan hanya samapai pada tingkat syari’at (dan pada tingkatan itupun msh terjadi perbedaan).

    Ada juga yg mengatakan bahwa, yang ada dlm gambar tersebut hanya rekayasa dan yg benar hanya Syekh Yusuf. Ini kita tidak bisa salahkan sebab informasi yang dia dapatkan juga hanya dari seseorang yg juga menurutnya dia yakini. silahkan percaya keyakinan anda ttn wali pitue, tetapi jangan menjustifikasi bahwagambar yg beredar adalah rekayasa dan mengatakan bahwa yg menurut anda dengar dari orang adalah benar saya, anda, yg lain dan sumber informasi yg a juga tidak hidup pada masa itu. Jika alasan anda diperoleh dari Lontara, maka saya katakan bahwa, jangankan lontara, Hadits saja banyak yg kontraversi. Jadi percayalah yang anda yakini tetapi jangan menyalahkan yang orang lain yakini sebab kita sama-sama bukanlah sumber kebenaran.

    Dan tentunya saya meyakini bahwa yg ada di gambar diatas adalah Wali Pitue. tetapi bukan hanya Wali Pitue yg ada dalam gambar di atas Wali di Tanah Bugis (Sulsebar), masih banyak yg lainnya. sama halnya Wali Songo di Jawa, bukan hanya yang sembilan itu wali di tanah jawa, masih banyak wali-wali lainnya.Yang perlu kita gali adalah, kenapa ada penyebutan wali seperti wali pitue, wali songo dan wali pitu dan enam di pulau bali. dan kenapa yang lainnya tidak masuk dalam predikat itu, atau mungkin, masih ada predikat-predikat lain yg kita belum ketahui. silahkan digali dan didalami.

    Catatan: Jangan gampang menyalahkan apa yang diyakini orang lain sebab, sama-sama kita bukan sumber kebenaran.

    • andi said

      z sepakat walaupun kita bkan sumber kebenaran bkan berarti kita tidak mampu mencari kbenaran hax sja kterbtasan informasi yg mnjdi kndala tuk mngungkp kbnaran jd slah benarx se2org qt hax bleh sling brtukar informasi bkn saling mexlahkn

  35. rusa said

    pembetulan- rasanya penulis sudah salah faham. masyarakat di daera polmas tidak perna menyembah imam Lapeo. Org2 hanya meminta doa agar doa mereka sampai terus kepada Allah melalui imam lapeo. Kita percaya permintaa para wali langsung kepada Allah. Saya cadangkan agar atikel ini di padam agar tidak banyak timbul kesalafahaman.

  36. hamba Allah said

    Bagi saya janganlah tlalu mengkultuskan seseorang karena bisa membuat kt jatuh pada perbuatan musyrik, orang arab jahiliyah sebelum Rasulullah SAW di utus menyebarkan islam adalah menyembah lata dan uzza. konon sejarahx lata dan uzza ini adalah pahlawan tanah arab yang alim dan saleh dan untuk mengenang jasa perjuangan mereka maka d buatlah patung di skitar kakbah pd masa itu, maka datnglah Iblis membisikkan ke dlm hati org arab jahiliyah untuk menyangjung2 dan akhirx patung lata dan uzza d sembah dan di yakini sbg tuhan mereka ..! NAUZUBILLAHI MIN SALIK,,,

    masalah waliyullah itu cuma ALLAH YG MAHA TAHU siapa diantara hamba2x termasuk dalam golongan itu bukan berarti wali itu harus dari kaum bangsawan bisa saja ada diantara mereka adalah gelandangan, kaum jelata miskin dan fakir tergantung dari tingkat ketakwaannya kpd ALLAH karena derajat seseorang disisi ALLAH bukan dilihat dr keturunan pangkat ataupun hartanya !!! tapi dari amal ibadahnya dan hubungan baiknya dengan sesama makhluk tuhan !

    dan ingat jgn suka membanggakan keturunan karena pada dasarnya semua manusia sama berasal dari ADAM DAN HAWA kecuali kalau anda dari golongan jin atau Iblis

    LA ILAHA ILLALLAH tiada tuhan selain ALLAH YANG MAHA BERKUASA ATAS SEGALA SESUATU. manusia tiada pantas sombong dan berbangga diri karena segala sesuatu hanya milik ALLAH semata

    WALLAHU ALLAM BISAWAB…!

  37. edi said

    Yang sempat saya tangkap dr kakekku Almarhum bahwa dlam penyediaan sesajen mereka tdk meminta kepada wali pitue malainkan kepada Allah SWT, mereka hanya meminta agar sang wali ikut mendoakan mereka, karen mereka yakini do’a para wali itu d terima d sisiNya,, masalah salah atw benarnya Wallahuallam, TQ B4

  38. ichal said

    tabe sdr”ku klu kt bnr” suku bugis asli knp kt perdebatkan TOMATOA RIYOLOTA,pd taisseng maneng adae.narekko tongeng”ki to ogi.ap ma bicaraki mslh wali loissengnge cedde tabe nabi ta muhammad saw tingkat prtama na iyaseng wali,jd klu kt tdk tau mslh wali jgn ki smbarang angkat bcr.krn wali ajaran’nx mslh,jln yg bnr,dgn dsr AL’QURAN,AGAMA ISLAM YG BNR & ALLAH SWT.sbb wali d’berikan kelebihan / mujizat o/ ALLAH SWT d’banding kt mnsia biasa yg skrng ini.klu ada yg ingkari tabe berarti anda trmsk yg ingkari nabi kt muhammad saw.inti’nx sdr”ku tdk ad yg sembah para wali d’tanah bugis cm kt menjg adat.siddimi puangta marajae iyanatu ALLAH SWT.wassalam

  39. kasman said

    Dari Kasman
    Assalaamu Alaikum War. Wab.
    Saya ingin memberi masukan melalui media ini tentang keberadaan Wali Pitue (Wali Tujuh) di Sulawesi Selatan. Saya tidak mengetahui apakah ada lebih dari satu versi tentang Wali Pitue. Karena yang saya ketahui bahwa nama-nama Wali Pitue yang ditulis oleh penulis pertama hanya satu orang yang benar-benar termasuk Wali Pitue, yaitu Tuanta Salamaka (Syekh Yusuf, Taj al-Khalwati). Yang lainnya adalah, tiga orang bersaudara dari Luwu (Putra dari Tumanurung atau Batara Guru). Satu orang berlayar ke Selayar mengikuti saudara perempuannya yang sakit dan diasingkan ke sana (waktu itu belum muslim) dan kemudian mendirikan Kerajaan Putabangun. Satu orang merantau dan tiba di Bone yang kemudian mendirikan Kerajaan Bone dengan gelar Arung Palakka (waktu itu juga belum muslim). Jadi Arung Palakka yang beberapa puluh (mungkin beberapa ratus) tahun kemudian dikenal sebagai Wali Pitue bukan yang berperang dengan Sultan Hasanuddin, tetapi pendiri dan sekaligus Raja pertama Kerajaan Bone yang kemudian setelah mengangkat penggantinya, beliau meninggalkan Bone dan melanjutkan perantauannya ke daerah Sidenreng Rappang (sekarang) dan mendirikan Kerajaan Sidenreng. Jadi Kerajaan Bone dan Kerajaan Sidenreng didirikan oleh orang yang sama, yaitu yang dikenal sebagai Arung Palakka di Bone, sekaligus yang kemudian dikenal sebagai salah seorang Wali Pitue. Wali Pitue keempat, adalah saudara ketiga yang tinggal di Luwu. Yang kelima adalah salah seorang dari sembilan Wali (Wali Songo) dari pulai Jawa (ingat adzan pitue di Cirebon Jawa Barat). Sedangkan yang keenam dan ke tujuh adalah dua dari tiga Datuk penyebar Agama Islam di Sulawesi Selatan (bahkan sebenarnya, ketiga Datuk inilah yang mengislamkan tiga orang yang berasal dari Luwu itu), meskipun usia yang dari Luwu jauh lebih tua dari pada ketiga Datuk ini (berbeda ratusan tahun). Ketiga Datuk ini berasal dari luar negeri, tetapi mendapat tugas dari Raja Kerajaan Arab untuk mengislamkan Raja-Raja di Nusantara dan yang pertama kali diislamkan adalah Raja Buton. Sebenarnya ketiga Datuk itu mempunyai kedudukan yang sama (masuk dalam jajaran Wali), tetapi salah seorang diantaranya lebih cepat dipanggil oleh Yang Mahakuasa sebelum nama Wali Pitue dikenal luas oleh masyarakat Sulawesi Selatan. Wali Pitue, termasuk Arung Palakka bersama dengan dua saudaranya dari Selayar dan Luwu ini masih hidup sampai sekarang dalam usia sudah lebih dari 1000 tahun).(Sumber, langsung dari Wali Pitue yang masih hidup sampai sekarang). Hadanallaah wa iyyaakum ajma’iin

    • pendita_d7 said

      Xperlu dperdebat kn isu wali y sememangy ada dlm sejarah,klu mereka tau anak cucuy bkelakuan bgini psti sedih. Nak pcaya @ xpcaya itu hak msg2. Apa y pntg jk engkau merasa ada darah bugis mgalir dbdnmu, Mari kt teruskn pjuangan mrk dlm myebarkn syiar Islam dzaman y pnuh prasangka ini. Xperlu bfikir pjg untuk trus bjuang djalan Allah smbl kt mencaribenteng diri untuk mgenal n mlawan para wali2 syaitan y cuba mnyesatkan akidah d atas kbingungan kt dlm mengenal wali7… Islam itu mudah tp ada setengah golongan y cb mempersulitkny sehingga anak muda bugis hr ini keliru tentang Islam sebenar n pengaruh adat turun temurun bak kt pepatah DTelan Mati Anak, Dluah Mati Bapak. Mmg perit mencari kesahihany tp itulah hakikaty, wlubgaimanapun slagi kt bpegang teguh djlnNYA, insyaAllah Dia akn memudahkan segala jln menujuNYA… Wahai anak bugis bangkitla n bjihadla bermula dr rumah kt sendiri sblm kt kluar melihat dunia y pnuh pancaroba..

  40. assalamua alaikum , siapa di sini orang dri desa waji ? , aku cucu nya puang tiro , klau kenal , call me 0145542729

  41. Ely said

    oh arung palakka jg seorang wali.??? baru sy tau itu…

  42. kalibarru said

    potho ini wali pitue sudah ada sejak saya waktu kecil waktu itu saya sudah lihat aslinya hitam putih…dan belum ada potho warna waktu itu…apalagi yang namanya di rekayasa alias disambung2 jadi 7 hemmm beda dengan seperti keahlian jaman sekarang ini apapun bisa diubah ..

  43. assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya baru2 tadi ketemu warga wanita soppeng yg mengaku dirinya tukang urut keliling, kebtulan sy minum kopi di warung kopi asia, katanya, “walli petue” secra hakikat cuma 1 saja, tapi perwujudanx banyak, dan cobalah tanya pada hatimu jika kamu sampai dirumah, ada apa ini ?? Wassalam

  44. thata said

    Orang yg mengenal dirinya maka iya mengenal TUHAN nya……..

  45. compa said

    ini bukanlah wali 7…..

  46. Mae said

    ass…… saya punya om yang mengaku, sering dikunjungi (dirasuki) dengan 7 wali itu, dia mengajarkan tentang syariah islam dan cara sholat yang baik.. tapi hal ini membuat keluarga kami jadi pecah, karn ada 2 pendapat di dalamx, ada yang percaya sehingga mereka belajar,, tapi disatu pihak ada yang tdk percaya, bukan tdk percaya adax wali, tp apa benar itu adalah wali,??? karna kalw itu bukan wali, dan kita belajar dari dia, berarti itu adalah musrik,,,, menurut kalian?????

  47. assalamualaikum jngan salah ucap ki kadang orang cuma bisa ngomong aja tapi tidak tau asal usulx kalo tidAk tau mending diam karena rahasiax tidak mudah buat sampai
    karena kalau salah jalan dan belajar bakalan sesat kalian smua bukan cuma tarekat aja di pelajarin tapi smua unsurx syariat hakikat tarekat n marifat
    karena orang qt bugis ini banyak yang pake tarekatx aja artianx d jadikan ilmu pegangan t salah besar
    smua t buat perbaikin akhlak kalian smua sodara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 83 pengikut lainnya.