www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Wali Pitue

Wali Pitue Masyarakat Sulawesi Selatan Siapakah dia ?

Syeck Yusuf (Toanta Salamaka), Petta Lasinrang (Petta Lolo), Arung Palakka (Petta to malampe gemmena), KH. Harun, Pettabarang, Imam Lapeo, Dt. Sangkala

Syech Yusuf (toanta Salamaka)  Seorang Penyebar agama islam dari tanah mekkah sampai Banten, Petta Lasinrang Seorang Raja dari Tanah Pinrang yang arif nan bijak sana dan gencar menyebarkan agama islam. yang terpenting Beliau Pemberani, Arung Palakka Seorang Raja Bone yang bisa membebaskan Masyarakat bone dari penindasan oleh kerajaan Gowa dan beliau di Juluki Sang Pembebas, KH. Harun : informasi yang saya dapat beliau berasal dari Kerajaan Tallo, Petta Barang atau petta To risappae konon beliau mallajang diatas kudanya dan penunggu kudanya hingga sekarang masih ada. beliau adalah keturunan raja barru yang kuat akan agama, Imam Lapeo : seorang imam di desa lapeo yang sederhana dan menyebarkan agama islam sampai ketanah bugis. sering memperlihatkan mukzisat dari sang Kuasa, Dt. Sangkala : Infonya belum jelas >>> mungkin saya bisa dibantuMohon Tambahan dan masukkannya sapa tau ada yang salahSemoga Bermanfaat

merekalah ke tujuh wali yang diyakini oleh Masyarakat sulwesi selatan. Selain itu terdapat beberapa wali lagi yang di yakini oleh masyarakat indonesia yakni Wali songo, dan Wali Pitu yang berada di Bali. Wali pitu di bali ini juga saya baru dengar informasinya saya dapat pada internet. Terus siapa saja wali pitu yang ada di bali ? Mas Sepuh Raden Raden Amangkuningrat di Kabupaten Badung, Chabib Umar Bin Maulana Yusuf Al Magribi di Tabanan, Chabib Ali Bin abu Bakar Bin Umar Bin Abu Bakar Al Khamid di Klungkung, Chabib Ali Zaebal Abidin Al Idrus di Karangasem, Syech Maulana Yusuf Al Baghdi Al Magribi di Karangasem, The Kwan Lie di Buleleng, dan Chabib Ali Bin Umar Bin Abu Bakar Bafaqih di Jembrana.

Wali Pitue Di Sul-Sel

Wali Pitu'e (PortalBugis)

Download Gambar

Yang menjadi pertanyaan saya pribadi apakah masyarakat sulawesi selatan yang sampai tidak mengetahuinya di sebabkan karena kurangnya publikasi akan wali pitue selama ini ataukan memang mereka baru tahu kalau memang kebudayaan kita juga memiliki wali pitue ?

Artikel Terkait:


244 Tanggapan to “Wali Pitue”

  1. khasim said

    Syeck Yusuf, Petta Lasinrang, Arung Palakka (Petta to malampe gemmena), KH. Harun, Pettabarang, Imam Lapeo, Dt. Sangkala tolong dong dikirim foto-foto tersebut ke email saya.nurariska@gmail.com

    • dhimank said

      tlong, d krimkan fto arung palakka
      ingat!!!! orang bgis, ada isu bahwa pda tanggal 25 oktober akan ada kejadian menimpamasyarakat bugis bone.

      • iank said

        g usah takut? itu karnah keyakinan masyarakat bone d tes? berarti klo km percaya isu itu,berarti km g percaya lg kepada ALLAH,sedangkan yg menurunkan bencana itu cuma allah,g ad yg berani melawan perintah ALLAH,, kecuali pakkedona fuang allah ta ala mappakedoi harung tau riolota ok???? apa yg g bisa klo allah menghendaki???????????????????????????dialah yg penciptakan langit dan bumi.sedangkan kekuatan syetan bagaikan saran laba2 d hadapan allah swt,yang tertiup angin lansung putus,

    • haras said

      gambar wali pitu ada d rumah ku kalau x silap saya lasindrang yang d tengah arung palakka yang baju merah itu nenek ku keturunan kacukan belanda

  2. sunandari said

    tolong kirimkan. silsilah keturunan dari pada DT.SANGKALA.?dan fotho bliau,karena saya termasuk dari pada golongan bliau.

  3. Andi Salam Taga said

    Tlong kodong,krimkan foto wali pitue ke E-mail saya..irwansyah-andi33@gmail.com
    trim’s sblumx,

  4. dhimank said

    benarkah! isu yg mxebar d bone akan btul” trjadi.

    • Andi Hensem said

      Apakah yg akan terjadi di Bone…. ? Atau Makasar terus ke Bone ???? Ada khabar mengatakan bahawa Gunung Bawa Karaeng, Lantimojong dan satu lagi gunung akan mengeluarkan lahar gunung berapinya ….. Jadi hati-hati ya…. Benar atau tidak … kita lihat nanti…. Klu ada ramalan orang tua-tua dahulu…. tolong emailkan ya….

      • syek said

        pada tahun ini tepat pada bulan december akan terjadi peradaban manusia yg ke-2, apakah ada kabar ini di ketahui oleh lapisan masyarakat bone @ setakat di internet saja.

      • dhany said

        itu cuman isu aja, sampai sekarang belum ada apa-apa itu kok.
        kata orang di bone, benda pusaka arung palakka diambil di musium.
        makanya dia marah.

  5. MUH ACHBAR H said

    assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu….maaf saya cuman ingin membetulkan apa yg sy dapat dan apa yg sy dengar langsung dr pelaku sejarah subhanallah…aku tlah di pertemukan dgn salah satu keturuna Wali pitue…yg sebenarnya..mereka ada sembilan wali…saya cuman mau berkonsultasi dgn apa yg sy dapatkan dan berinteraksi langsung bersama mereka …Mohon petunjuk dan dimana sy bisa,mencocokkan apa yg sy dapatkan dan yg tertulis di dalam lontara ke akkarungang…Mohon petunjukta…

  6. immong said

    bone pitu wali songo pole bone magairo engka gare malai krhisna………..

  7. Salwa said

    Tolong penjelasan Gambarnya.

    Apakah susunan namanya mulai dari kiri atas Syeck Yusuf, Petta Lasinrang, Arung Palakka (Petta to malampe gemmena),
    Kiri bawah KH. Harun, Pettabarang, Imam Lapeo, Dt. Sangkala.
    Mohon penjelasan . .

    oia,,, melalui kesempatan ini pula,,, mungkin saudara2 ada yg punya literatur mengenai nama2 besi serta pamornya yang menggunakan istilah bugis/makassar.

    balasan dari saudara2 sangat saya harapkan di email saya:
    juminten21@yahoo.co.id

  8. wija said

    ulasan tentang wali pitue diperpanjang dong, melo tokka missengngi

  9. AlKasTra said

    salam…budaya.. bisa ndk di tuliskan atau dikirim di e-mail saya tentang silsilah keturunan LA SINRANG “Bakka Lolona Sawitto”…mohon…ku…
    e-mail ku :alkastra_sdp@yahoo.com

  10. kandung said

    sejarah petta barang yang anda tulis tidak benar jangan dibuat bingun masyarakat bisa resah

    • Rustan said

      Kami Mohon maaf jika ada kesalahan, dan kami mohon anda memberi sedikit pandangan tentang Petta Barang, Tens atas infonya.

      • maaf,
        sy keturunan asli dri pettabarang,,
        dan di rumah sy ada silsilah keluarga..
        kakek sy Andi Ali Bintang Pettarakka adalah cucu dri pettabarang yg jga nama anak.a Andi Ahmad Bintang Petta Wawo..
        silahkan dtang ke rmah sy di Tamansudiang Indah..
        insyaallah dri ctatan puang sy, anda bisa mendapat sdikit informasi tentang PETTABARANG.

  11. arman said

    Hati2 terlalu menampilkan hal yg anda tampilkan…
    jangan terlalu berlebihan, bisa jadi beliau marah..

    • Kadri said

      Arman Nda usako terlalu berlebihan, semua kan pelaku sejarah Islam kenapa harus disembunyi teman……..
      dan inikan diskusi sambil belajar jadi kurang betul ya diperbaiki……… Kisah para nabi saja kita harus tau…….. tapi jangan lupa kalo Wali juga harus kita tau………..so…….kenapa harus disembunyi……..

  12. anak bugis sabah said

    aku ada gambar ni…tapi di bagi khas untuk aku…sampai sekarang aku tidak tahu tujuan pemberian itu….tapi saudara saya memberi saya setelah bermimpi/teringat tentang saya….

  13. IQ said

    Tentang Syekh yusuf Al-Makassary, kita semua sudah ketahui bagaimana sepak terjangnya dalam menyebarkan dan mengajarkan Agama Islan diNusantara sampai Afrika… dan menurut saya pribadi Beliau sangat pantas digolongkan sebagai Wali.

    Hanya saja(tanpa mengurangi rasa hormat saya) Yang perlu dipertanyakan ialah ke Enam orang lainnya yang belum kita ketahui persis seberapa besar kopntribusinya dalam mengajarkan dan menyebarkan Agama Islam…sehingga digolongkan Wali kalau ada tolong Infonya…???–khususnya Arung Palakka, apa karna hanya membebaskan Bone dari Gowa, ia dapat digolongkan Wali..??? lalu apa kontribusinya bagi penyebaran dan pengajaran Agama Islam..???

    • petta Puang said

      hati2 ki klu bicara, pasti orng gowa ki to… Arung Palakka termsuk wali pitue krn beliau sgt berjasa dlm membela agama Islam, diketahui bahwa kakek arung palkka matinroe ri bantaeng adlh orng pertm yg mmluk Islam di Bone, sgt kuat agamax…bgtu pula dgn arung palakka, beliau lh yg menyatukan msrkt sul sel dgn mlkkn perkawinan. klu mw tau lbh lanjut. pergiki di perguruan pencak silat “Nur Rachmat” di sn km bs bertemu bliau klu km mampu…

      • daeng olon'k said

        saya setuju dengan kita petta puang, kalau mau mendapat info tentang arung pallaka adallah walli pergilah ke sekertariat SBPS “NUR RACHMAT” di sana kita dpt mengutahuinya dan dapat kita bertemu kalau kita mampu………………….

      • kadir said

        aku setuju ama kamu.jadi kalau ndak tahu benerannya bagus kalau di tanyain dulu ama mana2 ahli zikir.bagus juga kamu tukarin nama iq tu kepada qi sebabnya dalam urusan yang begini nak usah kamu pake iq tapi gunain qi(qudrat iradat) nya.baru bisa tembus

      • Bukan Siapa siapa said

        @Petta Puang……….Apakah anda anggota perguruan pencak silat “Nur Rachmat”? Dimana alamatnya, saya mau kesana sapa tau saya juga bisa menimbah ilmu disana. Sekalian ingin belajar sejarahnya selengkapnya.

      • saung said

        setahu saya memang benar Arung Palakka membebaskan rakyat Bone dari kekuasaan Raja Gowa, akan tetapi tahukah saudara apa penyebab kenapa Kerjaan Bugis selalu di (maaf) dijajah oleh Kerajaan Gowa ? dikarenakan Kerajaan Bugis tak mau menerima Islam secara Kaffaf (menyeluruh). Saya dapat memahami mengapa anda sangat emosional menanggapi ini. namun fakta sejarah tak bisa diabaikan.Dan sampai sekarang dan mungkin sampai kapanpun orang bone memperjuangkan Arung Palakka sebagai pahlawan nasional tidak akan terwujud dikarenakan ada perjanjian yang sampai sekarang masih tersimpan dengan baik di Kerajaan Belanda antara Panglima Belanda pada waktu itu dengan Arung Palakka yang menyebabkan Sultah Hasanuddin memilih menanda tangani Perjanjian Bungaya, dikarenakan kita masih saudara. jika ingin dikatakan Arung Palakka sebagai wali, mungkin kita harus menilik lebih dahulu apa indikator sehingga seseorang dikatakan sebagai wali ? apakah wali menikam saudara sesusuan dari belakang ?? apakah seorang wali bekerjasama dengan kafir (Belanda) untuk menundukkan dan mengalahkan saudara sendiri ?? Perlu saudara ketahui Ilmu yang dimiliki oleh Arung Palakka adalah dari Gowa, semenjak kecil ia sudah diboyong oleh Karaeng Pattingalloang yang pada waktu itu adalah seorang Panglima Kerajaan Gowa, diajarkan semua kanuragan dan ilmu jiwa oleh beliau. Arung Palakka besar bersama Sultan Hasanuddin, bermain dan menimba ilmu dari satu guru yang sama yaitu Karaeng Pattingalloang. Arung Palakka dalam lingkup istana dikenal sebagai “Karaengna Bura’nea” atau Sejatinya Lelaki sedangkan Sultan Hasanuddin sebagai “Karaengna Turewayya” atau Sejatinya Pemberani.Hanya saja ternyata sang Panglima terkecoh oleh Arung Palakka pada saat kerajaan melakukan enpansi ke Kerajaan Buton, disaat kekuatan laskar hanya setengah ia menikam dari belakang dengan menyerang istana dan berusaha membunuh Sultan. Ia kemudian melarikan diri dari satu daerah ke daerah lain, diantaranya ke Buton dan terakhir ia ke Sunda Kelapa (Jakarta saat ini). Arung Palakka mungkin sakit hati karena kakeknya hancur lebur menjadi pasir ketika diminta mennegakkan islam secara kaffah namun beliau berkeras dengan hal hal mistik yang melenceng dari Islam sehingga beliau di buang ke dalam penumbukan padi dan ditumbuk oleh laskar kerajaan menjadi pasir dan itu dihadapan Arung Palakka.
        Saudara, janganlah terlalu membanggakan sesuatu yang hanya jadi cemoohan orang, Arung Palakka atau Karaengta Labbak songkok pada masa masa akhir hayatnya telah menyadari kesalahannya itu, namun apa hendak dikata nasi telah menjadi bubur, saudara telah dialirkan darahnya, anak telah dipisahkan dari ayah, ibu dan tanah kelahirannya (semua pejuang yang tidak mau turut degan Perjanjian Bungaya memilih berperang ditanah orang). dan asal saudara ketahui Arung Palakka tak mau dimakamkan di Tanah Bugis, dia lebih memilih dimakamkan di tanah Gowa, kalo saudara mau saya bisa antarkan ke makamnya di Sungguminasa. Dia menyesali semua kekhilafannya, menjadikan dua saudara bermusuhan selama berabad-abad, apakah saudara menghendaki ini terus terjadi…???

      • putra said

        sejarah gampang di belokkan. kalii.. kecuali dia yg melihat secara langsung,, dan cuma tuhan yg tahu. sekarang permasalahan nya adalah, dampak mereka semua itu sudah membuat negara kita bisa merdeka,, SETIDAK NYA HARGAI LAH.. ANDA TAHU, sulawesi adalah kepulauan yg jauh terpisah dari pulau jawa yg sudah di jajah belanda lebih dulu. pualau menyebabkan rakyat nya terisolasi dari ilmu pengetahuan saat itu. seandai nya arung palakka tidak bekerja sama dengan belanda apa bisa sulawesi bisa taklukkan belanda.. apa bisa sulawesi bisa mengenal senjata api, apa bisa sulawesi bisa tahu takti perang belanda, dan semua informasi yg bisa menguntungkan dari musuh. gk cuma sulawesi, tapi juga INDONESIA. aku rasa itu hanya perbedaan pendapat gowa dan bone.. lebih baik kita memulai untuk mempersatukan indonesia yg mulai rapuh seperti perlawanan indonesia yg sudah mulai modern. dan klw emang mw bicarain ini gk akan ada habis nya, gk tau yg mana yg bohong dan yg benar. thanks.

      • tenriewa said

        @Saung : Sedikit masukan, Jangan terlalu menganggap sejarah yang pernah kita baca itu adalah fakta karena itu ditulis oleh manusia yang “maaf” kebenarannya belum tentu.

        Kalau kita terlau mempercayai sejarah berarti anda percaya bahwa nenek moyang anda adalah Pithecantropus Erektrus yang merupakan evolusi dari kera.
        Tp itu adalah sejarah yang dibuat oleh manusia dan itu adalah kebenaran menurut sejarah (kebenaran yang kita sepakati di bidang ilmu sejarah).

        Sejarah yang merupapakan ilmu pendidikan landasannya selalu pada logika atau fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah.
        Padahal ada sesuatu hal yg merupakan fakta tp tidak bisa atau belum pernah dibuktikan secara ilmiah.

        Saya juga ingin mengambil contoh sejarah tentang Syeik Yusuf.
        Keberadaan atau siapa orang tua Syeikh Yusuf apakah anda bisa memastikan siapa ?

        Karena ada dua versi :
        Pertama versi lontara Makassar orang tua (Ayah) Syeikh Yusuf dipercaya adalah seorang Nabi Bernama Kh****. Dimana kemunculan beliau ditanah Bugis-Makassar secara tiba-tiba dan kepergiannya pun secara tiba.

        Untuk versi Sejarah sendiri orang tuanya (Ayah) adalah seorang Sultan dari Banten (kalau tidak salah)

        Namun kedua versi sama-sama menyebutkan bahwa Ibunya adalah seorang Putri dari Gallarang Moncongloe (salah satu kecamatan di kabupaten Maros).

        Benar atau salah hanya Allah swt yang mengetahui pasti.

        Kita hanya menjawab berdasarkan sumber yang kita baca karena kita bukan saksi sejarah.

        Jadi hati-hati dalam berkoar-koar apalagi manusia yang anda fitnah menurut kebenaran anda bukanlah sosok Manusia biasa.
        Mereka tidak pernah mengakui dirinya sebagai wali.

        Dan sedikit masukan juga buat yang membandingkan antara wali songo dan wali 7 mereka adalah sama tapi berbeda,

        Persamaan mereka adalah sama-sama wali, tapi keilmuwan mereka berbeda,
        Kita tidak bisa membandingkan karena mereka memang dibekali oelh ALLAH keilmuwan tersendiri yang secara garis besar dapat saya katakan bahwa wali songo di Tanah Jawa lebih menonjolkan Syariat (Bukan berarti mereka hanya memahami Syariat tp yang mereka tonjolkan kepada publik adalah syariat)

        Sementara wali 7 yang ada di sulawesi mereka diberi keilmuwan oleh Allah lebih menonjol pada pengenalan Islam dari segi Haqiqi melalui tareqat menuju ma’rifat.

        Mudah- mudahan saya tidak salah karena saya hanya manuasia yang masih belajar dari titik NOL.

        kalau ada pendapat yang lebih benar maka saya akan mengikuti

      • Djoko Lanang said

        Wah wah wah, rame reme, sayang sekali, Dr. Abu Hamid sudah mendahului kita. Tapi masih banyak ahli sejarah yang lain. Tanya ke ahlinya, datangi Unhas dan cari ahli sejarah antropologi budaya sul-sel. Kalau sudah ketemu, maka tidak ada lagi perselisihan pendapat. Dari sejak aku masih kecil saya mendengar Arung Palakka disebut penghianat. Siapa yang dihianati??? Andai pun beliau dijadikan sebagai pahlawan nasional, memangnya Indonesia sudah ada di saatu itu. Mari buka pikiran, wawasan, dan keseriusan mencari kebenaran. Namun setahu aku, Arung Palakka seorang Pahlawan, minimal untuk rakyatnya pada saat itu.

      • LA" TenriTaTTa said

        Sok pinter kamu,,,,!!
        pake nulis panjang lebar segala
        mang lo siapa sok-sok keliatan budayawan,,,!!

      • Tho Mate said

        Assalamualaikum..permisi dan mohon maaf sebelumnya..kenapa kita yg masih muda dan mungkin belum sampai lagi ilmunya tentang “KETUHANAN”,berbicara dengan gagah dan lantangnya seakan-akan diri kitalah yang paling benar.Maaf sebelumnya,janganlah kita melihat segala sesuatunya hanya dari satu sisi saja tapi cobalah kita melihat dari sisi-sisi yang lainnya,sehingga tidak ada perbedaan yang hanya menghasilkan perdebatan semata.Maaf sebelumnya,jangan membuat suatu statement yang kita sendiri belum tahu pasti akan kebenarannya karena semua itu adalah rahasiaNya..Mencari sesamanya Mencari..Sembunyi sesamanya Sembunyi..Rahasia sesamanya Rahasia..

    • andi husni said

      padecengi timutta ko ma’bicaraki,.,

      • andi said

        saung saya bangga sekali akan kepintaran anda dalam masalh sejarah..tp umurta brp…?apa anda termasuk pelaku sejarah…
        dan masalh ARUNG PALAKKA sebagai etnis bone saya tidak sependapat dengan sodara…kalo sultan hasanuddin orang yg bijaksana kenapa pula dia memaksakan dan menjajah bone….kalo bgitu berarti belanda dan sultan hasanuddin sama saja penjajah dan penjarah….krn masing masing memiliki kerajan atau sekarang ini negara yg harus di merdekakan.na sodara tinjau jg apa latar belakang dari sebab yg lain kenapa bisa terjadi perang anatara gowa dan bone…

      • to massi'qiri said

        asss…astagafirullah tabe pamomporika saung…..nda bisaki memfonis suatu kejadian bahwa apa yg sdah kita katakan itu adalah sesuatu fakta yg sebenarnya dan selayaknya Benar-sebenarnya…informasi bisa bertambah at berkurang terlepas dari kepentingan sang pemberi informasi…..sesungguhnya wali bukan hanya wali 7 at wali 9 banyak wali yg tdak kita ketahui yg ada didunia tergangtung amalan dari semasa hidupnya(paham menyatu dengan illahi)…karna sesungguhnya seoarang wali tdk akan mengetahui bahwa dirinya seorang wali …dan jika ada sejarah dalam wali 7 atau 9 atau wali yg lain yg mengatakan bahwa dirinya wali….yakinlah sodaraku bahwa dia bukan wali…dan jika ada narasumber yg berani mengakatan bahwa arung palakka pernah mengaku wali…berarti arung palakka bukan wali…wssslm

      • putra said

        setuju dengan andi

    • Fakhrul said

      Arung palakka adalah pahlawan tapi bukan golongan wali, yang saya ketahui dari Guru saya susunan Wali Pitue di Sulawesi Selatan antara lain :
      1) Syekh AL.MURKIN Asalnya dari Mekkah
      2) Syekh AL-JABARANI Asalnya dari China
      3) Syekh MUSTAFA AL FARADA Asalnya dari Melayu (Thailand)
      4) Syekh SOMPE A.SELLE Asalnya dari Soppeng (Sulawesi)
      5) Syekh YUSUF AL MAKASSARI Asalnya dari Makassar (Sulawesi)
      6) Syekh IMAM NIPANIPA Asalnya dari Bone (Sulawesi)
      7) Syekh MAKKADAMPUANG Asalnya dari Kajang Bulukumba (Sulawesi)
      Bagi yg mau menyanggah diatas hubungi PSP.AL JABARANI (Fahmi HP. 081242939545) Rappang – Sidrap Sulawesi Selatan
      Bagi yg pingin mendalami sejarah Bugis Makassar (Sejarah Kerajaan Bone, Makassar, Luwu) dan Sastra Bugis Kontak ( http://www.rappang.com )

      • MUHAMMAD ASYROF said

        kami dari keluarga alHakim /Nakhoda Yamani,; belawa orai apakah benar kami ini dari Yunan, Abaaanaa {datu moyang kami ada bukti dari China iaitu wang siling perak abad ke 4, wang siling Yunan dan Singkiang antara abad ke 12-16.

      • Djoko Lanang said

        La ya’rifu waliyullah illallah wa waliyyuhu, Ga ada yang tahu wali Allah kecuali Allah sendiri atau wali Allah lagi. Guru Pak Fakhrul mungkin wali, atau mendengar dari seorang wali, wallahu a’lam bishshawwab.

      • to kamase said

        mungkin ada benarx jg sappo.yg jelas arung palakka tdk ada msk daftar wali 7e.siapa yg melantiknya.

    • Fakhrul said

      Kalau mau buktikan bahwa Arung Palakka bukanlah Wali datang di PSP.Al Jabarani

      • klo bleh tau..
        letak jelas.a alamt itu d mana ???

      • Djoko Lanang said

        Apakah Arung Palakka wali atau bukan, tidak perlu dipersoalkan, toh tidak memberikan pengaruh apapun dalam kehidupan kita. Yang penting, jaga tuh lisan, karena yang aku tahu, yang disebut bangsawan itu adalah orang-orang yang memiilki adab pergaulan alias akhlak yang lebih baik daripada orang awam, atau to sama, memiliki pengetahuan lebih tinggi daripada to sama, memiliki integritas pribadi daripada to sama, dll. Dan perlu aku sampaikan bahwa jika ada wali Allah yang tidak mampu mendeteksi kewalian dari seseorang, bukan berarti secara serta merta kesimpulannya orang yang dideteksi bukan wali, bisa saja yang dideteksi itu maqam kewaliannya lebih tinggi daripada yang mencoba mendeteksi.
        Kalem, tenang, sabar lebih baik daripada tergesa-gesa. Misalnya menuduh ketidak-isalam-an, atau minimal meragukan keislaman, Arung Palakka hanya karena mengatakan dewata seuwwae, suatu kesimpulan yang gegabah. Orang Sunda mengatakan Gusti nu maha agung, orang Jawa mengatakan Kanjeng Gusti, apapun sebutan yang diucapkan yang merujuk kepada Sang Maha Pencipta, tidak mengurangi, atau pun menambah Kesucian-Nya. Subhanallahi amma yashifun, atau subhanallahi amma yusyrikun.
        Orang tuaku SERING juga mengatakan, AKKATENNING KO MBE’ (gaya Bugis Bone) LAO RI PUANG SEUWWAE. Pernyataan orang tuaku ini tidak mengisyaratkan sedikitpun bahwa beliau non Muslim. Nah makanya kita tidak usah persoalkan masalah Arung Palakka, Islam atau bukan!!!
        apakah Arung Palakka, wali atau bukan? Nah ini lebih parah lagi…. Kita (khususnya aku) bukan wali, lalu apa verifikasinya sehingga jatuh vonnis wali atau bukan bagi Arung Palakka??? Jadi, sudahlah, blog ini bertujuan baik saat dibuka oleh pemiliknya.
        Kalau bolwh aku sarankan kepada Host Blog ini, supaya berusaha semaksimal mungkin mencari informasi tentang sesuatu yang akan ditampilkan di page-nya. Semoga manfaat.

  14. andi' muslimin said

    elo’mika’ makku tana roidi,pikkugai pale’ sejarana aru salohe rikajuara, nasaba’ engka siwalia keturunanna nabitta muhamma, ta tulungnga sejarana manuru’ lontara’e.

  15. rusdi juraij said

    sedikit tanggapan buat yang mengunggulkan syekh yusuf dibanding dengan ke enam wali yang lain. tidak dipungkiri kontribusi seorang syekh yusuf dalam penyebaran islam, kemudian karena itu ia pantas disebut sebagai waliyullah. semoga tidak salah, saya hanya tidak yakin jika enam yang lain tidak pernah berdakwah, soal ukuran dakwah mereka tentu variatif, kemudian kewalian seseorang tidak selamanya bergantung pada ukuran atau kuantitas dakwah yang mereka lakukan. islam menawarkan berjuta-juta jalan (thariqah) dalam mendekatkan diri kepada-Nya. wallahu a’lam

  16. icca vanrita said

    cuma mamu tau aja…apakah para wali diatas(7 wali) hidup pada zaman yg sama….seperti halnya wali songo di jawa dalam versi filmnya…thanks sebelunnya?//

  17. lapatauu said

    tlng tampilkan juga sejarah tentang petta barang

  18. Andi Imran said

    Di jakarta ada salah satu makam keramat… yg bernama Dato Tonggara yg juga menjadi asal usul nama sebuah kecamatan di wilayah jakarta timur (kec. makassar)konon katanya beliau berasal dari makassar dan datang ke jakarta pada zaman penjajahan belanda bersama 3 org sahabatnya yg belum jelas nama2nya,namun asal-usulnya kurang jelas.mohon dicarikan informasinya dong??sapa tau ada yg tau lebih banyak tentang beliau…thanx…

  19. Nurhawaisa said

    Sy g’ tau perSiS sejarahx,, tp sy percaya kLw Mreka itU msiH menjaGa Masyarakat suLawesi seLatan, truTama yg MsiH ktUrunAnx… Jd Kpd maSyarkt SuLsel,, kLw Lg ShoLat atw Lg bikin aCara(syukuran), inGat2 toki’ cowdoNk Kirim doa/aL-FAtiHah UnTuk beliau2 itU…

  20. Elim Sahara said

    smua buku yg sy baca ttg arung palakka, tdk stupun yg menerangkan ttg keislaman beliau. dan stiap ada p’kataan bliau ttg tuhan yg di kutip tdk menyebutkan ALLAH melainkan DEWATA SEWWA. mohon info n p’jelasannya. trima kasih

    • petta Puang said

      dewata Sewwa dlm bhs bugis Adalah Tuhan. Sama ji klu blng ki puang allahu ta ala. Sebelum beliau berngkat ke Buton, beliau smpat ber nazar untuk mencukur rambutx dan memotong kerbau, untuk membesaskan rakyat bone dr panjajah an Gowa.

      • kadir said

        samalah itu ucapan HE LA LU YA dalam bahasa ibrani maksudnya ndak ada tuhan melainkan Allah.Yang terpenting adalah perjuangan bukannya mengharapin balasan.pokoknya kalau kita ini sebagai manusia yang menilai makanya sebab itu kita ndak boleh menjadi tuhan sebab ndak sama itu penilaian Allah sama itu penilaian kita.maaf dong ini cuma pendapat.ngak usah ribut2 ya

    • Pak Hakim Stress said

      Elim Sahara BoDOh BUANget LORh!!! uDAh taHU ARUNG PALAKKA RAja nYA BuGies BOne YA Tentu LAh iSlaM..AdaKAh BUgiS kerIstIAn???

  21. Astrajingga said

    assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu……… maaf sy cma ingin bertanya adakah cerita mengenai keislaman dari Arung Palakka??? sebab semua buku yg sy baca mengenai beliau…, tdk satupun kalimat ketika ia bertutur menyebut sang pencipta dengan sebutan ALLAH TAALA… melainkan DEWATA SEWWA. Sementara kita ketahui “DEWATA SEWA” berasal dri Hindu Budha??? mohon penjelasannya….. terimah kasih

    • Memang benar,karena orang tua kita dahulu berasal dari kepercayaan hindu,adt-adt hindu,jadi tidak salah kalau dalm artikel Arung Palakka masih Menyebut DEWATA SEWA,yang sama artinya Tuhan yang satu atau Esa.

  22. nagabonar said

    kenapa manusia tidak mencari ilmu yang membuat para wali pitua menjadi seorang wali.ulama2 sekarang hanya belajar islam hanya sebatas kulitnya saja,tanpa mencari dan menuntut ilmu apa yang wali pitua tuntut.itulah ilmu pengenalan dan ilmu rahasia kematian.

  23. Soufyan,S.Sos said

    ketujuh wali itu tidak berada pada zaman yang sama, contohnya arung palakka meninggal pada tgl 6 april 1696, petta barang atau petta pabarang berjuang pada tahun 1913

    • Iqbalnrl said

      @Soufyan: Sepengetahuan saya ketujuh wali tersebut tdk ada yg meninggal, melainkan mereka mallajang. tdk ada yg mengetahui kberadaan mereka.
      mksih….

  24. petta patau said

    ketika saya belum bersekolah,umur kurang lebih 4tahun hinggalah saya
    dewasa sering mendengar cerita dari orang banyak tentang petta barang yang isterinya 90 sembilanpuluh orang semuanya dan anaknya
    sangat ramai,dan biasa didapati di makassar sementara makan sirih
    dan diajak naik kereta ke pare pare,tetapi yang mengajak sangat heran,kerana setelah sampai didapatinya petta barang sudah ada makan
    sirih di pare pare.allahu a’lam.

  25. Aslm….tentang wali pitu, di buton, Sulawesi tenggara.. di kenal sebagai Miangka ila-ila (Wali po picu).., dan sampai saat ini mereka diyakini selalu datang pada masyarakat buton yg berada di perantauan, bila akan terjadi bencana atau kerusuhan.. dan biasanya mereka datang dalam bentuk yg berubah-ubah….

  26. Safri Haliding di Malaysia said

    Salam
    di Sulsel kita sangat bersyukur karena berasal dari keturunan pemikir dan pejuang islam, yang sangat terkenal sampai keluar negeri bahkan lebih besar dari wali songo hanya saja kurang publiksi dan penghargaan dari pemerintah maupun dari masyarakat sulsel itu sendiri, ditambah lgi tidak ada regenerasi ato upaya yg cukup masif untuk mengingatkan kita bahwa kita berasal dari keturunan wali besar.

    semoga ada upaya dari pemerintah maupun keturunan biologis langsung dari wali2 tersebut untuk membesarkan kembali dengan cara memodernisasi pergerakan baik dengan mempublikasi dokumentasi2 atau dokumen sehingga kita jadi sadar dan menghargai jasa2 para pemikir dan pejuang islam Sulsel dan Sulbar. Semoga

    Salam
    Safri Haliding
    International Islamic University Malaysia
    +60102671903

    • Yaya said

      Btul2…
      Slm knl dr sy
      apkh anda mmpunyai dokumen2x d sana? :-)
      thx

    • suardtaha said

      ass,pak safri saya sependapt dg bapak,saya sering mendpt intuisi untuk melakukan da,wah dengan metode para wali hanya saja sudah sangat berat pak,karna manusia jaman sekarang sudah terlalu jauh rasa cintanya pada dunia materi,sementara ajaran para wali umumnya mengenyampingkan materi dan mengutamakan spiritual,yang immaterial.yang saya rasakan ketika menerapkan apa2 yg saya ketahui setelah mengalami pengalaman spiritual ialah,bagaimana melawan nafsu kita sendiri yang cinta kebendaan(materi) dan mengisi hati kita dengan zikir dan berserah diri secara total sehingga segala apa yg di rasa oleh indra kita hanya semata utk Allah swt.insya Allah suatu saat sy akn hubungi bapak via tlp biar lbih dekat,wassalam suardi taha asal kab.barru sul-sel.

  27. Hrplus said

    Setahu saya (maaf klo salah) :
    Makna kata “wali” d jawa dgn “walli” d masy.bugis tdk sama, walli merujuk kepada orang2 hebat dan sakti dgn keahlian berbeda pada setiap daerah d tanah bugis. Syekh yusuf ahli agama, arung palakka ahli perang, dsb Beda dgn makna kata “wali” d jawa yg merujuk pada tokoh penyebar agama islam.

    • Yaya said

      Buat Hrplus, Sumbernya dari mn y? ttg penggunaan kata wali yang bbeda… thx

      • M. As'ad Lahiq said

        Kata wali songo, dpt diuraikan sbb; kata wali berasal dari wali Allah (bhs arab) yg artinya, kekasih Allah. Wali Songo berarti kekasih Allah yg berjumlah sembilan (songo=9. terimakasih semoga bisa dimaklumi.

      • S.A.Akhmad Karaeng Lolo said

        perlu saya luruskan…..
        Walli itu artinya kekasih.
        Walli PituE berarti kekasih yang jumlahnya 7 orang, mereka adalah orang-orang yang memilikisebuah kelebihan d luar batas kemampuan manusia biasa. ingatlah ketika Aru Palakka berkata:”
        compaka sikedda mata,larika nasappuru anging, compaka sicompareng mata essoe”

      • putra said

        sama saja,, ampun dah kyk gini di debatkan.. tau tidak cerita wali songo yg membangun masjid, ketika membelah kayu ada serangga yg lewat dan terbelah, lalu beliau menyambung nya dengan pecahan kayu tersebut.. please deeh itu bukan orang yg memiliki kelebihan yah?????? apa anda bisa beribadah seperti wali2 yg di maksud????? BISAAA??? apa itu bukan kelebihan juga. sama aja ini maah.. ampuun dah..

    • kadir said

      memang masyarakat bugis yng kedua karektornya begitu.namun jgn kamu lupa hebat nya tokoh bugis tu pabila ada kedua2 karektor tersebut.siapa bilang s yusuf hanya pendakwah ndak tokoh pejuang dan siapa bilang si arung palaka tokoh pejuang bukannya mubaligh.kalau ndak percaya nah… tanya sama saya atau lebih bagus di tanya sama tuan punya diri.caranya…….makan gado-gado

    • manusia biasa said

      pendapat yg tepat

  28. Hrplus said

    Setahu saya (maaf klo salah) :
    1.Makna kata “wali” d jawa dgn “walli” d masy.bugis tdk sama, walli merujuk kepada orang2 hebat dan sakti dgn keahlian berbeda pada setiap daerah d tanah bugis. Syekh yusuf ahli agama, arung palakka ahli perang, dsb dg 1 persamaan yakni d hargai/dhormati sama masyarakat bugis. Beda dgn makna kata “wali” d jawa yg merujuk pada tokoh penyebar agama islam.
    2. Keberadaan walli pitu merupakan pengakuan org bgs tentang kebesaran suku bugis. Bugis punya ahli agama, ahli perang, raja yg hebat dst.
    3. Kata2 “Dewata Sewwae” sudah jarang d dengar tapi kata “Puang Sewwae” masih sering di pakai, kata tersebut sering d pakai dalam khotbah atau ceramah berbahasa bugis d mesjid. “Sewwae” bermakna satu untuk semua orang
    Jadi kata Puang Sewwae sama dengan majikan/tuan/penguasa yg satu untuk semua org yaitu Allah Ta’ala.

    • Yaya said

      menanggapi yg no.2
      Wali Pitu bkn cuma dari tanah Bugis, karena Imam Lapeo berasal dr desa Lapeo, Polewali Mandar,
      Sulawesi Barat :-)
      thx

      • ma’af,,,, klo tdk salah disitu foto wali 7 tdk ada imam lapeo…..hanya saja orang yg menemakannya di poto itu ada imam lapeo padahal tdk ada dipoto itu. dan klo pun ada itu suah jelas poto baru di edit…trimksh…..

  29. HASANUDDIN said

    TOLONG DG KRIMIN SYA ARTKEL KETURUNAN PETABARANG

  30. akbar adha said

    tolong kisah.x petta barang (petta to risappae) donk…?

  31. ambo asse said

    sy ini hidup di rantau adakah yang dpt memberikan sejarah PETTA JANGGO yang ada di batu-batu soppeng

    • alam said

      Ass. Ambo Asse, saya dr. alam, Apakah yang dimaksud dgn PETTA JANGGO adalah Latulekkeng janggo belokka (puanna pate’e) ?

      Saya juga lahir besar di rantau, kedua ortu asli sidrap (allakuang dan amparita). silsilah yang saya tahu adalah buku silsilah sisampulollo allakuang (karya Drs. Muhammad Salim/penerjemah I Lagaligo).

      Saya Keturunan La Massuareng Arung Lempong. punya 2 anak yaitu I Weabu Besse ingkajo dan I Besse, Ibesse kawin dgn Lamakumpelle melahirkan Latulekkeng janggo belokka (puanna pate’e) melahirkan Lapate’e (Arung batu batu) dr istri pertama yg belum diketahui namanya bermukim di batu batu Kab. Soppeng. & istri kedua bernama I Pinra melahirkan anak 3 La Sanre arung belokka, Lamalloriseng (puanna badak), I Soji melahirkan I Salima.

  32. abdullah said

    setelah membaca artikel diatas saya baru tahu ternyata ada persepsi lain mengenai wali pitue…..setahu saya wali pitue itu adalah ulama2 besar yang menyebarkan islam di sulsel…seperti syeikh yusuf, datu patimang, datuk ditiro, datuk ribandang, imam lapeo, sultan hasanuddin, sayyid jamaluddin al akbar (kakek walisongo/sunan ampel yang makamnya ada di desa tosora)….majelis kami tiap bulan sya`ban menziarahi mereka (kecuali imam lapeo)

    • Aim said

      Sultan hasanuddin BUKAN WALI….

      • ramadhan attoher said

        siapa – siapa waliyullah itu urusan Allah ta’la. hanya waliyullah yang kenal dengan waliyullah lainnxa. itupun tidak semua. sultan Hasanuddin tidak mustahil beliau adalah seorang waliyullah. waallahuu a’lam .

      • tiar dari tiro said

        belum bisa dipastikan kalo beliau bukan wali…….waallahu a’lam….

  33. anwar said

    saya tidak yakin seorang arung palakka adalah wali Allah.
    mohon di buktikan..

    • andi said

      kalo sodara tidak yakin lalu apa yang sodara yakini tentang arung palakka ?
      bukti nya di ceppalagi pallete apa anda bisa melakukan hal itu…

      • Gear bOy Brandlan said

        bTuL cKaP C aNdI ,,,BnYaK SjArAh2 Di uMaH SoBa yG mMbKtIkAn aRuNg pAlAkKa wAlI.,.HiNgGa kInI RaKyAt bOnE PrCaYa aRuNg pAlAkKa aDaLaH WaLi,.,,.,.,

  34. dhany said

    yero mo wali pitue,,,yero mo wali songo ???
    cocok ni gah cappo’ ????

  35. Tabe Ta arajang’ka addampeng…
    takiringengka silsilah’na Petta Salangketo sibawa Petta Lacella Pili,
    nasaba iya termasuk wija-wijanna.

  36. Hajriana said

    Sebagai ana’ ogi, alangkah baiknya kita mengenal tokoh-tokoh sejarah yg menyebarkan Islam, selain menambah wawasan juga lebih mengenal suku sendiri.
    Terima kasih

  37. Alif said

    saya cuman nanyak….
    apa ada yg tau ttg seorang yg brnama SAURI GADING…?

    • tiar dari tiro said

      Saweri Gading……atau Sauri Gading??

      • MUHAMMAD ASYROF said

        SaweriGading ialah Lamadukelleng/Datu Kleng/ Puna Ware menikah dengan We Chudai putri Tiongkok,Beliau seorang keptan Kapal ke Jawa, Sumbawa dan Melaka. Adik kembar Sawerigading perempuan iaitu Wetrienyabeng (gadis yang cantik)-Nasab — Datu Luwu menikah dengan Siti Malangkai beranakkan Datu Palangek-eh,beranakkan Betara Guru beranakkan Betara Lattuk beranakkan Sawerigading beranakkan LaGaligoh.
        Allah lebih mengetahui segala2nya. Pelajari nasab keturunan untuk mendapatkan silaturrahim.
        sumber dari wija fabicara.arab bugis wajo benut Johor Malaysia.

  38. aldhy said

    tolong kirimkan foto dan artikel tentang Petta Barang,

  39. La Nawa said

    melo’ka makkutana lao ri olo alebbiretta’ maneng,
    tegai pole assalenna iyaro gambara walli pitue,pekkoi carana taisseng makkeda iyaro walli pitue? nasaba de’nasembarang tau wedding mitai walli pitue,apalagi nafotoi…

  40. Ahmad Munir Gani Tamba said

    asamalamu’alaikum,saya lahir di samarinda, sejarahnya keluarga saya bisa sampai di samarinda, ketika pada jaman penjajah dato saya yang bernama TAMBA dgn saudara perempuan nya bernama Nenek SOGI, pada umur beliau 10 Th untuk menghidari para penjajah untuk membunuh keturunannya, dato dan nene saya di asingkan ( ikut kapal nelayan bugis menuju kaltim “muara badak ” ), saya mencari silsilah Dato saya karena keluarga Orang tua saya tidak mengetahui silsilahnya…..dan dato Tamba memang tidak memberi tau…..”yang saya mau tanyakan….peristiwa “MUSU BELAWA” itu peristiwa apa ???

  41. hary said

    wali pitue hebat… bisa kena jepret kamera, apa mungkin?
    Tuanta Salamaka Musuh Belanda, arung Palakka teman belanda.. logis kah?
    jangan sembarangan memberi nama pada koleksi foto2 anda, kami jadi bingung???
    ato ini hanya sekedar upaya pengkultusan seseorang dengan mendompleng nama besar Tuanta Salamaka?
    Thank you, mohon kaji lebih jauh.. kami jadi bingung

    • S.A.Akhmad Karaeng Lolo said

      Aru Palakka memusuhi gowa pada waktu pemerintahan Sultan Hasanuddin yang merupakan Anak dari Sultan Malikussaid yang mana SUltan Malikussai adalah cucu dari Syekh Yusuf Tuanta Salamaka.
      Ada dua faktor yang menyebabkan Aru Palakka bekerja sama dengan Belanda untuk menghancurkan Kerajaan Gowa. yang pertama adalah Dendam pribadi dan yang kedua adalah ingin membebaskan rakyat Bone dari hegemoni Kerajaan Gowa_Makassar yang berkuasa di waktu itu

      • masuk akal kata dg sa akhmad,…kalau saya sih ngeliatnya orang bugis terlalu mengangkat2 ar palakka, hmm kalau dipikir2 bekerja sama dengan belanda ..namanya apa ya…sama seperti cerita di banten ada keluarga kerajaan banten yg berkerja sama dengan voc.

      • Mars Saleh said

        Assalamu;alaikum..Wr Wb..
        Kepaoa saudaraku warga sulawesi suku apa saja, terlebih dahulu saya mohon maaf yg se besar2nya kpd kita semua..saya jadi miris atau sedih membaca polemik saudara2 tentang penomena “WALI PITUE”. Saudaraku sekalian…ketahuilah bahwa mereka Yaitu Wali Pitue berada dalam satu misi yaitu mengajarkan Umat Manusia tentang Tauhid, memang latar belakang mereka berbeda dan zaman mereka juga tidak bersamaan tapi saat ini dan seterusnya mereka selalu bahu membahu saling membantu dan saling menghargai.kembali saya mohon maaf kpd semua bukannya saya so’ pintar atau so’ tau tapi saya punya pemgalaman tentang mereka karena saya adalah murid Mereka yg sudah setahun lebih dalam bimbingan beliau, tapi itu tak terlalu penting. Yang saya kira sangat penting disini adalah apa yg beliau ajarkan yaitu Tauhid kalau mau lebih spesifik yaitu MA’RIFATULLAH( mengenal ALLAH ) sbagai jalan keselamatan duni dan akhirat.Saudaraku sekalian melalui Blog ini saya mohon pada kita sekali agar berhenti berdebat dan dan mari kita benahi diri untuk menghadapi akhirat yg dahsyat.

      • Mahdi said

        Anti-penghianat @ “lalu disebut apa saudara yg menistakan/menjajah saudaranya?, aru palakka anda sebut penghianat karna dianggap beliau seorang saudara yg memerangi saudaranya, Belanda lebih mending krn kita tdk punya hubungan kekerabatan sama sekali, tapi.., ada saudara menjajah saudaranya…Maaf maaf ini, itu lebih hina dari Belanda.” Tabe’….

  42. Mahdi said

    Saya juga mencari informasi mengenai silsilah keturunan Pettabarang !,saya 30 tahun to bugis barru, kakek dari bapak saya katanya ketika bayi muncul secara tiba-tiba dan tidak diketahui orang tuanya dan dipelihara oleh orang yg bernama “La Niang”. ada yg mengatakan dia keturunan to “manurung”, sehingga ada keluarga yg menginformasikan kalau dia sesungguhnya salah satu putra dari Pettabarang, dulu semasa hidupnya oleh orang2 disekitarnya di gelari “LaPaccing”, dan lebih dikenal dengan nama “Suro Lapaccing”. Peran pentingnya semasa hidupnya yg sering diceritakan adalah ketika akan dilakukan pelantikan raja Barru di “AllantirengngE”, beliaulah yang berperan mengambil “Songkok To Bone” di KErajaan Bone dengan cara berjalan kaki pergi pulang dalam waktu yang singkat. Saya ingin mempertegas mengenai silsilah keturunannya, siapa sebenarnya buyut saya itu dan dari mana asalnya. Apa benar dia terkait dengan Petta Barang atau tidak. mohon informasi “sureng-sureng malebbikeng” yang mengetahui atau punya informasi apapun yang bisa membantu saya. Trims sebelumnya. saya tunggu emailnya di:dirganusa@yahoo.co.id

  43. Assalam,,,,benar Arung Palakka bukanlah raja di kab. Bone,dan bukan penyebar agama islam,tetapi dia adlah seorang kepala pemerintahan di kecamatan palakka waktu itu,dan kalau dia di masukkan dalam daftar wali pitue,mohon pembuktiannya,,,Arung Palakka di angkat oleh Raja Bone dari dusun Uru ( kec.Lappariaja )untuk menduduki kepala dusun pada waktu itu di palakka,,,,,yang sekarang setingkat Kepala Kecamatan.

    • S.A.Akhmad Karaeng Lolo said

      Aru Palakka adalah anak dari Sombayya di Gowa yang juga pernah memerintah di Bone.
      Beliau adalah Lamaddukkellleng Petta Barrang Karaeng Mappasomba.

  44. lundhy'e said

    sy adlh kturunan langsung dri pettabarang.
    jika ad yg ingin lbih tw ttg silsilah kturunan pettabarang..
    silahkn koment ke email sy.

  45. Iloe said

    Marilah Kita bersama-sama Melestarikan Apa Yang leluhur kita wariskan, Karena Sanagat besar pengaruh Beliau2 itu kepada kita2 semua yang hanya bisa membangakan nenek moyang kita, Utamanya bagi kita yang merantau. Kalau Perlu Yang merasa Orang Sulawesi marilah bersama2 kita perhatikan Orang2 yang betul2 masih sangat peduli dan meluangkan waktu dan pikirannya menghidupkan Apa2 yang menyangkut Kejayaan Nenek moyang Kita.

  46. man said

    Ass.. dan Mohon Maaf mau nanya,.. apakah tahu mengenai karaeng/Puang labbang? apa dia termasuk wali pitue?

    • prince.siang@yahoo.co.id said

      YTh saudara Man apakah yang anda maksud syekh abu bakar bin fichren atau Puang Labbang Khalifah Khalawatiah yang Di KUburkan di Biraeng Pangkep? kalau Beliau yang anda Maksud silahkan kirim pertanyaan anda di Email saya.. Hormatku…

  47. hamsyogi said

    teman smua gk ush bedebt gitu,kt sukuri saja karna kt pnya sejarah pahlw/wali yg sngt hbt.di bndingkn dngan kampung2 yg lain,mereka jg ingin ada sejarah tp tdk ada,mgkn aja ada tp tdk sehbt para pahlwn sulsel.seharusnya kt smua bngga.tdk brdbt sprti ini.cm satu yg sygkn,kenapa cerita/sjarah para wali kt tdk filmkan seperiti cerita wali songo,sehingga bnyak org bugis tdk tau kalo mereka pnya crta pahlawn hbt.dan seakan2n trlupan oleh pmrintah.tlng di usulkn.tabe permisi

    • satria said

      betul bro………… buat ap kita perdebatkn msalahwali 7… hrsny tuh bsa pda ma’pikkiri’……..
      hidupmu sdh menuju bnar ap blum…. para wali 7 juga di alam lain justru malu melihat tingkah lakuketurunanny,…
      jarang yng mau bnar,.. bljrlh sdikit2 msalah ilmu akhrat,.. jngn hanya slalu andalkn otot,…..
      satria_logawa. wija to luwu.

  48. hamsyogi said

    teman smua gk ush bedebt gitu,kt sukuri saja karna kt pnya sejarah pahlw/wali yg sngt hbt.di bndingkn dngan kampung2 yg lain,mereka jg ingin ada sejarah tp tdk ada,mgkn aja ada tp tdk sehbt para pahlwn sulsel.seharusnya kt smua bngga.tdk brdbt sprti ini.cm satu yg sygkn,kenapa cerita/sjarah para wali kt tdk filmkan seperiti cerita wali songo,sehingga bnyak org bugis tdk tau kalo mereka pnya crta pahlawn hbt.dan seakan2n trlupan oleh pmrintah.tlng di usulkn.tabe permisi mariki cappo

  49. nanda said

    tolong dong kupas lebih lengkap tentang petta barang, trus pengejaan namanya petta bara ato petta barang?

    yg kudengar dari cerita orang tua aq tuh, pette bara menghilang beserta kuda bersama kuda putihnya naik melewati/naik pohon kelapa, beliau menghilang bersama anak kemenakannya diusia klo salah 40 ato 30an lah, beliau tidak menikah ,tidak memiliki keturunan, namun memiliki 2 saudara dan bebrapa kemenakan, nah makanya aq mau memperjelas cerita tersebut,…….???

    ada g rfrensi tentang pette bara, klo ada bisa minta g alamat webnya………????

  50. Herwin said

    Ass, mau tanyakan tentang sejarah “Arung Palakka” banyak org menganggap bahwa dia adalah pemberontak, Apakah Arung Palakka adalah memang pemberontak atau bagaimana? Soalnya sy dari Kec. Lappariaja, tapi sudah lama dirantauan.

    • musail andi pettalolo said

      wss.wb.menurut yang saya dengar dari orang tua dan keluarga di sidrap dan bone bahwasanya arungpalakka sebenarnya bukan pemberontak sebab pada masa peperangan kerajaan bone-mks melawan belanda beliau mendatangi markas belanda dan dibawa disemenanjung selatan kerajaaan buton untuk melumpuhkan orang belanda pada waktu itu dengan cara sembunyi2 tanpa diketahui oleh pemerintah belanda dan mengambil siasat agar belanda tidak masuk kawasan selat mks ternyata ide dan siasatnya berhasil penuh..sehingga bone dan kerajaan gowa pada waktu itu mengira bahwa arung palakka bekerjasama dengan belanda untuk menghancurkan keduanya….ternyata beliau menyelematkan serangan belanda terhadap musuhnya ditana ugie’jadi salah besar klo kita menyebut arung palakka sebagai pemberontak

      • S.A.Akhmad Karaeng Lolo said

        salahki’ kayaknya sappo’

      • WALLI PITUE,,,,puangnge baweng missengi! 1 yg pasti & tdk terbantahkan..Tuanta salamaka,SYECH YUSUF..dari kerajaan GOwa-tallo adalah WALI BESAR!!! BUKAN dari BUGIS…! yang laen nya, masi blum ada REFERENSI DAN DASAR YG KUAT !! yg tak terbantahkan juga adalah BONE bekas daerah jajahan kerajaan GOWA bersama krajaan LUWU…dan merdeka serta diakui, krn hasil dri perjanjian BUNGAYA..dimana sarat dengan intervensi penjajah belanda, yg waktu itu bersekutu dengan ARUNG PALAKKA!!! tabe dich,,,FAKTA!!!

      • karaeng saung said

        Saudara yang sebenarnya terjadi adalah pada saat laskar kerajaan Gowa menyerang ke Buton , di belakang Aru Palakka menyerang Istana Kerajaan, ini dilakukan karena melihat kekuatan pasukan hanya setengah, namun usahanya ini sia2 karena dia dapat dipukul mundur oleh Pa’lapak Barambang dari Sultan sendiri.Pada saat Buton berhasil ditaklukkan datanglah pembawa pesan kerajaan bila Aru Palakka telah melakukan makar terhadap Kerajaan Gowa, maka kembalilah laskar pasukan dari Buton. Aru Palakka sendiri melarikan diri dari satu daerah ke daerah lain, salah satunya adalah ke Buton karena dia mengiara tentunya Sultan Buton akan menolongnya karena kerajaannya telah ditaklukkan. Dan memang benar ia disembunyikan oleh sultan Buton. Ketika laskar yang mengejarnya mengikuti hingga ke Buton dan bertanya kepada sultan, beliau menjawab ” sakit mulut kami (pogekang, bhs Makassar) kalo aru palakka ada diatas tanah buton”, memang benar ia tdk diatas tanah Buton karena disembunyikan dibawah tanah, tetapi beliau salah karena dibawah tanah sekalipun aru pelakka tetap diatas tanah Buton, maka sampai sekarang keturunan sultan Buton mulutnya sakit dibagian sudut mulut mereka (pogekang, bhs Makassar). Jadi jangan membalikkan fakta sejarah. Sampai sekarang surat perjanjian antara Cornelis De Spellmann dan Aru Palakka masih tersimpan dengan baik di negeri Belanda, jadi sampai kiamat duniapun Aru Palakka tidak akan pernah diberi gelar Pahlawan oleh Pemerintah,karena memang ia berkhianat. Itulah mengapa sampai sekarangpun kalo ada yang memukul sesorang kemudian lari pasti dia dikatai “ammajji bugisi ki” karena itulah faktanya. Sudah banyak wali yang hidup di masa penjajahan diberi gelar Pahlawan oleh Pemerintah, tapi Aru Palakka….???? coba mi perjuangkan kita lihat sampai dimana saudara memperjuangkannya kalo itu surat perjanjian diperlihatkan.

      • Fakhrul said

        Yang saya tau dari ketujuh gambar itu hanya Syekh Yusuf Al Makassari adalah termasuk wali pitue di Sulawesi Selatan (tau rappeng)

    • putra said

      jangan membahas sesuatu yg berbau adu domba. kalian tau sendiri kan keluarga kturunan dara biru sulawesi selatan itu 1 keturunan semua. biar lah sejarah yg kalian tau itu musuh, tapi jangan mengadu domba O.K. kata2 mu itu bisa bikin perpecahan. propokator.
      ini kan cuma tempat informasi saja, bukan buat saling menjatuh kan..

  51. asssalamualaikum …… salam satu bugis satu lino………… semoga kekal bugis berlandaskan syariatu RASULULLAH S.A.W…….. insya Allah…

    • walli pitue,,,,puangnge baweng missengi! 1 yg pasti & tdk terbantahkan..Tuanta salamaka,syech yusuf..dari kerajaan GOwa-tallo adalah WALI besar!!! bukan dari bugis…! yang laen nya, masi blum ada referensi dan dasar yang kuat!! yg tak terbantahkan juga adalah Bone bekas daedrah jajahan kerajaan Gowa…dan merdeka serta diakui, krn hasil dri perjanjian bungaya..dimana sarat dengan intervensi penjajah belanda, yg waktu itu bersekutu dengan Arng Palakka!!! tae dich,,,FAKTA!!!

      • jangan bangga mas bro. Wali pitu itu nda ada dlm alqur’an. Smua manusia dimuka bumi ini sama hanya amal dan ibadah yg membedakan.nya. Aga maneng ku melo’ sangi’ sirempe kata2 pis bro.. ddunia ini tdk ada yg menyamai rasulullah Saw. Siapapun pahlawan itu.. Diantara para wali itu (tak ada yg menyebut drix wali) N mengenai keislaman. Mari qt buktikan dgn menjalani khdupan dgn sbaik2x khdupan..
        Saya bugis makasar sy tdk trlalu pcya sjarah dtana bugis makasar krn sy tdk lhr pda jaman itu bsa jd sy kturunan arung palakka atau sltn hasanudin atau petta barang atau syekh yusuf.. hehehe pis bro.. Hanya ALLAH MAHA TAU. Mskpun sy org bugis sy lht bnyk bangga jd bugis..? Pdhl diakhrat nanti gk ada thu nanya. Eh km org bugis. Sini sini msuk surga.. :D yg ada thu pertimbangan Amal. Diakhrat qt (islam) jd saksi kekafiran seseorg. Qt akn brgabung dlm sklompok umat yg dpimpin nabi MUHAMMAD.SAW. Jdi gk usa repot2 urusin hal2 yg jauh dr agama islam.
        Jgn harap kau bisa tenang jka drimu trus dlanda rasa kebencian. Tahu kah anda tlah kembali di jaman jahiliah. Dmana org2 lbh menegakkan hukum leluhur dibanding HUKUM ALLAH.. “Naudzubillah”

      • Fakhrul said

        kalau anda turunan Bone,Luwu,Gowa Buka http://www.rappang.com silahkan baca refrensi sejarah

      • Amir Daus said

        kalau masing masing mempertankan kebenaran yg belum tentu benanr repot kodong bisa kembali perang saudara percayalah Atau memang saudaraku darimakassar sengaja memancing orang bugis dengan mengatakan leluhurnya penghianat kamusalah sipa yang dihianati Arung Palakka Kalau anda mengatakan Arung Palakka Penghianat Samaja Lebih Penghinat lagi Sultan Hanuding Penjajah Saudaranya sendi pake kerja paksa lagi kan lebih kejam dari belanda wajar Arung Palakka Mengadakan Perlawanan Tabe Tajagai Ada-adata aja takapau pau masolakko matu daeng lebaik kita bahas bagai mana kita bersatu mebangun negri kita sulawesi selatan bersama Penjajah dan penghinat sekarang yang perlu kita berantas bersam , mauki tau KURUPTOR siapapun bugis,makssar dll ok Salam kompak selalu.
        saya Bgis Bone Dan Makssar tinggal di ranta (Jambi)

  52. Raman Hj said

    Salam semua saudar islamku…aku tertarik apa yg diperbicangkan yaitu wali pitue sul sel,. sebenarnya dalam kontek ini kita hanya mendenganr cerita dr teman2 dan dri orang tua2 terdahulu..dan tentunya ada yg bisa jwab persoalan ini..kerna pendapat saya..andainya wali2 yg disebutkan itu adalah wali…maka tiada yg mustahil murid2nya dan salasila perguruanya masih ada harapan utk diketahu selanjutnya….kerna perguruan wali2 sungguh tertib beradab dan dan dia lbh tahu apa yg kita belum tahu so,bisa kita kongsi bersama agar tidak keberatan utk mmberitahukan akan alamta dan siapa muridnya yg masih ada..disanalah segalanya…tq

  53. daeng faiz bugieskaltim said

    terima kasih infonya silessureng,,,, saya minta izin mengcopy file anda untuk di masukkan di COMMUNITY BOEGIES CENTER (CBC),,,,,

  54. S.A.Akhmad Karaeng Lolo said

    dikit masukan dari saya.
    nama-nama raja dulu memiliki banyak nama.itu disebabkan karena setiap daerah yang dikuasainya mereka menyambunyikan identitasnya.
    saya akan mencobamenyebutkan isi dari ade’ pitue mulai dari kanan atas,
    syekh Yusuf Tajul Khalwati Tuanta Salama’,Lamaddukelleng Lamaddussila La Sinrang Petta Barrang Karaeng Mappasomba,La Tenri Tatta’ Aru Palakka Petta Malampe’E Gemme’na To’ Appaunru Petta Tenri Sompae Datu Mario ri Wawo Karaeng Serang SUltan Sa’auddin.
    di Bawah dari kanan:Petta Ureng,A.mappanyukki Petta Massongko pulawengE,Aru Labuaja Petta Betta,dan Petta Tuju Karaeng Tuju
    maaf law ada yang tidak sepaham

  55. bittogel said

    Salamki to salama maneng ripunnae assalamareng..

  56. Rahmat S said

    Saya adalah keturunan dari Arung Palakka. Ibu dari kakek saya masih tertulis dalam silsilah lontara. beberapa hari yang lalu, saya tunjukkan foto walli pitue dia atas kepada kakek saya. beliau sangat berkeinginan untuk memiliki foto tersebut. sayangnya, setelah di print, hasilnya kurang bagus (pecah). Bagi yang punya foto wallipitue yang high-res, tolong kirim ke email saya: matt_oge@yahoo.com

    terimkasih sebelumnya

  57. ANDI IRMAN NUR PANANDRANG said

    maaf mnambhkan sdikit sklgus mnengahi prmsalahn ini …ttang pngthuan sy dr nenek sy kturunan lngsung dr datu luwu SETTIARAJA mngnai latenritatta petta to malempe’e gemme’na kr nenek sy ada pd prtempuran antara gowa dan bone pd saat itu yg mlibatkan pasukan khusus krajaan luwu dr rongkong yg dijadikan ujung tombak olh GOWA pd saat itu,beliau mnjleskan sblum wafat bahwa WILYAH KEKUASAAN Arung palakka pd saaT itu dikuasai gowa dan ditahan raja gowa bersama bapak dan kakekx srta prajuritx dan dipksa krja rodi utk mbangun benteng somba opu Yg dprsiapkan utk mnahan serangan dr VOC,tp bliau tdk ditahan malah bliau bljar ttng adat istiadat sama kakekx mangkubumi pd saat itu,tp bliau tdk tega mlhat prjuritx utk krj rodi,dan lbh parah lg bapak dan kakekx dicambuk oleh raja gowa dan trakhir bliau tdk mampu lg tahn pd saat ayah dan kakekx di penggal keplax olh raja gowa krn mlawan dan tdk mampu lg disiksa olh pmrintah gowa pd saat itu,brsamaan pd saat pesta panen di krajaan TALLO,para pmbsar krjaan gowa ke tallomdg ksmpatan itulah diambl olh Arung palakka utk mloloskan diri akhirx mampu ke soppeng ke ibunda LATENRISUI sklgus addatuang RI SOPPENG SEKLIGUS sepupu satu kali i mallombassang dgn mattawang alias sultan hasanuddin utk mnta biaya ke buton utk brgabung dgn VOC dgn niat akn mbebaskan pndritaan rakyatx,sampai akhirx ke BATAVIA utk blajar taktik perang ala VOC slma 4 thn, 4 bln, 4 hr dan slma itu tdk prnah ptong rambut krn yg ada dlm tekat adlah mbbaskan rakyatx dr penindasan dr gowa ‘jd pendek kata dimata ETNIS MAKASSAR dia adalah pemberontak krn brgabung dgn Voc.Tp dimata ETNIS BUGIS dia adlah PAHLAWAN SEJATI YG BEHASIL MEMBEBASKAN PENDERITAAN RAKYAT DR PENINDASAN RAJA GOWA…murut nenek sy sebenarx pd saat itu GOWA mnta bantuan dr datu LUWU tp datu settiaraja perahux dihantam badai diperairan selayar akhirx trdamapr ke BUTON dan luwu pun dikuasai VOC,yg niat awalx mnbantu gowa akhirx ada dipihak BONE yg akhirx dijadikan ujung tombak di pihak BONE dan VOC..jd yg diadu adlah LUWU DGN LUWU..LUWU DILEMA..perang mletus tp GOWA dipaksa mundur utk mnandatangani prjanjian BONGAYA…JD MAKKORO CERITAX SULESSURENG,.taddampengekka mappammula cappa ajeta lettu cappa gemme’ta narekko de’ nasicoco’ paddissengetta risesena antara GOWA – BONE

  58. ANDI IRMAN NUR PANANDRANG said

    MAAF SAPPO,sy commet sdikit.ARUNG PALAKKA adalah arung di palakka,smua yg prnah mnjabat arung dipalakka adlah namax arung palakka,,tp arung palakka yg mnjadi PRDEBATAN SAAT INI,arung pd saat itu adlah LATENRITATTA PETTA TO MALAMPEE GEMMENA sekalgus diangkt jd PETTA Mangkaue ri BONE,dan dia keturnan TELLU BOCCOE yaitu dara BONE,GOWA DAN SOPENG,,dmna ibux adlah anak dr SOMBAYYA rigowa MAKAX NAMA gowax adlah karaeng SERANG DAN KETURUNAN ADDATUANG RISOPPENG yaitu LATENRISUI DATU MARIO RIWAWO.nama soppengx adalah ANDI MAPPASOMBA..bapakx adlah asli WIJA TO BONE yg mnjabat ARUNG DI WATANG PALAKKA..krn dibone baxk arung saudara,sepengathuan sy ada 7 arung,,mulai dr arung lamuru sampai arung labuaja..itulah wilayah wilayah kekuassan MANGKAU RIBONE

  59. amsal arna said

    Ass…MaaF sebelUmnya…saYa cuma taNya… Foto Ke Tujuh wali Yang aNda PasaNg Di situs…apa Sudah minta IJiN sama yang pUnya…..Jangan Suka sebarkan GambarNya taNpa Se IZIN yaNg punYa….Wassalam

  60. Akbar Al Akbari said

    Wahhahhaaaaa…. Ramai Bhoanget N Seru Bhoanget Pembahasannya.
    Tp Alhamdulillah…. syukur semuanya uda mulai pada bisa utk saling mengerti N saling memahami, saling mengisi N saling melengkapi antara kekurangan yg satu dgn yg lainnya. Itulah yg diharapkan selama ini, akan ttp yg paling penting adalah janganlah saling meremehkan, saling menjatuhkan N merendahkan antara yg satu dgn yg lainnya. Berbeda pendapat itu adalah hal yg wajar, tp ingat lg wahai saudara saudariku semuanya, kebenaran itu hanyalah milik Allah SWT dan hanya Allah lah tempat kembalinya semua yg benar diantara yg paling benar.
    Hehehee Satu sj dari pesan dari sy ; Kayaknya klo utk sekarang ini Depa Narapi’i wettunna, tapi Nappai diappammulai wettunna elo dipaccompa manengngi ada ada tongenna tama toa riolota’…

  61. ANDI.MUHAMMAD ILHAM HAMID said

    Maaf beribu maaf kalau ada perbedaan penjelasan mengenai beliau,yg saya tahu adalah: SYEH YUSUF ( TUANTA SALAMA ),LA SINRANG ( PETTA LOLO ),LA TENRI TATTA ( PETTA MALAMPE’E GEMME’NA ), IMAM LAPEO , SYEH ABDUL MANNAN , DATU SANGALLA, ANDI.PATEDDUNGI (PETTAIBARANG ) sekali lagi sy mohon maaf kalau ada yg berbeda karena sy semata-mata hanya untuk mau mencari yg sebenarnya wasalam

  62. chita putry said

    saya cuma menginformasikan aja. dan mau cari tau lebih dalam, engka maccoeri tanteku yanaro iaseng wali pitue tapi petta lasinrang asenna, katanya selalu bersama itu wali pitue tdk pernah berpisah ketujuhnya. apa yang harus saya lakukan berhubung tante sy salah satu keturunan wali. katanya saya sdh didoakan agar sukses, tergantung usahaku untuk menjalankannya. tapi ada sedikit keraguan melaksanakan,dan saya takut tidak mampu krn ada persyaratan. matauka takkalupa ammaka matu. tolong arahannya kodong

  63. menurut saya uruslah sholat n ibadah kalian,..n mintalah kepada ALLAH Niscaya ALLAH Akan memberikan petunjuk kepada hambanya yg senangtiasa memohon kepadanya.

  64. tenriewa said

    Terima kasih informasinya…
    ternyata ada banyak sekali perbedaan pendapat tp itulah manusia.
    Pesan saya hanyalah singkirkan Rasisme (merasa bahwa saya lah ras yang paling sempuran dan hebat sehingga menganggap rendah ras lain) kita semua adalah satu dan sama di Mata ALLAH.
    Walaupun demikian ALLAH juga berjanji bahwa dia akant mengangkat derajat orang yang berilmu lebih tinggi daripada yang lain Merekalah wali 7.

    Bagi yang mempertanyakan kewalian sosok Aru Palakka hati-hati kalau bicara.
    Ada alasan kuat kenapa beliau digolongkan sebagai wali, bukan anda yang berhak menilai.

    Satu realita yang ingin saya ungkap.
    Berbicara mengenai suku bugis maka identik dengan Bone, karena semua suku bugis apabila ditelusuri silsilahnya maka akan berasal dari Bone.

    Sososk Arung Palakka sendiri adalah nenek moyang suku bugis yang banyak melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.
    Faktanya adalah saya tidak pernah menemui satupun orang Bugis yang tidak beragama islam.

    Kenapa demikian ??????
    Itu karena keberhasilan dakwah dari wali kita yang ada di tanah bugis makassar ini.
    Bukan bermaksud menyanjung tapi salah satu suku yang sangat berpengaruh di Indonesia adalah suku bugis maka sangat wajar kalau beberapa ulama yang mengislamkan suku busgi yang dahulu mendapatkan gelar wali.

    • nizar ahmad said

      benar sekali,alhamdulillah sekarang banyak org bugis beragama islam…jika berbicara tentang keturunan dari salah satu wali pitue tidak akan pernah ada habis nya…jika memang kita salah satu keturunan beliau,insyaAllah qt juga pasti akan sama dg beliau…sama2 akan mendapat petunjuk dari Allah…amiin

  65. roshen said

    salam, cuma nak tahu, adakah sesiapa pembaca punya saudara bernama Daeng Ismail yg merantau ke Sandakan, beliau telah berkahwin dgn orang Sandakan dan mempunyai seorang anak lelaki. namun telah meninggal sekitar perang jepun pada tahun 1942.

  66. ony bachtiar said

    saya heran koq mereka bisa foto bersama ,sedangkan mereka tidak satu zaman.kalau begitu hebatnya masa lalu,yang lebih hebat lagi panjang panjang umurnya,kasitonga ilmunya supaya saya juga bisa foto beresama dengan wali pitue

  67. Zamani said

    Assalammualikum smua……..
    Sy org Suuk d Sabah,…..keluarga sebelah ibu bercerita tentang keturunan meraka dr Indonesia tetapi mereka x tau asal-usul…sy pun bingung krn mereka sendiri x tau asal-usul….Ceritanya, 7 sahabat@pahlawan dr Indonesia belayar d lautan Sulu sehingga Kapal mereka karam dan mereka ber7 telah terpisah dan akibat peristiwa itu kapal mereka karam…..Keturunan dr sebelah ibu sy ni menceritakan, Moyang keturunan palawan itu telah d jumpai keluarga asal usul ibu sy…Beliau telah di kahwinkan dgn keluarga keturunan ibu saya d selatan filipina….Mengikut cerita keluarga nama sahabat@pahlawan adalah ANJAUTAL…..masalahnya sy x tau keseluhuran keturunan….setahu sy, Keluarga d sebelah d Indonesia ada mencari d Filipina tetapi banyak waris keluarga ada d sabah sdh…..

    • MUHAMMAD ASYROF said

      Salam. Pedagang2 Arab iaitu kaum Awaliwiyin dari Hadramaut keTeluk Benggala, Negeri-negeri Melayu dan kePulauan Indonesia menyebarkan Islam dan bermuamalat dengan kaum peribumi, Sulaiman AsSiraffi pedagang dari pelabuhan Siraf di Teluk Persia yang pada akhir abad ke2 berkunjung ke timur jauh menyatakan bahawa diSala(Sulawisi) sudah terdapat orang-orang Islam. lslam masuk kepulauan Indonesia pada tahun 30hijrah (zaman khalifah Osman bin Affan r.a.) Sumber2 dari penduduk setempat menuturkan lslam sampai di Filipina di bawa oleh tujuh orang Arab bersaudara, semua dari Semenanjung Arab, salah satu, tujuh bersaudara tersebut diatas ialah SAYYID ALI AL;FAQIH.

      BERIMAN KEPADA ALLAH S.W.T. BERIMAN PERKARA-PERKARA YANG GHAIB DAN MENYAKINI SEGALA BERITA GHAIB YANG DIBAWA OLEH NABI MUHAMMAD S.A.W. SEBAGAI SATU BERITA YANG PASTI DAN MENOLAK SEMUA BERITA-BERITA YANG BERTENTANGAN DENGAN SABDAAN NABI;; MENINGGALKAN KELAZATAN YANG SEMENTARA, PANDANGAN MANUSIASECARA ZAHIR DAN PENGALAMAN-PENGALAMAN KEBENDAAN.

      HR: Tarmizi ;- dari Alla’ bin Khorijah r.a. meriwayatkan bahawa baginda Rasulullah bersabda pelajarilah llmu NASAB (silsilah keturunan) kerana dengannya kamu boleh bersilahurrahim dengan saudara kamu.

      HR Hakim:- dari Abu Hurairah r.a. bahawa baginda Rasulullah s.a.w. bersabda CINTAIlah fakir miskin dan duduklah bersama mereka . dan cintailah orang Arab, keaiban yang ada pada kamu sebelumnya janganlah kamu menghina orang lain.

      sumber bugis wajo belawa benut Johor Malaysia.

  68. C3_CELEBES said

    Semuanya aku acungkan jempol….tanpa terkecuali…N thaNk’s Atas Smua infonya Smoga bsa brmanfaat….,,n mbri inspirasi kpd diriQ sNdiri..,, oia islam i2 klo tdk slah ada 73 perbhan..hanya ada 1 yg “beNaR” Nah diantara 73 i2 maNa yg benar? Maaf klo pertanya’anx salah…. TABE’…..,, Salamaki to pada salama’

  69. kasman said

    Assalaamu Alaikum War. Wab.
    Saya ingin memberi masukan melalui media ini tentang keberadaan Wali Pitue (Wali Tujuh) di Sulawesi Selatan. Saya tidak mengetahui apakah ada lebih dari satu versi tentang Wali Pitue. Karena yang saya ketahui bahwa nama-nama Wali Pitue yang ditulis oleh penulis pertama hanya satu orang yang benar-benar termasuk Wali Pitue, yaitu Tuanta Salamaka (Syekh Yusuf, Taj al-Khalwati). Yang lainnya adalah, tiga orang bersaudara dari Luwu. Satu orang berlayar ke Selayar mengikuti saudara perempuannya yang sakit dan dibuang ke sana (waktu itu belum muslim) dan mendirikan Kerajaan Putabangun. Satu orang merantau dan tiba di Bone yang kemudian mendirikan Kerajaan Bone dengan gelar Arung Palakka (waktu itu juga belum muslim). Jadi Arung Palakka yang beberapa puluh (mungkin beberapa ratus) tahun kemudian dikenal sebagai Wali Pitue bukan yang berperang dengan Sultan Hasanuddin, tetapi pendiri dan sekaligus Raja pertama Kerajaan Bone yang kemudian setelah mengangkat penggantinya, beliau meninggalkan Bone dan melanjutkan perantauannya ke daerah Sidenreng Rappang (sekarang) dan mendirikan Kerajaan Sidenreng. Jadi Kerajaan Bone dan Kerajaan Sidenreng didirikan oleh orang yang sama, yaitu yang dikenal sebagai Arung Palakka di Bone, sekaligus yang kemudian dikenal sebagai salah seorang Wali Pitue. Wali Pitue keempat, adalah saudara ketiga yang tinggal di Luwu (Arung Palakka bersama dengan dua saudaranya dari Selayar dan Luwu ini masih hidup sampai sekarang dalam usia sudah lebih dari 1000 tahun). Yang kelima adalah salah seorang dari Wali Songo di Jawa (ingat azan pitue di Cirebon Jawa Barat). Sedangkan yang keenam dan ke tujuh adalah dua dari empat Datuk penyebar Agama Islam di Sulawesi Selatan (bahkan sebenarnya, keempat Datuk inilah yang mengislamkan tiga orang yang berasal dari Luwu itu), meskipun usia yang dari Luwu jauh lebih tua dari pada keempat Datuk ini (berbeda ratusan tahun). Keempat Datuk ini berasal dari luar negeri, tetapi mendapat tugas dari Raja Kerajaan Arab untuk mengislamkan Raja-Raja di Nusantara dan yang pertama kali diislamkan adalah Raja Buton (Sumber, langsung dari Wali Pitue yang masih hidup sampai sekarang). Hadanallaah wa iyyaakum ajma’iin.

  70. Muh. Reizan said

    Di situs web apa aku bisa dapatkan sejarah dan riwayat 7 Wali SulSel, Indonesia yang lengkap???

  71. andi said

    maaf di……yg telah menjelek kan walli kt
    knp enkau sampai hati skli bicara begitu…???
    tdak mungkin kamu ada di dunia ini klau bkan allah dan parah walli kt
    mka dari itu marilah kt bersama memanjakkan pujih sukur kepada mereka
    supaya mereka di berikan tempat disisi allah subahana watahala
    dan di lapankan apa yg mereka sudah kerjakan
    untuk membelah islam…..?
    bkan sblik.y anda bisa berbicara seenak.y…..
    untuk menjelek jelek kan nenek leluhur kita….
    yg sdah bersaja kepada kepada islam dan kepada indonesia

  72. mhd:yusuf BIN mappa said

    saya ingin memeliki semua gambar wali pitue. Kerana sy suka dengan sejara wali pitue.

  73. dan pastinya kita tak boleh mengumbar2 keburukan seseorang.. Aplgi msa it sudah lalu.. Brsyukurlah anda dberi nafas yg segar. Trima kasih kepada ALLAH. Bkn kpda leluhur.krn mreka tlah tiada. Cukuplah kita doakn kslamatan dan t4 yg baik.. Ayam jago makan bawang deggaga jago puang’e bawang.
    Salam peace
    bugismakasar

  74. vina said

    Ada ŶĞ mau tau ttg KH. HARUN (daeng Pa’tompo)?
    ŶĞ Pecinya tertinggal diSulawesi dn s4 dgunakan utk memadamkan api pd wkt trjdi kbkaran hebat disulawesi.
    Juga ttg org ŶĞ merobek warna biru dari bendera belanda pd saat pnjajahan belanda dulu.
    KH. Harun adl buyutq,makamx ada dikampung ayahq,juga riwayat jelasx trtgal dsna.
    Ttg Arupalaka,dy g sehebat crta ŶĞ mnyebar.
    Slh satu pnybab KH.Harun tdk dimakamkan diSulawesi adalah krn sft atwpun skp ŶĞ tdk baik dr Arupalaka.
    Siapapun ŶĞ ingin sgat dpt membntu menyatukan keturunan KH.Harun dn saudara2x,
    Tlg email sya

    • ujang tea said

      ass……
      asal ta dr mana ki saudara……
      dr ujang di paropo…
      mau bnkx tau tentang daeng pa’tompo ta

      • vhien said

        Hai,mf aq g bs bhsa bugis. Saudara tau ttg daeng patompo?saudara siapanya? Makam asli daeng patompo ada di kutai barat kalimantan timur,dikampung bapakq.
        Aq pengen tau banyak tentang daeng patompo. Aq jg mau menyambung tali silaturahmi kami yg terputus dr keluarga di bone sana. Tlg email aq ya

  75. vina said

    Ada ŶĞ mau tau ttg KH. HARUN (daeng Pa’tompo)?
    ŶĞ Pecinya tertinggal diSulawesi dn s4 dgunakan utk memadamkan api pd wkt trjdi kbkaran hebat disulawesi.
    Juga ttg org ŶĞ merobek warna biru dari bendera belanda pd saat pnjajahan belanda dulu.
    KH. Harun adl buyutq,makamx ada dikampung ayahq,juga riwayat jelasx trtgal dsna.
    Ttg Arupalaka,dy g sehebat crta ŶĞ mnyebar.
    Slh satu pnybab KH.Harun tdk dimakamkan diSulawesi adalah krn sft atwpun skp ŶĞ tdk baik dr Arupalaka.
    Siapapun ŶĞ ingin sgat dpt membntu menyatukan keturunan KH.Harun dn saudara2x,
    Tlg email sya
    Vinna_777@rocketmail.com

  76. Mohd Azmi said

    Aslmkm

    Sy punya photo seperti di atas peninggalan armuhm paman sy.Mohon untuk memberikan sy nama yg lengkap atau nama yg saudaraku tahu mengikut pd wali2 allah yg ada didlm photo ini,

    Terimakaseh dan mohon balas dr saudaraku.

    Wslmkm.

  77. Adhye said

    sya Brhrap Lbih Byak Lgi Informasi Mengenai Pendahulu2 Kita. agar Kta Sebagai Generasi Penerus Bisa Memahami Bagaimana Sejarah2 Di Zaman Dulu.

  78. adryan said

    apaka arung pallaka itu ulama jga.? Pdhl arung pllka it seorag penghianat.

  79. Darwan aw said

    Yg perlu d ketahui oleh kita semua bhw WALI itu adlh org yg memiliki ilmu islam sampai ke ISI nya bkn sekedar ilmu KULIT nya aja.wali d sulawesi itu byk tp yg 7 itu sesepuhnya spt d tanah jawa wali itu byk tp yg 9 itu sesepuhnya..

  80. Thieka said

    Maaf saya cuman mau menambahkan….sampingnya imam lapeo itu Dt. sangkala=karaeng janggo….saya keturunan beliau……banyak muncul beberapa stegmen ttg asal beliau…..sebenarnya beliau itu org asli makassar tepatnya di daerah kab. takalar…dan beliau pun di makamkan di takalar,,tp bnyak juga yg bilang dia di makamkan di bulukumba…..tp allahualam,,saya cuman dengar cerita dari nenek saya yg merupakan keturunan asli beliau…………

    • bugis rantau said

      perbedaan pendapat bole tp jgn smpai ada unsur kata2 anarkis.pendahulu qt hax memperjuangkan rakyat mereka masing2 jd tdk etis klau tdk ada perang jd sbagai manusia moderen mestinya qt ambil hikmanya sj n sling memberikan prefeksi yg qt ktahui n btul tdkx prefeksi i2 kan tergantung tman2 yg lain menilaix.bone taro ada taro siri taro ada taro gau

    • Dono Kuncoro said

      Menurut cerita ibu saya kakek buyut bernama Petta Janggo / Tuan Guru Puteh dari Cinennong Kab. Bone. Beliau tidak meninggal tapi mallajang, dan saya jg tidak tau apakah ada hubungannx dengan kisah Walli Pitue…

  81. Yoyo said

    Smua Coment diatas adl cucu dri keturunan Wali 7…. Asal mulax Wali yg di Sulawesi Selatan dari Kabupaten Gowa… Yg Beliau disebut tau mannurung biasa jg dsebut karaeng bainea,… Arung Palaka sepupu dengan Patonro(sultan hasanuddin)

  82. putra said

    tanpa mengurangi rasa hormat… sedikit info patta barrang pernah menjadi peristiwa sejarah di sulsel. contoh, maluse’tasi, bahkan ada dugaan dia adalah kahar muzakar termasuk dia juga,, saya gk mengada2 karna ibu saya sendiri membaca buku milik nya,, dan permintaan saya adalah jangan pernah melupakan perjuangan mereka, agar selalu menghormati keturunan nya.. saya mungkin gk lama hidup di sulsel, tapi ibu saya adalah dari cucu 2 keturunan raja sawitto dan malusetasi di pare-pare. memohon yg membaca nya untuk memperhatikan yg sudah memulai melupakan kebudayaan dan nilai2 moral org bugis. oiah,, 1 lagu. petta barang masih ada, dan alhamdulillah saya sudah bertemu orang nya secarq langsung. sekian trimakasih

  83. imhe said

    Link ini lebih detail membahas tentang Syech Yusuh dan PuangTa risompa’E Malampe Gemme’Na
    http://www.indobis.net/2010/12/riwayat-tujuh-7-wali-wali-pitue.html

  84. kalau yang saya ketahui sebenarnya dan yg saya dapatkan semua wali tersebut masih ada sampai sekarang… mereka sekarang ada di sulawesi selatan…… dan kebetulan saya pernah bahkan sering ketemu

  85. salmananaba said

    mohon maaf semuanya………mari kita mengambil pelajaran kepada para pendahulu kita baik toko agama (walli) maupun tokoh pejuang /pemimpin (mankau,somba,pajung) mereka semua adalah orang bijak dan berjasa semua di negeri ini..mhn maaf semua….

  86. cakra Hugo's said

    saya beri penghormatan yang setinggi surga kepada pahlawan2 tanah bugis, saya merasa bangga mnjadi orang bugiz.
    tunggu kami d surga puang, insya ALLAH

  87. Muhammad ilyas said

    kenapa di dunia ini muncul berbagai macam agama???.Padahal ALLAH SWT BERFIRMAN DALAM AL QUR’AN AGAMA YANG DI RIDOI HANYALAH AGAMA ISLAM……..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  88. karman said

    fhoto asli wali pitue ada di rumah saya/bulukumba ukuaran 10 r.

  89. karman said

    saya mau bertanya..apa alamatnya kepada saya yg telah bermimpi ketemu dengan Nabi Muhammad SAW bersama dengan Siti Khadijha.di dalam mimpi saya Nabi memberikan ujung pedangnya untuk saya pegang.dan juga suda 3 kali mimpi bertemu dengan Nabi Khaidir a.s.saya bersalaman dengan beliau kemudian tangan kanan beluai bercahaya dan sya menghirupnya.seketika sya merasakan nikmat yg tidak bisa di gambarkan seperti apa.

    • Dono Kuncoro said

      Ass alaikum wr wb, cobalah kita sholat tahajjud utk memohon petunjukNYA. InsyaAllah kita akan tau apa makna dari mimpi kita itu. Wassalam..

  90. karman said

    no hp saya. 082196060499 081354293879.

  91. hamba Allah said

    lebih bijak kalau kita meneladani apa yang telah contohkan oleh para wali pituE tanpa harus menonjolkan bahwa kita masih ada hubungan darah terus menganggap derajat lebih tinggi dari orang lain karena pada hakikatnya semua yg mengaku manusia pasti berasal dari satu keturunan yaitu ADAM dan HAWA kecuali Jin,syetan, iblis pasti lain garis turunannya. Iblis di usir dr syurga dan di cap LAKNATULLAH karena membangkang perintah Allah u sujud(hormat) kpd Adam karena merasa mulia krn tercipta dr api sedang adam dr tanah. olehx itu jauhi sifat sombong dan membanggakan diri karena itu sifat Iblis. derajat diliat dr KETAQWAAN bkn dr keturunan

  92. norwawi said

    asmk,kako d malaysia datuk nenek terdahalu menanamakan moyang tujuh beradik..merekani walliallah bersindir ganti….asal dari bantara guru .bantara kala…susur keturunan nabi allah sulaiman..mohon pecerahan …dri tuan admin

  93. La konzha said

    ini email saya
    tho_konzha@yahoo.com
    All sodara siapa saja yang tahu tentang silsilah La Tenri Tatta Arung Palakka tolong beri saya penjelasan..kepada saya inbox saya,,
    Karna Menurut Orang Tua saya, keluarga kami masih garis keturunan beliau, sedangkan saya sama sekali buta tentang info beliau,,
    Posisi saya di samarinda dan yang tahu betul tentang sangkut paut keluarga saya dan La Tenri Tatta Arung Palakka yaitu (alm) Cabo / nene’ Abo di Bone… beliau sudah meninggal..
    dan apakah La Tenri Tatta Arung Palakka benar keturunan Nabi Muhammad SAW atau dengan kata lain Habib, kalaupun benar apa nama belakang beliau La Tenri Tatta Arung Palakka
    Tidak ada maksud untuk mengakui keturunan beliau justru saya takut klo Ortu saya salah dapat informasi
    thks

  94. nizar ahmad said

    saya tidak ingin berbicara bnyak disini…
    saya hanya keturunan bugis yang tidak makan ikan “balanak” dan “wanafi” warisan dari “indok bokong” dan turun ke kakek saya andik puannusu(puang ahmad) yg kuburan nya bernisan selebar 3x dekapan org dewasa,dan tertinggi di makam pahlawan,,di kuaro,kaltim.
    begitu banyak orang yg membicarakan masalah keturunan dari wali pitue,,dan mereka lupa tugas yg sebenar nya seperti apa…!!
    diantara kalian yg memang benar keturunan beliau,,hal semacam ini tidak perlu di permasalhkan..toh,insyaAllah ada diantara mereka yg terpilih punya semua ilmu beliau…
    kita hanya boleh tau,tapi tidak boleh angkuh…trms

  95. @by ..... said

    assalamau alaikum,,tabe addampengekka ,,jamganlah kita yg saling bermusuhan marilah kita bersama2 mencari kebenarannya …..

    • Jiji said

      Sy hanyalah seorang petani biasa dan Sy sangat salut dgn anda semua yg mempertahankan sejarah wali2 anda,wlo sy bkn dr keturunan wali atau keturunan dr org sakti mandraguna tp sy merasa malu dgn anda semua yg sll mempermasalahkan kan hal2 yg sepatut’a tdk perlu di ributkn. Yg harus kita permasalah kan saat ini adlh bagaimana cara’a agar kita dpt bersatu kembali mengusir para penjajah negri kita sendiri(KORUPTOR) spt para pejuang kita mengusir para penjajah dr negri tercita ini. Bersatulah wahai PUTRA PUTRI INONESIA dan bersatulah wahai AYAM JANTAN dr TIMUR.

      • haha.. pendapat kamu itu lebigh baik. selain kita mempertahankan sejarah wali kita setidaknya kita juga harus salin bersatu end menyatu agar negara tercinta ini dapat berdiri dengan kokoH. seperti itulagh juga para wali kita dahuluh..<3 <3

  96. Lauwi said

    Lauwi,

    Asalamualaiku, mohon maaf klo boleh tau gambar ini diperoleh tahun berapa dan kira2 dibuat tahun berapa. ato hanya buatan dari penggabungan dari beberapa foto. soalnya foto ini perna kami diberikan pada akhir tahun 1980-an.tpi blum ada warna seperti ini. trus informasi yang kami dapat berbeda dgn apa yang ditulis disini.

    Salam.

  97. assalamualaikum, sy cuma mau tanyakan apa btul PETTABARANG keturunan raja barru ??

  98. Harun Bakkae said

    assalamuallaikum..
    sy cicit keturunan dri Petta Bakkae (watansoppeng). Petta Lasinrang (Petta Bakkae)/ ”Bakka Lolona Sawitto”, adalah buyut sy. Keluarga sy trutama ayah memakai marga belakang, Bakkae. sy mempunyai foto usang yg lebarx berkisar antara 5 cm x 3 cm. sm sperti gambar diatas. hny saja yg sy pny tdk berwarna. sdh berwarna agak kuning, menandakan sdh berpuluh” tahun lamax. foto ini sy dpt kan turun temurun. asli. stelah ayah sy mempercayakan kpd sy utk sy bs merawatx. Entah sberapa panjang silsilah keluarga kami dri Petta Lasinrang. sy keturunan asli kerajaan dari Bugis Soppeng. ayah sy tdk lama berada di kerajaan, dri sekian saudara hny ada 1 yg bertahan disana & di asuh di kerajaan oleh Raja Soppeng. beliau adalah paman sy yg skrg berdomisili di Manado. ayah sy menikah dgn org jogja. jdi sy setengah bugis, setengah lagi jogja (jawa). sdikit dalam darah bercampur To’raja (nenek) & suku Duri ‘Enrekang. jd ada 4 suku yg mengalir kental dri dalam darah sy. sy teramat bangga bisa menjadi salah 1 keturunan suku yg paling sy kagumi. sy sangat mencintai kebudayaan & menjunjung tinggi sluruh perbedaan yg ada. sy slalu belajar ttg bahasa & adat istiadatx. tapi sy adalah org yg tak pernah patah samangat untuk mengerti sedikit demi sedikit sluruh culture pada suku Bugis. krna sy tdk ingin menjadi keturunan yg lupa akan leluhur & nenek moyang.
    sy ingin mencari saudara jauh sy yg sy juga blm pernah ketahui keberadaanx. sy kangen sekali. sy kerap rindu. mata saya kerap berkaca-kaca jika mendengar lantunan cerita dari ayah sy ttg siapa & bagaimana suku bugis dan to’raja, apalagi sepak terjang dalam keluarga besar kami. seluruh keluarga besar sy menceritakan betapa gigihx suku bugis & sdikit cerita dari Petta Lasinrang yg turun temurun diceritakan & alhasil sy pun sdh mendengarx dari ayah. beliau yg dgn gagah berani melawan belanda. sy sangat bangga berdarah bugis. sy bangga dgn sulawesi. pulau dimana sy/ kami, keturunanx semua berawal untuk lebih bisa mengenal siapa sy/ kami sesungguhx setelah dilahirkan ke dunia ini. agar sy/ kami slalu bs mengingat para leluhur, cerita, nenek moyang dgn sgala adat istiadatx. sulawesi selatan adalah rumah ke 2 bagi sy. (tpi 1 hal yg harus kita tarik benang merahx adalah kita semua adalah bersaudara) kita semua org sulawesi to? persaudaraan kita terkenal sangat erat.
    sy ingin sekali menjalin tali sillaturahmi kembali. barangkali ada yg bersamaan dgn jalur satu keluarga dgn sy/ keluarga besar kami di blog ini/ barang kali ada yg kenal. sy berharap dapat mengumpulkanx keluarga besar sy kembali. karena kakek sy jg seorang pelaut ulung & saudagar tembakau & rempah. menikah 23 kali. dari cerita ayah sy, kakek sy jg sempat menikah dgn org : Ternate, Kalimantan (Dayak), dll. ada jg hingga sampai ke Asia lepas, Malaysia & Phillipines. barangkali diantara pengunjung blog ini ada yg merasa keluarga sy/ kami, sy pastilah sangat gembira sekali krn mendapatkan bukti sejarah ttg keluarga besar saya. terima kasih..
    wassalammuallaikum…

  99. Emil said

    Jdi pnzaran ja nie ma kmpung kuw trcnta…zul zel

  100. budiaman said

    WAHAI SAUDARAKU… MARI KITA AMBIL HIKMAH, PELAJARAN, DAN BERSYUKUR ATAS PERJUANGAN BELIAU , BAIK DALAM URUSAN DUNIA MAUPUN URUSAN AKHIRAT, SEMOGA AMAL BELIAU (WALI PITUE) DAN PERJUANGAN BELIAU MENJADI SPIRIT BAGI KITA SEBAGAI GENERASI PENERUS SEPENINGGALNYA, DAN ORANG TUA KITA SUDAH TENANG DISISI-NYA, MARI KITA BERPIKIRAN POSITIF SAJA , WASSALAM

  101. saya sean daeng matajang anak cucu PETTA BARANG dari soppeng beralamat baringen.mohon cerita cerita nenek diperjelas end masuk akal agar masarakat yang kurang memercayainya bisa memercayainya karna kebanyakan teman teman dari tanah luwu yang masih mengatakan semua hanya lelucon belaka… sering kali aku salin membanta sesama mereka yang mengatakan demikian… wasalam….

  102. para nenek najajiang paddissengen nasaba mantanre teppe’na. makkada neneta natarongekki pesan… engkatu matu nak nasewa wettu natomenre paimeng… namakanja akkalinongengnge paimeng natomakkiade’ maneng paimeng… contonya di kota kota kan sekarang sudah tiada adat buktinya disana serba cuek.. jadi tapada pakanjakan ni bawang aleta natopada taroki nyameng akku pappinedditta maneng. insya allah tidak mungkin neneta tarongekki ada naku degaga passabarenna apalagi neneta para walli tau malebbina puang alla ta’ala/allah, from sean daenk matajang anak cucu para walli pitue mattana luwu’

  103. Penghargaaan yang sebesar-besarnya kepada para pahlawan ditanah bugis makassar,, ilaaaa haderatihimul al fatihah,,,

    persepsi kita tentang wali Allah saya kira semua sama,,Mereka Adalah kekasih Allah,cuma masalahnya sejauh mana keorisinalaan sejarah sampai kita semua meyakini bahwa benar adanya nama2 diatas itu adalah wali Allah.,mohon dikroscek ulang, takutnya kita semua terjebak pada telikungan sejarah yg sifatnya subjektif atau malah kita meyakininya karena masing2 kita merasa keturunan dari mereka..Wali Allah disulsel kenapa hanya tujuh??bukankah tingkatan kewaliyan itu adalh urusan tuhan kepada siapa tuhan mengasihi,,lantas siapa yang membuat kesan PITU itu???disulsel banyak kok yg bisa dikategorikan wali allah,, dan kepada semua wali allah kita bisa tawassulan kepada mereka. Walli itu bukan Cuma milik orang bone, siderap, barru, goa, luwu bahkan pinrang..
    \mohon dijawab bagi yang berkompeten. tq,, bisa disanggah di 085255100029 atau di email saya. heriyanto_mare87@yahoo.com

    • Muh.Syukri Basri said

      Wali dalam pengertian islam jawa dan walli dalam bahasa Bugis tidak sama.dalam pengertian Bugis mereka adalah orang-orang aneh/sakti mandraguna dalam segala hal.misalnya Andi Patunru Arung Palakka,Beliau sebelum jadi Raja Bone hanyalah turunan bangsawan yang sama derajatnya dengan Leluhur saya.tetapi Arung palakka melewati sakit, derita,perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa ternyata bisa lolos dan selamat.sedangkan islam di Sulawesi selatan tidak di sebarkan,hanya di perkenalkan oleh datu Ribandang.islam masuk lewat mimpi Karaeng Manyonri dan Latenriruwa Sultan Adam.mimpi itu di perjelas oleh datu Ribandang.karena ilham islam diterima oleh Karaeng Tallo outomatis rakyat Makassar dan Bugis juga nurut.
      sedangkan yang tergolong walli di Sulawesi selatan;termasuk Kahar Muzakkar,Imam Lapeo dan Wallinna Cinagori.hanya saja kenapa di sebut walli pitue…? Itu mengikut pada Riwayat Ashabul Kahfi

      • Benar said

        Ternyata pemahaman kalian smauanya tdk ªϑá yƍ Benar.
        Arung Palakka ϑά̲ŋ ke enam yƍ ϑř foto itu. Org ngk bang Wali Pitue.
        Tapi to waranie Pitue. yƍ maksutnya nama org yƍ Tuju itu. Org Pemberani.
        Mekurang pahang maneng. Suaramu maneng bawang maraja.

  104. assalamu alaekum……..foto asli itu tampa warna…bahkan konon kabarnya belum ada ahli membuat atau menyambung2 foto dengan rekayasa..seperti sekarang ini….jadi gimana caranya bisa menyatu dengan orang2 yg terdahulu dengan orang2 belakangan ,,bisa bersama berfoto ….????karna semua tdk sama masa hidupnya..

  105. Ahyar said

    Apakah anda tau siapa yg buat Salassae ( bola 7 lontangre ) Ribone? mohon jawabanx

  106. chonchay lee said

    muaikum…..
    ada yang tau ngak keberadaannya lontaranya sawitto,,,,,,,satu”.y lontara yang belum diketemukan di tanah sulawesi selatan….!!!!!!

  107. kasman said

    Kasman bekata: Assalaaamu Alaikum war. wab. mohon maaf sebelumnya, saya hanya ingin menambah komentar saya sebelumnya, bahwa tiga dari tujuh wali (Wali Pitue) setelah tidak lagi memegang tampuk pemerintahan karena telah menunjuk penggantinya, mereka mengembara untuk menuntut ilmu (waktu itu beliau belum Muslim). Yang tinggal di Luwu ke Jepang dan berhasil menguasai ilmu bela diri Ninjitsu (bisa mengebor tanah dengan putaran tubuhnya). Yang dari Bone (pendiri Kerajaan Bone dan Sidenreng yang bergelar Arung Palakka bukan yang berperang melawan Sultan Hasanuddin) ke Afrika Selatan dan berhasil menguasai ilmu bela diri Kapoera. Sedangkan yang dari Selayar (pendiri Kerajaan Putabangung) ke Nepal. Disana beliau sempat bertarung dengan seseorang dan berhasil mengalahkannya. Dari lawannya bertarung itulah beliau mendapatkan bunga yang hanya mekar satu kali dalam seratus tahun dan dianggap oleh banyak orang sebagai obat panjang umur. Pohon bunga ini tumbuh di balik salah satu air terjun di Nepal dan kebetulan pada saat itu diduga sedang dalam keadaan mekar sehingga banyak jagoan yang berkumpul disana untuk memperebutkan bunga tersebut. Dengan kehendak Allah ternyata bunga tersebut jatuh ke tangan beliau tanpa disengaja (pohon bunga tersebut sekarang sudah dimusnahkan). Setelah puas mengembara dan menuntut ilmu mereka kembali ke tanah air dan bertemu dengan tiga Datuk yang mendapat amanah dari Raja Arab Saudi untuk mengislamkan raja-raja di nusantara. Beliaupun menjadi Muslim dan ilmu-ilmu yang mereka miliki yang tadinya masih banyak bertentangan dengan ajaran Islam dibersihkan sehingga tidak menyimpang dari ajaran Islam. Apalagi dengan bergabungnya salah satu dari Wali Songo (ingat adzan pitue di Cirebon) yang selain ahli agama juga menguasai ilmu bela diri kung fu (salah satu pewaris langsung ilmu-ilmu beliau adalah Bapak Dicky Zainal Arifin atau Kang Dicky, pendiri dan Guru Utama, Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman atau HI yang berpusat di Bandung), maka semakin memantapkan keilmuan mereka, baik ilmu agama, ilmu bela diri, maupun ilmu hikmah (karomah). Bahkan beliau-beliau banyak menciptakan ilmu baru yang digali dari Al Qur’an dan Sunnah Rasulullaah. Tahun 2009 lalu salah seorang dari beliau ke Selayar mengambil bunga yang hanya mekar satu kali dalam duapuluh tahun dan samapi saat ini beliau-beliau masih memiliki kebun obat di Gunung Bawakaraeng. Demikianlah, Hadanallaah wa iyyaakum.

  108. maf apa ada yg tau sejarah ufuh sanggaria

  109. irfanun8u said

    kalau bagi saya, apapun yg saya pelajari sy harus imbagi dng logika sy sendiri, kalau memang masuk akal saya terima tetapi kalau berlawanan dng logika sy… sy tdk akan meyebarluaskan yumber yg sy dapat karna suda bertentangan dng logika sy.

  110. salam…
    Kalau Mau Lihat Wali Pitue anda Harus Belajar Bertafakkur Dan Sebelumnya Harus Fitrah atau Suci Lahir bathin,,sebagai Sabda nabi: matikanlah dirimu sebelum engkau Dimatikan ….setelah engkau mendapatkan ilmu Laduny,,,semuanya Pasti Terjawab..itulah terbukanya pintu Hijab antara dinding hati Yang selama Tertutup,,..kalau engkau dalam pencapaian itu anda bukan hanya dapat melihat wali pitue tapi semua rahsia Allah anda Dapat Liat dengan idzin allah swt ,,sesuai dengan kefitrahan anda
    wassalm,,,

  111. jalil said

    Gambar itu bukan wali pitue tp warani pitue, pitu dlm bhs bugs artinya banyak, makanya sebelum to manurung disebut pitu generasi artinya banyak, jgn juga latah dlm membahas wali pitue, krn mereka juga manusia yg diberi kelebihan ilmu oleh Allah, juga jgn terlalu mensakralkan bukan berarti kita ttdk menghormatinya, .sy sgt menghormati mereka semua sesuai porsinya

  112. jalil said

    Di foto itu tdk ada syeh yusuf, yg pertama itu petta brg, .br lasinrang, .br arg palakka

  113. jalil said

    Wali yg sy tau syeh yusuf, imam lapeo , .kh asad Dr skrg, Kali ambo dale, dtone patttimang, dt ribandang, dn beberapa murid Dr ky asad, termasuk jg petta brg,

  114. herry said

    aru palakka tetap lh pemberontak yg wajib dikenang selamnya

  115. Lukman said

    Saya suka sekali dngan situs ini, pling tdak sya dpat m’ngetahui sjarah wali pitu’e . . .
    Sellekku pda idi’ ogi’e!

  116. kahar said

    infox ada yg keliru.kenapa ada arung palakka diwali 7e.klo gk pcaya coba cari dilontara

  117. yusupppp said

    assalamualaikum,

    habis tanya nasab nama saya yusuf bin kandong / amir gazali,
    ayah yemmang (bone)bin pattiroi (bone)

    ibu hawang (bone campur makasar) bin tahir (arrung cinnong), bin laja(kabarnya dulu jaksa di makasar ujung pandang) bin laha/lahad kabarnya seorang kepala desa di desa galung, daerah kampuno / atau barebbo ya

    nasab di lontara disimpan oleh petta roppo.

    alamat tak jelas,bapakku cuma tau nama panggilan, tapi mau kutelusuri…

    silakan bantu, bagi yang tau.
    pm juga boleh…

    email : judy_punk@yahoo.com

    sila add di twitter / facebook

  118. riasn said

    assalamualaikum wr wb…..saya rian bugis..tinggal d’maluku tengah…pada tanggal 29 desember2012 kmaren,,,trjadikerusuhan d’maluku tengah..pada saat itusaya dtugaskan untuk mengamankan kampung trsebut,,,,seterlah saya telusuri,,,,padahal kampungtersebut mengatakan bahwa arung palakka adalah nenek moyang mereka,,,,yg ingin saya tanyakan,,apakah arung palakka pernah mnginjakkan kaki d’tanah maluku???

  119. mardin.donris said

    tolong kirimkn foto wali pitu 1.syech yusuf 2.lasinrang 3.arupalaka 4.k.h.harun 5.peta barang 6.imam lapeo 7.dt sangkala tpi foto sendiri-sendiri ke email saya mardin.donris@hotmail.com

  120. vhien said

    Qta ni salah udah debat,harusx situs ini buat mempererat persaudaraan,berbagi ilmu. Tp qta mlh saling egois.
    Qta kan cuma anak cucu,bgmana cerita sebenarnya juga qta belum tau pasti.
    Gak ada keturunan yg mau menjelek2an moyangx sendiri. Jd sbnarx qta g pernah tau ap moyang qta salah atw benar,sebaiknya qta sm2 cari tau,bagi2 fakta didasari bukti dr website terkait.
    Kl saling menjelekkan y mlh bkin perpecahan az.
    g , .

  121. kenrara said

    assalamu alaikum wr.wb.
    Saya hanya mencoba memberikan masukan yang saya juga peroleh dari sumber yang amat sangat bisa dipercaya. Bahwasanya kata wali itu asalnya dari Allah sendiri yang memberikan gelaran kepada hambaNya sehubungan dengan kedekatannya dengan Dirinya (sang Khaliq). jadi wali yang asli itu adalah Allah sendiri yg menilainya dan mengangkatnya. kata Wali ada setelah zaman kenabian sudah ditutup oleh Nabiyyullah Muhammad SAW sebagai Nabi terkahir. wallahu a’lam. trimaksh.

  122. mohon info tentang “To Pandrita Sitarru”

  123. pendaki gunung bawakarang said

    komentar penting untuk wali 7

    tabe sappo.. info wali 7 yang kau muat disini banyak yang samar dan tidak akurat. cobaki liat cara penulisan sejarah wali songo di jawa, jelaski riwayat hidupnya tidak stenggah stenggah. usul pertama yang perluki perbaiki

    1. foto syekh yusuf ? sudah betul itu beliaukah atau foto waliyullah yang lain?, sosok di foto itu bersama 2 waliyullah di bawahnya di edit pake photoshop dari sumber link inie..

    http://hamdanisekumpul.blogspot.com/2010/10/kitab-karya-syekh-arsyad-al-banjari.html

    kalo mauko dapat foto beliau yang asli cariki di majelis thariqat khalwatiyah saman yang di maros atau khalwatiyah yusuf di jalan baji bicara makassar ( ka sekh yusuf yang bawa thariqat khalwatiyah masuk di sulsel.. pasti penerusnya ada yang di simpan gambar lukisannya )

    2. petta lasinrang yang mana ini yang dimaksud ? yang lahir di Desa Dolangan, Pinrang pada tahun 1856 dan wafat di tahun 1936 yang lawan penjajahan belanda kah?, kalo sosok yang ini yang di maksud, berarti fotonya salah juga,… karena foto yang di tengah atas itu. lukisan foto yang ada di maqam wali di daerah pagenttungan gowa, kakeknya syekh yusuf yang di gelar datoka ri pagentungan hidup di abad 17 masehi…. coba saiki ko jalan jalan pergi ziarah ke sana pastiko liat itu foto di maqam beliau.

    dua modulu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.