www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

NAMA-NAMA BUGIS

Ambo Bengnga Membuat orang terkagum-kagum
Ambo Enre Hidupnya selalu meningkat
Ambo Jeru’
Ambo Lalo Hidupnya selalu mudah, semua rintanga dapat dilalui dengan mudah
Ambo Tuo Panjang umur
Ambo Uleng Bercahaya bagai Bulan
Ambo Upe Dilingkupi keberuntungan
Ambo Were Yang memiliki Karomah
Ambo Unru Yang Handal
Ambo Tang Memiliki pendirian teguh
Ambo Gau
Ambo Wellang Memberi Pencerahan
Ambo Gatta
Ambo Lau
Ambo Cenning Yang manis (dalam hati), selalu dirindukan
Daeng Malomo
Daramang
Indo Keteng
Indo Laba
Indo Takko
Indo Tang
Kambang
Karateng
Kasii
Kasumang
La Tinro
La Tunrung
La Oddang 1.
Latippa
Maddaremmeng
Makkatengnga
Mappanyokki
Marauleng
Nyili
Nyompa
Oddang
Paduleng
Pallawarukka
Pannamo
Riyatte
Rawallangi
Piampo
Sanabe
Saribanong
Tenri Liweng
Sengngen
Sumpala
Tabbulu
Tappa
Tenri Abeng
Tenri Ajeng
Tenri Akko
Tenri Akku
Tenri Ampa
Tenri Atu
Tenri Awaru
Tenri Balebo
Tenri Bali
Tenri Bengnga
Tenri Dala
Tenri Dio
Tenri Eja
Tenri Elle
Tenri Esa
Tenri Gappa
Tenri Gau
Tenri Jaja
Tenri Lengka
Tenri Ola
Tenri Oja
Tenri Pada
Tenri Pakku
Tenri Palalo
Tenri Paweli
Tenri Rawe
Tenri Sai
Tenri Sa’na
Tenri Sangkala
Tenri Sanna
Tenri Sapada
Tenri Sau
Tenri Sessu
Tenri Siu
Tenri Sompa
Tenri Sukki
Tenri Sumpala
Tenri Uji
Tenri Ukke
Tenri Uleng
Tenri Uraga
Tenri Wali
Tenri Waru
Tenri Yasim Limpo
Tenri Yatte
Unde
Yasim Limpo Enong

40 Tanggapan to “NAMA-NAMA BUGIS”

  1. baburinix! said

    semoga bermanfaat

    http://downloads.ziddu.com/downloadfile/14854262/sekalimelakukanlebihbaikdariseribukalimembaca.rar.html

  2. erika said

    Nama kakek saya Ambo lome/palome. Nama nenek saya Indo Bombang apa artinya?

  3. alam said

    bagaimana dengan nama andi maksudnya apa?

  4. alam said

    dan daeng juga maksudnya apa?

    • Andi Tenri Elle Hapsari said

      kalau di bugis ada 3 macam stata sosial…

      #1 Andi = merupakan gelar bangsawan

      #2 Daeng = gelar penghormatan

      #3 dan orang biasa

      namun penggunaan “daeng” juga biasa dipakai sebagai panggilan kepada orang yang lebih tua atau kakak, sama seperti kalau di jawa memanggil org lain dengan “mba” atau “mas” sebagai bentuk sopan santun menghargai orang lain tanpa mengetahui nama orang tersebut.

      • Aca said

        gelar penghormatan = daeng bagi bugis berru (barru) dan pangkaje’ne (pangkep) sama dengan gelar andi.mungkin yang dimaksud itu adalah stata sosial : Raja ( gelar andi…), meredeka (kalangan yang mampu,cendekia, pemangku…) a’ta ( hamba). Kata andi, yang sering kali dalam keluarga terhormat dan terpandang kata andi= andikku=anrie (adik :indonesia…sementara kata daeng = kale (kakak : indonesia)….W
        allahualam.

  5. wah nama-nama bugis, saya baru tau.. :)

  6. abby abd kadir said

    datuk aku DIMAN ..kg Tedong Darat,merlimau..

  7. Rumah said

    namanya pada aneh-aneh tapi bagus,,
    Benar-benar Indonesia kaya akan Budaya Lokalnya :)

  8. alifpan said

    .. ada nama alifpan ga orang bugis????

  9. tikussaljul said

    “andi” itu gelar bagi anak keturunan puang / raja
    “daeng” itu gelar orang makassar untuk puang/raja

  10. Harun Effendy said

    Nama-nama bugis , sesuai dengan budaya Bugis-Makassar

  11. arman said

    Nama bapak saya Salewangeng,,, artinya apa ya…???

  12. Andi Tenri Elle Hapsari said

    masukan ^ _ ~

    – tenri – artinya tidak
    – elle – artinya diantarai / menyamai

    jadi kalau namanya – Tenri Elle – artiya tidak diantarai / tidak ada yang menyamakan ^ _ ~

    itu kata bokap g yang org bugis hehehe secara nama gue itu :p

  13. Andi Tenri Elle Hapsari said

    barusan nanya bokap, tyt beliau tau beberapa arti yang ada dinama2 diatas kalau ada yg penasaran ^ _ ~

    jadi menurut penjelasan beliau adalah sebagai berikut:

    “Ambo” = itu merupakan nama umum yang berarti laki-laki/pria
    “Indo” = merupakan nama umun yang berarti wanita/perempuan atau juga berarti ibu.

    kemudian baru diberikan tambahan nama untuk menambah arti / doa yang diharapkan sang orang tua buat sang anak dalam nama mereka…

    Gatta = berombak
    Malomo = mudah ( biasanya orang tua bermaksud memberi nama ini agar si anak selalu dimudahkan hidupnya, rejekinya dll)
    Keteng = (baca: kéteng) ternag bulan / bulan purnama
    Uleng = Bulan
    Takko = Tidak diduga / tidak terduga / tidak disangka
    Tang = Kokoh / teguh
    Kasii = dikasihani / dikasihi / disayangi (biasanya ortu berharap anaknya menjadi org yg mudah/selalu dikasiihi sesama)
    Tinro = yang mendorong dari belakang / motivator atau bisa juga berarti “tidur” bila dijadikan kata kerja
    Tunrung = tandang / kelompok keluarga besar
    Bombang = ombak laut
    Makatenga = yang berada ditengah-tengah
    Marauleng = Nuansa terang bulan / nuansa cahaya bulan
    Nyompa = Sadar / tobat
    Pallawarukka = yang menghalangi keributan / yang membendung terjadinya kekerasan dll
    Rawallangi = Dibawah langit

    “Tenri” = merupakan nama putri bangsawan, namun juga bisa berarti “tidak”

    jadi tidak semua yang bernama tenri itu mempunyai arti yang bisa diartikan sebagai “tidak…”

    Akko = dicampur (jadi kalau Tenri Akko = tidak dicampur atau maksud org tua adalah anaknya itu murni)
    Akku = kepunyaanku (jadi Tenri Akku = bukan kepunyaanku/ bukan milikku —> sebagai penyerahan diri sang orangtua yang mengakui bahwa anak merupakan titipan ilahi ^ _ ~ )
    Ampa = terlihat (jadi Tenri Ampa bukan berarti tidak terlihat, namun lebih berarti sebagai “putri bangsawan yang terlihat” atau istilahnya kayak selebritis gitu, banyak dilihat org / terpandang)
    Atu = Tinggi / Tunggal (jadi Tenri Atu bukan berarti tidak tinggi, namun lebih berarti “Putri Bangsawan yang Tinggi/Tunggal”)
    Bali = Lawan (jadi Tenri Bali bisa mengandung arti atau maksud dari orang tua sebagai anak yang tidak memiliki musuh sama sekali atau dengan kata lain sebagai anak yang disukai semua orang ^ _ ~)
    Benga = Heran (jadi Tenri Benga dimaksudkan orangtua sebagai “putri bangsawan yang dikagumi sampai terheran2″)
    Eja = (baca: éja) Warna Merah
    Esa = (baca: ésa) Ada (keberadaan) —> jadi Tenri Esa disini biasanya orang tua bermaksud sebagai “Putri Bangsawan yang Ada atau Berada”
    Gau = Bekerja / Orang yang giat bekerja (Jadi Tenri Gau = Putri Bangsawan Yang Giat Bekerja)
    Ola = Jalan (jadi Tenri Ola disini berarti Putri Bangsawan yang memberi jalan atau bisa juga berarti yang selalu maju)
    Pada = Sama / serupa (jadi Tenri Pada biasanya berarti Tidak Sama atau Unik = Putri bangsawan yang Unik)
    Palalo = Yang Menyuruh lewat (biasanya orang tua mengartikan sebagai “Putri Bangsawan yang memberikan arah / penuntun yang baik)
    Sai = merupakan nama penyakit (Jadi orang tua berharap anaknya merupaka “putri Bangsawan yang Tidak sakit / tidak mudah sakit)
    Sa’na = Sanna = terduga (jadi Tenri Sa’na / Tenri Sanna merupakan “Putri Bangsawan yang tidak terduga” biasanya untuk anak yg tidak disangka dapat oleh orang tua)
    Sompa = Pemberian / Diberikan (jadi Tenri Sompa bagi orang tua berarti sebagai Putri pemberian ilahi)

    berhubung bokap g juga dah lama tinggal di jawa, jadi cuman bisa mbantu segini doank :P
    so CMIIW yah ^ _ ~

    semoga bermanfaat

  14. Irfan makka said

    Nama isakka dan latahang belum masuk

  15. Shahrudin Othman said

    Bacok..basok..ada kah juga nama bugis…?

    • Rustan said

      Betul Baco, itu nama panggilan untuk anak laki-laki, Becce untuk anak perempuan, Tapi biasanya nama itu melekat pada Anak pertama, anak bungsu atau anak tunggal.

    • Petta Buffon said

      Ada perbedaan antara pemberian nama Baco dgn Baso atau Becce’ dengan Besse. Baco/Becce adalah nama umum yang diberikan kepada anak laki2/perempuan bugis dan kadang hanya merupakan nama kecil atau nama panggilan (La Baco/ I Becce’). Sedangkan Baso’/Besse’ adalah gelar yg diberikan bagi bangsawan laki2 bugis bone yang menandakan bahwa yang bersangkutan merupakan putra mahkota yang layak menjadi arumpone (raja bone). Yang menggunakan gelar Baso’/Besse’ merupakan bangsawan dengan kasta tertinggi di tanah Bone.

  16. Cleo said

    wah…………… q bru tw ternyata nm2 ada artinya gitu………….

    hohohohoho.. aplagi yag Tenri2 itu,, q px bxk sepupu namaX Tenri

    dan semuanya dah diartikan diatas….

    keren……………………….

  17. renata said

    Kalo namanya andis apakah itu semakna andi?jwb ya perlu..thaks hehe

  18. pribadi said

    kalau pemimpin bahasa ogie nya apa ya?..untuk anak ku insya ALLAH,rencananya mo pake kata “arung”, tapi takut jadi bahaan olok2 temannya nanti dikemudian hari diplesetin jadi “karung” lah dan sebagainya.

    • Petta Buffon said

      “Arung” berarti Raja. Kata Arung setelah nama seseorang diikuti dengan nama wilayah atau tanah kekuasaan yang bersangkutan . Contoh: “Andi Abdul Fattah Petta Nabba’ Arung Cellu”. (Cellu adalah nama wilayah di kerajaan Bone tempat beliau berkuasa/memerintah).

  19. harun zain said

    Saya berasal dari kota maros dan istri saya org palembang kami rencana akan memberi nama putri kami yg pertama ” Azzahra Tenri Ukke Zain ” tapi saya tdk tau arti daripada Tenri Ukke mohon petunjuknya

  20. saya ingin cari kel besar monte daerah bugis. karna kel saya peong bin monte

  21. rustam said

    nama kakek saya peta japin apa arti nya klu blh tw tentang keturunan nya nama ayah saya andi abdul rahim tp keduanya sudah wafat semasa saya kecil jd saya tdk tau tentang keturunan bugis saya, dulu kakek saya pernah diminta pulang ke sulawesi karena dia anak sematawayang entah untuk apa tp nenek saya cemburu di larang nya lah kakek saya pergi ke sulawesi, saya tinggal di palembang dengan ibu saya orang palembang asli, saya bingung saya keturunan bugis bone tp tak tau tentang bugis bone…

    • Arlia Muthia Pallawa said

      Mungkin yang benar nama kakek anda Petta Japping?
      saya juga kurang tau artinya, tapi klo untuk Petta itu gelar kebangsawanan di daerah Bone.

      Saya Bugis Bone, asli. dan masih tinggal di Bone.^^

  22. camu said

    kalo inis firdaus slame artinya apaan ya?

  23. noviyadi said

    apakah “piet” itu ada artinya/ itu hanya merupakan sebutan untuk seseorang ? atau kata “piet” itu berasal dari daerah mana di sulawesi ?
    terimakasih…

  24. I do agree with all of the concepts you’ve presented to your post. They’re very convincing and will definitely work.
    Nonetheless, the posts are too short for starters.
    May just you please prolong them a little from next
    time? Thanks for the post.

  25. Wonderful blog! I found it while browsing
    on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Thank you

  26. Hey there! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to look it
    over. I’m definitely enjoying the information. I’m book-marking
    and will be tweeting this to my followers!
    Exceptional blog and terrific design and style.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.