www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Bugis, Penemu Benua Amerika

Penemu Benua Amerika PDF Print E-mail
ImageTahu tidak? Siapa yang paling sangat pertama menemukan Benua Amerika?
Yuupzzzt, Kalau ada yang jawab Americo bla…bla??? (sory, reDs kagak tau nama belakangnya) atau Vasco daGama. Keduanya salah, Mereka bukan orang yang paling sangat pertama menemukan Benua Amerika. Mengapa demikian reDs tanda tanya.

Memangsih, dulunya aku juga menjawab seperti kalian semua. Pandanganku itu berubah ketika suatu pagi (bingung aku, pagi atau siang yach? Aku lupaaa) aku dan seorang mahluk bernama Adnan berdiskusi ngawur di sebuah tempat yang bernama koridor sekolah (mana yang tepat, Koridor kelas atau koridor sekolah?).

Hasil diskusi kami menyatakan bahwa mahluk yang paling sangat pertama menemukan Benua Amerika sesungguhnya adalah mahluk yang bernama Orang Indonesia yang bersuku Bugis Makassar. Namanya ± Karaeng Pa’Rruntu’ Dg Ppassap’pa’ dan CS-nya. Hei reDs, jangan ngawur donkzzt!!!!

Bukannya ngawur yagh……, Pada zaman Dahulu kala, bahkan sampai sekarang. Orang Bugis Makassar dikenal sebagai pelaut ulung. Dan begini yang lebih jelaznya…

…. Karaeng Pa’Rruntu’ Dg Ppassap’pa’ dan rombongan pergi berlayar dan kapalnya kemudian masuk ke area Badai yang sangat besar yang lebih dikenal dengan nama AQUA LAGUNA (hai reDs, ini bukan cerita ONE PEACE khan?). Ohhhh,,, tidak. Rupanya kapal Karaeng Pa’Rruntu’ Dg Ppassap’pa’ telah dibawa oleh badai tadi dan akibatnya Karaeng Pa’Rruntu’ Dg Ppassap’pa’ n rombongan terdampar di sebuah pulau yang sangat asing dan tak berpenduduk. Rombongan lalu memasuki hutan meskipun mereka tahu (not Tahu Easy) banyak binatang super buas didalam rimba.

Setelah menyusuri hutan dan tak menemukan mahluk bertitle manusia di semua bagian pulau, mereka kembali ke pantai dan memperbaiki kapal dan kemudian melakukan pelayaran pulang ke Tanjung Bunga Makassar. Sialnya, layar telah berkembang tapi angin tak kunjung bertiup hingga asa tak sampai walaupun rindu akan kampoeng halaman telah menyergap seluruh rombongan (weeetzz, puitis banget reDs…@#). Kemudian, mereka memutuskan embaca mantra ajaib dari timur lalu beramai-ramai memanggil angin.

Am’mirik’ko……Am’mirik’ko…. Am’mirik’ko….. (Bugis:Am’mirik’ko=Indonesia:Berhembuslah),
semua crew berteriak…

Angin akhirnya berhembus dan mengembangkan layar. Sesampainya di Tanjung bunga, Kapal berlabuh dan semua awak turun. Setelah semua awak turun, Karaeng Pa’Rruntu’ merasa ada yang kurang. Setelah berpikir dengan menggunakan RAM 128 MB, barulah dia menyadari bahwa salah satu awaknya tertinggal di pulau aneh itu. Awak yang tertinggal itu adalah SYAMSUDDIN (English:SAMSUDDIEN).

Sementara itu di sebuah tanjung, Syamsuddin terus menunggu dan berharap (Lupa Berdo’a) teman-temanya akan kembali dan menjemputnya. Tapi, yang datang adalah pelaut-pelaut portugis. Orang Portugi bertanya dalam bahasa latin “Apa nama pulau ini?“, Syamsuddin bingung karena tidak mengerti bahasa latin. Dia mengira orang portugis itu menanyakan apa yang dia lakukan di pulau ini. Diapun menjawab dalam bahasa Internasional (Bugis Makassar) “aku ditinggalkan temanku, Apa kalian berpapasan dengan orang-orang yang berteriak Am’mirik’ko?. Orang Portugis mengira Am’mirik’ko (latin:Americo=English:Amerika) adalah nama pulau itu. Para pelaut Portugis itupun kembali ke kampung halamannya lalu melaporkan tentang sebuah pulau yang bernama Tanah Ameriko.

Selama ini Amerika telah menutup-nutupi bahwa Orang Bugis Makassarlah yang menemukan Benua Amerika. Mereka tidak ingin Dikatakan sebagi anak cucu Syamsuddin (baca:orang Indonesia). Bagaimanapun hal tersebut ditutup-tupi, amerika tetap berjuluk Negeri Paman SAM (-suddin). Mereka juga tidak menyadari bahwa nama Amerika adalah padanan kata dari Am’mirik’ko. Dan, Tanjung Tempat syamsuddin menunggu dan mengharapkan teman-teman yang tak akan pernah menjemputnya kemudian dikenal sebagai TANJUNG PENGHARAPAN.

Sumber: Anging Mammiri.Org

43 Tanggapan to “Bugis, Penemu Benua Amerika”

  1. Kalau amerika diklaim kolombos yang menemukan dan kita sepakati itu berarti kitapun orang indonesia ikut latah/bodoh karena sangat jelas bahwa sekian banyak cacatan perjalanan orang-orang Bugis-Makassar (sekarang indonesia) kenegeri itu (amerika) jauh sebelum kolombus mengklaim menemukannya. Kalau missionaris pertama, itu betul kolombus pelakunya.
    orang indonesia itu terlalu banyak yang mau di bodohin literatur sejarah (se-jarah=sebuah perampasan) bangsat berkulit putih penjajah.
    Harusnya, kita sadari kalau sebahagian besar naskah asli Lontara Bugis-Makassar dirampas orang-orang belanda, kenapa ? Pastilah memilik nilai lebih yang sangat luar bisa, buktinya sampai saat ini tidak dikembalikan sebab kalau dikembalikan berarti Mahkama Internasional harus dicabut dari negara belanda.
    Lontara Bugis-Makassar penuh dengan literatur Hukum dan sebagai tanda penaklukan dari Bangsa (bukan bangsat) yang pernah menjelajahi dua pertiga kulit bumi, itu pasti !

  2. Sangkala said

    jaman dulu blm ada nama samsudin kali sebelum Islam msk mungkin SANGKALA…baru msk akal. btw nice joke….

  3. to ogi said

    jgn terlalu maksain orang bugis nemuin amerika,… ceritanya jd aneh

  4. yusuf ghazaLi said

    to ogi betul kii…

    aneh sekali kalO maksa gitu critanya

  5. Nedi said

    sama juga dengan artis filem yang sekarang sangat terkenal di hongkong, dia lupa kalo dia sebenarnya orang bugis, atau bisa jadi dia malu mengaku bugis, sehingga namanya dipenggal yang seharusnya Andi Laupe’ menjadi Andy Lau.

    • wakakakakakakakakakakkakakakakaakakkkakakakakkakakakakkakaakakkaakkkkk
      ini memang orang Bugis suka ngarang ……
      sejarah pun di karang-karang, ditambahi, dikurangi dan dibumbubuhi ….
      kasiannya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. IIMRAN-TANAMONI said

    ha..ha..ha..
    seharusnya orang2 barat khususnya orang amerika beterimakasi dan memberi penghargaan kepada orang bugis..!!! ogi bawang jago!!!

  7. En Wildhan said

    Benua Amerika ditemuakan orang Bawean ini terbukti dari cara orang amerika kalok memanggil anak-anak merka menyebut san-san yang berasal dari kata Makkasan he he he

  8. inal said

    hebaat…to ogi memang mantap…
    he….he…he…
    t2 orang amrik logakx british xtax kturunan labacoji pade…

  9. Al- said

    hhhhhaaa..betul-betul. kyaknya ada pergerakan bwah tanah…!!!
    klo mencermati dan mengambil landasan dari cerita diatas, pemeran utama dalam penemuan benua amerika itu adalah orang Makassar bukan Bugis…. karena kata KARAENG itu Originalnya orang Makassar…!!! tlong pnjelasannya daeng.

    • Adi said

      AL, sepakat…
      -) Karaeng Pa’Rruntu’ Dg Ppassap’pa’
      -) Am’mirik’ko……Am’mirik’ko…. Am’mirik’ko……
      -) Tanjung bunga
      hmm…mana Bugisnya…?

      • samsam said

        knp jarang skali ada yg ngaku sy orang “makassar bugis”????????????

        selalux org bugis makassar….

        n cerita tentang pelaut2 tangguh slalu berasal dri daerah2 bugis bkn makassar.
        pembuat kapalx saja org2 bugis….

    • saya cuma bisa tertawa dalam hati,,,,, bikin sakit hati saja tulisannya ini daeng!!!

      • hahahahahahahahahaha iyo, mana Bugis pelaut ulung ….
        Bugis itu baru dikenal berlayar pada erax Arung Palakka, itu pun menumpang kapal Belanda …
        Nanti pi merdeka Bone dari Gowa, baru mereka meng-klaim kalau mereka yang paling jago,
        mereka pelaut, bugis itu sejatix PETANI … PHINISI itu asli dari Makassar…
        Memang kalian harus berterima kasih pada Arung Palakka yang telah mengangkat kembali martabat orang Bugis, khususx orang Bone, dan terkhusus berterima kasih sama Karaeng Pattingalloang yang telah mendidik dan melatih
        arung palakka ..

  10. Wah…!!! Bangsa bugis memang hebat2 sejak dahulu hingga ke saat ini..

  11. banyak cerita!!!!!! datng k batam napa mas! di batam kan banyak org bugis Walokotanya aja wong Bugis namanya Drs.Ahmad Dahlan hubungi aku ya mas Klo Butuh MC Ku bisa MC n Aku Bekas Presenter TV lokal Ha…ha… 081270002612

  12. arief taufan said

    nice joke,tapi tanjung harapan (cape of good hope) kan di afsel

    bukan amerika…dan yang benar itu amerigo vespuci bukan americo,

    vasco da gama juga tidak pernah berlayar ke amerika tapi india.

  13. ahhhhh,,,,,
    bner pa gag ne crita????

  14. samsam said

    ni cerita mirip cerita org ambon yg konon kabarx yg menemukan benua australia….
    katax ‘ose tra lia” kepada temanx d kapal waktu liat pulau…heheheheheh

  15. Hidayatullah said

    bugis, makassar, luwuk, dll satu keturunan ji….

  16. Sartika Js said

    ha….ha…..
    hebat betul orang bugis_makassar.
    ikutan berlayar d dongeng ini dong,,,,,,

  17. Joko Bodo said

    Semua orang juga tahu kalau Tanjung Harapan/Tanjung Pengharapan/Cape Verde itu berada di Afrika, bukan di Amerika. Ini yang nulis koq sotoy banget, ya?

  18. ubur2 said

    jago metto to ogiee….ewako..cikali.

  19. putra bugis said

    hahahahahahahahahahaha……. trlepas dari benar atau tidaknya cerita ini, sy hanya bisa mengacungkan 2 jempol sy kepada penulis, dan khususnya pengarang cerita ini, yang mempunyai imajinasi yg luar biasa. terima kasih saudaraku, trus berkarya!!!!! sekali loayar berkemjbang, pantang mundur ketepian.l salam sy, putra bugis#

  20. emans raniri said

    smw BEnar Yg SALAH adlah CRITANYA……!!!!!!????? HAHAHAHhahahaha……………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!

  21. hahaha boleh jga tuh,,,,,,,,,,
    seharus tu jadi penyemangat kita sekarang………………….. alo kita indonesia bisa jadi negara adi kuasa kyk amerika

  22. agus said

    tidak ada cerita klo tidak ada mitos nya,ayo berbnggalah kamu

  23. I Daengta Maloasa Karaeng Manjakkalak said

    bugis bugiiiiss….. itukah sifatmu…..
    sy tidak tahu bagaimana generasi bugis yg akan datang??/
    mereka tlah membangun generasi di atas kedustaan… bahkan mereka dibantu oleh orang2 kafir orientalis macam Christian Pelras.. bahkan pada masa arung palakk memberontak pun di bantu ama VOC kafirin orientalis….
    sementara makassar dari namanya saja berarti transparan, nampak apa adanya, jujur, terbuka. tdk suka bohong…

  24. I Daengta Maloasa Karaeng Manjakkalak said

    tapi kalau bugis yg berhaluan ekstrim terus gencar menularkan virusnya.. tdk ada solusi harus pisah. Makassar Buat provinsi istimewa kesultanan makassar Raya meliputi BULAENG PAMMINASANTA. yakni bulu kumba, selayar, bantaeng, pangkep, maros, makassar ku daeng, sungguminasa, jeneponto takalar.. bugis bikin sendiri wilayah, mau kasi BUGIs Raya kek, BOSOWA kek atau apa sj namanya, yg jelas kita adu kehebatan, adu sejarah, adu peradaban, adu kecerdasan, adu fakta dll.
    makassar siap kembali membesarkan namanya lewat imperium kekuasaan, ekonomi , politik, dan militer dengan ruh Islam.

    bagaiman bugissss,,,, siap?????

  25. abrar said

    pasti yg nulis…. sedang tertawa terbahak2 karena ini cerita memang versi ngawur seperti cerita orng ambon……

  26. basir said

    terlalu banyak dengar cerita dongeng ini

  27. siska sari said

    kenapa di sebut negeri paman sam, krna samsudin bkn dari ras arya. coba samsudin ras arya,pasti sebutanx bapak sam

  28. siska sari said

    bugis-makassar bagaikan 1 jiwa dan raga, tidak dipisah kan.

  29. muhammad syafullah said

    basir anjink

  30. muhammad syafullah said

    ABRAL ANJIKK

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.