www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Bugis Afrika Selatan

Afrika Selatan Susuri Garis Keturunan Orang Bugis
Makam Syekh Yusuf di Kampung Macassar, Cape Town (kiri), menjadi tempat peziarahan warga Muslim Afrika Selatan. Konon Syekh Yusuf berasal dari Indonesia dan dibuang ke Sri Lanka, lalu ke Afrika Selatan oleh Belanda karena menentang penjajah. Tak jauh dari makam itu, berdiri masjid yang rencananya akan diresmikan Maret mendatang bersamaan dengan acara seminar Indonesia-Afrika Selatan

DARI manakah sebenarnya asal usul orang Bugis yang kini bermukim di Afrika Selatan? Dari Malaysia atau dari Makassar?

Pertanyaan itulah yang dibawa Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia Graffits Memela ketika bertemu Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungannya ke Sulsel, Senin (12/5) malam. Sebab, menurut Graffits, selama ini ada anggapan bahwa orang Bugis di negaranya berasal dari Male (Malaysia). Sementara itu, pemerintah Sulsel menyatakan orang Bugis di Afrika itu berasal dari Sulsel.

“Mana yang benar?” Begitu kira-kira pertanyaan yang dilontarkan Graffits kepada Syahrul Limpo dalam pertemuan silaturahmi kedua pejabat di rumah jabatan Gubernur Syahrul.

Menjawab keraguan Graffits itu, Syahrul yang baru sebulan dilantik sebagai Gubernur Sulsel periode 2008-2013 menegaskan bahwa orang Bugis Makassar di Afrika adalah keturunan Syeh Yusuf, ulama dan pejuang yang berasal dari Sulawesi Selatan yang dibuang pemerintah Belanda ke negara itu pada abad ke-16.

“Syekh Yusuf adalah keturunan Raja Gowa (Sulsel) yang diasingkan pemerintah Belanda ke Afrika yang kemudian mengajarkan agama Islam sekaligus berjuang membela Afrika dari penindasan penjajah di negara tersebut,” katanya. Lalu, dari hasil perkawinan pengikut Syekh Yusuf inilah berkembang keturunan orang Bugis Makassar hingga saat ini di Afrika.

Bahkan, tambah Syahrul, kuburan ulama kharismatik dan pejuang dari Gowa itu ada di Afrika dan di kabupaten Gowa, Sulsel. Ini membuktikan bahwa hubungan darah antara rakyat Afrika dan Indonesia khususnya Gowa sudah menyatu sehingga perlu dijalin kerjasama budaya dan pendidikan di negara itu.

Kerja sama pembangunan

Pertemuan Syahrul-Graffis itu sendiri dilakukan dalam kaitan rencana pembangunan arsitektur rumah adat Balla Lompoa di Cape Town oleh Pemprov Sulsel pada tahun 2009 nanti. Graffits sendiri berharap agar pembangunan miniatur balla lompoa di negaranya termasuk bangunan perpustakaan serta duplikat benda-benda bersejarah dan budaya orang Bugis-Makassar itu segera direalisasikan.

Dalam pembicaraan singkat sebelum dijamu makan malam bersama isteri dan sejumlah rombongan yang menyertainya, Dubes Arfika Graffits menambahkan bahwa negaranya juga akan membangun pendidikan di Afrika Selatan supaya masyarakat bisa berbahasa Indonesia dan mengenal lebih dekat budaya Indonesia khususnya budaya Sulawesi Selatan.

“Pemerintah Afrika dan Indonesia sudah menandatangani kerja sama (MoU) bidang pendidikan dan kebudayaan saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Afrika tahun lalu,” ungkapnya.

Syahrul didampingi Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo menambahkan bahwa rencana pembangunan Balla Lompoa dan perpustakaan di Cape Town akan direalisasikan tahun 2009 sebagai perwujudan sejarah antara pemerintah Indonesia (Sulsel) dan pemerintah Afrika.

“Bahan bangunan arsitek miniatur Balla Lompoa akan diangkut kapal laut yang dimasukkan dalam kontainer ke negara tersebut,” ungkapnya.
Sumber : Antara

172 Tanggapan to “Bugis Afrika Selatan”

  1. waw bugis ternyata keren juga, saya bangga menjadi orang bugis

    • Sam said

      Kebanyakan artikel Suku Nusantara yang mendiami sebahagian kawasan di Afrika Selatan ialah suku Melayu? Jarang saya terbaca artikel yang menyatakan bahawa suku Bugis juga ada mendiami sebahagian kawasan di Afrika Selatan. Atau adakah Orang Melayu itu boleh disamakan dengan Orang Bugis? Di Malaysia Orang Bugis dianggap sebagai Orang Melayu.

      Pembangunan Balla Lompoa ( Saya tidak tahu maksudnya ) adalah satu usaha murni untuk mengangkat budaya dan peradaban Orang Bugis. Namun saya tidak tahu sama ada Balla Lompoa ada di Malaysia atau tidak. Bagaimana dengan Belanda atau Jerman?

    • Zul (Tondekan Sabah) said

      Sam… balla lompoa boleh di kategorikan sebagai rumah adat suku bugis .. asal melayu di afrika memang berasal dari tanah bugis yg telah bermastautin dari pertengahan tahun 1693 lagi.

  2. bugis is the best ngak kala sama jakarta yang sekarang jadi dambaan

  3. kalau begitu presiden harus memberi dana untuk perawatan tempat bersejarah di sul-sel

  4. fundy said

    2 jmpol bwat orang bugis

  5. kamyllev vi said

    heba memang to ugi e ….

  6. aljin said

    iyo tawwa nak

    sejarah telah membuktikang

    upzz kelebihan eheheh

  7. andi diyah said

    orang Bugis OK banget tapi mahasiswa2x di Makasssar jangan suka kekerasan,donk..kan malu dilihat di tv nasional apalagi internasional. Tunjukkan kita orang bugis/makassar adalah org berpendidikan n punya akhlak baik, siip,, keep smile!!

  8. teosophy said

    salam kenal,
    secara alami orang bugis memiliki karakter yang baik seperti pemberani, jujur, setia, dan rela berkorban…
    namun kalau sifat ini tidak dijaga dan dikembangkan maka dia akan sirna dan berubah menjadi kebalikannya…

    wassalam,
    dari saudaramu sesama muslim dan bugis yang sedang belajar di negeri Iran, adlany
    http://teosophy.wordpress.com/

  9. IQ.. said

    Setahu saya Syekh Yusuf itu asli Suku Makassar bukan Bugis…

    • Putra Makassar said

      Bagaimana bisa Penulis mengatakan bahwa Syekh Yusuf itu Orang Bugis sedangkan Nama beliau saja Syekh Yusuf Al-Makassari, selain itu tempat beliau di Afsel bernama Makasssar.
      Makassar adalah Suku yang berbeda dari Bugis, jadi tolong Anda Tulis Bahwa Syekh Yusuf itu Orang Makassar.
      Ada kesan Bahwa Bugis terlalu ingin di Tonjol-tonjolkan sehingga dengan mudah Menklaim Orang2 Makassar yg menjadi Legenda.
      Tabe’…

      • Munawara said

        ga perlu dipermasalhkan mau bugis ato makassar,tp asal usulnya dr sul-sel

      • La madukelleng said

        to putra makassar:
        tabe,
        sebaiknya saudara kembali belajar mengenai sejarah moyang kita..
        kita berasal dari rahim yg sama..
        bugis itu bangsa besar, dan menurunkan suku2 di celebes..

        coba search di yahoo “somba ri gowa, mangkau ri bone, payung ri luwu, matasak ri toraya”

      • andilasso said

        La Maddukelleng,
        Kita ini hanya mw meluruskan dan berkata benar dlm sejarah sj, bukan mksd apa2. Kita memang bersaudara kok, tp klo bicara sejarah, kemukakan yg benar biar anak cucu kita tw bgimna sejarah yg sebenarnya, itu sj, sederhana kan?
        Krn tampaknya sejarah di sulsel sdh di putar balikkan tergantung sypa yg membuat sejarah, kemudian digiring ke kelompoknya bhw dialah yg paling hebat, Ok

      • laummasa said

        bone koeeee…. bumi arung palakka yang jelas bugis tetap bugis,,, hidup bugis

      • Hamidin said

        Asw…saya Hamidin asli Makassar tapi besar di Bone. Wahai saudara2 janganlah kita persoalkan Syekh Yusuf Ulama besar dunia. kita berbangga beliau itu berasal dari Sul-Sel. Kenapa sy katakan dari Sul-Sel spy semua suku yg ada di Sul-Sel menjadi milik Beliau.Tidak ada untungnya kita berdebat,akhirnya timbul pertikaian apalagi kita sama2 dari Sul-Sel yang punya adat Siri satu2nya di Indonesia.Marilah kita bersatu karna Makassar dan Bugis ataupun Bugis-Makassar sudah bersatu tidak ada lagi perbedaan, yang beda hanya Taqwa saja kepada Allah swt.Lihat orang jawa Walaupun raja-rajanya dulu juga saling bertikai tapi sekarang mereka kompak buktinya. Setiap pemilihan kepala negara mereka sangat setia terhadap sukunya walaupun nantinya yg jadi itu hanya seorang wanita dan orang kurang normal tapi mereka tetap memilihnya….kalo begitu masih perlukah kita bertengkar…..yang perlu kita benahi sekarang ialah : Sul-Sel sekarang itu jangan terlalu banyak demo dan tawuran, mari kita bangun Sul-Sel yg sekarang pembangunannya sangat pesat. Berbangga kita jadi Orang Sul-Sel yg disegani baik kawan maupun lawan,yang suku2 kita bertebaran diseantero dunia. lihat Malaysia ada Tun abdul Razak bersama Putranya Najib yg jadi perdana menteri. beliaupun tidak ribut2 tapi jadi Perdana Menteri di Kampung Orang Luar biasa sungguh luar biasa.Itulah suatu contoh yg terbaik…..inilah goresan pena saya saudara…semoga kita bisa merenung bersama. terima kasih, Wassalam

      • Muh.Syukri Basri said

        Tidak Salah Kalau Syekh Yusuf disebut Orang Bugis Makassar,Karena Beliau adalah Bangsawan Raja Tallo.Sedangkan Tallo itu Memang Bugis Makassar.sebagaimana pernyataan Karaeng Pattingaloang PM Kerajaan Gowa “teai Makassar punna tena Bugisna dan teai Bugis punna tena Makassarnya.Sultan Hasanuddin Pun sudah pertautan Makassar Bugis.ayah beliau Adalah Raja Gowa dan Ibunya Adalah Putri Arung Berru.Itu adalah Fakta.hanya orang tolol yang membeda-bedakan Bugis-Makassar dan Luwu.Luwu adalah Ayah,Makassar saudara tua,Bima saudara ke2,Buton Saudara ke 3 dan Bugis adalah Bungsu.tapi yang paling Nakal memang Orang Bugis.

      • Suwandy said

        Ibu dari Sultan Hasnanuddin itu berasal dari Laikang (salah satu daerah di Takalar) Bukan dari Barru.

      • Muh.Syukri Basri said

        minta maaf kalau salah tulis,Ibu Sultan Hasanuddin memang dari Laikang,hanya yang kami dengar ibunya bukan lagi asli Makassar.tapi tercampur dengan Bugis.bisa jadi keliru.

    • Suwandy said

      BENAR SEKALI SAUDARA, SAYA ATAS NAMA PRIBADI MELAKUKAN PROTES KERAS TERHADAP PEMILIK BLOG INI.
      SYEKH YUSUF ITU ORANG MAKASSAR, BUKAN ORANG BUGIS.

      • kamma memang antu tau bugisi.
        eroki tawwa terkenal.
        nasaba ero na mi intu terkenal, jai dudu mi balle-balle na.
        kamma mi intu i ratea.
        nakana tuanta salamaka tau bugisi, nampa tuanta salamaka tau mangkasara.

        tea meki heran sa’ri.
        kamma memang antu tau bugisi.

      • hary said

        tojengi antu ki paua daeng,
        ada pihak2 yg mau mengaburkan sejarah.
        adakah orang yang mau objektif sekrg?
        semua hanya untuk kepentingan golongannya

        sikali pi poe
        antu ki kanayya daeng, kana tojeng.

      • Rahmat hidayat said

        pak asal anda tau,,… orang bugis itu tak sperti yang anda katakan,.. jika kita melihat di siaran tv, yang anda maksd itu suku anda sendiri pak,.. seprti dalam tarian bugis itu selalu di bilang bahwa itu adalah merupakan tarian mangkasarak,. na memangki tawwa kamma ngasseng kebudayaanta.. klau kita mo blang seperti itu jangn sampai luka dulu bangkit kembali..

      • PutraMakassar said

        Rahmat Hidayat, perlu anda ketahui bahwa pelaku tawuran dikampus-kampus adalah Mahasiswa Bugis bukan Mahasiswa Makassar. objektif bung dalam menilai.

      • Ely said

        setauku toh…. bangsa bugis itu adalah suku bangsa bagian dari kerajaan Gowa Tallo, setelah keruntuhan kesultanan Gowa Tallo, bangsawan, cendikiawan, pasukan dari kerajaan Gowa Tallo diasingkan kesegala penjuru dunia, ada yg ke Malaysia, Belanda, Eropa, dll. jadi menurut “saya” orang Mangkasaraklah yg paling hebat…”saya bukan orang Makassar tp saya salut dengan orang Makassar”….

  10. ano said

    Gowa termasuk Bugis ato Makassar..???

    • Rustan said

      Gowa termasuk makassar

      • Putra Makassar said

        Jadi Judul yang benar dari tulisan ini adalah “ORANG MAKASSAR DI AFRIKA SELATAN” Bukan Orang Bugis.

      • Suwandy said

        SAUDARA RUSTAN, MAKASSAR ADALAH SEBUAH SUKU TERSENDIRI, BEGITUPUN BUGIS DAN DALAM HAL INI ANDA TELAH MELAKUKAN PEMBOHONGAN DAN PEMBODOHAN PUBLIK DENGAN MENULISKAN BAHWA SEAKAN-AKAN SYEKH YUSUF AL MAKASSARI ADALAH ORANG BUGIS, PADAHAL BELIAU ADALAH ORANG MAKASSAR 100%.

      • laummasa said

        alamoii,,, dokoni daung cempa

      • Ely said

        saya juga sepakat bahwa judul yg bagus dari tulisan ini adalah “ORANG MANGKASARAK DI AFRIKA” bukanja orang Makassar nah.. tp saya mulai jengkel dengan saudara2ku orang Bugis yg mengklaim2 seperti itu…. sekedar membuka pikiran aja.. “bahwa jangan mau besar dari kebohongan”… tabe’

    • La madukelleng said

      makassar berasal dari kata akkasariyah nabiyah (penampakan nabi), ketika datu patibang, seorang ulama dari minang tiba di pelabuhan gowa..
      sebaiknya belajarlah sejarah lagi..
      silahkan search : “somba ri gowa, mangkau ri bone, payung ri luwu, matasak ri toraya” semboyan persaudaraan raja2 di celebes..

      • Diah sartika said

        to la madukelleng…
        Tabe”’
        matasak ri toraya dr mana? setau saya yg ada itu cuma, payung ri luwu, mangkau ri bone, somba ri gowa dan datu ri soppeng..

      • janganlah terlalu diperdebatkan antara bugis dengan makassar,….!!!!! sekarang kita punya tugas sebagai generasi muda penerus bangsa jangan perna lupa akan sejarah dan tetap menghargai serta menjujung tinggi nilai2 budaya bangsa bugis Makassar

      • FIRMAN said

        memang benar semboyan ini dari raja2 sulsel “somba ri gowa, mangkau ri bone, payung ri luwu, matasak ri toraya”……bru ji saya dengar ad muncul datu ri soppeng…perlu kita ketahui bahwa matasak ri toraya itu berarti bahwa toraja adalah yang tertua d sulsel bahkan salah satu suku tertua d indonesia..klu nd percaya coba tanya kturunan raja sulsel hmpir semua diturunkan dari toraja…..coba juga search d google “suku proto melayu d indonesia”…….maaf numpang lewat saya hanya mw melurusan pendapat dari saudari Diah Sartika..tabe’

  11. Putra Makassar said

    Tolong Anda Bedakan Bahwa Bugis dan Makassar itu berbeda.
    Syekh Yusuf itu 100% Orang Makassar bukan Orang Bugis.

    • klo anda berada di sulsel wajar anda mengatakan itu, klo anda berada di pulau lain anda akan merasa org bugis/mksr itu sama saja dan anda bersaudara, jika anda berada diluar indonesia anda akan merasa semua org indonesia yng anda temui adalah saudara anda dan anda seperti keluarga. jadi tenangkan hatimu kawan… jagalah emosi… kematangan seseorang adalah dari sikapnya… sering2lah lihat dunia luar… engkau pasti akan memahami semuanya.

      • tailasomu Panrita Lopi.
        nukana malla tau Mangkasara ri bugisi?
        bajiki bawanu ngaseng bugisi.
        punna eroko situnrung, pawwang ma kemae tampa’na?

      • ladomeng said

        cocok tawwa panrita lopi…. kalau menyebut nama suku di sulawesi selatan, yang ada bugis makassar bukan makassar bugis, jari punna kamma anjo toai to bugisika mae rimangkasaraka…….
        ewako bugisi……

      • maddolangang daeng apala said

        ladomeng dari mana bikin karangan baru sedeng,,, jelas2 tau mangkasara di panggil daeng orang bugisi dipanggil andi=anri,
        dalam sejarah tau mangkasara ntu anak sulung tau bugisi anak bungsu…

    • La madukelleng said

      semua perantau yang berasal dari celebes disebut bugis..
      bugis makassar, bugis toraja, bugis luwu, bugis bone, bugis gorontalo, dll.. berasal dari satu rahim..

      “SOMBA RI GOWA, MANGKAU RI BONE, PAYUNG RI LUWUK, MATASAK RI TORAYA”

      • tallobosi said

        bkan luwuk,,luwu…………….sama ji tawwa keturunan raja malaysia dari luwu…tapi dibilang ton
        ji,keterunan bugis makassar…….kamma anne

      • sunny_boey said

        Betul itu. Kalau di Malaysia, semua suku dari sul-sel dipanggil ‘Bugis’. Ada Bugis bone, bugis makassar, bugis pinrang, bugis enrekan, bugis rappang, bugis sinjai. Dan kekadang toraja pun dipanggil bugis toraja….he..he..he..

      • sunny_boey said

        jadi kalau di afrika selatan ia dipanggil bugis afrika selatan. bukannya makassar afrika selatan…

      • Wija ToLuwu said

        pertanyanku sm LA MADDUKKELLENG, Berasal dari rahimna siapa ???…

      • tam said

        bikin bingung jg ni…

      • FIRMAN said

        semuanya dari satu rahim ji dari kturunan toraja coba buka d google”suku proto melayu di indonesia”…yang berisi daftar2 suku/manusia2 pertama yang mendiami wilayah indonesia

    • aris said

      nne dikana to mangkasara pabambangang natolo…

    • ecal said

      jgn lh ribut di stu ,,aq aja cucux syech yusuf gk mmpersoalkn neneq org bugis atw mksar pkkcx sulawesi selatan ..bersatu bhe jgn bertngkr sesama saudra ,,hidup sulsel

    • gayana jie said

      tolo2 smua kow di…!? jago bertengkar jeko..? batemu di ketawai itu… nda bsa kah kalian brsyukur sj, klo islam itu mulai tersebar…?? apa yg kmu mau klaim..?? siapakow..?? klo masi hidup yg kow perdebatkan, da kandatto kepalamu.. orang2 yg gampang terprovokasi, Y A H U D I… org yg punya kepentingan nda bae liat ini tulisan2, dia hancurkn celebes, gara2 kalian yg sok… merasa memiliki satu sama lain, cuman di bibir. apa yg sudah kmu lakukan bwat daerahmu…?? makax kluar daerah kow skli2, spy kow tau, btp banggax qt mnjadi anak celebes, dan anak INDONESIA… sok jago kalian…….. daeng sarro, sante mako jgn mi sok, krn anak celebes ndada ji yg takut mati…. yg membedakan akalx ji…. (klo manusia lbih brmain akal dari pada nafsu, maka drajatx di atas malaikat, tapi klo nafsu lebih dari akl, dia lebih rendah dari binatang) manusia punya akal dan nafsu, malaikat akal sj, binatang nafsu sj….

    • daeng ali said

      Aku ini sngat bngga dgn org sulawesi, tanpa mmdang dia bugis at mkssar, aku hanya ingin sulawesi mnjadi wilayah yg maju sperti brunei, hidup nya makmur, kaya raya, dan tak mudah di adu domba org luar, kita ini suku bugis makassar cikal bakal org pintar, jd jgn lah kita bersengketa dgn hal2 yg dpt membawa kpada khncuran, maju kan lah, sikali sombalak ammenteng tena namparang nalili, sikali kukana iyo tena ku erok namassaile, jadilah Org sulawesi yg bijaksana dan bisa memajukan daerah sndiri, tnpa mperdebatkan mslah suku, krna pd dasarnya kita ini satu turunan,,,,,,,

  12. ichaelk petonk said

    jago metto ana’ ogie,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ewako kalaki’ aja mucau, akkawali togenno, mattapi ulaweng teppe

  13. rusli.rauf.(colli)pinrang said

    masalah bugis ato makassarnya syeh yusuf ga perlu,yg penting syeh yusuf keturunan kita bugis makassar yg patut kiya banggakan sebagai pahlawan yg islami dan mengharumkan suku bugis makassar di mata bangsa khususnya afrika ok!!!semoga al marhum di terimah disisinya,dan di bukakan pintu syurga untuknya amin….,selleng ku ri idi maneng silessureng ugi ku.

    • Ahmad pinrang said

      bangga sih bangga jadi keturunan bugis mks,tapi yang paling penting meneruskan perjuangan ulama2 kita,soalnya yang saya liat di south africa,apa yang di perjuangkan syeh yusuf uda mulai hilang,contohnya di area water front cape town gaya hidup di sana sudah jauh dari ajaran islam,penduduknya pun uda banyak yang non muslim.by ahmad to pinrang phattinjo

    • Ad said

      Hmm…Kalau saudara-saudara ngak mau mempermasalahkannya (bugis atau makassar) ya harus tulis Bugis-Makassar disemua tulisan yang ada. Ya kalau tulisannya seperti ini, ini namanya perampokan mas, dan pasti ada yang komplain akan hal ini. Salam persaudraan…

      • mandar, enrekang, bugis dan makassar itu nenek moyangnya satu, jadi percuma bertengkar masalah ini, bahasanya beda2 dikit makanannya sama wajahnya sama nanti ketahuan kalau bicara, sudah kebiasaan orang sulawesi kalau sudah lama merantau di berubah jadi seperti masyarakat setempat, seperti raja malaysia tidak lagi memakai budaya sulsel mereka berubah jadi melayu begitu pula bugis di tailand juga berubah cuma mereka tidak lupa bahwa asal mereka dari sulawesi, aku kira tun razak tak bisa lagi berbahasa nenek moyangnya, tapi sekarang sudah jadi melayu, makanya disebut bugis melayu. bayangkan aja nabi adam sukunya apa, terus anak cucunya seluruh dunia mejadi berjuta juta suku, yg sipit matanya yang mancung, yg pesek, semua asalnya adam dan hawa, tapi kalau orang sulawesi neneknya msih satu keturunan, orang luwu ke makassar jadi makassar luwu ke polewali jadi mandar luwu ke bone jadi bugis luwu ke bima jadi orang bima(NTB) luwu ke semenajung jadi melayu, saya pernah datang di kampung bugis di bali aku cari orang yg pakai bahasa bugis nggak ketemu yang ada bahasa bali semua, sekali tanya mana orang bugisnya, mereka menjawab kamilah keturunannya, terus kampung bugis di singgapur jauga sama mereka berubah jadi melayu, jadi bepikirlah saudaraku jangan terlalu mempertengtangkan anatara suku di sulawesi percuma, nanti orang luwu bilang kalau begitu orang bugis bukuan orang luwu, padahal nenek moyang orang sulsel orang luwu. jadi kacaulah jadinya, terus terang aku lahir di pinrang terus nenek saya dari wajo terus orang tua asli nenek saya dari luwu yang marganya Opu dessitaba yang pernah aku dengar ucpan itu keluar dari mulut nenek saya, tapi nenek saya sendiri tidak terlalu pintar berbahasa luwu, yang ada bahasa bugis wajo. demikianlah uaraian saya, yng tinggal di Melak Kutai Barat kalimantan Timur sejak 1979

  14. petta patau said

    tolong pahami lontara ‘ khusus sulsel empat dalam satu bugis asli.bugis makassar bugis toriaja,bugis mandar;jari teamaki abbesere karaeng naanti roh moyang kita terganggu dan Allah marah kalau org suka mencetuskan perkauman dan menerima bala bencana dan kehancuran. tabe’ karaeng!

    Mari kita terus berjuang!Bugis di manca negara.bangga dengan nama bugis makassar dan bugis yang lain-lain yang ada di seantero dunia.

    BUGIS MALAYSIA.BUGIS MALAYSIA.BUGIS MALAYSIA.BUGIS MALAYSIA.

  15. dher said

    ewaKO UGI…….ALA MANENG IHHH…

  16. Erland Zwitzo said

    Maccasar di AFSEL Dan Makassar di Indonesia
    Bugis ada dimana.mana… Kebanyakan Orang tau itu Bugis Sang Penakluk Dunia.

    • sainuddin said

      kenapa di ktakan bugis makassar karena orang bugis bisa berbahasa makassar, begitupula orang makassar bisa bahasa bugis dan seterusnya suku2 yang ada di sul-sel artinya kita dari sulsel yang ada di rantau tidak bisa di ukur ……… jadi tdk usaperdebabkan makassar atau bugisya jangan sampai perinsip(ABBULO SIBATANG )kita lupakan ewako bija, ewako cappo,,

  17. AGUS said

    JUDUL DIBUKU YANG DI TERBITKAN,, THE BUGIS,, SYEK YUSUF ORANG BUGIS 100%

  18. bagi kami diperantauan setiap masyarakat atau pribadi yg berasal dari sulsel semua dinamakan bugis/makassar atau bugis makassar. jadi disini tidak perbedaan antara keduannya… bahkan sudah seperti saudara… kenapa didaerah selalu ribut dgn hal2 spt ini? prihatin dan sedih…

  19. saya sangat malu jika melihat ditayangan tv… mahasiswa2 kebanggaan makassar masuk tv selalu karena tawuran, hancurkan bangunan dsb.,… saya sangat bangga klo berita2 TV menyiarkan prestasi2, temuan2 baru dalm bidang mereka masing2, tp apa yang terjadi.. kapan itu akan ada
    semua bisa melihat dan menilai… mungkin ego kita yang terlalu berlebih… hingga dikit2 harus marah… jujur saya mengatakan… sebelum merantau sy melihat masyarakat berlomba masuk Perguruan tinggi… tapi kebanyakan setelah jadi sarjana… kembali menjadi beban orang tua..

    • gayana jie said

      tolo2 smua kow di…!? jago bertengkar jeko..? batemu di ketawai itu… nda bsa kah kalian brsyukur sj, klo islam itu mulai tersebar…?? apa yg kmu mau klaim..?? siapakow..?? klo masi hidup yg kow perdebatkan, da kandatto kepalamu.. orang2 yg gampang terprovokasi, Y A H U D I… org yg punya kepentingan nda bae liat ini tulisan2, dia hancurkn celebes, gara2 kalian yg sok… merasa memiliki satu sama lain, cuman di bibir. apa yg sudah kmu lakukan bwat daerahmu…?? makax kluar daerah kow skli2, spy kow tau, btp banggax qt mnjadi anak celebes, dan anak INDONESIA… sok jago kalian

  20. sebenarnya sebagai putra bugis makassar…seharusnya malu kalau kita hanya memperebutkan asal usul syekh yusuf dan nama harumnya saja… tp yg perlu kita perebutkan lebih baik akhlak mulyanya dan sosok ketauladanannya di jadikan warisan buat kita semua… insya allah mudah2an akan ada lg syekh yusuf yg ke2 dan seterusnya yg bisa menharumkan nama bugis makassar yg sekarang dan yg akan datang… amin yaa robbal alamiiin…

  21. lameada mega baca said

    makessing to di

  22. Andi` Alief(putra gowa-polman said

    ~jiwa Syekh Yusuf masih berkobar di tana bgis makassar pada khususnya dan dunia islam pada umumnya,,,,,,,,ALLAHU` AKBAR……trus maju jiwa dan semangat Syekh yusuf,ALLAH merestuimu,dan ini sebagai bukti kekuasa`an Allah bahwa setiap apa yang dia inginkan akan terwujud.

  23. Bugis dan Makassar adalah satu… mereka semua adalah satu keturunan yang tidak bakal bisa dipisahkan…. tidak perlu diperdebatkan… kita adalah manusia ciptaan Tuhan… Apakah kebanggaan asal kita akan dipertanyakan diakhirat kelak? Tidak… saudaraku maka dari itulah perbaiki iman kita sebelum kita menghadap keharibaan nantinya tuk mempertanggung jawabkan hidup kita… perpegang teguhlah pada Al-Qur’an dan As-Sunnah ! Bukan malah perdebatkan kebanggaan kita berasal darimana….. Renungkanlah saudaraku…

  24. bugis n makassar emank suku tersndiri yg masing2 mmpunyai prbdaan bdaya dan bhasa masing2 tp bnyak juga ksamaannya..
    klo syekh yusuf ntuww orang makassar asli yakni brasal dr kab.gowa… jd klo anda berfikir syekh yusuf ntuw bugis 100% itu salah.. tp tak prlulah ntuw d prdebatkan krna bugis ma makassar dah mnyatuu.. makanya ada bhasa bugis makassar..

  25. FITRIADI said

    YANG JELAS SYEK YUSUF, PASTI DARI ARAB YANG MENYEBARKAN AGAMA ISLAM DI MAKASSAR…..

  26. sundel bolong said

    saya setuju bahwa harus dibedakan, bugis adalah bugis dan makassar adalah makassar, dan Syekh Yusuf adalah keturunan bangsawan kerajaan Gowa. Kerajaan Gowa adalah kerajaan suku makassar bukan suku bigis. Kesimpulannya penulis harus meralat dan minta maaf atas keteledorannya, smoga ini adalah kesalahan tulis dan kebodohan semata, bukan karna ada niatan untuk merampas nilai-nilai adat kaum suku makassar. Saya selaku suku bugis dari Bone sangat prihatin atas tulisan ini.

    tabe……

    • Hamidin said

      Asw…kepada saudaraku yg gagah perkasa.Anda amat sportif mengakui nilai2 adat orang lain saya salut sama anda. Saya kadang sedih mendengar komentar di blok ini, saling menjelek-jelekkan Raja2 dan Ulama kita dulu. padahal itu sama2 dari SulSel. Yang satu bilang itu dari Makassar yang satu lagi itu dari Bugis. Wahai Saudaraku….yang pasti benar adalah Beliau itu dari Sulawesi Selatan titik. Saya sendiri Asli Makassar tapi saya besar di Bone.Jadi saya cintai Bone.Wassalam hamidin

    • gayana jie said

      tolo2 smua kow di…!? jago bertengkar jeko..? batemu di ketawai itu… nda bsa kah kalian brsyukur sj, klo islam itu mulai tersebar…?? apa yg kmu mau klaim..?? siapakow..?? klo masi hidup yg kow perdebatkan, da kandatto kepalamu.. orang2 yg gampang terprovokasi, Y A H U D I… org yg punya kepentingan nda bae liat ini tulisan2, dia hancurkn celebes, gara2 kalian yg sok… merasa memiliki satu sama lain, cuman di bibir. apa yg sudah kmu lakukan bwat daerahmu…?? makax kluar daerah kow skli2, spy kow tau, btp banggax qt mnjadi anak celebes, dan anak INDONESIA… sok jago kalian

  27. sahir said

    sebaiknya penulis minta maaf. terus judul artikel dll di luruskan agar tdk kontraversi. Itu baru orang sulsel berbudaya modern.

  28. dayana said

    bugis n maccasar itu sama saja kerna lahirnya dari rahim yang sama…………..

  29. dayana said

    bugis itu hebat karna ada d mana2,,,apa pun aku bangga kerna d lahirkan dari keturunan bugis asli cuma saja aku tidak d besarkn d tanah ogik……

    tho phatinjo,
    salam buat saudara ogikku d mana sj kamu b’ada….hidup BUGIS hidup bangsaku…

    *BIJA POLE LETTAK*

  30. bugis said

    mana mi yg mau situnrung diatas………………

  31. hy fraend said

    walau pun d belah d pisah dari jasad
    turun temurun kita takkn hilang.
    berbeza suku bugis tetep 1 nama

  32. saharuddin said

    Makam Syekh yusuf bukan hanya ada di afrika selatan atau di gowa tapi dimana-mana, menurut yang saya tau syekh yusuf kembali dari berhaji bersama pengikutnya meninggal dalam perjalanan, oleh penduduk setempat diminta dimakamkan di tempatx, dan dilaksanakan pemakaman tapi setelah pengikut beliu akan berlayar, jenasah tersebut diambil ulang, begitu seterusx sampai di gowa, menurut saya makam sekh yusuf ada di gowa dimana pengikut setiax dari gowa

  33. Wija To Luwu said

    Jelas2mi tawwa klo Syeh Yusuf itu orang makassar, bukan orang bugis. Bukannya kita mau berpecah, ini cuman permasalahan identitas dasar. Kalau ada tetangganu mencuri baru kau yg dipenjara kira2 kau terimaji?? karna alasannya sama jako?? pasti nda mauko krna kau sm dia beda, dan ini yg harus di pertegas disini. Orang Luwu dibilang bugis, enrekang bugis, mandar bugis, Makassar juga dibilang bugis, yang lebih parah orang Tator yg mnurut para arkeolog suku tertua yg ada d sulsel di bilng jg bugis ini tdak mnghargai budaya lain sob. Giliran kau tauran d makassar trus d beritakan d TV klo Mahasiswa makassar bentrok lagi, pasti kau nda klarifikasi bilang yang tauran sama merusak itu bukan orang makassar tapi orang bugis, Munafik tohh??? mari kita bersikap realistis, smua komenku ini tdak berdasarkan asumsi pribadi tp ini memang yg terjadi dan kita semua bisa liat sendiri. Tabe’..!!

  34. david said

    orang yg dongo njo pabambangan ajana toli sicacca apa para idimi bugis itu tonji makassar yg perlu kta banggakan kita berasal dari sulawesi selatan

    • Lamakarupa said

      Lamakarumpa

      jgn terpancing cri tau david itu islam atau tdk jgn terjadi seperti kita di palu kejadian di poso ! pokoknya makasar ya makasar bugis ya bugis ! krn sy punya beberapa teman orang bugis sya tanya klu makasar itu orang bugis juga mereka bilang makasar lain juga disini jelas sistem adu domba masih sangat bagus di indonesia ! tolong ingatkan teman2 yg lain jangan sampai terjadi! krn klu bgini terus akan berdampak kebencian antara suku ! bayangkan sy membuka ini saya langsung tergerak krn begitu sensitivnya ! dan akan banyak lagi yg akan mengomentari hal ini !

  35. totonrae said

    saya kira kalau membaca kembali tulisan ini tidak perlu ada perdebatan. Syekh yusuf ke afrika selatan saya pikir tidak sendirian, dia bersama pengikutnya yang bisa jadi ada orang bugisnya (mungkin dari pengikut orang bugis ini yang lebih banyak keturunan di sana sehingga dalam perkembangannya justru orang bugisnya lebih dominan). sehingga penulis dalam tulisan tersebut cuman menuturkan pembicaraan duta besar afsel dan gubernur sulsel..perkataan bugis makassar berasal dari gubernur bahkan duta besar afsel hanya menyatakan bugis…penulis hanya menuliskan apa yang mereka perbincangkan.

    • Hans said

      Saya kira penulis sudah betul, kenapasih kalau dia tulis dari bugis ? apakah salah ? makassar kan juga bugis, yang salah kalau dia bilang jawa, tidak ada namanya bugis jawa. Jadi tdk perlu dipermasalahkan

    • Lamakarupa said

      Lamakarumpa

      drimana orang bugis mengklaim kalau orang makasar itu orang bugis jga ? karna say menanyaka kepada orang bugis (bone) mereka mengatakan makasar lain juga !!! tdk sama dengan bugis ! produk darimana ini kalau orang bugis hampir mengawali kata bugis di segala suku di sulawesi ? perlu kita tinjau lebih jauh ! contoh kongkrit cerita lagaligo hampir semua penduduk sulawesi tdk tau ceritanya untuk di generasi kita, padahal itu satu kebanggaaan ! karna jujur cerita2 laga ligo itu sampai ke donggala (Banawa) Palu ! yg mengherankan adanya di belana ! sudah sekian abad ! petanyaanya apakah mereka mempelajarinya atau menyimpannya bgtu sja di musium meraka ? klu mereka mempelajarinya untuk apa ? ibarat kalau sy mempelajari anda apa maksud saya disana ? begitupun lagaligo yg mewakili karakter orang sulawesi ! jdi apakah ini produk belanda mengklaim seperti itu bahwa sulawesi adalah orang bugis seperti pulau jawa adalah orang jawa ! halus tak tampak tpi pengarunya sangat besar ! klu orang bandung membuat krya besar dn di akui dunia mak orang eropa mengatakan itu buatan orang jawa nah orang bandung tdk akan menerima itu krn orang bandung bkn orang jawa ! sama dengan bugis dan makasar !

  36. al-amin said

    BUGIS ITU XDE NILAI PUN….YG ADE NILAI BUGIS TU DI SEBABKAN ADE ISLAM DALM JIWA ORG2 BUGIS….AKU BUGIS TP, ISLAM ITU LEBIH PENTING…SATU ISLAM,SATU BUGIS SATU BANGSA, SATU UMMAH…!!!!

  37. safarudin said

    Kalau orang “HEBAT”
    : orang kaya=banyak harta/pejabat=macam2 pejabat lah= pejabat kampung sampai pejabat pemerintah/orang sukses=pengusaha2 terkenal,saudagar/orang terpandang,terkenal=penemu rumus,penemu obat2 an ,penemu pulau dllnya, pengarang,pahlawan/orang terkenal=syiar agama,kyai,ustad, ustazah,selebritis,artis,entertainment,pelawak yg mengharumkan nama memang selalu banyak yg claim/mengakui bahwa itu adalah “MASIH SAUDARA SAYA” karena ia bangga merupakan dari silsilah keturunan nya atau dari kampung asal kelahirannya, coba jika orang tsb biasa2 aja/orang miskin/orang jelek/orang cacat jasmani,rohani/orang bodoh/orang gila/orang bejat/orang jahat/orang melarat dll nya sedikit yg mau claim/mengakui bahkan mersasa malu utk mengakui nya : ” oh bukan itu bukan keluarga saya.., dia bukan orang sini,.dia bukan orang suku saya ,dia gak pernah tinggal disini, oh dia tu dari kampung sebelah , oh itu masih keluarga si anu si itu dll nya utk menutupi malu nya karena merasa terhina dan tercemar nama baik nya krn dia sendiri belum tentu baik bahkan di usir mentah2 dr rumahnya ,dari kampungnya,dr desanya,dr kotanya,dr negara nya dimana ia dilahirkan/menetap kalau mungkin dr muka bumi ini ke luar angkasa sana ..hehehe.. dll nya
    mudah2 sedikit tulisan saya ini dapat menggugah hati saudara2 saya yg berdebat yg tidak akan habis2nya. tahan emosi tenangkan hati, jaga kekompakan kita dengan mengacu :
    Kita masih saudara krn :
    1. kita saudara kandung.
    2. kita saudara kandung salah satu dr ayah: 1 ayah lain mak
    3. kita saudara kandung salah satu dr ibu: 1 ibu lain bapak.
    4. kita saudara 1 keyakianan agama(islam).
    5. kita saudara 1 suku/etnic.
    6. kita saudara 1 suku + 1 suku lainnya (blasteran/peranakan) / kawin silang.
    7. kita saudara 1 gang/lorong.
    8. kita saudara 1 kampung/desa.
    9. kita saudara 1 kelurahan.
    10. kita saudara 1 kecamatan.
    11. kita saudara 1 kota.
    12. kita saudara 1 kabupaten.
    13. kita saudara 1 kotamadaya.
    14. kita saudara 1 propinsi.
    15. kita saudara 1 pulau.
    16. kita saudara 1 perantauan.
    17. kita saudara 1 bangsa/tanah air/bahasa.
    18. kita saudara 1 negara.
    19. kita saudara 1 asia tenggara.
    20. kita saudara 1 asia.
    21. kita saudara 1 bumi/planet jika ada kehidupan di planet lain? (alien? percaya?)
    22. kita saudara 1 alam semesta jika ada alam lain ? alam gaib ? alam apa lg ya ?
    23. kita saudara 1 keturunan dr adam dan hawa.
    silahkan ditambahkan jika ada yg kurang,
    maaf dan ampun saya haturkan jika ada yg tersinggung atau tersungging. atau ketikan/gaya bahasa saya yg salah dan boleh diralat kok.

    oh ya saya tambah kan lagi biar dak tegang/relax sedikit humor :
    kita saudara krn :
    1. kita saudara 1 TK ( taman kanak2=bagi yg pernah tk)
    2. kita saudara 1 SD
    3. kita saudara 1 SMP/madarasah/SLB dll yg setingkat…
    4. kita saudara 1 SMA/SMEA/STM/SMU & kejuruan lainnya…
    5. kita saudara 1 kampus/university dll nya….
    maaf dan ampun bagi saudara2 saya yg mungkin tidak mengenyam pendidikan.
    6. kita saudara 1 asrama/pendidikan senasib sepenanggungan.
    7. kita saudara 1 pacaran. (maaf dlm islam gak istilah pacaran ya…??).
    8. kita saudara 1 pacar cowok (1 cow 2 cew=adakan ? awas jgn brantem ya..).
    9. kita saudara 1 pacar cewek (1 cew 2 cow=ada gak ya ? dasar Play Girl…hehe…)
    bagi yg wanita yg baca ini so bilang : yg nulis ini pasti laki2..dasar laki2 gak adil…
    egois mau nya menang sendiri, buaya darat,dasar Playboy kampungan…wkwk..
    10.kita saudara 1 profesi=Pelaut,Pelukis,Nelayan,Pedagang,Wartawan,Seniman dll.
    11.kita saudara 1 ruangan kantor
    12.kita saudara 1 kantor
    13.kita saudara 1 unit kerja
    14.kita saudara 1 Team=Team olah raga, Team Rescue,Team Pencari Fakta dll.
    15.kita saudara 1 Supporter bola. dll.
    16.kita saudara 1 angkot,angdes,delman,dokar,becak
    17.kita saudara 1 truck,dump truck,tronton
    18.kita saudara 1 kapal=perahu Phinisi,perahu nelayan,ponton,rakit,kpl pesiar dll.
    19.kita saudara 1 pswat=tempur,penumpang=sriwijaya,lion,garuda,pswat radio dll.
    20.kita saudara 1 kost
    21.kita saudara 1 rumah.
    22.kita saudara 1 kamar
    23.kita saudara 1 kamar hotel (awas yg lain gender hanya sah pasutri aja ya….)
    24.kita saudara 1 pelaminan,mak,bapak,mertua,ipar,besan+ undangan yg hadir.
    25.kita saudara 1 suami (1 laki 2 bini atau lebih =akur2 aja ya….bagi yg dimadu ).
    26 kita saudara 1 is….ett ..stop awas !!! yg ini dak boleh ya…bukan saudara -
    namamya ini, ini ngajak tawuran namenye, bise berabes nanti, segale :badik,
    kuduk,clurit,keris,rencong,mandau,golok,samurai,sumpit,tombak,panah,
    silet,pisok lipat,pisok,dapok,bayonet,kecepek,pistol,senapang angin
    senapan,magnum,revolver,ak47,m16,shotgun,sniper,granat,
    bom=bom molotov,bom atom, kacang atom,bombay=bawang, boom=sabuncuci,
    bazoka, jangan sampai keluar.
    jaoh kan balak lah…..
    27.kita saudara 1 nenek moyang dari adam dan hawa.

  38. Zadra said

    tabe maneng sulesurenkku tana ogi.. disini ingin sedikit berbagi mengenai biografi pribadi saya.. ayah saya adalah orang gowa tepatnya malino yang berarti orang makassar toh. beliau lahir disana dan menurut bpk saya kakek buyut kami bernama cambang guliga seorang panglima perang dimasanya, konon pada suatu perang besar cambang guliga diminta oleh raja untuk memimpin perang melawan belanda masih VOC dan oleh arung atw karaeng dia diberi sebuah kitab semacam lontara hanya saja ini sebuah pusaka sakti. dan terbukti tdk ada satupun tentaranya yg gugur dlm perang tersebut , padahal saat perang mereka tdk pernah istirahat bahkan untuk makan pun tdk ada wkt krna peluru musuh begitu dekat bahkan baje’ biralle/arelle yg mereka suap kedalam mulu terpotong oleh peluru saking dahsyatnya perng tersebut.. maf sedikit menyimpang nih, nah LONTARA tersebut sampai sekarang masih ada dan sangat dikeramatkan, tersimpan dsalah satu rumah paman saya sebagai pewaris yg memelihara pusaka tersebut. dan boleh anda tau semua bahasanya bahasa bugis kuno, isinya adalah “CENING RARA” bermacam2 cenning rara tersimpan dteks lontara bugis kuno tersbut..
    pertanyaanya kenapa kita mempermasalahkan antara suku makassar dan bugis budaya apa yg membedakan kedua suku ini tolng tunjukkan, coba kita lihat rumah adat sm kan, baju adat juga sama kan, badik juga sm kan, wala suji pengantinnya juga sama kalaupun bahasanya berbeda itu karna masalah geografis saja. dan kebiasaan, coba saja lihat bahasa orng takalar dan sinjai, Gowa dan bulu kumba beda juga kan.. mereka orng makassr tdk pernah meyebut daerah. bgtupaun dri bone dan sbagian maros.. orang2 tua kita dulu tdk mempermasalhkan hal ini,, mengapa kita mau merusaknya kalaupun pernah terjadi perang saudara itu karna di adu domba oleh belanda.. satu hal lagi orang makassar yaitu kakek buyut saya buyutnya lgi mw meminjam dan menyimpan pusaka yg jelas2 berasal dr BUGIS,, itu berarti kedua suku ini adalah satu. mari kita bangga untuk kejayaan BUGIS MAKASSAR

  39. Walaupun saya bukan orang bugis, ttapi gw bgga ama tmen2 gw di kalbar walaupun bugis identik berwatak keras td mrka lmah lmbut & baik

  40. darwin said

    ass’wr’wb. mohon maaf…sebenarx arti bugis itu ialah Buat Genarasi Islam (BUGIS) jadi orng bugis itu 99% orang islam……semoga allah menaungi menguatkan keyakinanx untuk agama allah ISLAM….

  41. Hans said

    Matedde’ ati to yae andi laso

    • Lamakarupa said

      Lamakarumpa

      kta harus ingaat sejarah bagaimana meruntuhkan indonesia bagi orang2 eropa ? dengan sistem adu domba tentunya kebudayaan yg prlu mereka pelajari krn dri stu karakter kita masing2 sebagai suku mempunyai gambaran sifat ! sampai sekarangpun mereka mempelajarinya ! sy setuju saudaraku ! makasar ya makasar, bugis ya bugis ! jgn di campur adukan ! danseharusnya kita harus bersyukur karna ini kekayaan kita ! pertanyaanya siapa yg mengklaim bahwa bugis itu hampir sbgian dikatakan di sulawesi memang benar seakan2kan mengkaburkan budaya suku tersebut ! sehingga terbawa2 kegenerasi berikutnya ! kta ambil contoh pulau jawa dikatakan orang jawa tpi orang bandung tdk mau dikatakan orang jawa sama kejadianya makasar dgn bugis ! dan saya tekankan sampesuvuku ri/ saudara di makasara jgn terpancing dgn yg perkatax bugis krn brpa orang teman sy org bugis sy bertanaya klu makasar di katan bugis merka jwb makasar lain jga ! jdi orang yg mempertahankan bugis itu bkn orang bugis ! apa maksud semua ini ? muslim perang saudara ! poso sudah terjadi ! jgn sampai terjadi lagi !!!

  42. Rudyansyah Bin Arsyad Bin Marajang Bin Durehama said

    Assalamu Alaikum Sulessureng, saya orang bugis dan bugis Samarinda kaltim, menurut kakek dan nenek saya keluarga kami sudah tinggal di samarinda sejak abad ke 16, bersama dengan rombongan yang dipimpin oleh Lamohang Daeng Mangkona (bergelar Pua Ado yang pertama). Sekarang saya beserta istri dan empat orang anak tinggal di NIGERIA Afrika barat, dan semoga anak cucu kami terus tersebar di daratan afrika ini dan tidak melupakan asal-usul mereka.

  43. Lamakarupa said

    Lamakarumpa

    yang benar mayoritas penduduk indonesia adalah beragama islam ! tentunya di luar dri itu ingin menghancurkan islam ! dgn berbagai cara ! salah satunya suku makanya orang eropa mempelajari kebudayaan kita alasan untuk studi ! tpi tdk kita tau ap rencana disana ?

    • ancha said

      TABE NGASENG…
      INtinya tidak ada orng makassar mau di bilang orang bugis…
      Orang kaili pun tidak akan pernah mau dikatakan bugis kaili
      Mengklaim suku semua bugis sangat salah…
      Jadi blok ini blok ASUUUUUU……

      • Muh.Syukri Basri said

        di Rantauan semua orang dari Sulawesi Selatan mengaku sebagai orang Bugis,mungkin mereka merasa aman kalau mengaku Bugis,bahkan Tatorpun mengaku sebagai Bugis.Bukan Bugis yang awal mengakui mereka.apalagi makassar dan Luwu.karena ikatan ‘siri na ‘pessena orang Bugis terbuka menerima mereka.Orang Bugislah yang banyak menolong dan membela pendatang dari Sulawesi Selatan di manapun rantauan itu berada.itu adalah fakta.

      • FIRMAN said

        bisa na itu orang tator mengaku sbg bugis itu mi yg nd msuk akal dari pendapat ta ces

  44. jasz_mantoz said

    di malaysia bugis makassar tidak di sukai kerana perangai suka mabuk, jika sudah mabuk semua orang di cabar seperti orang yg tidak berpendidikan… sampai2 orang tempatan melabel orang makassar sebagai buta huruf buta hati…. oleh kerana itu di malaysia sentiasa menayakan kamu bugis apa? jika dia tahu bugis bone, barru, soppeng, wajo, pinrang dan pare-pare…. baru lh kamu di beri senyuman…. berbeza dg bugis makassar yg banyak membawa aib kepada bangsa bugis khususnya… minta maaf, sy bercakap apa yg saya lihat dan lalui sendiri,

  45. Sadi Wijanna Latenrritatta said

    Memang suku BUGIS adalah pelaut & perantau ulung. Tak heran jika orang bugis itu ada dimana-dimana di setiap daerah & negara. Itulah suku bugis,magello assedingenna.

  46. Ummu Izzah said

    yang jelas, saudara seiman dan serumpun kita hingga di belahan bumi yang lain… LUAR BIASA…!

  47. abdulhak said

    kami di Malaysia menganggap mereka yang ada leluhur asal sulawesi adalah bugis kerana mereka memperkenalkan diri sebagai orang bugis atau bugis makassar,bgis bo bone bugis kaili,bugis donggala,bugis manado semua diawali bugis kalau itu salah adakah yang boleh membetulkan ? fikir fikir tidk ada yang mengklaim tetapi berjalan secara evolusi mengikut zaman dan sekarang dunia mengenali kita sebagai orang melayu.

  48. tau lombok said

    ane heran,,,masalah identitas ribet banget selesainya gkgkgk
    syekh yusuf orang dari suku makassar
    susilo b yudoyono org dari suku jawa
    teuku umar orang dari suku aceh

    gitu saja panjang lebar,,penulis artikel ini memang cetek ilmu sejarah dan antropologi nampak.

  49. Andi Firdaus said

    always to bugis…….orang bugis adalah perantau…jadi tak heran klo orang bugis ada d mana2 …

  50. april 22,2012

  51. bugis is the best

    w anak bugis sangat bangga ama nenek moyang…ewako

  52. A. Pangerang Barammamase said

    kalo orang makassar ya makassar kalo bugis ya bugis,
    klo orang makassar tidak pernah me ngaku2 milik orang bugis,
    justru orang bugis yang selalu ngaku2 budaya orang makassar maupun pahlawan atau orang2 patriotisme yang berasal dari makassar/Gowa……!!!
    dan setau saya itu di afrika selatan (cape town) tidak ada kampung bugis yang ada hanya kampung macassar….!!!!

  53. SALAMING PUTRA BONE SANREGO said

    Assalamu’alaikum Silessureng Ogi’ku…
    Alhamdulillah, Syukur menjadi orang bugis karena dimana-mana ada orang bugis.
    Usahlah dipertikaikan lagi, adakah ianya Bugis or Makassar kerana ketika diluar negara, semua orang Sul-sel di panggil sebagai orang BUGIS.

  54. rangga said

    hati hati dengan praktek adu domba,,,,,aku anak asli gowa,namun teman2ku orang bugis,kami saling menyayangi dan saling menghormati,aku secara pribadi hanya meminta kepada orang2 yang mau menulis semacam artikel agar mengedepankan fakta sejarah,jangan mengaburkan sejarah,jangan menciptakan suasana panas di sulawesi selatan yg kita cintai ini
    juga ingat perkawinan suku bugis dan makassar,telah terjadi kasihan mereka kalo suku kita yg sama2 islam ini mau bertikai,,,,
    kembali lagi kita ajaran islam kalo ada masalah kayak gini,kita adalah bersaudara,,,hati2 orang yang berniat menghancurkan persaudaraan orang bugis makassar,,,aku ingat waktu antar pengantin dari sungguminasa ke barru,,,,mereka menerima menyambut kami dengan penuh haru,,,,,,bahagianya hatiku melihat menyatunya bugis dan makassar,,,,,,pokonya aku cinta makassar-bugis,,,,,kita bersaudara,,,,,mari kita kedepankan kejujuran dan cinta sesama warga sul sel…hidup sul sel hidup bangsa indonesia

    • PutraMakassar said

      Yang PROVOKATOR YANG MENGELOLA INI BLOG. DAN BISA DILAPORKAN KE PIHAK YANG BERWAJIB

      • Muh.Syukri Basri said

        Aku sendiri sudah tidak tahu identitas diriku,karena sehari-hari aku di kenal sebagai orang Bugis,tetapi menurut cerita ayah kakekku dari Makassar (Karaeng Tala).sedangkan Karaeng Tala katanya sudah percampuran darah antara Soppeng,Bone & Makassar.Kalau kami lihat Silsilah Ayah memang sudah bercampur campur asalnya.ada yang nyambung ke Karaeng Pattingaloang dan ada yang nyambung Ke Latenri Ruwa.jadi sebagai turunan saya merasa berhak menyebut diri Bugis-makassar.Sebaiknya orang-orang yang mempertajam perbedaan Bugis-Makassar perlu di telusuri identitasnya.jangan sampai dia bukan orang Makassar.atau bukan orang Bugis.tetapi orang yang punya niat-niat tertentu.

      • darus van basten said

        betuullllll……bisa jd dia itu pendatang….ato mungkin cucunya dajjal,..dikit lg dunia kan mau kiamat,…sy saja orang bugis makassar tdk pusing dngan maslah suku,….
        waktu disunnat saja aku tdk disuruh mengaku aku orang bugis ato makassar,…cuma disuruh sahadat udah,…damai itu indah cappo….makan enak tidur pun nyenyak,…narekko maega bali,baca2e mi dibaca,manre temma sipa’………….
        punna tojeng,patinraki badi’nu,…punna anu kodi ja,bajikanngangi mae tinro,.

  55. ANAK BONE@DOGOK said

    DEK NA MELOK ANDI…. ATUUUU KOIIIIIIIIIIIIII NAKORO DITEH…….

  56. Muh.Syukri Basri said

    Ketika masih di makassar saya sering kelahi,duel atau dikeroyok.orang makassar menyebut saya bugis kassa.saking terkenalnya namaku pada saat itu,teman yang menyebut namakupun sudah aman.karakter itu terbawa sampai kerantauan.kalau ada yang menjual pasti kudatangi rumahnya.hanya perlindungan Tuhanlah hingga nafasku masih panjang hingga sekarang.sekarang aku aktif membina persaudaraan Bugis-makassar dan Luwu.Orang makassar memanggilku sarebattang,orang Luwu memanggilku kapolo dan orang Bugis memanggilku andri.bahkan Orang Jawa memanggiku pak Uztadz dan orang Batak memanggilku saudara kita.ternyata hidup dalam damai adalah nikmat.demikian itu kuperoleh setelah saya belajar yang namanya “mengalah”.istilah yang tidak pernah kupelajari di tanah kelahiranku selain kata “Ewako!

  57. mulikjosie said

    setau saya di tanah ogi pertama kali sejak abad 16 sampai 17 hanya mengenal kata “bugis” silahkan cari refernsinya di google dengan kata kunci la galigo, dan ilmuwan2 eropa pun mengklaim bahwa asal muasal keturunan2 di sulsel adalah dari keturunan bugis, jadi pada dasarnya bugis terpecah karna adanya perang saudara antara kerajaan2 di sulawesi selatan hingga memunculkan berbagai pengkotak kotakan suku, namun pada dasarnya kita berasal dadri satu leluhur yang sama, sebaiknya mulai sekarang hentikan pengkotak kotakn seperti ini lagi, kita kita semua orang bugis, kta jangan munafik munafikan lagi karna dari budaya saja kita sudah mirip, bahkan sama kalau kita pakai hitungan persen…sekeras apapun makassar mengklaim dirinya bukan bugis namun sejarah panjang membuktikan budaya2 makassar adalah budaya bugis, hal ini yang membuat kita selalu terpecah dan mudah di adu domba di perantauan, padahal kalau kita mau bersatu, (makassar,soppeng,wajo,palu,luuk dll) bukankah kita semakin kuat dan di segani??? pikirkan itu..

    • Muh.Syukri Basri said

      Yang aku tahu juga demikian.Sebutan “Bugis” muncul ketika Pangeran Sawerigading pulang dari china.Mertua Sawerigading dan rombongan yang terdiri dari To Ware ( Luwu ),melayu dan Tiongkok china.Komunitas tersebut di beri tanah di daerah Pammana ( sebelum muncul sebutan Wajo,Bone dan Makassar).Komunitas tersebut mendeklarasikan diri dengan nama “Bugis”.sedangkan sebutan Makassar muncul pada jaman Karaeng Manyonri.

    • Ely said

      iyyyaahhhhhh………. asal usul orang sulsel adalah orang Bugiss ?????? ….. edddddeehhhhh,,,,, eh, salah itu parner… apakah menurut ta’ bahwa bugis itu telah ada sebelum adanya suku2 yg lain disulsel..??? setahu saya orang pertama yg masuk ke tanah sulawesi itu dari China itupun tinggal dan menetap bukan di daerah yg kita kenal sekarang daerah Bugis,, tp mereka ada di pegunungan daerah Mamasa.. dari situlah muncul keturunan yang dijuluki Sawerigading… adapun menurut para ilmuan yg kt maksud itu masih perlu dipertanyakan…. tabe’

      • Muh.Syukri Basri said

        Sebutan “Bugis” adalah pemberian dari Raja Sawerigading pada komunitas To Ware ( Abdi setia sawerigading ),kerabat keluarga ICUDAI dari Tiongkok China dan rombongan dari tanah Melayu.sedangkan patennya sebutan Orang Bugis pada masa Raja Lagaligo.itu adalah fakta sejarah yang tersusun dalam Lontara Bugis.sedangkan ketenaran cerita seorang wanita China di Mamasa yang juga di sebut sebagai salah satu leluhur Raja-raja di Tanah Bugis sampai kini belum tersusun dalam Lontara.sama juga dengan cerita Lakipadada. mas’alahnya CERITA TOMANURUNG DISULAWESI pernah ada di TATOR,ADA DI LUWU,ADA DI BONE,ADA DI SOPPENG RIAJA DAN SOPPENG RILAU DAN ADA DI TAMALATE ( GOWA ).jadi hubungan antara satu ToManurung dengan To Manurung lain susah tersusun secara ilmiah.bisa jadi mereka bersaudara semua.

  58. palakia... said

    aduhhh…
    bukannya qta tau raja bugis n makassar itu brswdara…
    bukannya qta tau kalo krajaan gowa yg pling tangguh…

    yg prlu di luruskan bhwa ayah tuanta salamaka ri gowa itu tdk di ktahui asal usulx,, cuman krna kehebatan ilmu kanoragam dan ilmu agama ( islam ) shingga dia bisa mmpersunting putri bangsawan….

    blakangan trsbar brita klo ayah syeh yusuf itu adlh nabi haidri ( nabi ellere’ )…

  59. putra murut said

    alah si makassar nih,banyak cakap sangat lah..,,,
    wahai bugis….!!!mengalah jak lah kau…
    si makassar tu mabuk arak dan kalah judi tu,kau faham faham lah…naik tekanan tu kesian.biarkan lah dia…hahaha…
    kau carikan jak wanita malam,berenti sdh tu dia marah..
    kesian sungguh si makasar ni.hahaha
    wahai bugis!!bersyukurLAH kau,kerana kau masih guna OTAK untuk berfikir,Indak macam si makasar tu yg berfikir selalunya guna lutut…(bodoh)
    PATUTLAH…MEJORITI pekerja ladang sawit selalunya org makasar.
    kerana lututnya(bodohnya) tu,dia di tempatkan di dalam hutan.
    indak macam kau BUGIS,,di pandang laksana emas.di tempatkan di tempat yg tertinggi,dan di puji puji oleh orang ramai.
    itulah SEBABNYA si makassar CEMBURU dgn kau bugis.

  60. Muh.Syukri Basri said

    Ketika Saya hendak meninggalkan tanah Sulawesi,saya siarah ke makam Syaikh Yusuf.demikian pula bila saya pulang.insya Allah saya sempatkan bersiarah ke makamnya.namun terakhir waktu saya pulang,saya merasa di palak sama orang-orang di situ.meski tidak terjadi apa-apa.tapi kakakku jengkel karena kakakku pun tinggal dekat situ.Saya harap Pemda Gowa membikin perda tentang retribusi bagi pensiarah.karena kasihan kalau niat tulus berubah jadi emosi.

    • Arman Ahmad Djaya.
      assalamu Alaikum Wr Wb .Ada pepatah menyatakan gajah mati meninggalkan gading,harimau mati meninggalkan belang ,manusia mati meninggalkan nama baik, inilah terjadi terhadap syekh yusuf banyak yang menganggap dia adalah kerabat ,sesuku,sebangsa,dan seiman , syekh yusuf tidak ada yang protes semejak ia dianggap pahlawan dinegara afrika ,kenapa tidak ada yang marah padahal afrika adalah negara negro syek yusuf bukan orang negro,kita sebagai orang sulawesi selatan bangga beliau diagungkan namanya didua negara dan ditiga daerah tempat di berjuang atas nama Allah Swa.seandainya beliau orang jawa bagaimana sutradara dan produser asal jawa membuatkan filmnya spektakuler seperti film walisongo yang dibuat berlebihan kesaktiannya..dimana mungkin anak anak sulawesi lebih mengenal wali songo ketimbang syek yusuf yang bukan hanya wali tetapi pahlawan agama,bangsa didua negara yang hanya satu-satunya didunia kita orang makasar jangan seperti orang jawa begitu negara lain menklaim budaya dan seni, dia langsung marah padahal kita juga orang indonesia banyak menklaim budaya orang menjadi budaya kita.seperti tarian barongsai merupakan cikal bakal tarian yang ada di jawa cuman bentuknya yang beda ,lagu keroncong itupun cikal bakalnya dari portugis,dandut yang oleh roma irama menklaim sebagai musik indonesia itu juga menggadopsi musik dan lirik lagu india apa kita bukan pencaplok budaya negara lain .tapi negara yang notabene sebagai pembuat karya seni dan budaya tidak pernah protes sama orang indonesia cuma orang indonesia saja yang protes menklaim seni dan budayanya kenegara lain apa tidak malu tuh .

  61. maddolangang daeng apala said

    sejatinya makassar adalah sebuah nama suku di ujung paling selatan sulawesi selatan, makassar oleh segelintir pihak kemudian dijadikan sebuah nama kota untuk mengaburkan sejarah, nama makassar merupakan nama sebuah kelurahan di kota makassar yang dulunya merupakan tempat berlabuhnya kapal datuk ribandang di pantai tallo.
    mengapa saat nama kota ujung pandang sudah menjadi baku kemudian dijadikan kembali kota makassar??????
    adapun suku-suku lain yang ada di makassar sekarang merupakan pendatang dari daerah lain dari abad ke 15 hingga sekarang dan seakan-akan merekalah pribumi.
    makassar terbagi dalam 4 sub-suku seperti makassar lakiung (meliputi kota makassar, gowa, takalar, sebagian kecil pangkep, sebagian maros) makassar konjo (meliputi sebagian bantaeng, sebagian bulukumba/kajang, sinjai barat) makassar turatea (meliputi jeneponto, sebagian bantaeng) makassar silayara (meliputi selayar)

  62. maddolangang daeng apala said

    mengapa hampir semua suku di klaim sebagai bugis???? bugis kaili lah, bugis bajo lah, bugis makassar lah, bugis luwuk lah, bugis toraya lah, bugis mandar lah, dll. tapi jika suku tersebut ditanya tidak ada yang merasa sebagai bugis…..

    #invasiidentitas

  63. Emil said

    Zuku Bugiz memang okey d’bnding zuku” laen d’indnezia,,,hehehe

    bngga.y jdi orng bugiz…

    Zoppeng koe

  64. adhi said

    kalau ada hal2 yg baik selalu saja banyak yg mengakuinya,,tapi kalau hal2 jelek tidak ada yg mau mengakuinya…. orang susah tidak ada yg mau mengaku saudaranya.. tapi kalau dia pejabat,artis,orang kaya,sukses,, banyak yg mengklaim saudara/keluarga/teman atau bahkan cuma tetangga dari saudaranya…
    jangan suka mengaburkan sejarah identitas seseorang demi kepentingan golongan,,
    dirantau (jawa/jakarta) banyak orang bugis mengaku makassar,,tapi kenapa orang makassar (bahkan saya juga) tidak mau mengaku bugis ? saya keturunan bugis-makassar dengan dominan makassar takalar (tala2/galesong) mengerti bahasa makassar tapi tidak mengerti bahasa bugis…hidup dirantau sdh 25 tahun tapi tetap tidak mau mengaku sbg orang bugis tetapi sbg orang makassar..
    pertanyaannya ARUNG PALAKKA si penghianat berasal dari mana ???
    silahkan orang bugis ataupun orang makassar menjawabnya
    tabe,,,,

    • andrea said

      NENEK LU PENGHIANAT… SPA BILANG ARUNG PALAKKA PENGHIANAT..??? ITUKAN PANDANGAN ORANG MAKSAR TERHADAP BONE TAPI COBA ANDA TANYA POSISI KERAJAAN GOWA ???SERAKAH MAU MENGUASAI KERAJAAN LAIN SAMPAI SAMPAI MEMBANTAI KERAJAAN GOWA MELAKUKAN KERJA PAKSA … SAYA MAU TANYA LU MAU DI GITUIN ??MAKANYA ARUNG PALAKKA MEMINTA BALA BANTUAN DARI BUTON DAN BELANDA UNTUK MEMBEBASKAN DIRI DARI KERAJAAN GOWA .. FIKIR PAKE OTAK LUUU SEMUA ORANG PASTI BERBUAT HAL SERUPA UNTUK MEMBELA DIRI .. KALAU ELLU GAK TAU SEJARAH JANGAN LANGSUNG MEN JUDGS ,, MALU END TAU DIRI

  65. bugis siak said

    ehm2..macamne ni..same-same bugis selalu betekak…bone-makasar-wajo-..dan lain lain tu bugis lah tu………….diluar negeri atau wilayah sumatra maupun melayu umumnya…di tanya bugis mane? bugis bone?bugis makasar?bugis tu bugid ini………….pertentangan ini mirip orang melayu dengan orang minang…………orang minang di sumatra tk mau sebut melayu…semntara orang melayu menyebut orang minang itu melayu banyak bukti2 sejarahnya…bgtu pula si makasar tak mau di sebut bugis kalau di sulwesi tp kalau di luar tetap disebut orang bugis…….

  66. darus van basten said

    suku itu apaan sie….yg ada itu cuma suku bunga …klo ada yg merasa dirinya beda dengan manusia lain,berarti dia bukan mahluk ciptaan Allah.,..setau sy dunia ma isinya itu cuma milik Allah,…

  67. merdeka to wajoe adena nagepoang,,,,,,,,bersama bone,soppeng wajo,

  68. raja johor bahru bugis, raja keddah mayalsia bugis ………………….singapppur pun ada kampung ta sappo …………ajana mu battah…..

  69. ajana gaga bugis ke afrika……..tapi enka ku amerika……mancaci fabunuh tauuu

  70. I Daengta Maloasa Karaeng Manjakkalak said

    orang yg tidak berilmu tahu nya debat dan adu klaim. itulah bugis,,,
    orang bugis telah membangun generasi di atas kedustaan.
    orang makassar selalu jujur, namanya saja berarti terbuka dan transparan. sedangkan bugis tdk ada artinya.
    begini saja : kalu bugis tdk mau menghentikan bugisasi yg di lancarkan kpd orang lain trmasuk makassar, maka kami makassar siap berpisah dgn bugis. bikin sendiri provinsi. kami jg buat provinsi. kami beri nama PROVINSI ISTIMEWA KESULTANAN MAKASSAR RAYA. meliputu BULAENG PAMMINASANTA= BULUKUMBA SELAYAR BANTAENG PANGKEP MAROS MAKASSAR SUNGGUMINASA JENEPONTO TAKALAR. biar aman. kita lomba membngun peradaban. tapi jgn sekali kali mengklaim anu nya orang. karena kami makassar tdk pernah mengklaim anu nya orang. karena nenek moyang kami bukanlah keturunan pengkhianat. ketrunan kami keturunan orang baik, lurus, jujur, pemberani, pahlawan di bawah naungan bendera DAENG(= artinya jg KAKAK- kakaknya orang BUGIS.) karena memang orang makassar itu keturunan pahlawan dan pejuanG islam. sehingga semua dapa gelar DAENG BANGSAWAN DAN KESAMAAN STRATA SESAMA MAKASSAR. beda bugis hanya segelintir tg dapa GELAR ANDI= ADIK- adikya orang makassar. bugis silahkan jg bangun BUGIS RAYA kalau berani….

    pulangkampung mako semua ke daerahmu bangun kota dan peradaban sendiri,

  71. Peace man ..:)

  72. badik_kkss said

    saya orang bugis di papua..dan saya bahagia berada di KKSS(Kerukunan Keluarga SULSEL) Dg berbagai suku tp satu tujuan..sipakainge,sipakalebbi,sipakaraja,sipammasemase,sy tdk bs berdebat dg sesama sulsel..tp kl ada suku lain menhina tanah sulsel darahpun ku ikhlaskan tuk keluar karna sebuah kata SIRI..tho barru sulsel..

  73. andi okta said

    nama syekh itu nama orang arab,kenapa di perdebatkan…

  74. andi okta said

    kenapa disini tdk ada yg mengupas tentang perbedaan kerajaan lagoa dengan gowa tallo,kalau kalian berdarah sulawesi selatan tentu kalian tau…karna ini seribu satu orang yang tau….karna ini bersifat rahasia,dan yg berketurunan asli bangsawan tidak mau menceritakan ini,kalau ada yg berketurunan bangsawan lagoa dia tau beda lagoa dengan gowa tallo,duduknya dimana…

  75. andi okta said

    jangan asal berkoar koar saja kalian yg tidak tau asal usul dan ujung pangkal,dan jangan jadikan hal semacam ini sebagai kesenjangan alasan buat didebatkan ,yg berdarah bangsawan saja tdk ribut,karna dia tau duduk perkara sebenar…kenapa kalian yg jadi ribut,jgn terprovokasi oleh oknum yg mempunyai kepentingan dan maksud tertentu….untuk memecah belahkan persatuan kita,…kita pikir saja buat apa blog ini di buat kalau hanya untuk mengadu domba,jangan dulukan emosi…dan harga diri,tapi pikir kenapa dan untuk apa …terima kasih

  76. andrea said

    sedikit explanation aj memang dmana manaa diseluruh penjuru,, perantau bugis punya pengaruh yang kuat dimana dia bertandan
    oleh sebab itu setiap suku dari selawesi selatan dikenal oleh orang luar sebagai suku bugis seperti bugis mandar bugis luwu bugis makasar bahkan bugis toraja dll seharusnya kita berbangga bersama bukannya saling mempertahankan dogma
    karena ini hanya akan menjadikan keretakan sesama kita orang sulsel
    orang sulsel satu berasal dari ” tau manurunge ri langi”
    hidup,,,

  77. Bugis bukan Melayu said

    Di Malaysia.. Luwu, Makassar, Wajo, Bone dll semuanya Bugis…Bugis bukan bermaksud Tau Ogi tetapi digunakan oleh Belanda dan British untuk merujuk masyarakat di Sulawesi Selatan yang berasal dari perkataan Bogge/bugge bermaksud lebah

  78. Althaf said

    Bugis Makassar sama aja…..
    Klo kamu semua keluar negeri, semuanya Bugis n Makassar.
    Seperti kata dalam Lontara
    “Ma’payung RI Luwu, Somba RI Gowa, Akkarungeng RI Bone,,,, Jembatan Timbang RI Maccopa…

  79. Sulebatang said

    sudahlah kita semua benar,makanyabanyak berzikir supaya hatiyang mengontrol akal yaaa saudarakuuusemua.

  80. muhammad yusuf tonggi said

    Pencarian Tanpa Batas: PROLOG
    yusuftonggi.blogspot.com/2013/01/prolog.htmlBagikan
    bila bugis digandengkan dengan kata makassar sebutannya bukan makassar bugis, tapi bugis makasaar,….
    kalau china digandengkan dengan kata eropa sebutannya bukan eropa china, tapi china eropa,…..
    bagaimana bisa bangga dengan Sejarah bugis, makassar, celebes ataupun toraja kalau kalau hanya bersandar pada riwayat yang konon kabarnya. sejarah masyarakat celebes tempo dulu itu namanya sejarah Indiaensche Natien (fort to-ugiese), masyarakat celebes dan kepulauanlah yang disebut verinigde oost-indiansche compagnie (VOC) yang kemudian berubah menjadi verinigde oost-indiansche Natien (VON).
    andaikan masyarakat celebes tahu sejarahnya, tentu dia tahu kalau aslinya KR. Ijo adalah Buya Hamka, aslinya Sukarno yg ada Istri belandanya adalah datu galib dan nama jawanya adalah suwarno, aslinya DR. Josep Maria Beel adalah datu mangkona yg disebut sebagai petta karajeng karaja pensiun di wajo,….. peristiwa kajolo (Kal Water Jonjon Loge) bajoe bone saja masyarakat celebes banyak tidak tahu.
    sejarah sulawesi (celebes) yg hilang yaitu; Celebeslah yang kalah pada perang tahun 1924-1926 (rumpa’ seddie, rumpa’ dua), namun bangkit kembali pada tahun 1942,…..
    Pemimpin Celebeslah yang memenangkan Perang Dunia II yg kembali memimpin peperangannya pada tahun 1942, menaklukan prancis tahun 1944 dan memenangkan perang dunia II tahun 1945.
    tahun 1961, ada kelompok tertentu yang mengkudeta Ratu Adil yg dari celebes dan mengambil alih angkatan perang ratu adil (menghianati pemimpinnya sendiri) lalu bergabung pada pihak yg mengkudeta celebes, itu makanya sejak tahun 1961 INDONESIA tercatat sebagai macan asia dengan angkatan perang yg sangat kuat setelah oost-indiaansche diyatakan bubar pada tahun 1961, itu angkatan perangnya oost-idiansche (indonesia di timur) yg berpusat di celebes yg membuat indonesia menjadi macan asia setelah Indonesia di timur dinyatakan bubar.
    perhatikan anga penjajahan ini:
    350 tahun = voc berdiri di jawa tahun 1611, bubar tahun 1961
    450 tahun = goa india atlantis berdiri tahun 1511, bubar tahun 1961
    Umur KNIL 120, konsensus malaka tahun 1841, KNIL bubar tahun 1961
    ada angka 100 tahun yang tercatat pada Lontara’ Laparenrengi MatinroE Ri Ajang Benteng Mangkau’ Bone 1845-1857, perang dunia II dimenangkan oleh Purta bungsunya pada tahun 1945..
    cukup ini dulu, terlalu panjang soalnya cerita benarnya (yg bukan konon kabarnya)
    Wassalam,-

  81. celebassi said

    puna tena memang tommo cinnamu ri nakke
    nukarannuang…………………..
    tlong lanjutkan sy suka lagu ini sangat menyentuh!

  82. ippank karo karo said

    mama sy bugis bapak saya makassar, tp sy lebih pilih makassar karna ?karna klu keluarga mama sy dtg ke keluarga bapak saya pasti disambut baik, tp klu kluarga bapak sy dtg ke kluarga mama sy , adami sy dengar bicara tanteku engkasi mangkasa asue, engkasi mangkasa toloe, sy lgsg berfikir begitu mmgkah klu org bugis tdk dia suka klu org mskssar?

  83. Awaraningeng, amaccang, alempureng….sipakatau, sipakaengi, …seharusnya dipegang tegung sebagai nilai-nilai luhur Tau Ugie..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.