www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Mengenal Sawerigading Part IV

(Sebelum Membaca Artikel ini Baca Dulu Artikel Sebelumnya Yakni Mengenal Sawerigading Lebih Jauh Part III) Keteguhan dan keberaniannya Sawerigading itu bukan saja terlihat dalam beberapa peristiwa kepada musuh-musuh sawerigading melainkan dalam hal mengungkapkan sejarah leluhurnya, perasaan hatinya, kebahagiaannya, maupun perasaan lain yang seharusnya di pendalam dalam hati. karena itu sifat teguh dan keberaniannyahanya dapat bila diiringi dengan kejujuran dalam bersikap, berbicara, maupun dalam bertindak.

Kejujuran yang dimaksudkan bukan saja jujur sesame manusia tetapi juga kepada diri sendiri dan kepada Dewa. Kejujuran Sawerigading terlihat saat Sawerigading berterus terang dan terbuka kepada pengawal-pengawalnya dan musuh-musuhnya. Kejujuran yang paling dramatis dalam kisah Sawerigading dalam epos la galigo yakni ketika sawerigading tidak berdaya melawan perasaan cintanya kepada saudara kembarnya yakni we tenriabeng. Sawerigading harus mengungkapkannya walaupun ia mengetahui resikonya sangatlah berat.

Peran Sawerigading sebagai tokoh magis terlihat saat para pasukan sawerigading kewalahan menghadapi pasukan-pasukan la tenrinyiwiq, sawerigading tumpuan terakhir dari mereka agar kiranya memohon kepada dewa untuk menurunkan bantuan di dunia dalam waktu sekejap bantuan itu turun dari langit dan menghancurkan pasukan-pasukan la tenrinyiwiq. Sedangkan peran Sawerigading sebagai seorang keturunan dewa ketika Sawerigading menghidupkan pasukan-pasukannya yang mati dalam peperangan, mendatangkan dan memberhentikan bencana yang dibuat oleh alam dan dapat berbicara kepada binatang-binatang

Peran Sawerigading sebagai raja terlihat ketika tahluknya para pengawal dan pasukan-pasukan sawerigading dalam perintahnya dialah penentu kebijaksanaan diatas perahu yang dikendarainya untuk mencari cina. Memerintah dan menjalankan tradisi kekuasaan yang diwarisi oleh leluhurnya.

Meskipun demikian Sawerigading bukannya seorang raja yang otoriter, segala sesuatu yang berhubungan dengan operasinalisasi kekuasaan dan pelaksanaan kerajaan dilimpahkan kepada para pembantu-pembantuhnya. Sawerigading adalah Seorang raja yang besar dan tak tertandingi, perahunya besar dan banyak perahu-perahu kecil yang mengiringinya,pasukan yang ribuan sebagai bukti akan kekuasaannya. Tujuh kali pasukan Sawerigading berperang dalam pencarian tanah cina enam pimpinan musuhnya semua mati dan kepalanya digantung diperahu sawerigading sebagai tandak keperkasaannya menumpas musuh.

Tamat…….

7 Tanggapan to “Mengenal Sawerigading Part IV”

  1. Sabrang Manurung said

    karena kedekatannya dengan sang pencipta, beberapa sikap, prilaku dan benda-benda yang ditinggalkannya hingga kini dapat dipergunakan untuk pengobatan. Perahunya yang pecah dan terdampar di pesisir wilayah Timur Sulawesi Selatan menjadikan penduduk di daerah tersebut menjadi ahli sesuai dengan bagian-bagian perahu yang terdampar dipesisir daerahnya masing-masing. seperti Desa ARA misalnya yang ahli dalam mebuat perahu PINISI, karena yang terdampar di pesisir pantai mereka adalah Lunas (Pondasi) dan badan Perahu Sawerigading. demikian pula daerah-daerah lainnya.

  2. bule said

    Ass-kum wr wb Subhanallah lanjutkan

  3. TuaGila said

    Terima kasih .. Entah mengapa serasa masih kurang gitu ..

  4. Ok__Raja di Laut_ jaya selalu

  5. Andi LINDA said

    Sampai saat ini orang2 tua kita, terutama mertua percaya akan sawerigading bgitu juga om ku cappo yang berumur 125 thn tapi mata n telinga lebih baik dari pada aq yang masih muda krn orang dulu masih percaya namax baca2 a padissengeng madeceng. kdng klau bliau crta ten sawerigading tdk bisa diterima akal tp itulah kepercayaan orang dulu cappo

  6. mumox said

    hebatnya sawerigading, mitos atau legenda??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 82 pengikut lainnya.