www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

Asal Muasal Manusia

Kepercayaan Masyarakat Bugis tentang kejadian-kejadian yang terjadi pada Naskah La Galigo sangatlah kuat. Sampai-sampai ada sebuah desa di bugis sendiri yang masih memakai kepercayaan tersebut menyembah Dewata yang di ceritakan pada Naskah La Galigo dan kitab suci mereka adalah naskah La Galigo, Agama tersebut adalah Agama To Lontang.

Kalau begitu mari kita sedikit menyeberang ke jaman yang di tuliskan pada naskah La Galigo. Bagaimana adanya manusia pertama yang turun ke Bumi. Jika hal ini dikembalikan pada kepercayaan Islam memang tidak bisa ditangkap oleh akal sehat kita. Tetapi sebagai Masyarakat Bugis patut untuk di informasikan.

Di kehidupan ini mempunyai tiga tempat yakni Botting Langit yakni Kerajaan Langit dan Buri Liu yakni kerajaan bawah laut. Dewata yang memengang Kerajaan Boting langit yakni Datu Patoto dan Datu Palinge yang memiliki seorang anak sulung yang bernama Batara Guru sedangkan Dewata yang berkuasa di Kerjaan Bawah laut yakni Guru Risalle dan Sinau Toja. Kedua Dewata di tiap masing-masing kerajaan mengutus anak mereka agar turun kebumi untuk memimpin Kerajaan Bumi. Datu Patoto dan Datu Palinge Dari kerajaan Langit mengutus Batara Guru untuk memimpin Bumi sedangkan Guru Risalle dan Sinau Toja Dari Kerajaan bawah air mengutus putrinya We Nyili untuk mendampingi Batara Guru memimpin Kerajaan Bumi. Dari sinilah asal muasal Naskah La Galigo, Dari 7 keturunan Batara Guru ini yang nantinya ditelan Bumi (dikembalikan ke asalnya masing-masing Kerajaan langit Dan Kerajaan Bawah Air).

73 Tanggapan to “Asal Muasal Manusia”

  1. akhyar said

    memang sulit utk diterima

  2. yusuf ghazaLi said

    jauh berbeda dengan agama kita bugis yang rata2 nusLim,,apaLagi kami bugis riau,,kami terLaLu fanatik dengan isLam saja

    • musri said

      mesti kena cari tau apa itu bugis…

      1.b….apa
      2.u….apa
      3.g….apa
      4.i….apa
      5.s….apa

      tolong dcari maksud bugis itu apa….

    • nur rizcha said

      mnururt saya,asal muasalnya manusia tu adalah dri nabi adam danbertemu hawa di bukit marwah,muali dri situ mreka dipertemukan oleh allah,dan mreka mempunyai ktrurunan laki-laki dan prermpuan. dan anak laki-laki dan perempuan ya pun mnikah lalu mereka pempunyai anak yang sama yaitu laki-lakia dan permpuan mulai sejak itu,manusia lahir darri adam dan haawa jd manusia itu dari adam dan ahawa

  3. anak bugis sabah said

    haha.. aku pernah baca ni.. tidak sulit untuk di terima cuma akal tidak bisa menerima…

    bagi aku…semuanya itu maybe ada kebenaran… sebab orang bugis dahulu kala…ada hubungan erat dengan kerajaan di dunia ghaib…melalui penceritaan orang2..begitulah hendaknya…

    tiada yang mustahil bagi Allah subhana wa taala…

  4. hasan said

    biasa la sejarah awal!! sama seperti di Arab juga dahulu sebelum adanya islam mereka juga berkepercayaan dongeng dan menyambah berhala… dan kita beruntung kerana Allah menunjukkan kepada datuk nenek moyang kita terdahulu kejalan yang benar… amin..

  5. saya rasa semua kisah tersebut adalah benar adanya..semua kisah tersebut adalah simbol simbol..yang menyamarkan makna yang sebenarnya..butuh kearifan yang dalam unutk memahami apa yang dimaksud..

  6. SyahidRahman LaFallaawa Daeng Patekka' said

    setuju sekali..sebagai org bugis, sekadar untuk informasi dan mengetahui bagaimana ceritera dahulu kala…apa pn…semua nya kehendak Allah SWT…

  7. hamesah said

    perlu dcari…bukan skadar drama deeee…

  8. ela said

    sama seperti cerita islam

  9. yusuf afandi said

    sejarah awal manusia aq sebenarnya gak paham karena aq dilahirkan tidak dimasa/dijaman itu,,,,,,,,,,,,,,,,,makanya buat apa puzink mikirin itu kan ada tuhan yang sudah mengatur semuanya

  10. fathul mubin said

    smua manusia brasal dari empat unsur…
    air, api, tanah, udara.
    dan pada akhirx smua itu akan di kembalikan
    ALLAH maha mengetahui apa yg dilangit dan di alam jagad raya ini..

    itu menurut pemahaman sy…

  11. abbot said

    AsSalam,,,wr,,wb,,!
    @Fatul mubin,,,?
    kalo ngomong soal unsur air,api,tanah,angin.
    menurut sy yg empat unsur itu’semua ada di sholat!

    1.air, ruku.
    2.api, bangun dri ruku.
    3.tanah, sujud.
    4.angin, berdiri takbir.
    & salah satu’y,kenap sujud di sholat dua kali,
    karna kita dari tanah kembali ke tanah???
    tolong dikasih tau kalo pemahaman saya salah,
    tentang susunan yg empat unsur tadi,,,!?

    wasSalam,,,,!

    • musri said

      aslkum…
      apa2 pun cerita mcm ni bukan tempatny
      dperkatakan…ada tempatny sappo..
      mungkin benar apa yg kita perkatakan maksud empat unsur..
      bukan mudah untuk dipaham begitu saja…

      wasalam…

    • farid said

      Belajar lagi, cari guru dan berguru.Apa yang saudara tulis tu satu jer yang betul.Soal kejadian manusia ni tak lah rumit sangat cuma perlu belajar dari yang tahu.

    • syam said

      itu sudah betul dan sekedar bertanya dimana tempat dlm tubuh kita ke 4 unsur tersebut? mhn penjelasanx….

    • pungkalapu said

      Tanah tudang, api tottong, wae roko’, angin sujud,
      Raddaka ri tajanna nurung muhammad, lannyaka ripuakku sewwa,
      Alepu tottong ri oloku mancaji imamku, imam mubia asemmu imamnge, imam mubia unni mangewa.
      subbuhun kuddusun warruhu wanurung
      Tadduppula watepunna puakku ri Allah Ta’alah kuputaddung mati ahera

      • dhany said

        assqum,.
        saya mau tanya kalo makna selamt dunia akhirat, it ap..???
        mohon penjelasaannya.
        trimakasi.

    • emans raniri said

      Tabe,,. klw bleh jg kasi penbapat. yaitu ; API :Berdiri
      ANGIN :Ruku’
      AIR :Sujud
      TANAH :Duduk
      klw kta REnungkan scara Logika mgk sperti itu Gambaran.y …???? WALLAhuALLam BissaWab,,…..!!

  12. AGUSINTORO BIN PADANG (GELAR BISSAHIROH) ANE DI BAIAT DENGAN NAMA AL IKSAN OLEH ABI ANE PADANG said

    AIR API ANGIN TANAH DAN BESI ATAU APAPUN NAMANYA ASAL NYA DARI AIR ………………BACA KITAP KUNING………..ARSY ALLOH YG ASALNYA BERADA DI ATAS AIR LALU AIR ITU MEMBEKU /JADI ES DAN SEMESTA ALAM JAGAD RAYA TERCIPTA OLEH ALLOH AZZA WA JAL’LA DARI SABDA KUN FA YAKUN YA DARI AIR ITU…………AIR YG MEMBEKU KARNA TAKUT AKAN KODRAT DAN IRODAT ALLOH LALU ES ITU MENGUAP ATAU ANGIN DAN ANGIN ITU BERHEMBUS DAN TERCIPTALAH TANAH DAN DARI TANAH ADA TANUR ASAL DARI MATAHARI/WAKTU ES ITU MENGUAP…….DAN TERCIPTALAH API DAN KARENA HUKUM ALLOH TANAH YG TERKENA PANAS DR INTI MATAHARI TERCIPTALAH BESI…….INSYA ALLOH….JADI URUTANYA 1’AIR 2’ANGIN 3’TANAH 4’API 5’BESI…….DAN DARI LIMA UNSUR ITULAH NABI ADAM DI CIPTA OLEH ALLOH AZZA WA JAL’LA……..AMIN ANE AGUS AL IKSAN BINTORO BIN PADANG…DR GRESIK BLAKANG PASAR GRESIK JL SUKODONO GG 2 NO.28 GRESIK JAWA TIMUR 61116 PHONE 08785633238

    • Ass, saudara Agus saya ingin bertanya, dari mana asalnya kitab kuning yang anda pelajari?

    • AccAL said

      Saya Mengutip Parnyataan diatas
      “INSYA ALLOH….JADI URUTANYA 1′AIR 2′ANGIN 3′TANAH 4′API 5′BESI…….DAN DARI LIMA UNSUR ITULAH NABI ADAM DI CIPTA OLEH ALLOH AZZA WA JAL’LA”

      Perntanyaan Saya…
      Dimana atau apa perwujudan nyata dari semua unsur tersebut dalam diri Manusia (Adam)????

    • sudarmono said

      Mas agus,
      Tolong di buka ulang lagi kitab kuningnya dan di pahami lagi lebih dalam, jika bingung tanya lagi ke kiyai yang memahami tentang penciptaan manusia dan alam semesta, kitab kuningnya tidak salah tapi ente yang salah tafsir kayaknya nech

      Wassalam

    • sudirman said

      sebenar nya yang kalian bicarakan itu, semua nya betul tp belum tentu benar? kenapa sy bilang belum tentu benar?karna yg bisa menilai benar dn salah nya’kan cuma allah karna inikan masalah keyakinan ,klu sy boleh usul,lebih baik kita kembali pada apa yg di ajarkan oleh rosulullah,tp itu cma usul,gitu aja ko repot wasalam

  13. AGUSINTORO BIN PADANG (GELAR BISSAHIROH) ANE DI BAIAT DENGAN NAMA AL IKSAN OLEH ABI ANE PADANG said

    MOHON PARA ULAMA MENGKOREKSI KALAU ADA SALAH TULIS……..WASSALAM

  14. JHONK said

    AIR + ES BATU + EXTRA JOSS CAMPUR SUSU…
    MANTAAAPPP COOOYYY……!!!!!

  15. andi said

    knp pendek skli cerita.y….???
    saya masih mau baca….???
    tolong y di perlengkap cerita.t

  16. nhanank tho oghi said

    maksud dan maknanya sama,cuma penamaannya yang berbeda,karena ini adalah sebuah kepercayaan orang Bugis dulu sebelum agama Islam masuk ditanah Sulawesi,ini adalah sebuah kiasan dari apa” yang ada dijelaskan dalam Islam,…

  17. nurdin said

    mau tau critax datang aja ke amparita

  18. salmananaba said

    Apapun kementara anda semua masin masin benar menurut kita semua mari kita belajar dan belar yang baik kita ambil yang keliru kita ambil sebagai pembandin apa yang terjadi sekaran dan apa yang pernah terjadi masa lalu …………………..

  19. samsir said

    jika aq membaca apa yg diutarakan semuanya betul tp ada yg belum disampaikan bahwa semua kejadian yg terjadi didunia ini asal mulanya dari sebuah titik.

    • taunna labakkang said

      Titik itu berasal dari mana sodaraku, jangan terlalu cepat menyimpulkan segala sesuatu sepengetahuan saya sebelum titik masih ada yang lain

  20. memes78 said

    betul empat unsur itu semua ada didlm shalat :

    1. api – berdiri
    2. angin – ruku
    3. sujud – air
    4. duduk – tanah

    mungkin itu menurut pemahaman saya, klu mungkin ada kesalahan mohon dikoreksi. thanks

  21. memes78 said

    empat unsur yang didalam tubuh manusia juga ada dlm shalat

    1. api – berdiri
    2. rukuk – angin
    3. sujud – air
    4. duduk – tanah

    mohon dikoreksi………thanks

  22. mabburamalie said

    maaf numpang tanya….???di manakah letak allah swubahana wataala di dalam diri qt???thanks

  23. Acuk Haji Semang said

    Mahasuci Allah, Allah tidak bertempat…dan tidak berhajat kepada tempat… hanya makhluk, yang perlukan tempat…jika salah mohon diperbetul..

    Tabe…

  24. Muh.Syukri Basri said

    Apa yang tertera pada tulisan tersebut di atas,memang telah menjadi rahasia umum di kalangan orang Bugis.namun dari berbagai ilmu dan pengalaman ternyata apa yang tertera dalam Al-Qur’an,Sunnah Nabi dan sunnah-sunnah para ulama lebih menenangkan paham dan jiwa.apalagi bila kita rajin Sholat dan beramal sholeh insya Allah,Allah akan memberi kita kemudahan ilmu,paham dan hikmah.karena apa yang tertera di atas sering kali di gunakan pada hal-hal yang negatif.misalnya menganggap enteng orang lain dsb.

    • sudirman said

      numpang lewat bos…,bukan maksud hati merendahkan saudara”ku,pertany’an sy klu cuma tanah api agin air besi atau apa saja nama nya yang saudara bahas klu bagi sy masih terlalu minim sebab bagi saya klu kita berbicara masah hakiki itu baru kulit nya saja mungkin anak kecil juga tau,coba sekali” bahas isi nya misal nya tanah dibuat apa api di buat dari apa agin di buat dari apa air di buat dari apa dan besi di buat dari apa,,ini hanya contoh kecil yang bisa sy berikan kali ini,tp ini masi belum apa” insya’allah masih minim belum berbicara masalah isinya,sebenar nya yang mau sy tegaskan di sini klu merasa orang bugis pasti kita pernah mendengar kata” seperti berikut ini esso ri munrinna alla’taala cirufa mi waju ri fake warna gau,bettuanna ko deceng mujama insya’allah madeceng muduppa tp ko ja’a mujama berti ja’a to mu runntu,arti nya sebab akibat,ma’af klu salah kata tolong di luruskan waslam saudara ku.

  25. sudarmono said

    Assalamu ‘alaikum
    Dari semua komentar yang saya baca, saya berkesimpulan bahwa hal ini tidak perlu di perdebatkan karena tidak ada satupun komentar yang menjurus kepada kebenaran, namun saya ingin menegaskan bahwa yang paling penting adalah mengerti tujuan Allah menciptakan yang namanya manusia, Dunia ini di ciptakan untuk apa, mengenti tentang tujuan hidup kita, darimana, mau kemana, dan akan kemana, agar kita kembali kepada Allah seperti ketika kita di cipkan Allah

    demikian
    Wassalam

  26. A. LINDA said

    Jika kita kilas balik ke masa lampau apalagi tentang sejarah bugis tak ada habisx, bugis menyimpan begitu banyak sejarah yang tak diterima akl namun kepercayaan orang a keyakinan bisa sj berbeda tp cukuplah kita mengetahui sejrahx tanpa harus pusing krna tak masuk akalx sejarah bugis tsbt sappo.

  27. itu semu kekuasaan ALLAH SWT.

  28. budiaman said

    SEJARAH MANUSIA INI KAN VERSI LAGALIGO, KARANGAN PENULIS LAIN DI BELAHAN DUNIA INI MASIH SANGAT BANYAK VERSI,NAMUN KITA SEBAGAI MUSLIM BERPANDANGAN JELAS, SEJARAH DAN PROSES KEJADIAN MANUSIA SANGAT DETAIL DIJELASKAN DALAM KITAB SUCI AL’QURAN, KITA TIDAK BISA MEMBANDINGKAN KARYA SEORANG MANUSIA/ HAMBA (MAHLUK YANG DICIPTA) DENGAN KARYA/FIMAN ALLAH SWT SANG PENCIPTA SEGALA SESUATU.

  29. SATRIO PININGIT TELAH MUNCUL
    Tulisan ini dipersembahkan khusus bagi mereka yang ingin memahami kebenaran tentang misteri: Satrio Piningit, Imam Mahdi, Dajjal, Yesus Kristus, anti kristus, nabi Isa, Almasih dan Ratu Adil. Tulisan ini juga mengungkap misteri: Sabdo Palon Nayo Genggong, Nyi Roro Kidul, mahluk ruang angkasa, (UFO), leluhur bangsa israil dan benua atlantis

  30. salam…….macca manenni wita ..semoga nabarakkatiko allah swt.

  31. 3 August 2010
    ILMU KEBAL 7 NAMA BESI,TIMAH,KUNINGAN ,RAJA BESI , PENUNGGU BESI dari Sulawesi

    BISMILLAHi
    YA BAGINDALE
    YA BASITAMI
    YA BASITUMBU
    YA QURSANI
    YA YAKKUNI
    YA RAJA MAULA
    YA LAGARASI IKO JOUPAKARA
    NEMO NAI YAKU , SAMPESUVU KITA (jangan makan saya, bersaudara kita)
    IKO PURA MESUA RIKAROKU ( kalian semua masuklah ketubuhku)
    KUN FAYA KUN

  32. Shahrudin said

    Saya setuju sekali untuk tidak diteruskan…terima kasih.

  33. Rahmat pongsimpin said

    sepengetahuan saya tentang asal muasal MANUSIA dalam ajaran islam kalau sebelumnya
    ALLAH SWT & MUHAMMAD SAW memang sudah ada atas KUASA nya di ciptakannyalah JIN & MALAIKAT lalu ALLAH SWT menciptakan MANUSIA dari TANAH kemudian di bangkitkan setelah KERINGAT tubuh MUHAMMAD SAW atau ROH di masukkan ke dalam mulut tanah yg berbentuk tubuh manusia llu di beri nama ADAM dgn tujuan berketurunan lalu ktrunan itu jdi PEMIMIPIN & menyebarkan AGAMA
    jd”masalah we nyilli & batara guru juga sdkit paham cerita hal itu cuman kalau di katakan asal muasal mgkin sy sedikit bimbang sebab
    ada yg di katakan REINGKARNASI….pahami dgn baik REINGKARNASI itu apa
    budi bahasanya..
    mampukah orde lama mengoreksi orde baru sedangkan orde baru mampuh mengoreksi orde lama
    ingat LA KIPADADANG anak pertama BATARA GURU di patahkan tombaknya sm JIN sdgkan penjelasan al_quran JIN adlh cipt ALLAH yg pertama selain malaikat & MUHAMMAD nya llu ADAM
    sedikit memberikan pandangan untuk semua keluarga di manapun berada yg jelasnya secara pribadi sy adah dalam lingkaran lontarak tersebut turunan ke 5,sy pun yakin di manapun kita berada semua nama2 yg di sebutkan di atas akan sll melindungi kita bahkan kita bisa melihatnya bagi orang2 menentu istilahnya di pammasei
    Amin yta robbal alamin

  34. basir said

    ini pun satu beragama islam tapi masih percaya dewa dewi..
    AL-QURAN menberi tahu kita yang nenek moyang manusia adalah nabi ADAM as
    bukannya dewa dewi

  35. ayyub said

    macca manenenni no comeng…..

  36. kalo begitu kita kembalik saja ke Al Quran dan Hadizt, wassalam

  37. saya kira cerita itu hanya dongeng blaka tdk bisa dibuk tikan,seperti halnya naga…..tetapi sebagai urang yg berakal lebih baik kt pelajari asal kejadian manusia,menurut yg diajarkn oleh rasullulah,di mn sebagai manusia harus tau asal kejadian….dan siapa yg tdk kenal akan kejadian maka tergolong orang yg rugi…..sebaiknya demi kian bukan percahal yg tahayul.tdk ada bukti yg bisa di masukan akal…..

    • janzimu said

      mngkn cerita ini hanya dongeng tp byk makna yang kt bsa kta ambil,, seharusnya anda mencari refensi tentang cerita diatas lbh byk lg,, atau anda belajar tentang sejarah orang to lotang ,,,
      byk yg mengaku dri mereka beragama tp kelakuan,mreka seperti binatang

  38. kenrara said

    Assalamu Alaikum wr.wb. tidak usah jauh2mencari asal – muasal manusia ” Dalami aja Alquran dan haditz lalu pahami dari yg tersurat, tersirat dan yg tersirat didalam tersirat” Insya Allah anda akan ketemu apa yg anda cari. Amiin…

  39. Aslamualaikum wr.wb .. Untuk ingn memudahkan mendaptkn persoal asal mula manusia dngan mudah sapPo. . Pertama2 cukup kta mengenal diri kta sendiri. . . . . Karna jika kalaw kta mengenal siapa diri kta. . Niscya kita akan mengenal sang pencpta. . Dan dari sitU. . Kita dapt mudah memahami… Apa yg telah di ciptakanx. . . Bukan kah kita . . . Telah di berikan otak untk berfikir. . . Dan bila dalm alqur.an dan hadis tdk di tmukan ap yg anda cari. . . Tngl anda yg pertimbkn dngan fikiran anda dan itlah gunax Allah menciptkn kita akal. . . .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.