www.PortalBugis.Com

"Catatan Bugis Di Rantau & Budayanya"

ABOUT ME

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

TENTANG PORTALBUGIS.COM

Blog ini merupakan blog pribadi saya sebagai pemula dalam belajar memahami dan mengenal dunia internet  dan sebagai media pribadi saya dalam menulis, mencatat dan merangkum apa yang saya pelajari dari berbagai catatan, artikel, renungan , berita, informasi, dll  dari berbagai sumber yang saya baca seperti majalah, koran, tabloid, email,blog dll

Apabila terdapat tulisan yang merupakan rangkuman dari beberapa tulisan yang saya baca dan tidak dapat menyebutkan sumber tulisan tersebut satu persatu mohon agar dimaklumi atau konfirmasi lewat E-mail yang ada dibawa

Blog ini tidak bermaksud untuk melakukan penjiplakan (plagiarisme) maksud dan tujuan blog ini hanya untuk berbagi informasi dan Sebagai bahan rujukan saya pribadi untuk mencari informasi

TENTANG SAYA:

Nama: A.Rustan Adryank.   (rian’k)Ryan'K

Asal    : BUGIS….. Sinjai ” Ewako Ca’pooo”

mailonpix.com

Lahir Di SONGING Sebuah Desa Kecil Yang Idah Dan Damai  Di Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai Propinsi  Sulawesi Selatan yang  Di Kenal Dengan Nama (Ujung Pandang) sekaran (Makassar)…….INDONESIA.

Tamat SDN 46 Songing,… SMP Neg 1 Sinjai Selatan,… SMK Neg 3 Makassar Dan Tidak Sempat Kuliah Karna  Dana Terbatas He… He… He…

Kesibukan Sekaran Kerja Di Sebuah Perusahaan  Asuransi Terkemuka Di Kuala Lumpur MALAYSIA.  Semoga suatu saat bisa dapat Mengabdi di Negeri Sendiri,  Hidup NEGERIKU….


RustaN
…………..WASSALAM……………

“Kind Regard”

Portal Bugis

PortalBugis.Com

52 Tanggapan to “ABOUT ME”

  1. KangBoed said

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang

  2. Masdin said

    Salam kenal Rustan,

    Saya Masdin dari tana Luwu, tetapi belum lama ini kami ketahui bahwa ternyata kakek-nenek buyut kami adalah orang asli bugis Sinjai, tepatnya keturunan Arung Bulo-Bulo Ke-15 (I Mappasessa Dg. Mamangung). Setelah dilakukan klarifikasi di dinas Kebudayaan Sinjai, ditemukan bahwa ada ranting garis keturunan yang hilang dari Silsilah yang ada. Tetapi ranting yang hilang itu memang sudah dikabarkan oleh para leluhur ada di tana Luwu.

    Berdasarkan amanah dari para leluhur akhirnya ranting keturunan yang hilang ini dapat ditemukan setelah kurang lebih 200 tahun. Keluarga besar kami dari Tana Luwu pun ramai-ramai bersilaturahmi ke Sinjai dan garis keturunan yang hilang di Silsilah sudah ditemukan dan telah diakui dan disahkan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sinjai.

    Ranting yang hilang adalah dari keturunan “I Massalinri Dg. Mallira” yang mana menurut sejarah beliau pernah merantau ke Tana Luwu di zaman penjajahan Belanda. Di Tana Luwu beliau menikah dengan putri datu Luwu “A. Besse Opu Dg. Tatea” dan melahirkan seorang putra bernama “Baso Dg. Mallongi”. I Massalinri Dg. Mallira kemudian kembali ke Sinjai dan akhirnya dibunuh oleh tentara Belanda. Putranya, Baso Dg. Mallongi, setelah mengetahui kematian ayahnya tidak diketahui lagi rimbanya, mungkin karena takut diketahui keberadaanya oleh Belanda. Sejak itu kabar tentang Baso Dg. Mallongi lenyap, namun sebelum meninggal I Massalinri Dg. Mallira menyimpan amanah untuk mencari putra dan keluarganya itu di Tana Luwu. Amanah inipun turun temurun sampai kurang lebih 200 tahun dari generasi ke generasi, dan nanti pada tahun 2008 pencarian ini berakhir.

    Keberadaan Baso Dg. Mallongi terungkap dari cerita yang dia turunkan kepada anak-anaknya tentang ayahnya (I Massalinri) di Sinjai. Anak-anaknya kemudian menurunkan cerita itu kepada anak-anaknya lagi hingga sampai kepada orang-tua kami. Dan berkat Izin Allah SWT keluarga di Tana Luwu dan di Sinjai bisa dipertemukan.

    Saya sendiri adalah putra dari Burhana yang merupakan anak dari “Pasulle To Halija”. Pasulle To Halija adalah putra “Baso Dg. Mallongi” yang tidak lain adalah anak kandung satu-satunya dari “I Massalinri Dg. Mallira” yang terdampar di Tana Luwu.

    • Rustan said

      Salam Kembali…
      Makasi atas sapanya, aku sendiri masih telalu umum dalam hal macam ini, tetapi mendengar nama-nama yang diatas sepertinya tak asin bagi saya, dan perlu anda ketahui dekat sini banyak keturunan bugis yang mencari jati diri mereka, anda mungkin bisa salin menyapa dengan mereka.

      http://portalbugis.multiply.com/

  3. Saffa' said

    mas rian..
    salam kenal yaaa. tuh aku add. silakan dilihat
    terima kasih

  4. SR4Y4 LWat said

    Assalamu’alaikum
    Salam kenal daeng rian… Jappa2 mi’kesini baca artikel artikel Islam.

    wassalam

  5. Kinanta said

    Asslamu’alaikum wr.wb
    Salam Kenal Mas Rian :smile:
    Good Blog, Nice Artikel :mrgreen:
    Di tunggu Artikel Phinisinya

  6. Akibat persebarannya yang hampir merata di nusantara, Bugis adalah salah satu suku bangsa di nusantara yang menjadi perekat dan memperkuat Indonesia. Sayang juga kemaren ini orang bugis belum sempat jadi presiden. :)

    Salam kenal

    Popop

  7. abughalib said

    Assalamu alaikum Opu, blognya bagus bgt. Saya terus terang SURPRISE melihat komentar OPU di blog saya http://abughalib.wordpress.com Mengapa? Karena Anda adalah tamu kehormatan sekaligus yang memberikan komentar pertama pada blog saya tersebut.

    Sebenarnya saya bikin blog jug abaru coba2 dan masih belajar, makanya saya kaget sekaligus senang bgt ada yg bisa menemukan blog saya walaupun saya sendiri ngga tahu gimana caranya ANDA bisa menemukan blog sy, karena jujur saya sama sekali tidak membuat prosedur SEO untuk masuk ke google.

    Kalo boleh minta tolong saya diajarin bikin blog berbayar yang bagus kaya punya OPU ini.

    Trims,
    Abu Ghalib

    http://abughalib.wordpress.com

  8. bintang said

    salam kenal ya, sukses selalu

  9. andi iskandar bin andi tupo said

    saya org malaysia dan mempunyai salah silah bercop mohor republik negara anda,arwah nenek saya berasal dari sulawesi kecamatan tonra dan mempunyai kaitan ini,saya nak tanya adakah saya ada hak mendapat elaun sebagai waris keturunan ini walaupun saya org malaysia,saya pening memikirkan ini dan mahu berjumpa dengan kerabat disana tetapi saya tak tahu mcm mana caranya dan tak kenal pun mereka tetapi saya ada hanya berbekalkan salah silah bercop mohor republik indonesia?? saya ingin sklai bertemu dengan kerabat disana

  10. andi iskandar bin andi tupo said

    mudah mudahan ada yg sudi mempertemukan kami.kerana ianya cukup bererti sekiranya saya dapat mengenali mereka seecara lebih dekat.Dan nak tahu juga apa kelebihan darah arung ni.

    • kenalkan saya andi rahmat stay di bone kota..kiranya itu yg menjadi angan2 anda insya allah saya dapat mengantar anda dan mencari keluarga anda yg ada di sini di tonra…hubungi 0852 988 36 414 tw fb aku di andhyra hamza

  11. Jodi Firever said

    Assalamualaikum.
    salam kenal yaaa. tuh aku add. silakan dilihat,terima kasih.
    Blog Anda sangat berguna untuk bagi kami untuk melepas keriinduan kampung halaman.

  12. andi diyah said

    Salam kenal, Daeng Rustan..
    Aq AndiDiyah, senans sekali bisa berkenalan even via dunia maya. Ayah lahir di Mare, Bone dan menikah dgn ibu (asal Jabar) di Jakarta. Aq pernah menetap di Uj.Pandang 3 thn (2005-2008)bersuamikan Bugis-Minang. Kesanku di sana, masyarakatx masih feodal, kadang menyedihkan jika dilihat di audio visual ttg mahasiswa2x yg suka radikal dan adat yg tak perlu (subhat) masih jua dipakai tapi bagaimanapun aq cukup proud jd orang bugis. Hidup BUGIS!!

  13. Pramita Ajah ;) said

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Salam Kenal, Bang Rustam, namaku Pramita. Kakek buyutku aslinya dari Bugis.
    aku sendiri sekarang tinggal dijogja.
    Bang, awal kali aku ngeliat blog ini, aku apreciate banget…ihiiiiiii…bagus banget..hehehe..Panduan travelnya itu lho mak nyusss, tenan…
    dan setelah baca about me Daeng Rustan, aku semakin kagum..wuiiihhh meskipun ndak kuliah kok bisa ya, nulis sebagus itu..
    Ajarin dong Bang?
    Aku juga pengeeennn buanget bisa nulis kayak itu..apalagi aku juga sering traveling..
    Email-email yaa…

    makaciihhh…

  14. abughalib said

    berkunjung ke sini untuk silaturrahim menyapa dan menanyakan kabar saudara, mohon maaf karena faktor sibuk atau lupa sehingga jarang bisa ketemu

    salam hangat

  15. rurue said

    slamat siaaaanggg….. ;)
    aku dah kunjungan balik nihh..
    salam kenal dari akuuu… aku mesti banyak belajar dari kamu nih., blogmu bagus n bermanfaat..
    mohon bimbingan… :)

  16. edratna said

    Thanks atas kunjungannya ke blogku

  17. Fitra said

    klu tdk salah di tanah bugis ada yang disebut sebagai kaum ” SAIYYE’ “, bisa nggak cari postingan buat hal ini..!! thanks before.. terima kasi’..!!

    • Klo tidak salah yg anda maksud kaum “SAIYYE” adalah orang bugis yg sebenarnya merupakan keturunan dri arab, mungkin dr penyebar agama islam. kalau dalam bahasa melayunya bisa disebut “Sayid”. mohon maaf klo ada yg salah.

  18. antasari said

    Salam kenal….
    Senang baca2 artikel di sini…, di sini saya juga mau numpang tanya….adakah Saudara2ku yang mengenal nama2 ini : anreguru semme, anreguru makkaraseng dan anreguru sahabu. Konon hidup di masa pemerintahan Raja Bone “La Patau Matannatikka”.Mohon ada tanggapan, Trima kasih

  19. gadgetboi said

    salam :) wah blognya bagus yah :mrgreen: nanti kalau saya bertanya seputar blogging di jawab yah :mrgreen: maklum saya blogger newbie

  20. fadzli said

    apakah makanan orang bugis???????

  21. ratna sari said

    wahhhhh…mksarrrr indah bnget y mazzzz….

  22. bule said

    Ass-kum wr wb Tabe mohon maaf adinda senang dan bangga dengan kakanda dan artikelx semoga saudara-saudara yang lain diberi kesempatan membaca artikel kakanda sekali lagi salam kenal dan hormat buat anda sekeluarga….

  23. SALAM KENAL KANDA
    SEBUAH INFO,SINJAI SEKARANG UDAH BEDA DENGAN SINJAI YG DULU.SO KOTANYA UDAH BERSIH DAN TATA KOTANY UDAH TERATUR

  24. Yaya said

    Slm knl… Isinya MANTAP!
    WisULuck :-)
    thx

  25. ancha said

    salam knl buat daeng d KL sana..blog amat bagus buat orang bugis.

  26. Salam dari saya berasal dari Kampung Pusu Tiga, Bukit Payung, Kuala Terengganu, Negeri Terengganu Darul Iman, Malaysia. Blog anda menarik. Untuk pengetahuan anda, saya ada orang kata datuk nenek saya berasal dari keturunan Bugis juga. Di lihat wajah saya semacam orang bugis. Anda kunjungilah Facebook saya. Taip aja tengkukhalid@yahoo.com lihatlah wajah saya…betul ke ! orang Bugis. Salam perkenalan dari saya.

  27. assalamu alaikum wb.br salam kenal tengku
    saya andi rahmat berasal dri bone dan tgal di bone
    klu tengku mau mengenal tentang tanah bugis dari berbagai mcam sudut mulai dri budaya nya,adat istiadatnya,kuliner fashion dll tengku bisa menghubungi saya di 0852 988 36 414 tw di facebook saya
    salam to ugi (salam orang bugis)

  28. salam kenal CAPPO …
    saya asli putra MAKASSAR
    MUHAMMAD YUSDAR HAMZAH BUNDU DAENG TALLI ,
    SAYA SEKARANG MENETAP DI TERNATE , MALUKU UTARA ,
    TERIMAKASIH ATAS ARTIKEL ANDA ,
    KARNA BERKAT ARTIKEL ANDA SAYA MENDAPAT INFO LEBIH MENGENAI SULAWESI-SELATAN ,
    APA LAGI SAAT INI SAYA LAGI MEMBENTUK SEBUAK KOMUNITAS IPSS ( IKATAN PEMUDA SULAWESI SELATAN ) MALUKU UTARA .

  29. ajunerus said

    salam…sy membuat kajian tentang bahasa bugis..sila bantu saya

  30. ziaaldika said

    salam sukses selalu saudara….maju terus pantang mundur and sy snang membaca tulisan anda

  31. leon said

    asalamualaikum,
    saya asli sumatera selatan tepat’y palembang… saya mo tanya, bugis sendiri dari silsilah garis keturunan apa ya? thanks…

    • Muh.Syukri Basri said

      Bugis itu adalah pertautan suku-suku dari Kerajaan Luwu,Melayu dan Tiongkok china.Mereka menyusun komunitas di Daerah Pammana Kab.Wajo Sulawesi Selatan (nama sekarang) pada saat daratan Asia di Kuasai Oleh Kerajaan Mongol.

  32. rustam said

    salam kenal rustan nama kita hampir sama saya tinggal di palembang tp mau pindah ke bekasi karena bln 1 ini saya mau nikah denga pacar saya yg kerja di bekasi,… saya orang bugis bone yg tak tau segala nya tentang bugis bone kakek saya nama nya peta japin atw daeng japin atw daeng apa lah saya lupa nama daeng nya, kakek saya menikah dengan nenek saya keturunan darah bangka lahirlah ayah saya, ayah saya bernama andi abdul rahim,.. ayah saya menikah dgn orang palembang karena kakek nenek saya dan anak2 nya tinggal di palembang, tp nama saya tidak dibolehkan ayah saya memakai gelar andi karena saya tidak bs bhsa bugis jg tdk tau tentang keturunan org bugis, tp saya berdarah bugis kan, ayah saya wafat sewaktu saya masih kecil jd saya tdk tau tentang bugis jd saya mau tau tentang orang bugis khususnya tentang nama kakek saya dan tentang gelar andi di suku bone

  33. Aal said

    Salam Kenal.
    Salam Hangat Dari Kalimantan Timur ( Tarakan )
    Nice Blog, Sya Lahir Di sul-Sel Tpatnya Di Kab. Bone…
    Namun mengenyam Pendidikan dan Besar Di rantau..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 83 pengikut lainnya.